Artikel

Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini. 

2022-04-28 00:00:00 1898
Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini. 

Ada berbagai banyak cara menghasilkan uang yang bisa dilakukan, mulai dari menjadi karyawan, membuka usaha, menjadi reseller atau dropshipper, agen asuransi atau properti, tutor kelas, hingga memanfaatkan program afiliasi. Berbicara tentang afiliasi, Sobat BFI sudah tahu apa itu afiliasi? Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasannya di bawah ini ya. 

 

Pengertian 

Apa Itu Afiliasi

Menurut KBBI, afiliasi adalah bentuk kerja sama antara dua lembaga dimana yang satu lebih besar daripada yang lain tetapi masing-masing diantaranya berdiri sendiri. Adapun bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar dalam bentuk personal, peralatan, atau fasilitas. Ada beberapa pelaku bisnis afiliasi. Pertama adalah pihak produsen atau pemilik dari produk, kedua adalah orang yang berperan sebagai afiliator atau orang yang mengikuti program afiliasi dan yang terakhir adalah konsumen. 

Untuk mendapatkan komisi melalui program ini, Anda harus memasarkan produk/jasa dari produsen kepada konsumen sampai konsumen berhasil melakukan transaksi. Jadi, pada dasarnya bisnis ini hanya memerlukan modal pemasaran saja. Diantaranya bahkan memulainya tanpa modal. 

Cara Kerja 

Lalu bagaimana cara kerja dari program afiliasi? Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk memulai bisnis afiliasi, Anda tidak menyetok produk atau barang karena barang didapat dari produsen dan Anda hanya bertindak sebagai perantara. Berikut adalah penjelasan langkah kerja dari program afiliasi. 

Daftar Program 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan diri sebagai peserta afiliasi. Anda bisa mendaftarkan diri melalui situs atau website dari perusahaan yang menyediakan program tersebut. Setelah berhasil mendaftarkan diri, Anda akan mendapatkan kode referral dimana kode tersebut tidak dimiliki oleh afiliator lain atau bersifat unik. Kode tersebut menjadi indikator bagi perusahaan atau produsen untuk memberikan komisi kepada Anda jika terdapat transaksi dari kode unik milik Anda. 

Promosi 

Selanjutnya, Anda wajib mempromosikan produk/jasa kepada calon konsumen dengan memberikan kode referral Anda saat proses pembelian. Saat calon konsumen tertarik dengan produk/jasa yang ditawarkan, mereka akan memasukan kode referral Anda ke dalam kolom khusus yang nantinya akan menjadi perhitungan komisi yang didapatkan.

Gunakan Kode Referral 

Penggunaan kode referral tidak hanya menguntungkan dari sisi afiliator saja. Pasalnya, konsumen yang menggunakan kode referral juga memiliki keuntungan mendapatkan promo atau diskon.  

Perolehan Komisi

Saat konsumen berhasil melakukan pembelian produk/jasa dari produsen menggunakan kode unik milik Anda, maka perusahaan atau produsen wajib memberikan komisi kepada Anda. besaran konsumen biasanya sesuai dengan kesepakatan awal dengan beberapa penilaian seperti harga barang yang terjual, kenaikan trafik pada website, pengunduhan aplikasi, dan lain sebagainya. 


Jenis Afiliasi yang Bisa Dilakukan 

Apa Itu Afiliasi

Setidaknya ada 3 jenis afiliasi yang paling sering dimanfaatkan untuk kegiatan promosi atau pemasaran seperti berikut ini. 

Influencer 

Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan orang lain karena kekuatan berupa pengetahuan, posisi, otoritas, atau karena berhubungan dengan banyak pengikut. Influencer juga menjadi salah satu metode promosi yang cukup efisien mengingat kemampuannya dapat menyasar pasar untuk transaksi jual beli. Jenis afiliasi yang satu ini paling banyak diminati mengingat potensi yang dihasilkan juga besar. 

Influencer memiliki banyak pengikut yang dapat dipengaruhi untuk membeli suatu produk/jasa yang dipakai oleh influencer atau idolanya. Semakin banyak pengikut aktif dalam suatu platform, maka komisi yang didapatkan juga semakin tinggi. 

Blogger 

Jenis afiliasi yang selanjutnya adalah dengan menjadi blogger. Anda dapat menjadi blogger dengan mempromosikan produk/jasa dengan rangkaian kata atau tulisan yang menarik dan mampu membuat audiens tertarik membeli produk tersebut. 

Media Sosial 

Jenis afiliasi terakhir yang bisa dilakukan adalah mempromosikan produk/jasa produsen melalui media sosial. Anda bisa membuat ide konten, cerita singkat, testimoni, dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk atau jasa dengan menyisipkan kode referral unik Anda. 

Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjadi afiliator berikut ini. 

  1. Modal cenderung kecil namun hasil yang didapatkan cukup menjanjikan. Anda membutuhkan modal berupa komunikasi yang baik, pulsa, dan komputer atau laptop jika dibutuhkan. 

  2. Waktu kerja sangat fleksibel. Anda bisa memulai pekerjaan ini kapan pun dan dimana pun tanpa terikat dengan suatu perusahaan atau lembaga. 

  3. Bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan atau penghasilan pasif dimana Anda bisa mendapatkan uang walaupun sedang bekerja di kantor karena komisi akan otomatis masuk ke rekening Anda jika terjadi transaksi antara produsen dan konsumen yang menyisipkan kode referral Anda pada saat proses pembelian. 

  4. Penghasilan dari program afiliasi ini didasarkan atas kerja keras. Semakin baik promosi yang dilakukan, maka penghasilan yang didapatkan juga semakin besar. 

 

Contoh Program Afiliasi 

Di Indonesia sendiri, cukup banyak perusahaan yang menyediakan program afiliator sebagai salah satu metode bisnisnya. Lalu perusahaan apa saja yang menyediakan program afiliasi tersebut? Yang pertama adalah Bukalapak, indikator dari afiliasi ini adalah CPS atau cost per sale, dimana Anda akan mendapatkan komisi tergantung dari harga produk yang terjual dari link atau kode referral unik Anda. 

Selanjutnya ada Tokopedia dan Shopee. Tokopedia menyediakan program afiliasi dimana Anda akan mendapatkan komisi jika berhasil menjual barang yang tersedia di aplikasi Tokopedia melalui kode referral Anda. komisi akan dikirim dalam waktu 1x24 jam. Berbeda dengan Tokopedia, Anda bisa mendapatkan komisi jika menjadi afiliator di Shopee setiap Anda berhasil menjual produk yang diperbolehkan. Komisi maksimal dari setiap transaksi adalah Rp 10 ribu. Komisi tersebut akan dibayarkan melalui akun ShopeePay milik Anda. 

Yang terakhir adalah menjadi afiliator dari Zalora. Sistemnya sama dengan lainnya, Anda akan diberikan link atau kode referral yang bisa Anda sebarkan dan promosikan untuk menarik calon konsumen membeli produk di Zalora. Apabila berhasil terjual, maka komisi yang didapatkan berkisar di 4-6% per produk. 

 

Demikian informasi mengenai apa itu program afiliasi, cara kerja, keuntungan, dan beberapa daftar perusahaan yang menyediakan sistem afiliasi dalam dunia bisnisnya. Dari informasi di atas, apakah Anda tertarik untuk menjadi afiliator? Jika tertarik, pastikan melakukannya dengan kerja keras dan dedikasi agar komisi yang didapatkan juga besar. 

Semoga artikel ini bermanfaat! 

Sumber: