Bisnis

11 Tips dan Cara Jualan di Tokopedia Untuk Dongkrak Penjualan

Admin BFI
21 February 2023
9202
11 Tips dan Cara Jualan di Tokopedia Untuk Dongkrak Penjualan

Cara jualan di Tokopedia dinilai cukup menjanjikan karena platform e-commerce yang satu ini memungkinkan para merchant (sebutannya seller/penjual) untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk yang ditawarkan ke khalayak luas.

Di samping itu, kehadiran Tokopedia turut memberikan kesempatan bagi para penjual untuk menghemat biaya operasional bisnis. Salah satu contohnya yakni berkurangnya biaya sewa tempat, listrik, air, sampai dengan gaji pegawai.

Dengan berjualan di Tokopedia, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan efisien. Namun, pastikan produk yang Anda tawarkan berkualitas dan memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, penerapan strategi yang tepat untuk cara jualan di Tokopedia ikut berperan penting dalam kesuksesan Anda.

 

1. Mengenal Tokopedia

Sebelum membahas terkait cara jualan di Tokopedia, ada baiknya kita mengenal sedikit mengenai Tokopedia. Nah, kira-kira apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah sebuah marketplace asal Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2009. Kehadiran marketplace yang satu ini banyak membantu merchant (sebutan penjual yang ada di Tokopedia) untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh Indonesia.

Selain membuka kesempatan yang lebar untuk para penjual online dalam menjajakan produknya, Tokopedia juga turut berkontribusi dalam dalam mendukung UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) melalui salah satu inisiasi program tahunan yang bernama MAKERFEST.

Dikutip langsung melalui katadata.co.id, Tokopedia berhasil meraih urutan pertama sebagai e-commerce dengan pengunjung terbanyak per kuartal dua tahun 2021. Besarnya hasil perolehan kunjungan yang ada mencapai 147,8 juta. Angka tersebut dapat menjadi salah satu acuan jika Tokopedia layak untuk dipilih sebagai sebagai marketplace jual beli online yang mampu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang ada.

2. Cara Buka Toko di Tokopedia Melalui HP

Bagaimana? Apakah sampai sini Anda tertarik untuk berjualan di Tokopedia? Jika ya, berikut ini cara tergabung menjadi merchant di Tokopedia melalui HP, mudah dan cepat sesuai dengan arahan seller.tokopedia.com.

1. Unduh aplikasi yang tersedia di Play Store maupun App Store

2. Jika sudah, buka aplikasi Tokopedia lalu klik ‘Daftar

3. Lakukan verifikasi data dengan mengisi kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP Anda atau melalui email aktif

4. Lanjutkan proses pendaftaran toko dengan mengklik ‘Menu Utama

5. Pilih ‘Mau Mulai Berbisnis? Buka Toko Gratis

6. Anda akan diarahkan ke lama lain, lalu klik ‘Buka Toko Gratis

7. Isi kelengkapan data yang diminta mulai dari nama toko dan domain toko. Perlu diingat jika nama yang Anda pilih bersifat permanen, tidak dapat diubah sewaktu-waktu. Sedangkan untuk domain nantinya berfungsi sebagai link toko Anda.

8. Lengkapi informasi lainnya mengenai toko Anda, seperti alamat toko dan kode pos.

9. Pastikan semua informasi yang Anda masukan sudah benar dan tidak ada yang terlewat lalu klik ‘Simpan

10. Kini Anda sudah bisa berjualan di Tokopedia

3. Cara Buka Toko di Tokopedia Melalui Website

Selain mendaftar langsung melalui aplikasi Tokopedia, Anda juga bisa mencoba cara alternatif lainnya yakni dengan membuka toko melalui website. Cara jualan di Tokopedia dengan mendaftar melalui website cukuplah mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Kunjungi laman resmi Tokopedia di tokopedia.com

2. Pilih ‘Toko’ pada bagian kanan atas layar Anda

3. Lalu klik ‘Buka Toko

4. Masukan nama toko dan domain/link yang akan Anda gunakan sebagai alamat toko Anda

5. Pastikan nama dan domain yang Anda masukan telah sesuai, jika sudah selanjutnya klik ‘Buka Toko Sekarang

6. Isi deskripsi toko dan lengkapi beberapa informasi penting lainnya terkait toko Anda

7. Klik ‘Selanjutnya

8. Kini Anda sudah bisa berjualan di Tokopedia dan mengunggah produk Anda

Tambahan, cara tersebut bisa Anda lakukan bilamana Anda sudah memiliki akun Tokopedia sebelumnya, jadi pastikan Anda sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu, ya!

Selain itu, 1 KTP hanya bisa digunakan untuk membuka maksimal 2 toko berbeda. Oleh karenanya, pastikan KTP yang Anda gunakan belum pernah terdaftar sebagai merchant atau seller di Tokopedia.

 

Baca Juga: Mudah dan Efektif, Begini Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

 

4. Tips dan Cara jualan di Tokopedia

Ingin jualan Anda laris manis diserbu pembeli? Tips dan cara jualan di Tokopedia berikut ini bisa membantu Anda untuk menaikan penjualan bulanan. Begini caranya!

cara jualan di tokopedia

Ilustrasi Cara Jualan di Tokopedia | Image Source: Pexels/comzeal

4.1. Berikan Informasi Toko dengan Jelas

Informasi toko harus dibuat sejelas mungkin untuk meningkatkan visibilitas toko dan meraih kepercayaan pelanggan. Informasi toko yang baik harus terdiri dari nama toko, terdapat foto profil, serta lokasi toko tersebut berada.

Informasi yang jelas dan terperinci dapat membantu memperkut branding toko Anda, membedakannya dengan kompetitor, serta mengedepankan citra toko yang unik dan berkesan.

4.2. Buat Catatan Toko

Selain memberikan informasi toko sejelas-jelasnya, ada baiknya Anda juga membuat catatan toko sebagai salah satu strategi cara jualan di Tokopedia. Bantu para pelanggan dengan memahami kebijakan pengiriman, retur, serta jam operasional yang ada pada toko Anda.

Dengan membuat catatan ini Anda dapat meminimalisir terjadinya kesalahapahaman, kebingungan, dan persepsi lainnya yang membuat pelanggan merasa kesulitan saat berbelanja di toko Anda.

4.3. Aktifkan Seluruh Layanan Ekspedisi yang Tersedia

Ingin mengjangkau lebih banyak pembeli dari seluruh Indonesia? Aktifkan seluruh layanan ekspedisi yang tersedia di Tokopedia!

Sebab, tidak semua ekspedisi atau layanan pengiriman tersedia di daerah tertentu. Ada kalanya suatu daerah hanya memiliki satu atau dua jenis ekspedisi yang tidak ada di kota atau kabupaten lain.

Meskipun begitu, jangan paksakan untuk menggunakan semua ekspedisi yang ada jika salah satu dari ekspedisi tersebut belum tersedia di lokasi Anda ataupun jarak tempuhnya terlalu jauh.

4.4. Susun Etalase Jualan Produk dengan Rapi

Khusus untuk merchant atau seller, Tokopedia menyediakan fitur bernama etalase. Fitur ini akan membantu Anda untuk melakukan listing dan mengunggah produk yang ingin Anda jual.

Pastikan Anda menyusunnya dengan rapih dan terorganisir. Salah satu caranya yakni dengan mengelompokkan produk yang ada sesuai dengan kategorinya. Dengan begitu para pelanggan tidak akan kesulitan untuk mencari produk yang mereka inginkan.

4.5. Beri Informasi Produk dengan Jelas

Cara jualan di Tokopedia berikutnya yakni menuliskan informasi produk yang jelas dan menarik sangatlah penting ketika Anda berjualan di e-commerce.

Pasalnya, komunikasi yang terjadi cukup terbatas dan dengan adanya deskripsi produk ini Anda tidak perlu repot-repot menjelaskan informasi produk ke pada para pelanggan satu per satu.

Tips Menuliskan Informasi Produk Secara Efektif:

1. Gunakan judul yang singkat namun menjelaskan produk secara jelas. Pastikan dalam deskripsi produk Anda mencantumkan spesifikasi produk seperti merek, ukuran, warna, bahan, varian, dan beberapa informasi penting lainnya.

2. Perhatikan penggunaan bahasa yang dipilih. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh orang awam. Hindari kata-kata teknis atau istilah yang sulit untuk dipahami.

3. Pertimbangkan untuk menggunakan kata-kata yang menarik perhatian. Misalnya kata ‘Diskon’, ‘Baru’, ‘Terbatas’. Namun, pastikan penggunaannya tidak berlebihan, ya!

4. Sertakan informasi pengiriman dan kebijakan pengembalian barang. Tidak sedikit pelanggan yang mempertimbangkan hal ini sebagai salah satu poin dalam membuat keputusan sebelum membeli barang. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencantumkan informasi ini, ya!

4.6. Update Toko Secara Berkala

Mengupdate toko secara berkala bisa menjadi penilaian yang positif untuk toko Anda. Baik itu di mata Tokopedia maupun para pelanggan. Pasalnya, toko yang aktif menandakan jika toko tersebut berjualan secara serius dan mengerti keinginan pelanggan. Cara jualan di Tokopedia yang satu ini sebaiknya tidak Anda lewatkan begitu saja.

4.7. Fast Response Terhadap Permintaan Dari Customer

Kecepatan dalam merespon menjadi salah satu pertimbangan yang biasanya diperhitungkan oleh para pelanggan. Dengan menjadi seller yang fast response Anda akan lebih disukai oleh para pelanggan karena mampu memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman, membuat para pelanggan tidak sungkan untuk menanyakan produk Anda lebih jauh lagi atau bahkan kembali membeli produk yang sama.

Fast response juga mampu meningkatkan reputasi bisnis yang Anda miliki. Pasalnya, orang-orang memiliki kecenderungan untuk berbelanja di tempat yang ramah dengan penjual yang siap sedia memberi pemahaman terkait produk.

4.8. Gunakan Strategi Marketing

Untuk meningkatkan penjualan yang ada di Tokopedia, selain menggunakan fitur yang disediakan oleh platform, Anda juga bisa mendongkrak penjualan dengan menerapkan berbagai strategi marketing. Seperti share link produk di sosial media, memanfaatkan fitur affiliate marketing, sampai dengan gencar membuat promo pembelian.

4.9. Gunakan Fitur Promosi dari Tokopedia

Cara jualan di Tokopedia berikutnya yang tidak kalah menguntungkan yakni adanya fitur promosi yang bersifat gratis dan bisa Anda gunakan secara cuma-cuma!

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memilih produk mana yang akan dipromosikan, kemudian klik ‘Promosikan Produk Ini’ untuk selanjutnya ditampilkan di halaman pertama.

4.10. Manfaatkan Fitur Merchant Gold

Ingin mendapatkan berbagai keistimewaan lainnya sebagai penjual di Tokopedia? Pertimbangkan untuk bergabung sebagai Merchant Gold!

Fasilitas premium yang satu ini menawarkan sederet keuntungan untuk toko Anda. Diantaranya yaitu;

  • Memungkinkan untuk dikelola lebih dari 1 admin toko

  • Menempel cover pada laman toko Anda

  • Jumlah etalase toko yang lebih banyak

  • Dapat menyisipkan catatan toko di samping produk yang ditampilkan

  • Visibilitas toko yang lebih baik

  • Lebih disukai oleh pelanggan karena terdaoat badge toko yang menunjukan toko terpercaya

4.11. Gunakan Fitur Ads Tokopedia

Terakhir yaitu memanfaatkan fitur ads yang ada di Tokopedia. Dengan menggunakan ads, produk Anda akan ditampilkan di pencairan teratas, sehingga memungkinkan penjualan Anda naik lebih tinggi.

Sobat BFI, itulah ulasan terkait 11 Tips dan Cara Jualan di Tokopedia Untuk Dongkrak Penjualan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis