Bisnis

23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

Admin BFI
4 January 2023
266999
23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

Tahun baru adalah awal yang baik untuk mencari peluang bisnis. Selain menguntungkan dan bisa menjadi penghasilan tambahan, dengan membuka bisnis Anda juga akan belajar banyak hal. Mulai dari cara mengatur keuangan, menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang, sampai dengan menjadi pemimpin dalam banyak hal.

Merintis usaha sendiri tentu tidak mudah. Seringkali kita dihadapkan pada situasi dimana kita kebingungan dalam mencari peluang bisnis. Nah, bagi Anda yang sedang berada di posisi ini, Tim BFI Finance punya 23 daftar bisnis yang bisa Anda coba! Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

 

23 Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

1. Bisnis Franchise

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri namun takut memulainya dari nol, Anda bisa memilih bisnis franchise sebagai alternatifnya!

Bisnis franchise adalah sebuah sistem bisnis dimana Anda membeli hak kepemilikan berupa merek dagang, lisensi, dan lainnya kepada franchisor (pemilik franchise). Bisnis ini dapat berupa apa saja, mulai dari franchise makanan dan minuman, bisnis jasa, layanan keuangan, bisnis ritel, dan masih banyak lagi.

Keuntungan Membuka Bisnis Franchise:

  • Dukungan Penuh dari Pemilik Franchise

Anda akan diberikan pelatihan terkait cara manajemen bisnis dan pemasaran yang baik, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang sepadan.

  • Peluang Keberhasilan Lebih Tinggi

Bisnis franchise memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik dibandingkan dengan memulai bisnis dari nol. Ini dapat terjadi karena bisnis yang ada telah terbukti berhasil dengan sistem penjualan dan pemasaran yang digunakan.

  • Modal Usaha Cenderung Rendah

Di luaran sana terdapat berbagai franchise yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jadi, Anda tidak perlu khawatir biaya yang keluar akan besar atau membengkak.

2. Bisnis FnB

Makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Oleh karenanya, membuka bisnis di bidang FnB (Food and Beverage) bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Kuncinya adalah, Anda perlu peka terhadap tren terkini dan peluang yang ada di depan mata. Misalnya dengan melakukan riset terkait usaha yang Anda pilih.

Beberapa contoh bisnis di bidang f&b yang bisa Anda coba:

 

Baca Juga: 16 Ide Jajanan Kekinian Untuk Jualan, Tertarik Untuk Mencoba?

 

3. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Mau memulai bisnis tanpa modal? Bisnis afiliasi jawabannya! Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui komisi yang didapat dari setiap produk yang berhasil dijual. Produk-produk tersebut bisa Anda peroleh dari merchant atau perusahaan yang membuka program ini.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memasarkan produk tertentu tanpa perlu membelinya terlebih dahulu ataupun menyetok barang. Misalnya, dengan menyebarkan link produk yang ada di platform jual beli. Mudah dan seru bukan?

Beberapa situs yang membuka lowongan affiliasi:

  • Tokopedia

Situs Web: https://affiliate.tokopedia.com/

  • Shopee

Situs Web: https://affiliate.shopee.co.id/

  • Lazada

Situs Web: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/

  • Tiktok

Situs Web: https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate

  • BliBli

Situs Web: https://www.blibli.com/pages/affiliate


 

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini

 

4. Usaha Toko Online

Usaha toko online merupakan peluang bisnis yang tengah populer saat ini. Di jaman yang serba canggih ini Anda bisa menjual apapun dengan mudah. Salah satu caranya tak lain yakni dengan membuka toko online.

10 Ide Usaha Online Modal Kecil:

  • Jasa Titip (Jastip)

  • Pre-order (PO)

  • Dropshipper

  • Affiliasi (Marketing Affiliate)

  • Kelas Online / Tutor Online

  • Thrift Shop

  • Jasa Pembuatan Website

  • Penerjemah

  • Jasa Membuat Hampers / Hadiah by Request

  • Makanan Beku (Frozen Food)

 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Terbaik dalam 7 Langkah!

 

5. Usaha Laundry Pakaian

Usaha laundry pakaian masih menjadi bisnis yang menjanjikan sampai sekarang. Terutama jika lokasi usaha laundry tersebut berada di lingkungan yang berisi pekerja kantoran dan mahasiswa. Sibuknya pekerja kantor dan mahasiswa membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda!

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Laundry dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta

 

6. Usaha Laundry Sepatu

Selain usaha laundry pakaian, usaha laundry sepatu juga banyak dilirik para pegiat usaha karena memiliki pangsa pasar yang cukup luas, terutama daerah perkotaan yang sibuk. 

Tips Memulai Usaha Laundry Sepatu Bagi Pemula:

  • Kuasai Teknik Merawat Sepatu dengan Baik

  • Buat Business Plan yang Kompetitif

  • Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Bisnis yang Dibutuhkan

  • Promosikan Brand Anda Secara Offline dan Online

  • Kedepankan Pelayanan yang Baik dan Ramah

 

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Pinjaman Cepat Cair untuk Kegiatan Promosi Usaha

 

7. Usaha Barbershop

Bagi kebanyakan orang, penampilan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Maka dari itu, membuka usaha barbershop bisa mendatangkan cuan yang sangat lumayan! Terlebih, jika Anda memiliki keahlian mencukur rambut dan sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan. Tentunya modal yang digunakan untuk membuka usaha ini akan lebih murah.

 

Baca Juga: Analisa Keuntungan Usaha Barbershop dan Tips Jitu Memulai Usahanya

 

8. Bisnis Mainan Anak

Permintaan akan mainan anak setiap tahunnya akan selalu ada. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh tren dan popularitas mainan tertentu. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan berkecimpung di peluang bisnis ini. Pastikan Anda menjual mainan dengan harga terjangkau sesuai target pasar dan yang mampu menarik pelanggan.

 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?
 

9. Usaha Pet Shop

Bagi Anda para pecinta hewan dan tertarik untuk menjadikan hobi Anda sebagai salah satu mata pencaharian, usaha petshop bisa dijadikan opsi yang tepat!

Hewan adalah salah satu teman terbaik manusia. Memelihara hewan dapat memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Antara lain yaitu perasaan tenang dan dicintai, menurunkan stress, mengajarkan rasa tanggung jawab, dan yang tidak kalah penting yaitu mengajarkan kita rasa sayang kepada sesama makhluk hidup, berempati, serta toleransi. Tak heran, setiap tahunnya angka pertumbuhan orang yang memelihara hewan selalu mengalami kenaikan.

 

Baca Juga: Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

 

10. Bisnis Skincare

Seiring berkembangnya jaman, skincare tidak hanya menjadi kebutuhan kaum hawa, baik lelaki maupun perempuan kini sudah banyak yang sadar pentingnya merawat diri, khususnya kesehatan kulit.

Memulai bisnis skincare merupakan salah satu peluang bisnis kekinian yang bisa Anda coba. Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan sebab tren skincare di Indonesia tidak pernah ada sepinya.

Tips Memulai Bisnis Skincare Untuk pemula:

  • Tentukan Model Bisnis (dropshipper, jasa titip, atau ingin membuat sendiri)

  • Pahami Tren Terkini dan Lakukan Riset Pasar

  • Tentukan Target Pasar/Target Konsumen

  • Pilih Supplier Terpercaya

  • Pastikan Produk Aman dan Terdapat Izin Edar

  • Gencar Promosi dan Sebar Informasi yang Mengedukasi

  • Berjualan di Marketplace

  • Pakai Fitur Ads di Sosial Media

  • Berikan Pelayanan Terbaik

 

Baca Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Skincare Bagi Pemula dan Rekomendasi Produknya

 

11. Usaha Rental Mobil

Usaha rental mobil bisa menjadi peluang bisnis di bidang transportasi dengan keuntungan yang melimpah! Pasalnya, mobil mampu menjangkau tempat yang jauh, mengangkut lebih banyak orang, menghindari teriknya matahari dan udara panas. Dengan kata lain, usaha ini termasuk dengan usaha yang tidak akan pernah sepi peminatnya, terutama di hari-hari besar saat banyak orang memilih untuk mudik atau bepergian bersama keluarga.

 

Baca Juga: Usaha Rental Mobil: Tips Memulai Sampai Dengan Estimasi Keuntungan

 

12. Usaha Tour Wisata

Apakah Anda tinggal di daerah yang dekat dengan tempat wisata? Jika ya, usaha tour wisata bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan!

Persiapan Memulai Usaha Tour Wisata:

  • Buat Konsep Bisnis yang Jelas

  • Tentukan Destinasi Wisata yang Menarik

  • Siapkan Armada Transportasi

  • Cari Partner Bisnis yang Tepat

  • Buat Website dan Sosial Media Usaha Tour Wisata

13. Wedding Organizer

Bisnis wedding organizer punya prospek bisnis yang menggiurkan. Banyak orang yang ingin menikah cenderung memilih jasa wedding organizer karena tidak perlu repot-repot mengurus berbagai hal sendiri. Selain menjadi wedding organizer, Anda juga berpotensi mendapatkan tambahan pemasukan dengan membuka bisnis yang masih berkaitan. Misalnya menyewakan perlengkapan pernikahan, menyediakan catering, atau menyediakan dekorasi pernikahan.

14. Katering Sehat

Memulai usaha katering rumahan dapat Anda coba karena memiliki keuntungan berupa modal relatif kecil dan keuntungan besar, bahan baku yang mudah ditemukan, bisa dilakukan dari rumah, dan alat yang dibutuhkan relatif murah dan sudah dimiliki.

Selain keuntungan tersebut, membuka katering rumahan khususnya katering makanan sehat dapat meningkatkan potensi mendapatkan keuntungan lebih besar di saat pandemi seperti sekarang ini, dimana orang berlomba untuk menjaga pola makan agar tetap sehat dan tidak mudah terserang virus. 

15. MUA (Makeup Artist)

Peluang bisnis yang satu ini punya pertumbuhan yang cukup bagus. Pasalnya, penampilan selalu menjadi sorotan dalam berbagai acara penting. Banyak orang yang ingin terlihat cantik dan menarik, sehingga mereka membutuhkan jasa MUA untuk membantu mereka merias wajah dan mengaplikasikan make up.

Dengan memulai bisnis ini, Anda bisa meraup banyak keuntungan. Terutama jika Anda memiliki keterampilan yang baik dan reputasi yang sama baiknya di kalangan pelanggan.

16. Dropshipper

Selain bisnis afiliasi, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk bisnis yang satu ini! Cara kerja bisnis dropshipper cukup praktis. Anda hanya perlu membeli suatu barang sesuai dengan pesanan pelanggan lalu dikirimkan ke alamat pembeli.

Pastikan Anda memilih supplier terpercaya dengan harga produk yang cukup miring sehingga bukan hanya memuaskan pelanggan, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari setiap transaksi yang ada.

 

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisa Dilakukan Pemula!

 

17. Kursus Online

Punya keahlian di suatu bidang? Membuka usaha kursus online bisa menjadi ladang basah yang menjanjikan untuk Anda! Dengan memanfaatkan platform online, Anda dapat mengajar untuk mereka yang memiliki jarak ratusan kilometer dari rumah Anda.

Jika Anda menguasai bahasa asing secara aktif misalnya, Anda dapat mengubah peluang tersebut dengan menjadi pengajar bahasa asing di platform Italki atau duolingo. Selain menambah penghasilan, menjadi pengajar online tentunya akan menambah pertemanan lintas daerah. Seru ya!

18. IT Service (Web, SEO, Digital Marketing)

IT Service merupakan salah satu bidang yang bisa dikerjakan di mana saja hanya dengan bermodalkan komputer atau laptop dan koneksi internet yang stabil. Jika Anda adalah seseorang yang pandai dan memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman, SEO, digital marketing, dan lain sebagainya, membuka usaha di bidang jasa yang satu patut untuk dicoba!

 

Baca Juga: 19 Ide Bisnis Digital Paling Update dan Menguntungkan!

 

19. Warung Sembako / Toko Kelontong

Sembako merupakan kebutuhan mendasar bagi semua orang. Hal ini tentunya menjadikan komoditi berikut ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir barang yang ada tidak laku terjual. 

Keuntungan Mendirikan Usaha Warung Sembako:

  • Stok barang mudah didapat

  • Tidak sulit untuk menjual barang, sembako selalu dibutuhkan masyarakat (warung usaha yang tidak pernah sepi)

  • Fleksibel, lokasi usaha bisa dimana saja termasuk rumah Anda sendiri

  • Bukan jenis usaha musiman dan karenanya bisa bertahan lebih lama

  • Bisa dikembangkan lebih besar lagi atau menjadi usaha grosir

20. Bisnis Hampers

Hampers adalah salah satu barang yang banyak diminati masyarakat. Hampers kerap kali digunakan untuk seserahan, hadiah untuk acara tertentu, dan lain sebagainya. Hampers lebih praktis dan bisa dikirim ke mana saja. Tak heran, pangsa pasarnya luas dan datang dari berbagai kalangan.

Ragam Ide Usaha Hampers yang Bisa Anda Coba:

1. Hampers untuk hadiah wisuda

2. Hampers untuk hadiah ulang tahun

3. Hampers untuk hadiah pernikahan

Untuk isinya, Anda bisa memvariasikan beragam barang-barang unik atau sesuai permintaan pelanggan.

 

Baca Juga: Peluang Usaha Hampers Lebaran Unik dan Menarik 

 

21. Thrift Shop

Bisnis thrift shop atau bisnis menjual pakaian dan aksesori second menjadi peluang bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis thrift shop menjanjikan lho, jika Anda mengikutinya dengan serius dan konsisten.

Untuk memulainya pun cukup mudah caranya yaitu menyiapkan akun berjualan di sosial media, supplier terpercaya / trusted, foto produk yang menarik, dan berjualan di marketplace.

Beberapa ide usaha thrift yang bisa Anda coba:

  • Thrift Shop Baju

  • Thrift Shop Sepatu

  • Thrift Shop Barang-Barang Antik / Vintage Stuffs


 

Baca Juga: 13 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan, Pasti Cuan!

 

22. Bisnis Fotocopy

Usaha fotocopy termasuk jenis usaha yang tak lekang oleh zaman. Fotokopi dokumen maupun jasa print masih dibutuhkan bahkan di saat jaman digital seperti sekarang. Dalam sebulan setidaknya Anda bisa mendapatkan sekitar 3-4 juta keuntungan bersih dari usaha yang satu ini.

 

Baca Juga: Intip Peluang Usaha Fotocopy: Tips Memulai, Modal Usaha dan Keuntungan

 

23. Usaha Frozen Food

Makanan beku atau frozen food banyak digemari masyarakat. Selain awet dan harganya yang terjangkau, makanan beku memiliki pilihan yang sangat beragam. Mulai dari jajanan siap goreng, daging, sampai dengan sayuran.

Tips Membuka Usaha Frozen Food:

  • Persiapkan Modal yang Cukup. Modal ini digunakan untuk membeli bahan dagang, lemari pendingin, peralatan lainnya yang dibutuhkan, sampai dengan sewa tempat jika Anda ingin menjualnya di kios atau toko.

  • Surat Izin Usaha Dagang

  • Aktif Melakukan Promosi Secara Offline dan Online

  • Menyusun Laporan Keuangan Sebaik Mungkin

Cara Mencari Peluang Usaha Ala BFI Finance

Memiliki kemampuan dan pemahaman untuk mencari peluang usaha adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh para pengusaha. Terutama di tengah pandemi ini, dimana orang-orang mulai memiliki keinginan merintis usaha sendiri agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan.

Bagi Anda yang hendak merintis usaha untuk pertama kali, namun belum menemukan peluang usaha yang tepat, simak tips berikut ini!

Peluang Bisnis

Image Source:Pexels/Ketut Subiyatno

1. Mengenali Potensi Diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menemukan peluang usaha adalah dengan mengenali apa yang menjadi potensi diri Anda sendiri. Ketahuilah bidang apa yang Anda sukai atau kuasai. 

2. Mengamati Kebutuhan Sekitar

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengamati kebutuhan masyarakat sekitar. Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa melihat dari lingkungan sekitar Anda terlebih dahulu. Sebab, cara termudah untuk mengetahui apa yang laku dijual adalah produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

3. Survei Mengenai Ide Bisnis yang Dipilih

Setelah memiliki skill dan mengamati kebutuhan sekitar, mungkin Anda telah memiliki gambaran secara besar mengenai usaha jenis apa yang akan Anda jalankan. Agar bisa mendapat gambaran yang lebih detail, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu mengenai ide bisnis yang akan Anda pilih. 

Itulah berbagai tips bisnis pemula mengenai cara mencari peluang untuk usaha pertama Anda. Apapun usaha yang akan Anda jalani nantinya, jangan lupa untuk menyiapkan modalnya, ya!

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Apabila Anda membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan usaha Anda, Anda bisa mengajukan pinjaman terpercaya di BFI Finance.

Cukup menjaminkan BPKB motor Anda, Anda bisa mendapatkan pencairan dana hingga 60% untuk berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan usaha. Dapatkan pinjaman dengan bunga rendah dan pinjaman cair dalam waktu kurang dari sehari.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis