Bisnis

Wajib Coba, Ini dia 10 Ide Usaha Online Modal Kecil Untung Berlipat!

Admin BFI
22 August 2022
7428
Wajib Coba, Ini dia 10 Ide Usaha Online Modal Kecil Untung Berlipat!

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya bisa bekerja dari rumah ataupun dari mana saja dengan waktu yang fleksibel, santai, dengan waktu bekerja sesuai keinginan Anda?

Jika ya, inilah saatnya Anda mewujudkan impian tersebut lewat usaha online modal kecil ala BFI Finance yang satu ini!

Untuk memulainya cukuplah mudah. Anda hanya perlu menyediakan alat pendukung seperti telepon genggam, komputer atau laptop, dan koneksi internet yang memadai. Tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk sewa toko ataupun ruko.

Di samping itu, Anda juga berpotensi mendapat keuntungan yang lebih besar dari bisinis offline karena adanya dukungan internet yang mampu membantu Anda untuk menjangkau pasar lebih luas.

Ide usaha online modal kecil apa saja yang bisa Anda coba? Mari kita simak penjelasan di bawah ini, ya!

 

10 Ide Usaha Online Modal Kecil

Sobat BFI, inilah 10 ide usaha online yang bisa Anda coba dan menghasilkan banyak untung ditahun 2022!

1. Jasa Titip (Jastip)

Bagi Anda yang gemar berbelanja, ide usaha online modal kecil yang satu ini akan sangat mengasyikan untuk dicoba. Pasalnya, lewat jastip Anda bisa tetap berbelanja tanpa perlu khawatir dompet kering.

Beberapa ide usaha jasa titip yang bisa Anda coba diantaranya yaitu.

  • Jastip Produk Kosmetik

  • Jastip Oleh-Oleh Khas Daerah / Kota Tertentu

  • Jastip Makanan

  • Jastip Mainan Anak

  • Jastip Gadget

2. Pre-order (PO)

Memulai usaha dengan sistem pre-order sangatlah menjanjikan. Pasalnya, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan stock barang, Anda hanya perlu memprosesnya saat ada pesanan masuk.

Hal ini tentunya bisa memperkecil kerugian dan resiko lainnya. Anda juga tidak perlu menyewa tempat seperti ruko untuk menaruh barang-barang yang hendak dijual. Cukup bemodalkan gadget dan internet, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Beberapa ide usaha pre-order yang bisa Anda coba:

  • Pre-Order Kaos Sablon

  • Pre-Order Makanan Import

  • Pre-Order Peralatan Elektronik atau Rumah Tangga

  • Pre-Order Katering Sehat

  • Pre-Order Korean Stuff (Album, Lightstick, dan lainnya)

3. Dropshipper 

Mirip dengan sistem jastip, bedanya pada dropshipper Anda berperan sebagai pembeli sekaligus penjual. Cara kerjanya yaitu Anda membeli suatu barang sesuai dengan pesanan pelanggan lalu dikirimkan ke alamat pembeli.

Untuk usaha online modal kecil ini yang Anda butuhkan yaitu supplier terpercaya dengan harga produk yang cukup miring sehingga bukan hanya memuaskan pelanggan, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari setiap transaksi yang ada.

Usaha Online Modal Kecil

Image Source: Freepik/our-team

4. Affiliasi (Marketing Affiliate)

Affiliasi marekting atau Affiliate Marketing adalah salah satu usaha online modal kecil yang hits belakangan ini. Pasalnya, untuk terjun ke dalam bisnis ini Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak modal, bahkan dimulainya bisa tanpa modal sama sekali.

Pada bisnis ini yang paling dibutuhkan yaitu followers dengan jumlah yang banyak dan kreatifitas dalam membuat konten.

Beberapa website yang membuka lowongan affiliasi:

  • Tokopedia

Situs Web: https://affiliate.tokopedia.com/

  • Shopee

Situs Web: https://affiliate.shopee.co.id/

  • Lazada

Situs Web: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/

  • Tiktok

Situs Web: https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate

  • BliBli

Situs Web: https://www.blibli.com/pages/affiliate

5. Kelas Online / Tutor Online

Punya keahliah di bidang tertentu? Jangan disimpan sendiri! Anda bisa mengembangkan kemampuan Anda sekaligus meraup cuan yang banyak dengan membuka kelas online!

Usaha yang satu ini belakangan banyak digandrungi masyarakat apalagi semenjak global pandemi melanda. Selain karena kemudahan akses internet, mengikuti kelas online bisa dilakukan di mana saja dan harganya relatif lebih murah karena tidak perlu membayar biaya sewa tempat untuk kelas.

Jika Anda berminat untuk menekuni bisnis ini, ada dua cara yang bisa Anda tempuh. Cara pertama yaitu menyiapkan kurikulum dan sejumlah teori yang nantinya bisa diakses secara unlimited. Materi ini bisa berupa video maupun ebook.

Cara yang kedua yakni Anda bisa mengajar langsung melalui zoom meeting atau google meet  1:1 (One-On-One) bersama murid Anda. Peralatan yang Anda butuhkan antara lain device penunjang seperti laptop, microphone, koneksi internet, dan kamera webcam.

Untuk jam belajar bisa disesuaikan sesuai dengan jam yang Anda tentukan atau kesepakatan antara murid dan guru.

Tambahan, Anda bisa juga bergabung di komunitas tertentu yang selaras dengan kelas online yang Anda tawarkan.

6. Thrift Shop

Bisnis thrift shop masih menjadi primadona dan lahan basah untuk meraup keuntungan sampai saat ini. Untuk memulainya pun cukup mudah caranya yaitu menyiapkan akun berjualan di sosial media, supplier terpercaya / trusted, foto produk yang menarik, dan berjualan di marketplace.

Beberapa ide usaha thrift yang bisa Anda coba:

  • Thrift Shop Baju

  • Thrift Shope Sepatu

  • Thrift Shop Barang-Barang Antik / Vintage Stuffs

7. Jasa Pembuatan Website

Bidang IT merupakan salah satu bidang yang bisa dikerjakan di mana saja hanya dengan bermodalkan komputer atau laptop dan koneksi internet yang stabil.

Jika Anda adalah seseorang yang pandai dan memiliki keahlian dalam HTML, CMS, dan bahasa pemrograman lainnya, Anda bisa membuka jasa pembuatan website secara mandiri maupun bersama dengan kerabat Anda.

Caranya cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Membuat website yang berisikan portofolio dan jasa yang Anda tawarkan

  • Promosikan usaha Anda di sosial media atau melalui komunitas

  • Menawarkan langsung ke perusahaan-perusahaan yang sekiranya membutuhkan

8. Penerjemah

Punya kemampuan lebih dalam berbahasa Asing? Anda bisa menjadikan penerjemah sebagai salah satu usaha online modal kecil yang menguntungkan!

Hal yang perlu Anda persiapkan antara lain portofolio hasil terjemahan yang bisa Anda taruh di website, mempromosikan jasa terjemahan Anda di sosial media maupun ke teman-teman terdekat.

9. Jasa Membuat Hampers / Hadiah by Request

Hampers adalah salah satu barang yang banyak diminati masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan adanya hampers kita bisa mengirim hadiah ke mana saja tanpa perlu repot-repot datang ke toko dan membungkusnya.

Ragam ide usaha hampers yang bisa Anda coba:

1. Hampers untuk hadiah wisuda

2. Hampers untuk hadiah ulang tahun

3. Hampers untuk hadiah pernikahan

Untuk isinya, Anda bisa memvariasikan beragam barang-barang unik dan menarik. Baik itu makanan maupun barang-barang. Tergantung dari harga yang Anda patok atau permintaan dari pelanggan (by request).

10. Makanan Beku (Frozen Food)

Makanan beku atau frozen food belakangan ini sangat banyak digemari masyarakat. Bukan hanya awet dan harganya yang ramah di kantong, makanan beku memiliki pilihan yang sangat beragam. Mulai dari jajanan siap goreng, daging, sampai dengan sayuran.

Untuk memulai usaha ini Anda bisa menempuh dua cara. Pertama, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller resmi. Jika Anda memilih untuk menjadi dropshipper, Anda tidak perlu menyediakan tempat untuk menaruh makanan beku, Anda cukup memproses pesanan yang ada dan mengirimkannya ke alamat pembeli.

Untuk cara yang kedua, Anda perlu menyiapkan sedikit modal untuk membeli kulkas sebagai wadah penyimpanan frozen food. Walaupun terkesannya cukup ribet, dengan cara yang kedua ini Anda juga bisa menjualnya secara offline untuk mereka yang tinggal di sekitar tempat tinggal Anda.

Cara Memperoleh Modal Untuk Membuka Usaha Online

Setelah Anda membaca secara keseluruhan terkait 10 Ide Usaha Online Modal Kecil, sampai sini mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana ya caranya mendapatkan modal usaha untuk membuka usaha ini.

Jika Anda tertarik untuk menekuni salah satu ide usaha yang ada, Anda tidak perlu khawatir karena BFI Finance bisa membantu Anda untuk memperoleh modal dengan aman dan cepat.

Anda bisa langsung mengakses laman laman web berikut ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Tidak hanya itu, selama bulan Agustus-September 2022, BFI Finance memiliki promo #PastiMerdeka dimana debitur berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 77 Juta Rupiah! Informasi selengkapmnya dapat diakses di tautan berikut ini, ya!

Sobat BFI, demikian informasi mengenai 10 Ide Usaha Online Modal Kecil. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca sekalian yang ingin memiliki pendapatan tambahan. Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. Salam bisnis!
 

Cek artikel inspiratif lainnya di sini.

Kategori : Bisnis