Bisnis

Usaha Jus Buah: Dari Tips Usaha Sampai Dengan Omzet Bulanan

Admin BFI
20 October 2022
20184
Usaha Jus Buah: Dari Tips Usaha Sampai Dengan Omzet Bulanan

Segar dan menyehatkan, setidaknya itulah dua kata yang paling tepat untuk menggambarkan jus buah. Minuman yang satu ini banyak disukai berbagai lapisan masyarakat, dari orang dewasa, remaja, sampai dengan anak-anak.

Hal tersebut tentu saja masuk akal. Sebab, minum jus buah adalah satu cara praktis mengonsumsi buah tanpa mengurangi khasiat yang terkandung di dalamnya.

Dikenal sebagai salah satu usaha yang tidak pernah tergerus oleh zaman, usaha jus buah adalah franchise minuman dengan prospek usaha yang menjanjikan.

Lalu, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha jus buah? Mari kita bahas satu persatu lewat ulasan berikut ini.

 

Mengapa Usaha Jus Buah?

Usaha jus buah punya banyak sederet manfaat dan keuntungan yang sangat menjanjikan. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda jadikan alasan kuat untuk memulai usaha yang satu ini.

1. Salah satu jenis ide usaha dengan modal minim

Memulai usaha jus buah bisa dimulai dengan modal berapapun, terlebih jika Anda sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan. Hal tersebut tentunya akan menekan budget pengeluaran yang ada.

2. Target pasar yang luas, tidak akan sulit untuk menjualnya

Jus buah adalah salah satu minuman praktis dan menyehatkan. Bagi mereka yang tidak ingin repot-repot makan buah namun tetap ingin mendapatkan nutrisi yang cukup, mengonsumsi jus buah adalah pilihan yang tepat.

3. Alat dan bahan baku mudah didapat

Indonesia adalah negara maritim yang kaya akan berbagai jenis hasil bumi termasuk buah-buahan. Fakta tersebut tentunya dapat membantu Anda untuk memperoleh bahan dasar pembuatan jus lebih mudah. Di samping itu alat pembuatannya juga bisa ditemui cukup mudah di supermarket atau toko-toko yang menjual elektronik.

4. Tidak sulit untuk membuatnya

Membuat jus buah sangatlah mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa kali eksperimen untuk memastikan kesimbangan antara kadar air, buah, serta gula yang pas. Dan lagi tidak membutuhkan persiapan yang membuat repot.

5. Bisa berjualan di mana saja, tidak harus di tempat yang luas

Usaha jus buah termasuk ke dalam jenis usaha yang tidak harus menyewa lokasi usaha. Sebab, usaha ini bisa dijalankan dari rumah Anda sekalipun. Tidak harus di tempat yang luas, cukup sedikit tempat untuk tempat etalase, meja, dan beberapa kursi plastik bagi mereka yang sedang menunggu antrian.

Apa Saja Tantangan Memulai Usaha Jus Buah?

Usaha jus buah memang terlihat sangat menjanjikan dan mudah untuk dijalankan. Meskipun demikian, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi. Berikut ini beberapa tantangan usaha jus buah yang bisa Anda jadikan antisipasi untuk mengatasi kesulitan dalam menjalani bisnis.

1. Buah bisa cepat membusuk

2. Beberapa jenis buah tidak bisa disimpan berbarengan karena akan mempengaruhi proses kematangan buah menjadi lebih cepat

3. Tidak semua buah memiliki masa panen yang berbarengan

Tips Sukses Memulai Usaha Jus Buah Bagi Pemula

Dibutuhkan persiapan yang matang sebelum memulai usaha jus buah. Salah satunya yaitu dengan mempertimbangkan untuk menerapkan beberapa tips berikut yang dapat membantu kelancaran usaha Anda.

Usaha Jus Buah

Image Source: Pexels/Mikhail Nilov

1. Pilih Buah yang Berkualitas

Memilih buah dengan kualitas bagus merupakan syarat utama dari usaha jus buah. Pasalnya, bahan baku utama yang digunakan akan sangat mempengaruhi cita rasa dan kesegaran.

Tips memilih buah berkualitas:
1. Buah segar memiliki warna yang khas

2. Mengeluarkan aroma yang cenderung manis

3. Kulit buah tidak keriput

Jika Anda masih merasa kebingungan untuk memilih buah yang tepat, Anda bisa langsung bertanya kepada penjual buah untuk dipilihkan buah terbaik.

2. Mau Berinovasi dan Update Tren Terkini

Inovasi salah satu kunci suatu usaha jus buah bisa terus berjalan di luar adanya dukungan modal. Inovasi mampu membawa usaha Anda lebih dikenal dan menggaet banyak konsumen.

Salah satu trik yang bisa Anda terapkan dalam berinovasi dan mengasah kreativitas Anda adalah dengan cara memvariasikan jus buah yang dijual dengan buah lainnya. Anda juga bisa memadukannya dengan topping tertentu seperti susu almond, sayuran, madu, es krim, dan lain sebagainya.

Trik lainnya yaitu membuat menu jus buah berdasarkan tren yang sedang booming. Misalnya menu jus buah untuk diet, jus buah untuk penambah nafsu makan. Sampai dengan jus buah yang dibuat sesuai dengan request konsumen.

3. Buat Merek Dagang

Membuat merek dagang bisa membantu usaha Anda untuk lebih dikenal orang banyak. Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan yaitu dengan menentukan nama merek yang mudah diingat lalu mencetak sticker yang nantinya bisa ditempelkan di kemasan jus buah milik Anda.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi yang tepat bisa membantu usaha Anda lebih ramai dan memperoleh konsumen yang lebih banyak.

Tips memilih lokasi strategis usaha jus buah:

1. Pastikan lokasi tersebut mudah dijangkau siapa saja

2. Dekat dengan pusat keramaian seperti sekolah, perkantoran, dan tempat rekreasi 

Semakin ramai lokasi berjualan yang Anda pilih, maka semakin ramai juga pembeli yang berdatangan.

5. Jaga Kebersihan dan Kualitas Produk

Jus buah yang dijual harus dalam kondisi bersih dan higienis. Sebab, jus buah yang dibuat asal-asalan tanpa memperhatikan kebersihan akan mengakibatkan cita rasa yang ada berubah jadi kurang enak.

Di samping itu, faktor kebersihan juga menjadi penentu konsumen untuk memilih jus buah Anda ketimbang yang lain.

6. Rajin Promosi Secara Offline dan Online

Di jaman yang serba mudah dan cepat seperti sekarang, melakukan promosi usaha yang Anda miliki tidaklah sulit. Ada banyak medium yang bisa Anda pilih, baik itu secara offline dan online.

Untuk promosi secara offline bisa Anda lakukan dengan menerapkan strategi marketing berupa word of mouth dan mencetak banner di depan tempat Anda berjualan. Anda juga bisa menerapkan strategi buy one get one saat awal berjualan.

Sedangkan untuk promosi secara online bisa Anda lakukan dengan cara membuat akun sosial media khusus usaha jus buah dan mulai berinteraksi dengan orang banyak yang memiliki minat terhadap gaya hidup sehat ataupun penggemar minuman segar.

Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Endorse, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih strategi yang bukan hanya sesuai namun juga pas dengan budget yang Anda miliki.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

 

7. Bekerjasama dengan Layanan Pesan Antar

Semakin hari segala sesuatunya semakin praktis. Banyak orang lebih senang memesan makanan dan minuman melalui platform online seperti GoFood, GrabFood, dan sejenisnya.

Anda juga bisa ikut bermitra dengan platform tersebut untuk menarget lebih banyak konsumen dan meraih keuntungan berlipat.

Usaha Jus Buah

Image Source: Pexels/Kindel Media

Modal dan Estimasi Keuntungan

Pada dasarnya usaha yang satu ini bisa Anda mulai dengan modal berapapun. Namun, jika Anda ingin mengetahui rincian modal usaha jus buah, analisa berikut ini bisa Anda jadikan referensi untuk memulainya.

Modal Awal Usaha Jus Buah
No Uraian Jumlah Harga Satuan/Pcs Total Harga
1. Aneka Buah - Rp500.000 Rp500.000
2. Blender 1 Rp224.000 Rp224.000
3. Box Ice 1 Rp125.800 Rp125.800
4. Pisau Buah 1 Rp21.500 Rp21.500
5. Lap kain 3 Rp12.888 Rp12.888
6. Alat Cup Sealer 1 Rp575.000 Rp575.000
7. Gelas Plastik Isi 300 Pcs 18 Rp8.500 Rp153.000
8. Sedotan Isi 300 Pcs 3 Rp10.000 Rp30.000
9. Plastik Tenteng Gelas 9 Rp4.950 Rp44.550
Total Modal Awal Rp1.686.738

Sedangkan untuk keuntungan usaha jus buah dapat Anda hitung dengan cara sebagai berikut.

- Harga satu gelas jus buah Rp8.000

- Dalam sehari berhasil menjual 30 gelas

30 Gelas X Rp8.000 X 30 Hari = Rp7.200.000

Jadi, estimasi keuntungan yang bisa Anda kantongi per bulannya sebesar Rp7.200.000 dan jika dikurangi dengan biaya operasional bulanan maka laba bersih yang didapat sebesar Rp5.513.262. Sangat menggiurkan bukan?

Perlu diingat, perhitungan di atas tidak selalu sama persis dengan harga yang berlaku saat ini, pastikan Anda melakukan riset harga terlebih dahulu.

 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

 

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di BFI Finance

Bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha maupun mengembangkan usaha yang sudah ada, BFI Finance menyediakan peminjaman modal dengan pencairan dana yang cepat dan mudah.

Anda tidak perlu khawatir karena BFI Finance sudah terverifikasi oleh OJK. Prosesnya pasti aman dan lancar! Untuk pengajuan pinjaman sesuai kebutuhan Anda dapat diakses melalui informasi di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance agar Anda tidak melewatkan kesempatan emas yang mungkin bisa datang kapan saja.

Sobat BFI, itulah cara memulai usaha jus buah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas sebagai referensi agar usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan lancar. Salam bisnis!

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar bisnis, peluang usaha, pembiayaan, dan masih banyak lagi hanya di BFI Blog. Artikel terbaru setiap Senin - Jumat.

 

Selalu Ada Jalan Bersama BFI Finance.

Kategori : Bisnis