Bisnis

Bisnis Rice Bowl Rumahan: Dari Cara Memulai Sampai Estimasi Keuntungan

Admin BFI
26 December 2022
19466
Bisnis Rice Bowl Rumahan: Dari Cara Memulai Sampai Estimasi Keuntungan

Bisnis rice bowl rumahan adalah salah satu ide usaha kekinian dengan prospek yang menjanjikan! Pasalnya, makanan yang satu ini terhitung sebagai makanan yang praktis untuk dibawa dan disentuh dimana saja. Dari segi harga pun sangat terjangkau!

Sesuai dengan namanya, rice bowl adalah makanan yang disajikan di dalam mangkuk atau kemasan yang berbentuk mangkuk. Makanan ini terdiri dari nasi, lauk pauk, dan sayur-sayuran. 

Bagi Anda yang berminat untuk membuka bisnis usaha sendiri atau tertarik untuk membuka bisnis di bidang kuliner, artikel yang satu ini akan mengupas tuntas mengenai bisnis rice bowl rumahan mulai dari kelebihan sampai dengan cara memulai dan perhitungan modalnya. Yuk, simak baik-baik, ya!

 

1. Kelebihan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Ada sederet kelebihan yang terdapat pada bisnis rice bowl rumahan, terkhususnya bagi para pelaku bisnis. Kelebihan ini dapat Anda jadikan referensi untuk menciptakan peluang dan memperoleh lebih banyak keuntungan!

1. Target Pasar Semua Kalangan, Terutama Anak Muda

Rice bowl memiliki target pasar yang luas dan mampu menyasar segala kalangan, khususnya anak muda. Dengan kata lain, bisnis ini sangatlah potensial dan mampu bertahan lama. Harga satuanya pun relatif terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu khawatir makanan yang Anda buat sepi peminat atau tidak laku terjual.

2. Menu yang Praktis dan kekinian

Rice bowl banyak diminati kalangan muda khususnya para pekerja sampai dengan anak sekolah.  Sebab, makanan yang satu ini bisa dibilang sangat compact dan mudah untuk dibawa kemana-mana, isiannya pun cukup bergizi dan mengenyangkan perut. Terlebih, menu yang ada bisa Anda sesuaikan dengan target konsumen.

3. Tersedia Berbagai Variasi Menu

Makanan yang disajikan pada mangkuk atau wadah khusus ini punya banyak variasi menu yang bisa Anda pilih. Mulai dari lokal maupun western, Anda juga bisa mengkreasikan menu yang ada sesuai dengan kreatifitas Anda. Jadi, Anda tidak akan kehabisan ide untuk menciptakan varian baru yang mampu menggugah selera.

4. Modal yang Tidak Terlalu Besar

Bisnis rice bowl rumahan dapat dimulai dengan modal berapa saja. Besaran modal yang ada umumnya ditentukan dari lokasi usaha, bahan pokok yang digunakan, biaya pembelian peralatan, biaya operasional, dan biaya promosi. Jika dibandingkan dengan bisnis lain yang membutuhkan lebih banyak investasi, bisnis rice bowl rumahan tentunya lebih ramah di kantong. Apalagi, jika Anda sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan dan berjualan di rumah Anda, pastinya modal yang dikeluarkan akan lebih hemat.

5. Dapat Dilakukan Oleh Pebisnis Pemula

Siapa saja bisa memulai bisnis rice bowl rumahan sekalipun Anda belum pernah berkecimpung dalam dunia bisnis. Ini dikarenakan proses produksi yang ada sangat mudah untuk dipelajari, Anda bisa mempelajarinya secara gratis melalui kanal YouTube.

Rice bowl juga mudah untuk dipromosikan. Bisnis ini bisa Anda jual di lingkungan sekitar Anda, menjualnya secara online, ataupun bekerjasama dengan aplikasi pesan antar makanan. Anda tiska perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa ruko atau tempat usaha.

 

Baca Juga: 13 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan, Pasti Cuan!

 

2. Cara Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan Ala BFI Finance

Memulai bisnis rumahan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Pasalnya, Anda diharuskan memisahkan antara ruang kerja dengan ruang privasi ataupun ruang keluarga. Hal ini bertujuan agar bisnis rice bowl rumahan Anda dapat diproduksi secara higienis dan aman tanpa mencampuri urusan pribadi Anda.

Nah, untuk caranya memulainya, Anda bisa mengikuti 8 tips berikut ini ala BFI Finance!

Image Source: Freepik/topntp6

1. Tentukan Konsep Bisnis dengan Matang

Sebelum memulai berjualan, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan konsep bisnis. Adanya konsep ini sangat berpengaruh besar terhadap kelancaran bisnis Anda. Konsep yang ada harus meliputi beberapa aspek penting seperti nama brand, pilihan menu, target pasar atau konsumen, jenis bisnis, serta lokasi berjualan. Pastikan konsep yang ada dibuat mengerucut dan se-detail mungkin.

2. Buat Menu yang Berbeda dan Menarik

Rice bowl yang ada di pasaran umumnya terbagi ke dalam dua jenis, yaitu rice bowl dengan pilihan menu western dan menu lokal. Anda bisa memilih salah satu atau dua-duanya, sesuai dari target pasar yang dipilih.

Namun, pastikan menu yang Anda jual memiliki perbedaan atau keunikan tersendiri. Ini akan membantu bisnis rice bowl rumahan Anda lebih menonjol dan lebih menarik dari kompetitor.

3. Gunakan Bahan Berkualitas

Makanan yang enak berasal dari bahan baku yang fresh dan berkualitas. Buatlah rice bowl dengan nasi yang pulen layaknya nasi jepang dan padukan dengan topping yang fresh. Anda juga bisa membuat lauk yang ada kaya akan rasa untuk mendominasi rasa nasi yang hambar.

4. Buat Packaging yang Menarik

Kesan pertama sangatlah berpengaruh bagi konsumen. Oleh karenanya, buatlah packaging yang menarik dan mampu menggugah selera pembeli. Sesuaikan juga kemasan yang ada dengan target pasar yang Anda pilih. Misalnya target pasar Anda mayoritas anak muda, maka kemasan yang dipilih haruslah kemasan yang simpel, menarik, dan kekinian.

5. Tentukan Harga Jual

Dalam menentukan harga, Anda bisa melakukannya dengan cara menganalisa kompetitor yang ada di domisili Anda. Lalu, sesuaikan harga tersebut dengan modal usaha yang Anda gunakan untuk membeli bahan pokok. Pastikan harga jual yang Anda pilih nantinya tidak terlalu mahal maupun terlalu rendah yang akan berakibat pada kerugian.

6. Pertimbangkan Berjualan Secara Online, Offline, dan Manfaatkan Aplikasi Pesan Antar Makanan

Dalam memulai bisnis rice bowl rumahan, Anda bisa menjualnya dengan 3 cara. Pertama yakni dengan cara konvensional atau dijual secara offline. Sebagai contoh Anda membuka bisnis ini di depan rumah Anda, maka Anda bisa menjajakan rice bowl Anda ke tetangga ataupun lokasi terdekat dengan cara menerapkan strategi word of mouth.

Kedua, berjualan secara online. Anda bisa menawarkan jualan rice bowl Anda di media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Melalui cara kedua ini, strategi promosi yang bisa Anda terapkan berupa pre-order atau reseller.

Terakhir, Anda juga bisa berjualan melalui aplikasi pesan antar makanan sebagai salah satu mitra usaha. Dengan mendaftarkan bisnis rice bowl rumahan Anda ke aplikasi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan ketimbang hanya berjualan di depan rumah. Namun, pastikan harga yang Anda cantumkan nantinya sudah disesuaikan dengan biaya layanan atau biaya tambahan yang mungkin berlaku, ya!

7. Buat Strategi Pemasaran yang Tepat

Selain berjualan secara offline, online, dan melalui aplikasi, Anda juga harus mempertimbangkan strategi pemasaran lainnya agar bisnis Anda mampu bertahan lama dan banyak dikenal orang-orang. Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan strategi promosi berupa diskon harga di hari tertentu, berjualan di event atau lokasi yang sedang mengadakan acara besar, atau membuka sistem pesanan untuk acara pernikahan dan sejenisnya. Apapun itu, jangan pernah takut untuk mengambil kesempatan yang ada di depan Anda.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

 

8. Tentukan Sumber Modal Bisnis

Terakhir, menentukan sumber modal yang akan Anda jadikan bahan bakar selama bisnis ini berjalan. Dalam menentukan besarannya, Anda harus mengetahui biaya yang diperlukan dalam usaha mulai dari biaya peralatan, biaya operasional, dan biaya lainnya. Dari sana nantinya bisa terlihat jelas berapa besaran modal yang Anda butuhkan.

Jika modal yang diestimasikan ternyata kurang atau bahkan Anda belum memiliki anggarannya sama sekali, Anda bisa mengajukan modal usaha dengan mudah melalui BFI Finance. Mulai dari jaminan BPKB kendaraan atau Sertifikat Rumah, pengajuan pinjaman Anda akan diproses secara cepat dan aman!

 

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Pinjaman Cepat Cair untuk Kegiatan Promosi Usaha

 

3. Contoh Menu Rice Bowl Rumahan

Membuat rice bowl tidaklah sulit. Beragam bahan bisa Anda dapatkan dengan mudah di supermarket maupun pasar tradisional. Nah, kira-kira variasi menu apa saja yang bisa Anda pilih untuk bisnis rice bowl rumahan? Ini dia ragam menunya.

1. Rice Bowl Lada Hitam

Menu rice bowl yang satu ini cukup banyak digemari orang-orang. Isinya yaitu terdiri dari daging ayam atau daging sapi (beef) yang dimasak dengan bumbu lada hitam dan dikombinasikan dengan taburan wijen agar terlihat lebih ciamik.

2. Rice Bowl Sambal Matah

Sambal matah nampaknya masih sangat eksis di masyarakat Indonesia. Tak heran, menu rice bowl yang satu ini masih jadi primadona bagi banyak orang. Anda bisa mempertimbangkan menu ini di list menu pilihan Anda nantinya!

3. Rice Bowl Teriyaki

Rice bowl sangat populer di Asia khususnya jepang dan korea. Salah satu menu pilihan yang paling populer yakni rice bowl teriyaki yang bisa dibuat dengan menggunakan ayam atau daging sapi.

4. Rice Bowl Ayam Geprek

Sudah bertahun-tahun ayam geprek menjadi makanan andalan yang banyak diminati. Tak hanya itu, ayam geprek juga relatif mudah untuk dibuatnya. Jadi, sangat disayangkan jika menu yang satu ini Anda lewatkan begitu saja.

 

Baca Juga: 7 Tips Memulai Usaha Ayam Geprek beserta Rincian Modalnya

 

5. Rice Bowl Beef Gyudon

Beef gyudon adalah menu makanan asal Jepang yang cukup populer. Menu ini berisikan irisan daging yang dipadukan dengan nasi hangat. Cara membuatnya terbilang sederhana. Hanya membutuhkan irisan daging yang dicampur dengan bumbu berupa kecap asin, bumbu penyedap, saus tiram, bawang bombay, dan gula secukupnya. Praktis dan simpel bukan?

6. Rice Bowl Saus Bulgogi

Selain menu olahan daging sapi dan daging ayam sebelumnya, rice bowl saus bulgogi juga turut disukai banyak orang karena punya citarasa saus yang khas. Sangat pas disajikan selagi hangat di musim dingin.

7. Rice Bowl Salmon Teriyaki

Selain rice bowl yang berbahan dasar ayam atau daging sapi, Anda juga bisa menjual rice bowl dengan menu pilihan ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini sangat populer dan kaya akan vitamin. Tidak akan sulit untuk menjual menu makanan yang satu ini.

Menu yang ada di atas bisa Anda kreasikan lagi supaya lebih menarik dan disesuaikan dengan permintaan pasar. Apapun itu menunya, pastikan untuk membuatnya dengan higienis dan gunakan bahan baku berkualitas. Pertahankan cita rasa yang ada agar selalu menciptakan rasa yang konsisten.

Antara rice bowl dan rice box mungkin terdengar sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup kentara. Perbedaan pertama yaitu pada kemasan yang digunakan, rice bowl umumnya menggunakan mangkuk atau wadah khusus berbentuk mangkok, sedangkan rice box menggunakan box makanan. Kedua, dari segi ukuran, rice bowl cenderung lebih kecil (compact), sedangkan rice box memiliki ukuran yang lebih besar dan mampu menyimpan lebih banyak makanan.

 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

 

4. Estimasi Modal Usaha dan Keuntungan Bisnis Rice Bowl

Modal usaha yang diperlukan untuk membuka bisnis ini cukup bervariasi. Asumsikan Anda memulai bisnis rice bowl rumahan di rumah Anda sendiri dengan menggunakan peralatan yang sudah Anda tanpa perlu menyewa tempat usaha.

Selain itu, setelah Anda melakukan riset kompetitor, harga yang diperoleh untuk satuannya sekitar Rp 10 ribu sampai dengan Rp 20 ribu. Maka, jika dikira-kira, modal yang Anda butuhkan berkisar antara satu juta sampai dengan dua juta rupiah.

Selanjutnya yaitu mari kita hitung estimasi keuntungan dari bisnis rice bowl rumahan berikut ini. Misalkan harga total bahan baku untuk menu rice bowl chicken teriyaki sebesar Rp17.000 dan Anda ingin mendapatkan keuntungan sebesar 50% dari setiap rice bowl yang terjual, maka rinciannya adalah:

Harga Jual= Rp17.000 + (Rp17.000 X 50%)

Harga Jual= Rp17.000 + Rp8.500 = 25.500

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan 50% dari tiap rice bowl yang terjual maka per pcs bisa Anda jual sebesar Rp25.000. Dan apabila per bulannya Anda bisa menjual sebanyak 600 pcs, maka keuntungan yang bisa Anda kantongi sebesar Rp5.100.000. Menggiurkan bukan?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis rice bowl rumahan yang satu ini? Jika Anda ingin memulainya namun terhalang oleh modal usaha, Anda bisa mencari cara alternatif salah satunya yaitu dengan mengajukan pinjaman di BFI Finance.

Baca juga: 12 Ide Bisnis Online Untuk Pemula Paling Menguntungkan Tahun 2023!

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Yuk, ajukan pembiayaan di BFI Finance. Jangan lewatkan kesempatan emas yang menunggu Anda di depan sana!

#SelaluAdaJalan bersama BFI Finance

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis