Bisnis

Usaha Rental Mobil: Tips Memulai Sampai Dengan Estimasi Keuntungan

Admin BFI
14 October 2022
31554
Usaha Rental Mobil: Tips Memulai Sampai Dengan Estimasi Keuntungan

Mobil adalah salah satu transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Khususnya untuk bepergian jauh, baik dalam kota maupun luar kota. Mobil juga melindungi kita dari teriknya sinar matahari maupun udara panas.

Tak ayal, banyak orang lebih memilih mobil sebagai transportasi untuk bepergian apapun itu tujuannya. Adanya fakta ini tentunya selaras dengan peluang usaha rental mobil yang menjanjikan.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan usaha rental mobil mulai dari tips memulai sampai dengan perhitungan modal, artikel berikut ini akan sangat membantu Anda. Simak baik-baik, ya Sobat BFI!

 

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

Dalam memulai suatu usaha pastinya terdapat cara memulai yang sebaiknya kita ikuti agar semua rencana yang ada bisa berjalan dengan baik. Berikut ini cara memulai usaha rental mobil pribadi ataupun pemula.

1. Mulailah dengan Membuat Perencanaan Usaha

Memulai Usaha harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Hal ini wajib untuk dilakukan sebab tanpa adanya perencanaan, kita akan merasa kesulitan mengambil langkah awal maupun menentukan langkah kedepannya.

Beberapa hal penting yang sebaiknya ada dalam perencanaan usaha rental mobil:

1. Apa yang akan dilakukan

2. Bagaimana cara melakukannya

3. Berapa dana yang dibutuhkan untuk mewujudkannya

 

Baca Juga: Inspiratif! Begini Cara Memulai Usaha Travel Mobil Keuntungan Berlipat

 

2. Tentukan Lokasi Usaha

Lain halnya dengan bisnis online yang bisa dengan mudah kita simpan di mana saja. Untuk usaha rental mobil Anda membutuhkan tempat untuk menaruh mobil sekaligus tempat untuk operasional bisnis.

Jadi, nantinya para calon pelanggan atau siapapun yang tertarik untuk menyewa mobil Anda bisa dengan mudah datang ke tempat.

Pilihlah lokasi usaha rental mobil yang strategis, mudah dijangkau, dan terletak dengan jalan besar untuk mempermudah keluar masuknya kendaraan roda empat tersebut.

3. Siapkan Armada Mobil

Cara yang ketiga untuk usaha rental mobil adalah menyiapkan armada mobil yang akan digunakan. Bilamana Anda belum memiliki mobil yang hendak digunakan, Anda bisa bekerjasama dengan dealer resmi mobil terpercaya di kota Anda.

Adapun jika Anda berkeinginan untuk menggunakan mobil pribadi, pastikan Anda tidak lupa mencatat seluruh biaya operasional yang ada seperti bensin sampai dengan perawatan. Nantinya rincian dana tersebut bisa Anda teruskan ke pelanggan.

Hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan dalam mempersiapkan armada mobil yaitu menyesuaikan mobil yang dipilih dengan target pasar Anda. Cari tahu jenis mobil apa yang sesuai dengan kategori pasar tertentu.

Hindari memilih mobil second atau bekas supaya modal yang Anda miliki tidak banyak terpotong untuk mendandani mobil bekas.

 

Baca Juga: Inilah Besaran Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Mudah Mengurusnya!

 

4. Asuransikan Mobil Anda

Musibah bisa terjadi kapan saja. Pastikan aset utama bisnis Anda sudah diasuransikan ke pihak asuransi mobil terpercaya. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk melindungi aset Anda sekaligus menjaga cash flow yang ada agar tetap aman.

5. Rekrut Karyawan Berpengalaman

Jika Anda berniat untuk benar-benar serius menggeluti usaha rental mobil, Anda bisa merekrut beberapa karyawan untuk mengurus usaha Anda seperti jasa supir, bagian administrasi, keuangan, sampai dengan customer service.

Jangan lupa untuk merekrut tenaga yang sudah handal atau berpengalaman untuk meminimalisir beragam kesalahan yang mungkin muncul. Selain itu, Anda juga bisa merekrut orang terdekat yang betul-betul Anda percaya.

6. Pastikan Sudah Mengantongi Izin Resmi (Legalitas)

Legalitas atau surat izin usaha kadang kala masih banyak dilupakan oleh orang-orang. Padahal, adanya perizinan resmi ini akan sangat membantu usaha Anda berjalan dengan baik.

Bila Anda merasa kebingungan untuk mengurusnya, Anda bisa berkonsultasi ke ahli hukum yang berkaitan dengan hal tersebut..

 

Baca Juga: Surat Izin Usaha Dagang dan Cara Mudah Membuatnya

 

7. Lakukan Promosi

Setelah semua tahapan di atas telah Anda lakukan, selanjutnya lakukanlah promosi semaksimal mungkin untuk menarik potential customer dan mengenalkan usaha rental mobil Anda ke khalayak umum.

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memasang banner di sekitaran lokasi usaha Anda, membagikan selebaran terkait usaha Anda yang disertai dengan promo, promosi melalui sosial media, dan yang terakhir yaitu memanfaatkan fitur ads yang ada di sosial media.

Tidak hanya itu, jika Anda memiliki budget lebih Anda bisa memanfaatkan strategi promosi seperti endorse dimana Anda menggunakan bantuan jasa promosi dari orang yang terkenal atau berpengaruh.

 

Baca Juga: Mengenal Word of Mouth, Strategi Marketing yang Banyak Keuntungannya

 

8. Jangan Lupakan Pembukuan

Sebagaimana dengan perizinan usaha, hal yang satu ini juga kerap kali dikesampingkan. Alhasil, antara uang pribadi dengan usaha rental mobil bisa tercampur begitu saja.

Untuk meminimalisir hal ini Anda bisa melakukan pembukuan terkait dana masuk dan keluar usaha rental mobil Anda. Jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan perangkat lunak yang banyak tersedia di luaran sana.

9. Kedepankan Pelayanan

Salah satu kunci langgengnya suatu usaha selain kualitas produk atau jasa yang ditawarkan yaitu adanya pelayanan yang baik.

Usahakan untuk melayani para pelanggan yang ada dengan ramah dan menjaga hubungan baik dengan mereka. Hal ini akan membantu usaha Anda untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan Usaha Rental Mobil

Usaha rental mobil memiliki sederet kelebihan yang bisa menguntungkan Anda. Apa saja potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan? Simak uraian di bawah ini.

1. Bisa Dimulai Dengan Modal kecil

Usaha rental mobil tergolong usaha yang sangat fleksibel. Anda tidak perlu membeli banyak mobil untuk usaha ini.

Dan bilamana Anda belum memiliki mobil, Anda bisa mengajukan kredit mobil melalui perusahaan pembiayaan. Nantinya penghasilan per bulannya dapat Anda salurkan sebagian untuk membayar cicilan mobil.

 

Baca Juga: Cara dan Syarat Gadai BPKB Mobil Terbaru, Mudah dan Aman!

 

2. Memiliki Pasar yang Beragam dan Luas

Pangsa pasar usaha rental mobil cukuplah luas. Meskipun terhitung sebagai usaha dengan persaingan cukup ketat, nyatanya usaha yang satu ini tidak pernah sirna di pasaran dan selalu ada orang yang membutuhkan mobil sewaan untuk kebutuhan tertentu.

3. Omzet Per Bulan yang Menggiurkan

Omzet per bulan yang bisa Anda dapatkan dari usaha ini cukuplah besar. Terlebih jika Anda menyediakan armada kendaraan lebih dari 2. Semakin banyak mobil rentalan yang Anda miliki, maka semakin besar juga peluang Anda memperoleh omzet besar.

 

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Online, Tidak Perlu Datang Ke Samsat!

 

4. Tidak Sulit Untuk Mengelola Usahanya

Usaha rental mobil dapat dengan mudah Anda kelola. Beberapa cara yang bisa Anda tempuh yaitu dengan membuka usaha ini di rumah, bekerjasama dengan jasa rental mobil yang lebih besar, ataupun bermitra dengan layanan sewa mobil online.

Yang terpenting, pastikan untuk membuat regulasi dan kesepakatan antara dua belah pihak agar kerjasama bisnis yang ada dapat berjalan dengan baik.

Sebagai contoh jika Anda membuka usaha rental mobil di rumah. Anda bisa menerapkan regulasi berupa penahanan identitas peminjam seperti KTP, fotokopi Sim A, dan lembar perjanjian diatas materai. Hal ini dilakukan supaya aset utama bisnis Anda tidak dibawa kabur begitu saja.

Usaha Rental Mobil

Image Source: Freepik/makistock

Perhitungan Modal Usaha Rental Mobil

Berapa kiranya keuntungan yang bisa Anda kantongi tiap bulannya dari usaha rental mobil? Dilansir dari lifepal.com, berikut perhitungan modal dan keuntungan rental mobil. Simak rincian berikut ini!

Modal Awal Usaha Rental Mobil
Modal Awal 1 Unit Avanza 1,3 E M/T, Tenor 48 Bulan
No Uraian Jumlah Harga Satuan Total Harga
1. DP Mobil 1 Rp38.780.000 Rp38.780.000
2. Angsuran Bulan Pertama 1 Rp5.010.000 Rp5.010.000
3. Asuransi 1 Rp3.000.000 Rp3.000.000
4. Biaya Aksesoris dan Lainnya - Rp5.000.000 Rp5.000.000
5. Dana Promosi - Rp300.000 Rp300.000
Total Modal Awal Rp52.090.000
Biaya Operasional Per Bulan
No Uraian Jumlah Harga Satuan Total Harga
1. Angsuran Per Bulan 1 Rp5.010.000 Rp5.010.000
2. Perawatan dan Servis Mobil - Rp700.000 Rp700.000
3. Biaya Lain-Lain - Rp500.000 Rp500.000
Jumlah Rp6.210.000

Adapun perhitungan omzet bulanan yang berpeluang Anda dapatkan dapat dirinci dengan perhitungan sebagai berikut.

Misalnya harga sewa rental mobil selama sehari adalah Rp450.000 dan berhasil disewakan selama 25 hari lamanya. Maka cara menghitungnya yaitu:

25 Hari X Rp450.000 = Rp11.250.000 (Omzet Bulanan)

Sedangkan untuk mengetahui keuntungan per bulannya maka:

Omzet - Biaya Operasional Per Bulan = Rp11.250.000 - Rp6.210.000 = Rp5.130.000

Dari uraian tersebut bisa kita tarik kesimpulan jika keuntungan per bulannya yang bisa Anda kantongi dari 1 mobil yaitu Rp5.130.000. Angka tersebut bisa bertambah lebih besar lagi jika armada yang Anda sediakan ikut bertambah.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Rental Mobil

Keuntungan usaha rental mobil memanglah menggiurkan, terlebih jika armada yang Anda sewakan berjumlah lebih dari satu. Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis rental mobil, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha ke BFI Finance.

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan dengan pilihan pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Diantaranya yaitu:

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

Pastikan untuk selalu up to date tentang keuangan, pinjaman, gaya hidup, dan informasi bermanfaat lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Kategori : Bisnis