Bisnis

10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

Admin BFI
20 June 2022
68215
10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

Pandemi Covid-19 membawa efek yang sangat kentara di berbagai aspek kehidupan. Khususnya untuk para pebisnis dan pekerja. Hal ini berimbas dengan hilangnya pekerjaan serta bisnis yang mau tidak mau mesti gulung tikar.

Tips Usaha modal 10 juta

Tips Usaha Modal 10 Juta. Image Source: Unsplash/Mike Petrucci

Meski begitu, lambat laun kita terus belajar untuk berdamai dengan keadaan. Memulai segala sesuatunya kembali dari nol dan terus berinovasi. Tak ayal, membuka usaha baru dapat dijadikan solusi untuk menstabilkan masalah ekonomi. Dari usaha ini juga kita bisa memperoleh hasil yang dapat membantu menaikan pendapatan bulanan, terutama bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan.

Pada artikel berikut ini BFI Finance telah merangkum 10 peluang usaha modal 10 juta yang dapat dijadikan inspirasi untuk Anda yang tertarik membuka bisnis sendiri.

 

1. 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta

1.1. Reseller Online

Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang, banyak peluang usaha yang dapat Anda jadikan pilihan. Terlebih segala sesuatunya sudah sangat mudah, serba online, terutama dengan adanya e-commerce. Nah, salah satu peluang usaha modal 10 juta yang dapat Anda coba yaitu dengan cara menjadi reseller online. Apa itu reseller online? Reseller online adalah sebuah kegiatan di mana Anda menjual kembali produk yang diperoleh dari supplier maupun penjual dengan harga yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh keuntungan. Produk yang dijual dipasarkan secara online atau daring.

Bila Anda tertarik untuk memulai usaha ini, cara yang dapat digunakan cukup mudah. Pertama, pastikan memperoleh supplier yang terpercaya. Kedua, membuka akun toko online di e-commerce (Seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya). Setelah kedua langkah tersebut selesai, selanjutnya Anda sudah bisa memulai berjualan. Ada 3 keuntungan yang bisa Anda peroleh dari usaha ini. Diantaranya yaitu tidak perlu repot-repot menyewa tempat, bisa berjualan barang apa saja (bervariasi), dan usaha ini dapat dijalankan dari mana saja.

1.2.  Thrift Shop

Beberapa tahun ini bisnis thrift shop atau menjual barang second sangatlah menjanjikan dan banyak digandrungi muda-mudi, terutama bagi para penggemar dunia mode. Selain pilihannya yang sangat bervariasi, harga barang thrift relatif miring dengan kualitas yang masih sangat bagus. Sisi positifnya lagi, jika Anda memiliki taste yang bagus dalam bidang fashion maupun barang-barang unik, hal tersebut dapat menjadi nilai plus serta ciri khas untuk toko Anda kelak. Seru bukan? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk memulai usaha modal 10 juta ini. Diantaranya adalah:

  • Menentukan modal

Modal yang diperlukan untuk usaha ini tidaklah fantastis, bisa dimulai dari Rp500.000-1.000.000. Modal ini nantinya akan digunakan untuk membeli barang thrift, biaya pengemasan, serta tambahan lainnya seperti biaya laudry, sticker, kartu ucapan, dan lain-lain.

  • Menentukan ciri khas toko

Hal ini penting untuk mendukung kelancaran usaha yang nantinya dapat menjadi pembeda dari pesaing lainnya.

  • Menentukan harga jual

Barang thrift yang dijual tentunya bukan lagi barang baru, maka dari itu harga yang dipasarkan nantinya harus lebih murah. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan harga. Diantaranya yaitu kondisi barang, apakah ada kerusakan, barang bermerk, barang dengan permintaan tinggi (high demand), harga di pasaran, serta tingkat kesulitan mencarinya.

  • Penyortiran Barang

Melakukan penyortiran sangatlah penting untuk memastikan kualitas barang serta model yang ada sesuai dengan permintaan pasar.

  • Konsisten

Konsistensi sangatlah diperlukan agar usaha yang ada dapat terus berjalan dan dapat mengikuti trend pakaian thrift terkini. Konsistensi di sini terdiri dari belanja barang, foto produk, sesi editing foto, serta mengurus sosial media maupun e-commerce.

1.3.  Merchandise K-POP

Peluang usaha berikut ini tidak dapat diremehkan. Budaya Korea di Indonesia kian menjamur terutama K-POP yang memiliki penggemar dari berbagai kalangan dan usia. Semakin populer seorang idol maupun group maka akan semakin banyak pulak penggemar yang ada. Bukan rahasia umum lagi jikalau fans K-POP juga rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi barang-barang yang berkaitan dengan idola nya! Tentunya peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha. Salah satunya yaitu dengan cara menjual album kpop, makanan Korea, dan merchandise K-POP lainnya seperti photocard, light stick dan berbagai barang lainnya. Kabar baik lainnya ialah anda tidak perlu repot-repot untuk menyediakan stok barang terlebih dahulu, Anda bisa memulai usaha ini melalui sistem pre-order.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan jika ingin memulai usaha yang satu ini. Pertama yaitu keinginan untuk mencari tahu. Mencari tahu di sini maksudnya adalah mencari tahu boygroup atau idol yang tengah popular saat ini. Tidak perlu semuanya, Anda dapat memilih salah satu diantaranya. Baru setelah itu menentukan barang apa saja yang akan dijual. Kedua, membangun komunitas. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan calon pembeli serta menentukan harga yang baik untuk produk yang dijual.

1.4.  Frozen Food

Menjual frozen food atau lumrah kita sebut sebagai makanan beku bisa menjadi salah satu peluang usaha yang layak untuk dicoba. Selain banyak disukai masyarakat karena cara penyajiannya yang praktis, harga frozen food relatif terjangkau, dan bagi pelaku usaha, penyimpanan frozen food terbilang sangat mudah. Awet dan tidak cepat basi! Dengan modal usaha 10 juta, Anda sudah bisa memulai usaha yang satu ini mulai dari membeli freezer sampai dengan mengisi stok dari supplier. Dan karena frozen food ini tidak mudah basi, Anda juga dapat menjualnya secara online. Tentunya, jika dijual secara online, untung yang diraup pun akan semakin banyak.

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika ingin memulai usaha frozen food:

  • Menentukan barang yang akan dijual

Hal ini bertujuan supaya Anda dapat fokus berjualan dan mengembangkan usaha frozen food yang Anda miliki.

  • Memilih supplier terpercaya

Pilihlah produsen yang sudah terpercaya dan menyediakan beragam pilihan makanan dari brand terkenal. Tentunya yang sudah memiliki izin BPOM.

  • Kualitas produk

Pastikan frozen food yang dijual dalam keadaan yang baik, kemasan utuh, dan tidak melebihi tanggal kadaluarsa.

  • Promosi di Sosial Media

Manfaatkan kemudahan akses dan trend terkini untuk menjual frozen food milik Anda. Diantaranya yaitu dengan cara membuatkan akun khusus untuk usaha Anda dan mempercantik tampilan akun tersebut lewat foto produk..

1.5.  Pet Shop

Gemar memelihara hewan? Memulai usaha pet shop mungkin bisa jadi pertimbangan Anda! Ada banyak hewan yang bisa dijadikan peliharaan dengan modal yang tidak terlalu besar. Seperti halnya kucing, anjing, ikan, burung, maupun reptil. Jika anda merasa tidak cukup pede untuk menjual hewan peliharaan, menjual perlengkapan hewan bisa juga menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Diantaranya Anda dapat menyediakan kandang hewan, makanan, vitamin, aksesoris, serta kebutuhan lainnya.

1.6.  Franchise

Tertarik untuk menekuni usaha Franchise secara offline? Franchise dapat menjadi usaha modal 10 juta yan bagus untuk Anda! Cukup menyediakan lokasi yang strategis dan memilih franchise yang sesuai, Anda sudah dapat menekuni usaha yang satu ini! Modal usaha yang dikeluarkan pun tidak harus besar. Ada banyak pemilik franchise yang mematok harga murah bahkan di bawah 10 juta! Pastikan Anda melakukan riset berbagai franchise terlebih dahulu sebelum mantap memilih satu franchise.

1.7. Bisnis Katering Sehat

Industri makanan merupakan salah satu industri yang nyaris tidak pernah tergerus oleh waktu. Sebab, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang mesti dipenuhi setiap hari. Salah satu bisnis usaha modal 10 juta yang dapat Anda tekuni di industri ini ialah bisnis katering sehat. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda tekuni. Sebab, di jaman yang modern ini semakin banyak orang perduli akan pentingnya gaya hidup sehat, tidak terkecuali diet. 

Strategi memulai bisnis katering sehat:

  • Melakukan perencanaan dengan matang

  • Menentukan makanan apa yang hendak dijual

  • Menentukan harga jual produk

  • Kreatif dan inovatif

1.8. Laundry Kiloan

Bermukim di daerah yang padat penduduk? Banyak mahasiswa dan pekerja? Usaha laundry kiloan akan sangat cocok untuk usaha modal 10 juta Anda!

Beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa kegiatan mencuci merupakan hal yang sepele. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan ini. Dari mulai mencuci, menjemur, kemudian perlu disetrika dan dilipat, tentunya itu sangat menyita waktu yang ada. Dengan adanya usaha laundry kiloan ini, tentu akan sangat membantu mereka yang memiliki kesibukan tinggi, khususnya untuk para pekerja dan mahasiswa.

Bisnis ini hanya membutuhkan modal usaha 10 juta, maka setelahnya Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Bisa dimulai dari membeli 2 buah mesin cuci, 1 setrika, serta alat penunjang lainnya seperti jemuran, plastik baju, dan lain-lain.

1.9. Berjualan Hijab

Di masa sekarang ini trend baju muslim cukup pesat. Kita pasti menyadari bahwa setiap bulannya akan ada model terbaru untuk industri fashion muslim khususnya hijab. Tidak hanya untuk menutup aurat, mengenakan hijab juga dapat membuat penampilan menjadi lebih fashionable. Bisnis yang satu ini dapat dikategorikan ke dalam usaha modal 10 juta karena modal yang diperlukan tidak banyak, Anda bisa memulainya dari small business atau skala kecil.

Beberapa langkah yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis hijab dengan merk pribadi:

  • Tentukan nama brand hijab

Pilihlah nama yang unik, singkat, dan mudah diingat. Hal ini akan mempemudah siapa saja untuk lebih mengenal produk hijab yang Anda jual.

  • Pilih supplier dan mulai produksi

Pilihlah supplier dengan mutu bahan kain yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Kami sarankan untuk mengunjungi lokasi supplier secara langsung agar bahan hijab nantinya bisa dipastikan sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Setelahnya anda bisa langsung pergi ke konveksi untuk dijahit dan disematkan nama brand anda.

1.10. Kue kering

Salah satu bisnis usaha modal 10 juta yang cukup menjanjikan dan relevan dengan kemudahan akses saat ini ialah berjualan kue kering. Pasalnya, tekstur kue yang kering cenderung awet disimpan untuk waktu yang realtif lama dan kemudahan akses dalam berjualan online mendukung pemasaran produk ini menjadi lebih mudah.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, tips berikut ini dapat Anda ikuti:

  • Memahami cara membuat kue kering

  • Membidik pasar yang tepat

  • Menentukan nama brand yang unik

  • Kreatifitas dalam membuat serta mengemas kue

 

Selain 10 ide usaha di atas, Anda juga bisa mencoba usaha roti bakar berikut ini. Yuk, simak videonya di sini!

 

2. Cara Mudah Dapat Modal 10 Juta

Khusus Sobat BFI yang tertarik untuk membuka usaha sendiri, BFI Finance menyediakan peminjaman modal dengan pencairan dana yang cepat dan mudah. Anda tidak perlu khawatir karena BFI Finance sudah terverifikasi oleh OJK. Pasti aman dan lancar! Untuk produk dan promo menarik terkait pinjaman dana klik link berikut.

Bagaimana? Semakin tertarik untuk memulai usaha sendiri?

Cek juga artikel lainnya untuk info seputar pinjaman dan keuangan di Blog BFI Finance, ya!

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis