Bisnis

6 Tips Menjalankan Usaha Laundry Sepatu yang Kian Dilirik

Admin BFI
25 May 2022
9797
6 Tips Menjalankan Usaha Laundry Sepatu yang Kian Dilirik

Usaha laundry sepatu adalah salah satu jenis usaha selain usaha barbershop yang kini kian dilirik oleh para pebisnis karena memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Selain itu, dengan menjamurnya usaha laundry pakaian, justru melahirkan lini bisnis baru yang pendapatannya mampu menyamai bahkan melebihi usaha laundry pakaian tersebut, yakni bisnis cuci sepatu ini. Ditambah dengan semakin tingginya minat dalam membeli sepatu fashion merek tertentu, membuat kesadaran untuk merawat sepatu semakin diperlukan. Sehingga tidak dipungkiri, peluang bisnis laundry sepatu ini masih memiliki umur yang panjang untuk dapat bertahan.

Nah, jika ada dari salah satu Sobat BFI disini yang tertarik untuk menjalankan usaha laundry sepatu, maka artikel kali ini mungkin membantu Anda! Simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan, tips sukses dalam menjalankan, serta modal usaha yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha laundry sepatu melalui artikel dibawah ini. Yuk kita simak bersama!

 

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Laundry Sepatu

Untuk Anda yang belum familiar dengan usaha laundry sepatu ini, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis laundry sepatu.

Kelebihan Usaha Laundry Sepatu

  1. Memiliki persaingan yang rendah karena belum banyak pemain dalam bidang usaha ini.
  2. Target pasar yang luas, mulai dari kalangan menengah hingga menengah ke atas.
  3. Target customer yang luas mulai dari mahasiswa, anak sekolah, pekerja kantoran, dan masyarakat umum.
  4. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit. Umumnya Anda membutuhkan mesin cuci sepatu, mesin pengering, 1 set pembersih sepatu, rak sepatu, dan lain-lain.
  5. Dapat dijalankan bagi pengusaha pemula yang minim pengalaman.

Kekurangan Usaha Laundry Sepatu

  1. Pemilihan lokasi harus ditempat yang strategis, yang mampu didatangi banyak orang.
  2. Pemahaman masyarakat yang masih rendah terkait pentingnya merawat kebersihan dan kualitas sepatu. Sehingga, budget marketing diperkirakan akan lebih besar.
  3. Butuh ketelitian yang tinggi untuk membersihkan dan merawat sepatu. Karena, salah penangangan sedikit saja dapat berakibat munculnya komplain dari customer.

Tips usaha laundry sepatu

Tips Usaha Laundry Sepatu. Image source: Unsplash/Josh Calabrese

6 Tips Memulai Usaha Laundry Sepatu

1. Kuasai Teknik Merawat Sepatu dengan Baik

Jika Anda ingin menjalankan bisnis laundry sepatu, langkah pertama yang harus Anda persiapkan tentunya mengetahui bagaimana cara merawat sepatu yang benar. Hal ini menjadi bekal untuk Anda agar dapat memenangkan persaingan dan dapat memilah informasi yang berguna untuk keberlangsungan bisnis Anda. Saat ini sudah banyak pelatihan laundry sepatu yang bisa Anda ikuti. Anda juga dapat menambah pengetahuan teknik merawat sepatu dengan benar melalui rekanan Anda yang lebih ahli di usaha laundry sepatu ini. Belajar melalui platform online seperti Youtube juga tidak ada salahnya lho, Sobat BFI.

Dengan bekal pengetahuan tersebut, Anda akan terbiasa untuk mengetahui teknik merawat sepatu yang benar untuk jenis sepatu yang berbeda. Selain itu, tentunya customer akan lebih percaya terhadap hasil kerja dan pelayanan usaha laundry sepatu Anda jika Anda paham betul mengenai teknik merawat sepatu ini.

2. Buat Business Plan yang Kompetitif

Setelah Anda yakin dengan kemampuan Anda dalam teknik merawat laundry sepatu, saatnya Anda membuat business plan yang unggul dan dapat bersaing dengan kompetitor. Business plan ini mencakup rencana bisnis jangka pendek dan panjang Anda, budget yang digunakan, sarana promosi, dan lain-lain. Anda dapat melakukan riset kompetitor terlebih dahulu sebelum memutuskan rencana bisnis Anda. Cari tahu kelemahan dan kelebihan yang kompeitor miliki. Hal tersebut akan memudahkan dalam menyusun business plan usaha laundry sepatu Anda.

Pastikan, Anda telah menentukan unique selling point bisnis Anda untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Misalnya, dengan layanan laundry sepatu 10 menit jadi, atau laundry sepatu berbahan premium dengan harga terjangkau, dan lain sebagainya. Dengan unique selling point yang Anda miliki, akan memudahkan Anda dalam menjangkau customer.

Dalam business plan usaha laundry sepatu ini didalamnya juga memuat penentuan target pasar. Biasanya target pasar dari usaha laundry sepatu ini adalah mahasiswa, pekerja kantoran, dan umum. Dengan target pasar yang jelas akan menentukan jenis promosi yang tepat sesuai dengan kriteria usia dan minat target pasar.

Yang tidak kalah penting, perhatikan penentuan lokasi usaha yang strategis didalam business plan Anda. Lokasi usaha harus dikaitkan dengan target customer Anda. Jika Anda ingin menargetkan customer dari kalangan mahasiswa misalnya, Anda dapat memilih lokasi usaha yang dekat dengan kampus.

3. Dapatkan Sumber Modal Usaha

Langkah ketiga dalam menjalankan usaha laundry sepatu yaitu dengan mempersiapkan modal usaha. Modal usaha laundry sepatu umumnya membutuhkan modal yang tidak sedikit.  Rincian kisaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini dijelaskan pada bagian bawah artikel.

Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan modal usaha. Jika Anda memiliki tabungan yang cukup, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan dana tabungan untuk keperluan modal bisnis. Jika tidak, Anda dapat memanfaatkan layanan pinjaman modal usaha pada Bank maupun Perusahaan Pembiayaan seperti BFI Finance. Pinjaman untuk modal usaha awal yang ditawarkan oleh BFI Finance telah dirasakan manfaatnya oleh ribuan pelanggan di seluruh Indonesia. Tidak perlu khawatir, tim kami akan membantu Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Informasi untuk Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi untuk Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi untuk Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

4. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Bisnis yang Dibutuhkan

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha laundry sepatu berbeda dengan usaha laundry pakaian. Usaha laundry pakaian membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang lebih sederhana. Sementara itu, laundry sepatu membutuhkan alat dan bahan khusus seperti untuk membersihkan sepatu yang menguning, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa peralatan dan bahan utama yang dibutuhkan dalam bisnis laundry sepatu ini:

  1. Mesin cuci sepatu
  2. Mesin pengering atau dryer
  3. Rak Sepatu
  4. Rak Peralatan
  5. Peralatan Pembersih seperti sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, parfum sepatu, spons, lap microfiber, jarum sol, dan lain-lain.
  6. Kantong plastik sepatu dengan berbagai ukuran

Perhatikan juga kualitas bahan yang digunakan untuk merawat sepatu customer. Pemilihan bahan yang berkualitas akan berpengaruh terhadap hasil akhir laundry sepatu yang baik dan tahan lama.

5. Bangun dan Promosikan Brand Anda

Setelah keempat poin diatas sudah terpenuhi, selanjutnya penting untuk Anda dalam membuat brand Anda semakin dikenal. Caranya dengan melakukan promosi baik dengan menggunakan sarana online ataupun offline. Untuk jenis usaha laundry sepatu ini, ada baiknya untuk Anda membuat akun media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Anda dapat memperkenalkan brand laundry sepatu Anda di media tersebut dan menginformasikan berbagai promo yang sedang berlangsung.

Selain membuat akun media sosial, Anda juga dapat membuat website untuk menjangkau customer lebih luas di mesin pencarian seperti Google.

Untuk sarana promosi offline, Anda dapat menggunakan pamflet atau brosur yang disebar ke beberapa tempat strategis tertentu. Atau, dengan memasang baliho atau spanduk di persimpangan dan pinggir jalan untuk memudahkan calon customer melihat brand Anda.

6. Perhatikan Kualitas Layanan

Langkah terakhir dalam menjalankan usaha laundry sepatu adalah dengan memerhatikan pelayanan Anda terhadap customer. Sebaik-baiknya bahan yang Anda gunakan dalam merawat sepatu, tidak ada nilainya jika pelayanan Anda tidak memenuhi standar dan etika yang berlaku.

Selalu layani customer dengan ramah dan solutif. Solutif berarti dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi customer mengenai bisnis Anda. Tidak lupa juga untuk responsif dalam menampung segala keluhan yang dihadapi pelanggan. Hal ini tidak lain untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan secara maksimal.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda juga dapat menawarkan promosi seperti laundry 10 gratis 1, gratis antar-jemput dalam kota, diskon 50% untuk pelanggan baru, dan promo menarik lainnya.

Kisaran Modal Usaha Laundry Sepatu

Setelah Anda mengetahui tips jitu dalam menjalankannya, berikut adalah pemaparan mengenai kisaran modal usaha yang dibutuhkan untuk usaha laundry sepatu ini:

Modal Awal

No. Item Kuantitas Harga/Kuantitas Total
1. Mesin Cuci Sepatu 2 Rp 3.500.000 Rp 7.000.000
2. Mesin Pengering/Dryer 1 Rp 3.500.000 Rp 3.500.000
3. Rak Sepatu 2 Rp 450.000 Rp 900.000
4. Meja Kursi 1 Rp 600.000 Rp 600.000
5. 1 set perlengkapan pembersih sepatu (jarum sol, lap microfiber, parfum, unyellowing, sikat sepatu, moisturizer, dll)* 3 Rp 700.000 Rp 2.100.000
6. Desain ruangan 1 Rp 3.000.000 Rp 3.000.000
7. AC 1 Rp 3.000.000 Rp 3.000.000
  Total     Rp 20.100.000

*Untuk 150 kali penggunaan

 

Biaya Operasional per bulan Usaha Laundry Sepatu

No. Item Kuantitas Harga/Kuantitas Total
1. Biaya sewa toko 1 Bulan Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
2. Biaya listrik 1 Bulan Rp 500.000 Rp 500.000
3. Biaya air 1 Bulan Rp 300.000 Rp 300.000
4. Biaya karyawan 2 orang Rp 1.500.000 Rp 3.000.000
5. Belanja cairan pembersih sepatu bulanan 1 Rp 500.000 Rp 500.000
6. Lain-lain 1 Rp 300.000 Rp 300.000
  Total     Rp 5.600.000

 

Pendapatan per bulan Usaha Laundry Sepatu

Asumsikan biaya jasa paket stanper 1 pasang sepatu adalah

No. Item Kuantitas Harga Jasa Pendapatan/Hari
1. Pendapatan paket sepatu standar 10 Rp 35.000 Rp 350.000
2. Pendapatan paket deep clean 10 Rp 50.000 Rp 500.000
3. Pendapatan paket unyellowing 5 Rp 130.000 Rp Rp 650.000
4. Pendapatan lain-lain (Cuci helm, parfum) 5 Rp 30.000 Rp 150.000
  Total     Rp 1.650.000

Dengan total hari kerja dalam sebulan misalnya 25 hari, maka pendapatan kotor per bulan adalah 25 x Rp 1.650.000 = Rp 41.250.000

Pendapatan Bersih per Bulan

Pendapatan bersih per bulan Rp 41.250.000 – Rp 5.600.000 = Rp Rp 35.650.000

Break-Even Point

BEP = Modal awal : Laba bersih per bulan = Rp 20.100.000 : Rp 35.650.000 = 0,6 atau 1 bulan

Sehingga, untuk balik modal dalam menjalankan usaha laundry sepatu ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan.

 

Itulah tips dalam menjalankan usaha laundry sepatu yang kian dilirik ini. Semoga artikel kali ini membantu Sobat BFI yang ingin memulai usaha cuci sepatu ini ya. Jika Sobat BFI membutuhkan dana untuk keperluan modal usaha, Anda dapat mengajukannya melalui BFI Finance! BFI Finance menerima pengajuan pinjaman modal usaha dengan jaminan maupun tanpa jaminan. Jenis jaminan yang dapat diterima yaitu jaminan BPKB Mobil, BPKB Motor, dan Sertifikat Rumah. Dengan pinjaman dengan jaminan, Anda dapat menikmati plafond dana tunai mulai dari Rp 1 Juta hingga milyaran rupiah. Diluar itu, Anda berkesempatan untuk mendapatkan pembiayaan hingga Rp 25 juta jika Anda mengajukan melalui pinjaman tanpa jaminan.

BFI Finance telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan telah memenuhi kebutuhan finansial ribuan pelanggan mulai dari pemenuhan modal usaha, investasi, dana pendidikan, biaya pernikahan, dan pembiayaan konsumtif lainnya. Sehingga, selalu percayakan pembiayaan Anda melalui BFI Finance! Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda!

 

Kategori : Bisnis