Bisnis

Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

Admin BFI
2 September 2022
16470
Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

Suka hewan atau Anda termasuk pencinta hewan? Jika ya, usaha petshop bisa menjadi ide usaha berikutnya yang patut Anda coba!

Seperti yang kita tahu, memiliki hewan peliharaan adalah salah satu hobi yang menyenangkan. Hal ini juga selaras dengan manfaat yang kita dapatkan. Antara lain yaitu perasaan tenang dan dicintai, menurunkan stress, mengajarkan rasa tanggung jawab, dan yang tidak kalah penting yaitu mengajarkan kita rasa sayang kepada sesama mahluk hidup, berempati, serta toleransi.

Banyaknya manfaat yang didapatkan serta perasaan bahagia yang meyelimuti, membuat pecinta hewan setiap tahunnya selalu bertambah. Beberapa jenis hewan yang paling banyak dipelihara antara lain kucing, anjing, ikan, hamster, dan lainnya.

Selain memperoleh keuntungan, adanya usaha petshop ini dapat membawa kebahagiaan karena tiap harinya Anda akan melihat hewan lucu nan menggemaskan.

Nah, kira-kira apa saja ya yang harus kita persiapkan untuk memulai usaha petshop? Selengkapnya akan Tim BFI Finance bahas di artikel yang satu ini!

 

Tips Sukses Memulai Usaha Petshop

 

Dalam memulai sebuah usaha pastinya ada trick dan tips yang tidak boleh Anda lewatkan agar usaha Anda dapat berkembang dan bertahan lama. Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti untuk memulai usaha petshop.

Usaha Petshop

Image Source: Pexels/Mikhail Nilov

1. Modal Usaha

Hal pertama sekaligus menjadi hal yang paling krusial dalam sebuah usaha yakni menentukan modal usaha. Untuk memulai usaha petshop besaran modal yang Anda butuhkan bergantung pada model usaha seperti apa yang hendak Anda jalankan.

Apakah hanya akan fokus menjual makanan dan kebutuhan hewan atau Anda juga ingin menyediakan jasa titip hewan, grooming, lengkap dengan tenaga profesional seperti dokter hewan.

Pastikan Anda telah berpikir secara matang mengenai hal tersebut sebelum mentaksir besaran modal yang dibutuhkan. Meskipun begitu, usaha petshop ini bisa tetap dijalankan dengan modal berapapun yang Anda miliki, tidak melulu harus besar.

Misalnya Anda akan memulainya dari yang sederhana terlebih dahulu seperti menjual makanan hewan dan aksesoris tertentu.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

 

2. Menentukan Modal dan Jasa yang Ditawarkan

Memulai usaha petshop harus diimbangi dengan wawasan dan pengetahuan seputar hewan. Sebab adanya hal ini akan menguntungkan Anda untuk mencari peluang maupun mengikuti trend terkini di kalangan pecinta hewan.

Jadi, nantinya Anda tidak akan kesulitan untuk menjual ataupun menawarkan jasa yang petshop Anda miliki. Intinya, usaha yang Anda jalankan ini bisa berjalan secara maksimal.

3. Memilih Lokasi Petshop yang Strategis

 

Tidak bisa dipungkiri pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan usaha petshop Anda. Hal ini sangat masuk akal mengingat lokasi yang strategis tentunya banyak dilalui orang dan berada di daerah di mana target pasar kita berada.

Untuk itu, cobalah lakukan riset kecil-kecilan terkait lokasi yang strategis untuk mendirikan petshop Anda. Terutama jika memang Anda serius untuk membuka usaha ini secara offline.

Adapun beberapa pertimbangan yang sebaiknya Anda lakukan dalam memilih lokasi yaitu:

  • Kondusif

Hewan cukup rentan terkena stress jika berada di tempat yang terlalu ramai atau bising. Jadi, pilihlah tempat yang tidak hanya bagus dan nyaman namun juga terbebas dari suara nyaring yang berlebihan. Ini sangatlah penting terlebih jika Anda juga ingin menawarkan jasa titip hewan.

  • Akses Tempat yang Mudah

Sudah jadi rahasia umum bila tempat yang mudah dijangkau adalah opsi yang paling utama. Pilihlah tempat yang dekat dengan jalan utama, cukup ramai, aman, dan tidka begitu masuk ke dalam gang sehingga memudahkan siapa saja untuk mengjangkaunya. Apalagi jika ingin menggunakan Google Bisnis di mana alamat petshop Anda bisa terpampang jelas di Google Map.

  • Bersih, Jauh Dari Tempat Kotor

Tempat yang strategis, dekat dengan jalan utama, dan ramai tidak selalu menjanjikan kebersihan di sekitarnya. Pilihlah lokasi yang daerah sekitarnya sama-sama ikut menjaga kebersihan dan membuat siapa saja yang datang merasa nyaman dan aman.

4. Memiliki Izin Usaha

Demi terhindar dari hal yang kurang berkenan, akan lebih baik jika Anda meminta izin dari lingkungan sekitar lokasi petshop Anda dan mendaftarkan usaha ini ke lembaga resmi. Misalnya mengajukan izin usaha ke dinas kota.

5. Merekrut Karyawan yang Tepat

Setiap hewan memiliki keunikan dan cara penanganan yang berbeda-beda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memilih karyawan petshop yang berpengalaman dan paham betul cara merawat hewan.

Jiak Anda memiliki modal yang lebih besar Anda dapat mempertimbangkan untuk merekrut care-taker (perawat hewan) dan bekerjasama dengandokter hewan (veterinarian).

6. Memaksimalkan Promosi Usaha

 

Di jaman yang serba canggih, cepat, dan penggunaan sosial media yang kian marak menjadikan para pemilik usaha dapat lebih mudah untuk memasarkan barang dan jasa yang mereka miliki. Tak terkecuali untuk usaha petshop!

Beberapa langkah yang bisa Anda tempuh antara lain:

  • Memanfaatkan fitur Ads di sosial media dan Google Ads

  • Ikut berjualan di Eccomerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya

  • Membuat konten menarik yang di dalam terdapat promosi produk

  • Menerapkan beberapa strategi penjualan seperti soft-selling, endorse, dan masih banyak lagi

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk : Alasan dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

 

7. Aktif di Sosial Media

Selain mempromosikan petshop milik Anda, Anda juga bisa turut andil dalam berbagi informasi menarik yang mengedukasi seputar hewan. Hal ini akan menguntungkan Anda untuk memperluas kesempatan meraih lebih banyak pelanggan dan membangun citra yang baik.

Salah satu tips yang bisa Anda gunakan untuk cara ini yaitu menerapkan strategi soft selling!

8. Tergabung Ke Dalam Komunitas Pecinta Hewan

 

Merasa kebingungan untuk mempromosikan usaha petshop Anda selain dari eccomerce atau membuat akun dagang? Saatnya bergabung ke komunitas pecinta hewan!

Komunitas pecinta hewan bisa Anda jumpai di mana saja di seluruh nusantara. Apalagi jika Anda mencarinya di sosial media, sangat banyak komunitas hewan yang bisa Anda ikuti!

Ada dua keuntungan yang bisa Anda dapatkan lewat tips ini. Pertama, Anda akan selalu update informasi terkini terkait hewan termasuk diantaranya produk makanan ataupun perawatan hewan yang paling banyak digunakan.

Kedua, Anda bisa ikut menawarkan produk dan jasa yang usaha petshop Anda miliki. Semakin handal cara Anda menawarkan, semakin banyak orang yang akan tertarik untuk membeli maupun menggunakan jasa usaha petshop Anda.

9. Kemampuan Managerial yang Baik

Memulai usaha petshop tanpa adanya perisapan yang matang seperti kemampuan memanage usaha bisa sangat beresiko. Usahakan Anda membekali diri sendiri dengan ilmu yang cukup terkait cara mengelola keuangan seperti pembukuan sederhana, penataan produk, pengetahuan fundamental seputar digital marketing, dan skill lainnya yang bisa membantu usaha Anda bertahan.

 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

 

Estimasi Keuntungan Bisnis Petshop, Super Legit!

Setelah Anda mengetahui tips memulai usaha ini, selanjutnya yaitu pembahasan mengenai modal, estimasi keuntungan ataupun profit yang bisa Anda peroleh dari usaha petshop ini. yuk, langsung saja kita simak uraian di bawah ini!

Penting untuk diingat, rincian di bawah ini bukanlah hitungan mutlak. Nominal yang perlu Anda keluarkan untuk masing-masing barang dan kebutuhan tergantung dari jenis merk, harga saat ini, dan berbagai faktor lainnya.

Rincian Modal Usaha Petshop
Modal Awal
No. Keterangan Harga
1. Kandang Hewan Rp3.350.000
2. Etalase Produk Rp2.750.000
3. Makanan Hewan Rp6.000.000
4. Perlengkapan Mandi Hewan Rp1.700.000
5. Aksesoris Hewan Rp1.200.000
6. Perlengkapan Hewan Lainnya Rp1.000.000
Total Rp16.000.000
Biaya Operasional Perbulan
No. Keterangan Harga
1. Gaji Karyawan / Care-taker (2 Orang) Rp4.500.000
2. Biaya Perawatan Penitipan Hewan Rp1.250.000
3. Makanan Hewan yang Dititipkan Rp3.520.000
4. Kebutuhan Lainnya Rp500.000
Total  Rp9.770.000
Total Modal Awal Secara Keseluruhan Rp25.770.000

 

Selanjutnya yaitu menghitung estimasi omzet yang bisa Anda dapatkan perbulannya. Rinciannya Antara lain sebagai berikut.

Penitipan Hewan= 70 Hewan X Rp55.000 (Harga Penitipan 1 Hewan) = Rp3.850.000

Grooming= 100 Hewan X Rp75.000 (Harga Grooming 1 Hewan) = Rp7.500.000

Keuntungan Penjualan Makanan Hewan= Rp2.500.000

Keuntungan Penjualan Aksesoris Hewan dan Lainnya= Rp1.950.000

Total Keuntungan Perbulan= Rp15.800.000

Profit Bersih Perbulan = Total Keuntungan Perbulan - Biaya Operasional Perbulan =  Rp15.800.000 - Rp9.770.000 = Rp6.030.000

Jadi, keuntungan yang dapat Anda kantongi setiap bulannya sekitar Rp6.030.000. Angka ini tidaklah mutlak, jika Anda mampu mencapai target penjual lebih besar maka keuntungan yang diperoleh juga ikut bertambah banyak.

Perlu diingat, perhitungan estimasi profit di atas tidak termasuk biaya sewa tempat dan harga yang tercantum dapat berbeda-beda tergantung dari daerah dan harga terkini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Petshop

Tertarik untuk memulai usaha pethsop? Ajukan pinjaman dana di BFI Finance aja!

Prosesnya aman, mudah, dan sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda bisa ajukan pinjaman untuk usaha pethsop dengan pilihan jaminan yang bisa disesuaikan. Antara lain sebagai berikut.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait pinjaman, silakan akses laman berikut ini.

Sobat BFI, itulah pembahasan Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya. Semoga adanya artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk ide bisnis Anda. Jangan pernah takut untuk mencoba. Salam bisnis!

Cek artikel dan informasi menarik lainnya di BFI Blog.

Kategori : Bisnis