Bisnis

19 Ide Bisnis Digital Paling Update dan Menguntungkan!

Admin BFI
22 March 2022
42570
19 Ide Bisnis Digital Paling Update dan Menguntungkan!

Seiring dengan berkembangnya teknologi, disadari atau tidak, terdapat berbagai cara baru untuk mendapatkan penghasilan. Jika 10 tahun lalu, belum banyak orang yang mengunggah video karya musiknya di platform online seperti Youtube dan mendapat penghasilan. Namun, saat ini sudah banyak orang yang memulai karir musiknya dari nol melalui platform Youtube dan memiliki banyak penggemar. Kondisi tersebut merupakan salah satu contoh dari manfaat penggunaan teknologi secara positif dan dapat menjadi ide bisnis digital untuk Sobat BFI jalankan. Berbicara mengenai bisnis digital, jarak dan waktu bukanlah suatu halangan utama. Anda dapat menikmati produk kue online yang dijual diluar kota sampai ditangan Anda dalam hitungan hari saja, atau Anda tidak perlu repot untuk mengantre membeli tiket bioskop karena dapat dipesan darimanapun melalui aplikasi mobile saja! Tentunya masih banyak keunggulan yang dapat diambil dan dipelajari dari fenomena maraknya bisnis digital ini. Nah, jika Sobat BFI ingin memulai untuk menjalankan bisnis digital, kali ini tim BFI Finance memberikan 19 ide bisnis digital yang dapat Anda jalankan. Beberapa tipe bisnis memerlukan keahlian khusus, namun tidak ada salahnya untuk mulai belajar dari sekarang! Yuk, simak ulasannya dalam artikel dibawah ini!

 

19 Ide Bisnis Digital Ala BFI Finance

1. Toko Online

Ide bisnis digital yang pertama yaitu dengan membuka toko online baik melalui platform e-commerce maupun tidak. Jika Anda memiliki brand, Anda dapat memasarkan produk atau jasanya mulai dari media sosial seperti Instagram atau Facebook. Jika brand Anda sudah memiliki banyak pelanggan, Anda dapat mulai merambah asset digital lainnya seperti website dan mendaftarkan bisnis Anda di platform e-commerce. Keuntungan yang didapat dari bisnis online ini tentunya bergantung pada jenis dan keunikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda ulet dan konsisten, maka tidak menutup kemungkinan Anda berkesempatan mendapatkan omset puluhan juta rupiah dari usaha toko online ini.

2. Bisnis Afiliasi

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga sumber pendapatan yang bisa diperoleh. Salah satunya melalui program afiliasi ini. Ide bisnis digital berikut ini sejatinya adalah memasarkan barang atau produk milik orang lain dengan imbalan berupa komisi apabila produk tersebut terjual melalui tangan Anda. Biasanya Anda akan mendapatkan kode referral yang digunakan ketika calon customer membeli produk yang Anda jual. Sudah banyak platform e-commerce yang menjalankan program afiliasi contohnya adalah e-Bay dan Amazon.

3. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis digital yang ketiga yaitu dengan menjalankan usaha desain grafis. Bagi Anda yang memiliki keahlian desain grafis, Anda dapat menjajal untuk membuka jasa tersebut. Dengan keahlian desain grafis yang Anda miliki, Anda dapat membuat jasa pembuatan logo bisnis, poster, banner, dan lain-lain. Dunia bisnis yang selalu berkembang, selalu membuka peluang secara positif untuk jasa desain grafis ini. Jika Anda belum memiliki keahlian tersebut, tidak ada salahnya untuk memulai belajar dari sekarang!

 

Ide bisnis digital desain grafis

Desain Grafis. Source: Unsplash/Emily Bernal

4. Dropshipper

Ide bisnis digital berikutnya adalah dengan menjadi dropshipper. Bisnis dropshipper ini dapat dijalankan tanpa modal sepeserpun. Sistem dropship ini mengharuskan Anda untuk menjual barang tanpa harus menjadi produsen dan jasa pengantaran produk. Dengan kata lain, menjadi seorang dropshipper bertugas sebagai penghubung antara produsen dengan customer. Kemampuan menjual yang mumpuni sangat dibutuhkan untuk bisnis dropship ini. Anda tertarik untuk mencobanya? Dilihat dari modal yang dibutuhkan, bisnis dropshipper ini tergolong kedalam usaha modal 1 juta atau dibawahnya tergantung pada banyaknya item yang Anda jual.

5. Thrift Shop

Bisnis thrift shop atau bisnis menjual pakaian dan aksesori second menjadi ide bisnis digital selanjutnya yang bisa Anda jalankan. Bisnis yang satu ini mungkin cocok jika Anda menyukai dunia fashion ya, Sobat BFI. Jika Anda merasa memiliki pakaian atau aksesoris yang masih layak pakai, Anda dapat menjualnya kepada pihak kedua. Anda dapat menjualnya melalui platform Instagram, Facebook, ataupun website. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis thrift shop menjanjikan lho, jika Anda menggelutinya dengan serius dan konsisten.

6. Instagram Influencer

Siapa dari Sobat BFI sekalian yang tidak bisa lepas dari Instagram setiap harinya? Tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi Instagram dapat menjadi sarana belajar. Jika Anda memiliki konten menarik di feeds, jumlah followers yang banyak, dan tingkat engagement yang tinggi, bukan tidak mungkin Anda berkesempatan menjadi seorang Instagram Influencer! Jika Anda memiliki kriteria tersebut, Anda berkesempatan mendapat endorse atau bentuk Kerjasama lainnya dari suatu brand yang menjalankan campaign digital. Wah, menarik ya?

7. Content Writer

Jika Anda menyukai menulis, ide bisnis digital berikut ini mungkin cocok bagi Anda. Menjadi content writer merupakan keahlian yang ramai dibutuhkan saat ini. Hasil tulisan content writer dibutuhkan sebagai penyumbang traffic dalam sebuah website. Traffic tersebut diharapkan dapat meningkatkan brand awareness suatu perusahaan dan menjadi leads atau prospek customer di kemudian hari. Saat ini juga banyak perusahaan yang menawarkan jasa freelance content writer. Peluang bisnis ini tentunya dapat menjadi penghasilan tambahan Anda ya, Sobat BFI.

8. Pengajar Online

Ide bisnis digital selanjutnya yaitu dengan mengajar online melalui platform tertentu. Saat ini jarak bukanlah penghalang untuk belajar. Dengan memanfaatkan platform online, Anda dapat belajar dari orang yang lebih berpengalaman yang memiliki jarak ratusan kilometer dari rumah Anda. Jika Anda menguasai Bahasa Inggris secara aktif misalnya, Anda dapat mengubah peluang tersebut dengan menjadi pengajar Bahasa inggris di platform Italki atau duolingo. Selain menambah penghasilan, menjadi pengajar online tentunya akan menambah pertemanan lintas daerah. Seru ya!

9. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis digital yang satu ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki keahlian coding atau bahasa pemrograman. Saat ini, website merupakan asset penting yang dimiliki bagi pemilik bisnis baik digital maupun non-digital. Karena website merupakan “rumah” bagi brand tersebut untuk dapat dikenal bagi banyak orang melalui media daring. Melihat kesempatan tersebut, menjalankan jasa pembuatan website tentunya dapat menjadi peluang bisnis digital yang menjanjikan. Jasa pembuatan per satu website dapat dikenai biaya mulai dari Rp 1.000.000 lho. Besar kecilnya biaya tergantung tingkat kesulitan dan kebutuhan website tersebut.

10. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Penggunaan aplikasi mobile saat ini juga sedang banyak diminati. Aplikasi mobile dapat membuat suatu proses bisnis menjadi lebih ringkas dan cepat. Keahlian yang harus dimiliki jika ingin menjalankan ide bisnis digital ini adalah Bahasa pemrograman atau coding. Penghasilan dari bisnis pembuatan aplikasi mobile ini terbilang cukup menjanjikan mengingat tingkat kesulitan yang dimilikinya.

11. Konsultan Digital Marketing

Digital marketing merupakan metode pemasaran yang sedang naik daun saat ini. Jika beberapa tahun yang lalu, Anda menggunakan booth atau menyebarkan pamflet dalam memasarkan produk, saat ini Anda dapat mengurangi aktivitas pemasaran tersebut melalui Digital Marketing. Dengan digital marketing, Anda dapat memasarkan produk Anda secara daring dan tidak terbatas oleh jarak. Aktivitas promosi melalui digital marketing dapat dilakukan dengan cara menggunakan iklan berbayar pada Facebook dan Google. Anda diharuskan memiliki budget tertentu setiap harinya agar iklan Anda dapat berjalan melalui platform tersebut. Ya, ide bisnis digital ini memerlukan keahlian khusus mengenai bagaimana cara mengoperasikan iklan berbayar Facebook dan Google. Jika Anda belum memiliki keahlian tersebut, Anda dapat berinvestasi dengan mengikuti pembelajaran online yang khusus mempelajari materi tersebut. Setelah Anda menguasai keahliannya, baru Anda dapat menjadi konsultan digital marketing secara professional. Selamat mencoba!

12. Konsultan SEO

Selain menjadi konsultan digital marketing, menjadi Konsultan SEO atau Search Engine Optimization dapat menjadi ide bisnis digital Anda selanjutnya. SEO merupakan teknik yang dibutuhkan agar suatu brand dapat muncul di halaman utama mesin pencarian seperti Google, secara organik. Jika Anda belum mengetahui teknik SEO yang benar, saat ini banyak terdapat platform yang mengajarkan teknik SEO dari nol. Atau Anda dapat belajar melalui platform Youtube secara gratis. Semakin sering muncul brand yang Anda dimiliki di mesin pencarian seperti Google, maka akan memperbesar kemungkinan brand Anda semakin dikenal banyak orang. Sepertinya menarik ya menjadi Konsultan SEO?

 

Ide bisnis digital SEO

SEO. Source: Unsplash/Merakist

13. Podcaster

Media podcast belakangan ini juga sedang banyak peminatnya. Podcast adalah konten audio yang membahas berbagai topik on-demand dan dapat diakses secara online. Dengan dukungan dari platform yang memadai seperti Spotify, membuat konten podcast memiliki banyak penggemar aktif. Nah, jika Anda talkative dan menyukai pembicaraan ringan maupun serius dengan lawan bicara Anda, menjadi seorang podcaster dapat menjadi ide bisnis digital Anda, lho. Membuat topik podcast semenarik mungkin, mengundang narasumber yang terpercaya, dan ketersediaan sarana prasana yang mumpuni adalah modal utama untuk menjalankan konten podcast.

14. Youtuber

Seberapa sering Anda menonton konten di Youtube? Setiap hari, dua kali sehari, atau bahkan tidak terhingga? Yap benar, karena kebiasaan seringnya orang menonton Youtube tersebut menjadikan Youtube sebagai platform atau website yang paling sering dikunjungi nomor 1 di dunia! Wow! Tidak dapat dipungkiri, kita memang dapat belajar apapun secara positif melalui Youtube ya. Nah, jika Anda merasa tertantang sebagai pembuat konten di Youtube, maka laksanakanlah! Banyak Youtuber yang memulai karirnya dari nol dan sukses memiliki ribuan hingga jutaan subscribers, lho Sobat BFI. Jadi, jika Anda merasa memiliki kreativitas yang tinggi dan ilmu yang dapat dibagi kepada banyak orang, menjadi Youtuber tentunya menjadi ide bisnis digital yang menguntungkan!

 

Ide Bisnis Digital Youtuber

Youtuber. Source: Unsplash/Jenny Uerberberg

15. Blogger

Sama seperti menjadi content writer, ide bisnis digital yang satu ini cocok bagi Anda yang suka menulis. Jika Anda menyukai untuk membagikan pengalaman Anda melalui tulisan, menjadi seorang blogger professional dapat dicoba lho, Sobat BFI! Jika Blog yang Anda Kelola memiliki traffic dan influence yang tinggi, maka besar kemungkinan blog Anda dapat menjadi sumber penghasilan. Anda berkesempatan mendapatkan endorse dari perusahaan yang memiliki campaign digitalnya melalui blog atau website. Menarik bukan?

16. Jasa Social Media Management

Seiring berjalannya waktu, media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, memiliki fitur-fitur dan konten baru yang menghibur dan bermanfaat. Hal tersebut memikat para pengguna media sosial untuk menggunakannya sebagai sarana hiburan atau belajar. Melihat kesempatan tersebut, tentunya media sosial juga merupakan asset yang penting yang harus dimiliki oleh suatu brand. Dengan begitu, dibutuhkan orang yang pandai dalam mengelola media sosial secara professional. Menjadi penyedia jasa social media management dapat menjadi ide bisnis digital yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Jika Anda merasa memiliki kreativitas yang tinggi dan selalu update terhadap perkembangan informasi terbaru, menjalankan jasa social media management tentunya menjadi pilihan yang tepat.

17. Penerjermah Online

Jika Anda memiliki keahlian berbahasa asing seperti Inggris, Jepang, Korea dapat menjadi ide bisnis digital selanjutnya. Selain dapat menjadi pengajar online yang telah disebutkan diatas, Anda dapat menjadi penerjemah professional untuk keperluan penerjermahan jurnal ilmiah, artikel, proposal dan lain-lain. Target customer dari bisnis digital ini dapat berasal dari kalangan akademis, korporasi, maupun pelajar.

18. Menjual Stok Foto Berlisensi

Ternyata dengan hobi fotografi dapat menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan. Ya, Anda dapat menjual hasil jepretan Anda melalui berbagai platform jual beli foto berlisensi seperti Shutterstock dan IStock Photo. Ide bisnis digital ini mengharuskan Anda untuk meng-upload hasil foto Anda sendiri melalui platform tersebut. Jika terdapat users yang mengunduh dan menggunakan foto Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan mulai dari Rp 14.000 setiap foto nya. Menarik ya?

19. Menjual Produk Digital (Non-Fisik)

Ide binis digital yang terakhir adalah dengan menjual produk digital. Produk digital yang dimaksud disini adalah produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan dapat dijual secara online. Contohnya seperti video, kreasi musik, ebook, dan lain-lain. Jika Anda pandai dalam bermusik, Anda dapat menjual karya lagu Anda melalui berbagai platform seperti Tunecore, Luckstock, dan Soundcloud. Jika Anda menyukai menulis dan mengkreasikan ebook, Anda dapat menjualnya juga di platform online seperti Amazon, Gumroad, atau Karya Virtual.

 

 

Nah, seperti itulah 19 ide bisnis digital yang dapat menjadi inspirasi bagi Sobat BFI sekalian. Bagi beberapa jenis bisnis, bahkan tidak memerlukan modal yang besar untuk dieksekusi. Namun, jika Anda membutuhkan dana untuk membeli peralatan dapur dalam mempersiapkan toko kue online atau membeli peralatan dalam membuat konten Youtube, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance! Yap, pinjaman modal usaha adalah pinjaman bunga rendah yang diperuntukkan bagi calon customer untuk mendukung jalannya usaha yang sedang dan akan dijalankan. Sobat BFI hanya perlu menjaminkan BPKB Kendaraan seperti Mobil dan Motor, serta jaminan berupa Sertifikat Rumah. Jika persyaratan pengajuan pembiayaan Anda lengkap dan memenuhi kriteria untuk dibiayai, tidak menutup kemungkinan pembiayaan Anda akan disetujui dalam waktu kurang dari 1 hari saja!* Berdiri sejak tahun 1982, BFI Finance senantiasa hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan finansial customer di seluruh Indonesia. Ajukan pembiayaan Anda segera melalui form berikut ini:

 

Pembiayaan Jaminan BPKB Motor

Pembiayaan Jaminan BPKB Mobil

Pembiayaan Jaminan Sertifikat Rumah

 

*Bergantung pada jenis asset yang dijaminkan

Kategori : Bisnis