Artikel

Peluang Usaha Hampers Lebaran Unik dan Menarik 

2022-04-07 00:00:00 1530
Peluang Usaha Hampers Lebaran Unik dan Menarik 

Bulan Ramadan dan Lebaran adalah momen dimana sebagian orang memberikan hantaran berupa hampers kepada kerabat atau orang terdekat. Hampers sendiri sudah ada sejak lama yaitu pada masa Pemerintahan Raja William 1 dimana hampers berisi makanan atau minuman yang dikirimkan dengan maksud menyumbang ke daerah yang sedang terjadi peperangan. Seiring berjalannya waktu, hampers memiliki fungsi yang berbeda-beda, mulai dari bekal perjalanan, perayaan keagamaan, hingga sebagai hantaran atau hadiah. 

 

Jenis Hampers Lebaran Unik 

Menjelang hari raya, hampers lebaran menjadi salah satu barang yang paling sering dicari. Hal inilah yang dapat dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Ada banyak jenis barang unik yang bisa Anda jadikan sebagai hampers lebaran yang unik dan menarik. Berikut adalah 10 jenis hampers yang bisa dijadikan sebagai referensi. 

Lilin Aromaterapi 

hampers lebaran unik - lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi menjadi salah satu item yang dapat Anda gunakan sebagai isian dari hampers. Lilin aromaterapi sendiri memiliki berbagai aroma sehingga Anda bisa mengombinasikan varian lilin aromaterapi dalam satu hampers. Lilin aromaterapi memiliki manfaat berupa mengurangi stres, mengatasi insomnia, mengatasi infeksi, dan menenangkan suasana hati. 

Peralatan Makan 

hampers lebaran unik - peralatan makan kayu

Ide hampers lebaran unik yang selanjutnya adalah peralatan makan. Biasanya, hampers ini berisi isian piring, mangkuk, gelas, beserta alat makan seperti sendok, garpu, dan sumpit. Anda bisa memilih jenis peralatan makan yang akan dijadikan hampers, baik berbahan keramik atau berbahan dasar kayu seperti tren saat ini. Peralatan makan ini akan sangat berguna sebagai pajangan ataupun untuk makan. 

Peralatan Ibadah 

Menjelang Lebaran, beberapa orang akan membeli pakaian beserta peralatan ibadah baru untuk menyambut hari yang fitri. Anda bisa menjadikan peralatan ibadah sebagai salah satu hampers lebaran unik. Agar menarik, pastikan peralatan ibadah yang dipilih menyesuaikan dengan perkembangan fashion agar banyak peminat. Anda bisa menambah item di dalamnya dengan al-quran atau tasbih sebagai pemanis. 

Sabun Organik 

hampers lebaran unik - sabun organik

Sabun organik mulai tren akhir-akhir ini karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan dan kebersihan tubuh. Sabun organik memiliki berbagai fungsi mulai dari menghilangkan bekas luka, tidak menimbulkan gatal dan kemerahan, melembapkan kulit, mencegah dan menghilangkan jerawat punggung, dan menunda penuaan dini. Harga sabun organik memang sedikit lebih mahal daripada sabun batang biasanya. Namun, jika item ini dijadikan sebagai salah satu isian hampers, tentu akan sangat berguna. 

Pandemic Starter Kit 

Tidak bisa dihindari bahwa dalam keseharian semua orang diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer sejak pandemi covid-19 melanda. Di keadaan seperti ini, Anda dapat membuat hampers berisi pandemi starter kit seperti masker, strap masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, tempat menyimpan masker, dan vitamin. 

Alat Masak Aesthetic

Teruntuk wanita, alat masak akan sangat berguna dalam keperluan memasak, apalagi peralatan masak yang diberikan adalah alat bantu masak yang kekinian atau aesthetic. Barang-barang tersebut bisa menjadi ide isian hampers lebaran yang unik dan menarik. Anda bisa mengisi hampers dengan spatula kayu, panci bening dengan gagang kayu, wajan berwarna pastel, dan lain sebagainya. 

Furnitur Rotan 

Jika Anda ingin menyediakan hampers yang berbeda dengan yang lain, furnitur rotan bisa menjadi solusinya. Furnitur rotan dapat berguna untuk mempercantik ruangan karena tampilannya yang aesthetic. Bukan hanya sebagai pemanis, furnitur rotan juga memiliki fungsi sesuai dengan peruntukannya. 

Reed Difuser 

hampers lebaran unik - reed difuser

Pewangi ruangan atau reed difuser juga bisa dijadikan sebagai hampers lebaran unik dan akan terpakai bagi yang menerimanya. Reed difuser sendiri tidak memerlukan listrik sebagai energi penggeraknya. Reed difuser menggunakan stik kayu yang dapat menyerap cairan aromaterapi dan menyebarkan wanginya ke seluruh ruangan. Cocok dijadikan hampers lebaran dan dipajang di ruang tamu agar tamu yang berkunjung merasa nyaman. 

Dessert Box 

Jika biasanya hampers berisi dengan biskuit atau kue kering lebaran, Anda bisa menggantikannya dengan dessert box agar lebih kekinian. Ada banyak cara untuk menyiapkan dessert box, baik membelinya dari toko yang terkenal, membuat sendiri, atau mencari suplier dessert box. Agar lebih apik, Anda bisa menyiapkan hampers dengan kemasan yang menarik dengan merek Anda sendiri, diberi hiasan, dan juga siapkan kartu ucapan dengan konsep yang tidak biasa. Misalnya dengan bentuk 3D popup dan lain sebagainya. 

Kopi Susu Literan 

hampers lebaran unik - kopi susu literan

Ide hampers lebaran unik yang terakhir adalah kopi susu literan. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis mengingat meminum kopi susu kekinian sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Kopi susu literan dapat bertahan cukup lama di dalam kulkas sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa hampers cepat kedaluwarsa. Walaupun tergolong cukup awet, Anda juga bisa menambahkan informasi gizi atau batas waktu kopi dapat diminum. 


Cara Memulai Usaha Hampers Lebaran 

Jika Anda tertarik untuk menggeluti usaha ini, Anda bisa memulai dengan tips berikut. 

Belajar Teknik Membungkus

Agar tampilan hampers menjadi lebih menarik, Anda wajib mempelajari cara mengemas dan membungkus hampers secara rapi dan estetis. Anda bisa mempelajari cara membungkus hampers melalui video yang tersedia di platform Youtube atau mengikuti kursus. Agar terlatih dan terbiasa, Anda perlu mempelajarinya secara rutin. 

Kreatif dalam Merangkai Kata 

Bukan hanya tampilan, cara Anda menyampaikan pesan dalam hampers juga menjadi perhatian. Sehingga, alangkah baiknya membuat kartu ucapan yang unik dan berbeda dari yang lain. 

Mencari Suplier yang Terpercaya 

Jika Anda hanya menyediakan jasa membungkus paket hampers, Anda perlu mencari suplier yang terpercaya agar item atau barang isian hampers tetap terjaga kondisi dan kualitasnya. 

Lakukan Strategi Pemasaran 

Berikutnya adalah jangan lupa untuk melakukan strategi pemasaran produk. Hal ini bertujuan agar hampers yang Anda pasarkan dapat berhasil terjual dan mendatangkan keuntungan. Ada berbagai macam strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan seperti : 

  • Door to door 

  • Promosi online melalui media sosial 

  • Memberikan diskon pada pelanggan baru dan pelanggan loyal 

  • Promosi dengan layanan iklan berbayar 

Terbuka dengan Konsumen 

Tips yang terakhir adalah dengan terbuka pada konsumen. Terbuka yang dimaksud adalah Anda dapat menjelaskan kualitas dan kekurangan dari isian hampers. Misalnya, Anda menjual hampers dengan isian barang pecah belah. Maka sebelum mengirim produk, Anda bisa menjelaskan kepada konsumen terkait risiko barang pecah. Sebagai solusinya, hampers dapat dikirim melaui kurir express atau sameday. Dikarenakan ongkos yang lebih mahal, Anda perlu mengomunikasikan hal ini terlebih dahulu kepada konsumen agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, Anda juga bisa menerima layanan custom hampers untuk meningkatkan penjualan. 

Analisa Bisnis

Lalu, berapakah modal dan keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis hampers lebaran unik ini? Untuk modal, biasanya disesuaikan dengan barang yang dijadikan sebagai isian hampers. Rata-rata penjual akan mengambil keuntungan sekitar Rp 20-100 ribu per paket hampers. 

Jika Anda berhasil menjual sekitar 30 paket hampers per hari dengan rata-rata keuntungan per hampers sebesar Rp 50 ribu. Maka, Anda bisa mendapatkan untung Rp 1,5 juta per harinya. Semakin banyak pesanan, maka semakin banyak keuntungan. Anda bisa meminta bantuan keluarga atau merekrut anggota jika dirasa terlalu banyak pesanan. Pastikan anggota terpilih memiliki keterampilan membungkus hampers yang baik. 

 

Itulah informasi mengenai analisa dan ide usaha hampers lebaran unik yang bisa menjadi penghasilan tambahan di bulan Ramadan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber: