Artikel

13 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan, Pasti Cuan!

2022-11-29 00:00:00 7288
13 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan, Pasti Cuan!

Dalam memulai bisnis besaran modal yang digunakan bisa berapa saja, salah satunya yaitu dengan usaha modal 20 juta. Nominal tersebut tentunya tidaklah sedikit dan mampu menghasilkan usaha menengah dengan prospek yang menjanjikan.

Nah, bagi Anda yang memiliki uang 20 juta dan sedang mencari ide usaha, rekomendasi ide usaha berikut ini bisa jadi solusinya. Yuk kita simak selengkapnya di artikel berikut.

 

13 Ide Usaha Modal 20 Juta Terbaik

Sebagaimana dengan ide usaha modal 10 juta yang pernah Tim BFI Finance bahas sebelumnya, berikut ini rekomendasi ide usaha dengan modal 20 juta beserta rinciannya.

1. Warung Sembako

Ide usaha modal 20 juta yang pertama yaitu membuka warung sembako. Sembako merupakan kebutuhan mendasar bagi semua orang. Hal ini tentunya menjadikan komoditi berikut ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir barang yang ada tidak laku terjual. Dengan modal 20 juta, Anda sudah bisa menyetok berbagai produk sembako mulai dari beras, minyak goreng, telur, teh, kopi, mie, dan lain sebagainya.

Keuntungan lainnya dari mendirikan usaha warung sembako yaitu:

  • Stok barang mudah didapat

  • Tidak sulit untuk menjual barang, sembako selalu dibutuhkan masyarakat (warung usaha yang tidak pernah sepi)

  • Fleksibel, lokasi usaha bisa dimana saja termasuk rumah Anda sendiri

  • Bukan jenis usaha musiman dan karenanya bisa bertahan lebih lama

  • Bisa dikembangkan lebih besar lagi atau menjadi usaha grosir

2. Katering Makanan

Usaha Modal 20 JUta

Image Source: Freepik/ikarahma

Selain sembako, usaha makanan seperti katering makanan adalah salah satu jenis usaha menjanjikan yang bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Tidak perlu menyewa lapak, Anda bisa memulainya dari rumah sendiri dengan peralatan masak yang sudah ada.

Dengan adanya usaha modal 20 juta ini, setidaknya Anda bisa mengantongi keuntungan 2 kali lipat dari modal yang ada. Anda juga bisa menerapkan strategi penjualan agar estimasi keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal. Misalnya menjadi mitra usaha ojek online, menawarkan secara online di sosial media dengan sistem pre-order ataupun reseller. 

 

Baca Juga: Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Katering Sehat Rumahan

 

3. Petshop

Bagi Anda para pecinta hewan, ide usaha modal 20 juta yang satu ini akan sangat mengasyikan untuk digeluti. Pasalnya, Anda tidak hanya berbisnis dan menghasilkan keuntungan, tapi juga bisa menghabiskan waktu yang ada bersama hewan-hewan lucu dan menggemaskan.

Dengan modal 20 juta, Anda sudah bisa membeli berbagai perlengkapan petshop dari mulai kandang hewan, etalase produk, makanan, aksesoris, gaji 2 orang karyawan atau caretaker, serta kebutuhan lainnya. Sedangkan untuk perolehan profit atau estimasi keuntungan bersih yang Anda dapat berkisar 6-7 juta, tergantung dari capaian target penjualan dan poin penting lainnya. 

 

Baca Juga: Usaha Pet Shop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

 

4. Usaha Cuci Motor

Jumlah pengguna kendaraan roda dua di Indonesia sangatlah banyak. Hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai peluang usaha, salah satunya yaitu usaha cuci motor. 

Dengan usaha modal 20 juta, Anda bisa membangun usaha cuci motor skala besar dan dilengkapi dengan teknologi yang mendukung seperti hidrolik motor, kompresor udara, power spray gun, tyre inflator, dan lain sebagainya yang bisa menghabiskan kurang lebih 14 juta-an. Sisanya bisa Anda pergunakan untuk keperluan sewa tempat, promosi, dan upah pegawai. 

 

Baca Juga: 7 Tips Memulai Usaha Cuci Motor Beserta Rincian Modal Usahanya

 

5. Bisnis Ayam Petelur

Telur adalah komoditi pangan yang paling diminati masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, dalam setiap satu butir telur yang ada mengandung hampir semua zat gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Yakni 41 kandungan gizi mulai dari vitamin A, vitamin B2, niacin, tiamin, riboflavin, vitamin E, dan vitamin D. Hanya vitamin C saja yang tidak ada.

Untuk memulai usaha modal 20 juta yang satu ini, setidaknya Anda harus mempersiapkan kandang untuk 100 ekor ayam, talang pakan, dan kebutuhan operasional lainnya sampai dengan masa panen. Perlu diingat, kandang ayam yang ada harus berada di lokasi yang aman dan tidak bising, rutin dibersihkan, serta ayam-ayam yang ada wajib dilakukan vaksin.

Selama periode masa panen atau 24 bulan, keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai hingga 100 juta ke atas. Tertarik untuk mencoba bisnis ayam petelur?

 

Baca Juga: Ide Bisnis Ayam Petelur: Tips Sukses, Estimasi Modal Serta Keuntungan

 

6. Ayam Geprek

Usaha Modal 20 Juta

Image Source: Freepik/ikarahma

Siapa yang tidak kenal dengan ayam geprek? Makanan berat yang satu ini masih jadi primadona bagi banyak orang. Harganya yang terjangkau dengan pilihan sambal yang beraneka ragam, membuat makanan bercita rasa pedas ini tidak pernah sepi peminat.

Cukup dengan usaha modal 20 juta, Anda bisa memulai usaha ayam geprek dengan matang. Mulai dari biaya sewa tempat, peralatan masak dan makan, biaya promosi, biaya operasional, sampai dengan biaya tak terduga sudah termasuk dalam estimasi modal yang ada.

Sedangkan untuk estimasi pendapatan bulanannya, Anda bisa mengantongi setidaknya Rp 27 juta per bulan. Lumayan sekali bukan?

7. Laundry Rumahan

Ide usaha modal 20 juta yang ketujuh yaitu usaha laundry rumahan. Usaha ini bisa mendatangkan banyak cuan, khususnya bila Anda membukanya di lokasi strategis seperti daerah kosan mahasiswa maupun pekerja. Akan lebih untung lagi jika Anda juga membarenginya dengan membuka usaha laundry sepatu dan helm.

Modal yang ada nantinya bisa Anda gunakan untuk melengkapi peralatan usaha seperti membeli mesin cuci berkualitas, pengering pakaian, setrika, meja, lemari untuk menaruh pakaian yang disetrika, sampai dengan kebutuhan untuk promosi usaha.

8. Bisnis Fashion

Pakaian adalah salah satu kebutuhan mendasar manusia. Adanya pakaian dapat melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, udara panas maupun dingin, melengkapi penampilan, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Oleh karenanya, jika Anda tertarik untuk mencoba peruntungan dalam berwirausaha, ide usaha modal 20 juta berikut ini sangat layak untuk Anda coba!

Yang terpenting, pastikan niche bisnis Anda jelas, serta target pasar yang ada cukuplah mudah dijangkau. Misalnya yang sedang trending saat ini yaitu fashion muslim, fashion ala korea, sampai dengan bisnis baju thrift.

9. Café Rumahan

Usaha café rumahan adalah peluang usaha modal 20 juta yang cocok untuk Anda tekuni. Pasalnya, peluang usaha café selalu ada dan terus berkembang setiap tahunnya.

Untuk dapat bersaing dalam bisnis ini, selain mengedepankan cita rasa makanan, Anda juga bisa menonjolkan tema café yang unik, pelayanan yang ramah, dan yang tidak boleh ketinggalan yaitu interior design café! Café yang unik dan instagramable cenderung lebih disukai oleh muda-mudi dan mereka yang gemar berswafoto.

 

Baca Juga: 9 Tips Sukses Menjalankan Usaha Café (+ Rincian Modal yang Dibutuhkan)

 

10. Usaha Ternak Bebek

Berdomisili di daerah pedesaan dengan suasana alam yang masih asri dan mendukung? Usaha ternak bebek mungkin akan cocok buat Anda yang sedang mencari ide usaha modal 20 juta!

Usaha ternak  bebek adalah jenis usaha peternakan yang masih eksis sampai sekarang. Terbagi menjadi dua yaitu bebek petelur dan bebek pedaging, keduanya sama-sama menguntungkan dan dalam masa 1 kali panen berpotensi menghasilkan keuntungan hampir 40 juta! Fantastis bukan?

Kalau Anda tertarik dengan usaha ini, pastikan Anda menyiapkan lahan peternakan yang jauh dari pemukiman penduduk agar bebek-bebek yang ada senantiasa terhindar dari stres dan mengurangi potensi gagal panen.

 

Baca Juga: Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur dan Pedaging, Untungnya Jutaan!

 

11. Usaha Fotocopy

Prospek usaha rumahan lainnya yang tidak kalah menguntungkan yaitu usaha fotocopy. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya ide usaha modal 20 juta ini memiliki segmen pasar yang besar mulai dari para pelajar, pekerja kantoran, dan masyarakat lainnya.

Di samping itu, usaha ini juga termasuk yang tidak tergerus oleh zaman mengingat fotokopi dokumen maupun jasa print masih dibutuhkan bahkan di saat jaman digital seperti sekarang.

Dari modal 20 juta yang ada, nantinya uang tersebut akan digunakan untuk membeli perlengkapan usaha seperti mesin fotokopi, alat pemotong kertas, etalase kaca, meja kursi, komputer, printer, dan masih banyak lagi. Dalam sebulan setidaknya Anda bisa mendapatkan sekitar 3-4 juta keuntungan bersih dari usaha yang satu ini.

 

Baca Juga: Intip Peluang Usaha Fotocopy: Tips Memulai, Modal Usaha dan Keuntungan

 

12. Pertamini

Kebutuhan akan bahan bakar sangatlah tinggi di Indonesia. Sayangnya, tidak semua pom bensin tersebar di tempat-tempat terpencil. Apalagi menjelang musim liburan seperti akhir tahun atau hari besar lainnya, kebutuhan akan bensin akan naik berkali-kali lipat.

Situasi ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha modal 20 juta. Terutama jika Anda bermukim di lokasi yang cukup jauh dari pom bensin. Yang terpenting, pastikan Anda mengantongi izin resmi, tidak menjual bensin campuran, atau pun menjualnya terlalu mahal.

13. Franchise Makanan dan Minuman

Ingin punya bisnis sendiri namun takut memulainya dari nol? Tidak perlu khawatir karena usaha franchise makanan dan minuman bisa menjadi alternatif pilihan! Anda hanya perlu membeli hak milik dari pemilik franchise (sebutannya franchisor) lalu setelahnya Anda sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini.

Untuk setiap hak milik yang dibeli dari franchise modal 20 juta, umumnya Anda akan diberikan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang usaha Anda. Seperti alat masak, banner atau spanduk promosi, bahan baku, dan masih banyak lagi.

Beberapa franchise jajanan kekinian antara lain minuman boba, toast, kopi, dimsum, telur gulung, seblak, dan lain-lain. Pastikan Anda bertanya sedetail mungkin terkait benefit dan kebijakan yang berlaku, ya! Agar usaha modal 20 juta milik Anda bisa berjalan dengan baik sesuai harapan Anda.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Franchise FnB Mudah dan Menguntungkan

 

Selain 13 ide usaha di atas, Anda juga bisa mencoba usaha roti bakar berikut ini. Yuk, simak videonya di sini!
 

 

Mau buka usaha sendiri tapi kekurangan modal? BFI Finance siap sedia membantu Anda wujudkan impian!

Anda bisa memanfaatkan pinjaman cepat cair BFI Finance untuk mendapatkan sejumlah dana yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Cukup dengan menjaminkan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan usaha maupun hal mendesak.

Cari tahu informasi selengkapnya mengenai pinjaman di tautan berikut ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

Sobat BFI, itulah ide usaha modal 20 juta ala BFI Finance. Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya?

Sumber: