Bisnis

12 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan, Wajib Dicoba!

Admin BFI
14 March 2023
17838
12 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan, Wajib Dicoba!

Bulan suci ramadhan menjadi salah satu momentum yang sangat pas untuk membuka usaha. Ada banyak bisnis di bulan ramadhan yang bisa Anda coba untuk meraup pundi-pundi rupiah dalam rangka menyambut hari lebaran.

Nah, kira-kira apa saja ya ide bisnis di bulan ramadhan yang bisa kita coba dan berpeluang menghasilkan banyak keuntungan? Simak selengkapnya di artikel berikut ini!

 

12 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan!

Bingung mau buka usaha apa? 13 ide bisnis di bulan ramadhan berikut ini bisa Anda jadikan salah satu pilihannya!

1. Usaha Gorengan

Ide bisnis di bulan ramadhan yang pertama adalah membuka usaha gorengan. Siapa yang tidak kenal dengan usaha yang satu ini? Rasanya yang renyah, gurih, beragam bentuk dan pilihan, membuat gorengan seringkali dipilih sebagai menu wajib saat berbuka.

Usaha gorengan dapat dimulai dengan modal kecil, bahkan hanya bermodalkan 100 ribu rupiah! Jika Anda khawatir gorengan yang Anda buat tidak laku terjual, Anda bisa mulai menjualnya dengan membuka sistem pre-order lalu menawarkannya ke tetangga sekitar, kerabat, atau pun secara online untuk wilayah yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

 

Baca Juga: 8 Tips Memulai Usaha Gorengan beserta Rincian Modalnya

 

2. Usaha Perlengkapan Ibadah

Bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan baik dan mengumpulkan pahala. Tak heran, permintaan akan perlengkapan ibadah cenderung naik di bulan ini.

Beberapa perlengkapan ibadah yang paling tinggi pembeliannya antara lain yaitu mukena, sajadah, Al Qur’an, kopiah, dan tasbih.

3. Usaha Katering Makanan

Ide usaha yang ketiga yakni katering makanan. Usaha yang satu ini dinilai cukup sustainable dalam ranah bisnis f&b, terutama saat bulan ramadhan tiba dimana Anda lebih berpeluang menerima banyak orderan.

Umumnya, orderan yang masuk adalah menu makanan untuk berbuka puasa bersama. Semakin banyak koneksi yang Anda miliki, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk menerima orderan. Yang terpenting, pastikan untuk selalu percaya diri, menjaga kualitas makanan, dan menjalin komunikasi yang baik.

 

Baca Juga: Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Katering Sehat Rumahan

 

4. Usaha Takjil

Menjelang berbuka puasa, umumnya orang-orang akan bepergian ke luar atau istilah lainnya yaitu ngabuburit untuk mencari berbagai jenis makanan dan minuman. Tak heran, ketika memasuki bulan ramadhan Anda akan dengan mudah menemui penjual takjil di sekitar tempat Anda.

Nah, Anda juga bisa ikut berjualan dengan menjual menu yang berbeda namun tetap menarik dan banyak dicari orang. Misalnya es blewah, kolak, gorengan, dan masih banyak lagi. Untuk memulai usaha ini modalnya cukup minim, Anda bisa memulainya dari Rp 100.000 - Rp 200.000 dan memulai berjualan di depan rumah Anda atau ikut menitipkan barang jualan ke warung-warung.

ide bisnis di bulan ramadhan

Image Source: Freepik/Odua

 

Baca Juga: Kumpulan Ide Usaha Kecil-Kecilan yang Bisa Dijalankan di Mana Saja

 

5. Jualan Kurma

Kurma adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dimakan saat berbuka puasa. Mengandung karbohidrat yang kompleks, vitamin, serat, dan mineral, menjadi kurma buah yang sangat pas untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, menyantap kurma saat berbuka puasa dinilai sunnah.

Jenis Kurma yang Paling Disukai Masyarakat:

  • Kurma Ajwa

  • Kurma Medjool

  • Kurma Degleet Noor

  • Kurma Sukkari

  • Kurma Safawi

  • Kurma Lulu

 

Baca Juga: Ini Dia 11 Jenis Kurma Favorit Bagi Masyarakat Indonesia!

 

6. Jus Buah

Selain buah kurma, ide bisnis di bulan ramadhan yang bisa Anda coba berikutnya adalah usaha jus buah. Selain menjadi pelepas dahaga setelah seharian berpuasa, jus buah kaya akan vitamin dan kandungan penting lainnya yang mampu mengembalikan stamina dan menjaga kesehatan selama bulan puasa.

 

Baca Juga: Usaha Jus Buah: Dari Tips Usaha Sampai Dengan Omzet Bulanan

 

7. Usaha Korean Street Food

Makanan bercita rasa pedas, manis, dan gurih tampaknya selalu punya tempat tersendiri di hati para pecinta jajanan kaki lima. Seperti yang kita tahu, demam budaya korea (hallyu) kini merajalela di mana-mana. Mulai dari drama korea, k-pop, sampai dengan jajanan kaki lima atau korean street food.

Bulan puasa menjadi waktu yang pas untuk memulai usaha ini. Pasalnya, orang akan cenderung mencari berbagai jenis kudapan atau takjil untuk dinikmati saat berbuka puasa atau setelah shalat tarawih.

Beberapa Jenis Korean Street Food yang Banyak Dicari:

  • Tteokbokki (떡볶이)

  • Odeng/Eomuk (어묵/오뎅)

  • Garlic Bread 

  • Gamja hot dog (감자 핫도그)

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 15 Ide Usaha Korean Street Food Modal Kecil!

 

8. Usaha Martabak

Martabak adalah salah satu kudapan terpopuler di Indonesia. Saking populernya, martabak menempati urutan pertama sebagai makanan terlaris versi aplikasi pesan antar makanan dengan perolehan pesanan sebanyak 7 juta di tahun 2020. Fantastis, bukan?

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia Peluang Usaha Martabak dan Estimasi Keuntungannya

 

9. Rice Bowl

Seperti halnya dengan katering makanan, usaha rice bowl bisa Anda jadikan opsi berikutnya untuk memulai bisnis di bulan ramadhan!

Makanan kekinian yang satu ini sangat praktis untuk dibuat dan mudah untuk dibawa kemana saja tanpa takut tumpah. Sesuai dengan namanya, rice bowl adalah makanan yang disajikan di dalam mangkuk atau kemasan yang berbentuk mangkuk. Makanan ini terdiri dari nasi, lauk pauk, dan sayur-sayuran. 

 

Baca Juga: Bisnis Rice Bowl Rumahan: Dari Cara Memulai Sampai Estimasi Keuntungan

 

10. Usaha Warteg

Masih membahas bisnis makanan yang cocok untuk Anda pilih saat bulan puasa, usaha warteg menjadi andalan berikutnya!

Usaha yang satu ini memang bisa Anda jalankan di hari-hari biasa. Meskipun demikian, keuntungan yang akan dapatkan dapat berlipat ganda jika Anda membukanya di bulan puasa.

Ini dikarenakan tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan hidangan sahur dan berbuka puasa. Anda bisa memilih lokasi strategis seperti daerah mahasiswa, kos-kosan pekerja, dan tempat ramai lainnya.

11. Usaha Hampers Lebaran

Bulan ramadhan dan lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk mempererat tali silaturahmi lewat hantaran hampers yang diberikan ke keluarga atau kerabat terdekat. Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk memulai usaha hampers unik.

Ragam Pilihan Ide Jualan Hampers Lebaran:

  • Kue Kering

  • Alat Makan

  • Lilin Aroma Terapi

  • Peralatan Ibadah

  • Dessert Box

  • Kopi Susu Literan

  • Reed Diffuser

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

12. Usaha Busana Muslim

Salah satu usaha yang paling menguntungkan di bulan suci ramadhan adalah usaha busana muslim. Hal ini dikarenakan di bulan tersebut banyak orang berbondong-bondong untuk mendapatkan banyak pahala dengan lebih giat beribadah dan menutup aurat.

Tak ayal, permintaan akan busana muslim, baik itu untuk pria maupun wanita akan terus ada, bahkan jumlahnya bisa bertambah banyak menjelang lebaran tiba.

Jika Anda memiliki modal usaha yang cukup besar, Anda bisa memulai usaha konveksi untuk memproduksi sekaligus memasarkan produk busana muslim dalam jumlah yang lebih banyak.

Meskipun begitu, bisnis di bulan ramadhan yang satu ini tetap bisa Anda jalankan bahkan dengan modal sekalipun, lho! Salah satunya yakni dengan menjadi dropshipper.

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

Tips Sukses Berjualan di Bulan Ramadhan

Kesuksesan tidak didapat secara instan seperti membalikan telapak tangan. Anda harus menyusun berbagai strategi dengan matang dan berhati-hati untuk setiap langkah yang Anda ambil.

Untungnya Tim BFI Finance telah merangkung berbagai tips yang bisa Anda terapkan untuk meraih kesuksesan saat memulai bisnis di bulan ramadhan. Intip tipsnya di uraian berikut!

bisnis di bulan ramadhan

Image Source: Freepik/Odua

1. Tentukan Ide Usaha yang Akan Dipilih

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan ide usaha apa yang akan Anda pilih. Pastikan Anda memilih usaha yang sesuai dengan modal yang Anda miliki dan sesuai dengan kapasitas Anda.

2. Pilih Target Pasar yang Sesuai

Setelah Anda berhasil menentukan usaha apa yang akan Anda jalani selama bulan ramadhan, berikutnya tentukan siapa target pasar Anda. Hal ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan dengan matang agar penjualan yang ada dapat berjalan dengan baik.

3. Jadwalkan Waktu Berjualan yang Tepat

Memilih jadwal berjualan yang sesuai merupakan salah satu tips sukses berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagai contoh jika Anda memilih untuk berjualan takjil. Tentu, waktu yang tepat untuk berjualan adalah pada saat menjelang berbuka puasa. Jika Anda menjualnya di waktu sahur atau siang hari, besar kemungkinan keuntungan yang Anda dapatkan tidak akan sebanyak di waktu mendekati buka puasa.

4. Tawarkan Diskon dan Promosi Khusus Bulan Ramadhan

Hampir semua orang tertarik dengan strategi penjualan seperti promosi dan diskon. Anda bisa mendongkrak penjualan dengan cara menarik banyak pembeli melalui diskon atau promo yang ditawarkan.

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk : Alasan dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

 

5. Pertimbangkan Untuk Berjualan Secara Online dan Offline

Tips selanjutnya yakni mempertimbangkan untuk berjualan secara online dan offline. Mengapa? Dengan melakukan keduanya, Anda dapat memperbanyak peluang usaha Anda mudah dikenal dan menaikan penjualan.

Di sisi lain, berjualan secara online akan sangat menguntungkan Anda karena masyarakat di zaman sekarang cenderung lebih memilih berbelanja di marketplace karena sederet kemudahan yang ditawarkan. Mulai dari pilihan yang beragam, harga yang lebih murah, dan gratis ongkir atau pengiriman.

Anda bisa berjualan di ecommerce dengan cara mempelajari lebih lanjut cara berjualan di Shopee dan cara berjualan di Tokopedia.

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 7 Cara Jualan Online Untuk Pemula!

 

6. Utamakan Pelayanan yang Cepat dan Ramah

Terakhir, pastikan untuk selalu mengupayakan pelayanan yang cepat dan ramah. Dengan memberikan pelayanan terbaik, besar kemungkinan para pembeli akan datang kembali atau usaha Anda dipromosikan secara cuma-cuma melalui salah satu strategi marketing yang dikenal sebagai word of mouth. Strategi ini bekerja dengan cara mempromosikan usaha Anda dari mulut ke mulut dan dinilai cukup efektif karena testimoni yang diberikan cenderung jujur serta persuasif.

 

Baca Juga: 14 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan untuk Tambahan Penghasilan

 

Cara Mudah Dapat Modal Usaha

Khusus Sobat BFI yang tertarik untuk membuka usaha sendiri, BFI Finance menawarkan pinjaman modal usaha dengan proses mudah dan cepat! 

Ajukan pinjaman modal usaha hanya di BFI Finance, klik tautan berikut untuk informasi selengkapnya.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 7 tahun.

 

Jangan sampai ketinggal berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pinjaman, dan lainnya. Cek BFI Blog untuk artikel terbaru setiap minggunya!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis