Artikel

Ini Dia 11 Jenis Kurma Favorit Bagi Masyarakat Indonesia!

2022-04-13 00:00:00 1664
Ini Dia 11 Jenis Kurma Favorit Bagi Masyarakat Indonesia!

Menyantap kurma sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa memang menjadi ciri khas tersendiri saat momen Ramadhan tiba. Kurma merupakan buah favorit Nabi Muhammad SAW dan terdapat hadist yang menyebutkan jika menyantap kurma untuk berbuka puasa adalah sunah hukumnya. Tidak heran, masyarakat muslim berbondong-bondong untuk membeli dan menyantap kurma yang disandingkan dengan hidangan utama lainnya.

Tapi tahukah Sobat BFI jika kurma yang kita santap memiliki jenis yang berbeda-beda? Pebedaan tersebut dapat berasal dari ukurannya, warna, maupun rasanya. Dari perbedaan tersebut juga memengaruhi harga yang ditawarkan setiap kilogramnya. Nah, untuk menambah informasi bagi Sobat BFI sekalian, kali ini tim BFI Finance memberikan pemahaman mengenai 11 jenis kurma yang populer di Indonesia beserta manfaat bagi kesehatan. Adakah salah satu list dibawah ini yang menjadi favorit bagi Sobat BFI sekalian? Atau suatu saat Sobat BFI ingin menjadi supplier kurma, nih? Yuk, kita cari tahu bersama-sama!

 

11 Jenis Kurma Populer di Indonesia beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

1. Kurma Ajwa

Jenis kurma yang pertama yaitu kurma ajwa yang juga cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kurma ajwa memiliki tampilan warna yang hitam dan tekstur yang lembut ketika digigit. Dilansir dari berbagai sumber, kurma ajwa merupakan kurma pertama yang ditanam oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi kurma kesukaannya. Kurma ajwa merupakan kurma premium yang berasal dari Madinah, Arab Saudi.

Kurma ajwa memiliki kandungan glikosida dan flavonoid tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Selain itu, kandungan gula dalam kurma ajwa bersifat monosakarida yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

2. Kurma Medjool

Jenis kurma yang satu ini bukan berasal dari daratan Arab melainkan berasal dari California, Amerika Serikat. Ialah Kurwa Medjool yang merupakan salah satu kurma termahal di dunia. Kurma medjool memiliki warna kecoklatan dan daging yang tebal. Rasa manis pada Kurma Medjool juga aman jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Dilansir dari Healthline, kurma medjool kaya akan kandungan karbohidrat, serat, kalium, zat besi, protein, dan antioksidan. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kurma medjool baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kurma medjool juga sangat baik dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan Anda.

3. Kurma Degleet Noor

Jenis kurma yang populer di Indonesia berikutnya adalah Kurma Degleet Noor. Jenis kurma yang satu ini memiilki rasa yang tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Dari tampilannya, kurma degleet noor memiliki warna kuning terang dan memiliki tekstur yang cukup kering. Berasal dari Tunisia, budidaya kurma degleet noor kemudian menyebar ke negara Libya, Aljazair, hingga Amerika Serikat.

Manfaat kurma degleet noor antara lain dapat mencegah sembelit dan baik untuk kesehatan usus. Kurma degleet noor memiliki kandungan estradiol dan flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan bagi penderita disfungsi seksual.

Aneka Jenis Kurma di Indonesia

Aneka jenis kurma di Indonesia. Source: Unsplash/Rachael Gorjestani

4. Kurma Sukkari

Masih berasal dari daratan Arab Saudi, jenis kurma favorit masyarakat Indonesia yang satu ini bernama Kurma Sukkari. Dalam Bahasa Arab, “sukkar” berarti gula yang memaknai penamaan jenis kurma yang satu ini. Kurma Sukkari terkenal dengan manisnya yang legit dan memiliki tekstur daging yang empuk. Secara fisik, kurma sukkari memiliki warna coklat keemasan. Banyak yang beranggapan jika kurma sukkari juga merupakan kurma favorit para Raja Arab.

Sama seperti jenis kurma lainnya, kurma sukkari mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas. Kandungan glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dimiliki kurma sukkari mudah dicerna oleh lambung dan dapat dengan cepat meningkatkan energi. Kurma sukkari juga kaya akan Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

5. Kurma Safawi

Kurma Safawi memiliki tampilan yang hampir sama dengan kurma medjool yang berwarna coklat kehitaman. Perbedaannya terletak pada tingkat kekenyalannya. Kurma Safawi memiliki tekstur daging yang cukup tebal dan kenyal. Budidaya kurma safawi cukup produktif sehingga lebih mudah ditemukan dibandingkan jenis kurma lainnya.

Kurma safawi dipercaya dapat mengobat cacingan. Dengan kandungan serat tinggi yang dimilikinya, tentunya jenis kurma safawi sangat baik untuk dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, kurma safawi kaya akan Vitamin A dan B yang baik untuk kesehatan mata, rambut, dan kulit.

6. Kurma Lulu

Masyarakat kerap kali tertukar jika membeli kurma Lulu dengan kurma ajwa karena tampilan fisiknya yang mirip. Perbedaan antara kurma lulu dengan kurma ajwa adalah dari ukurannya. Kurma lulu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis kurma ajwa. Harga yang ditawarkan pun lebih murah yaitu Rp 40.000 per kilogramnya. Kurma lulu berasal dari United Emirates Arab (UEA) dan memiliki rasa yang manis, legit dan lembut. Masyarakat Indonesia sering menjadikan kurma lulu sebagai oleh-oleh dari Ibadah Umroh maupun Haji.

7. Kurma Zahadi

Jenis kurma yang ketujuh yaitu kurma zahadi yang berasal dari Iran. Karakteristik yang dimiliki kurma zahadi yaitu memiliki tekstur yang cukup kering, ukurannya yang sedang, dan berbentuk oval. Tidak seperti jenis kurma lainnya yang berwarna kecoklatan, kurma zahadi memiliki warna kuning keemasan. Kurma Zahadi memiliki daging yang cukup tebal dan rasa yang tidak terlalu manis. Kurma Zahadi juga disebut dengan ‘kurma mentega’ oleh masyarakat Timur Tengah karena rasanya yang creamy.

8. Kurma Khalas

Kurma Khalas memiliki ukuran yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jenis kurma Medjool dan Kurma Sukkari. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang seperti karamel, membuat kurma khalas menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat Timur Tengah dan Afrika Utara. Kurma khalas memiliki tekstur yang cenderung lengket dan berwarna coklat kemerahan. Kurma khalas sangat baik dikonsumsi untuk orang dengan kadar gula rendah karena mengandung zat besi dan Vitamin A yang tinggi.

9. Kurma Barhi

Sama seperti kurma khalas, kurma bahri juga memiliki rasa seperti karamel jika sudah matang. Namun, ada juga yang berpendapat jika kurma bahri akan terasa lebih enak jika disantap secara fresh, tidak harus dikeringkan terlebih dahulu. Manfaat dari mengonsumsi kurma barhi ialah dapat menurunkan risiko diabetes dan mengontrol gula darah karena memiliki kadar gula yang alami. Selain itu, jenis kurma yang satu ini juga kaya akan Vitamin B, zat besi, kalium, flavonoid, dan antioksidan.

10. Kurma Ruthob

Ini dia jenis kurma yang disebut sebagai kurma istimewa pemberian Allah SWT untuk kaum Wanita. Ialah kurma ruthob yang harga per kilonya dapat mencapai Rp 360.000. Rasa yang dimiiki kurma ruthob juga berbeda dengan jenis kurma lainnya. Rasanya tidak terlalu manis dan mirip seperti buah sawo. Teksturnya juga cukup renyah tidak lembek seperti kurma lainnya.

Jenis Kurma Fresh

Jenis Kurma Ruthob. Source: Unsplash/Evie Fjord

11. Kurma Sayer

Kurma sayer memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Kurma yang berasal dari Iran ini memiliki tampilan fisik coklat kehitaman. Bentuknya oval dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, kurma sayer memiliki rasa manis yang pas sehingga cocok untuk memproduksi sari kurma atau hidangan olahan kurma lainnya.

 

 

Itulah kesebelas jenis kurma yang populer bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk sajian berbuka puasa, banyak juga masyarakat Indonesia yang membeli kurma untuk keperluan oleh-oleh saat Ibadah Haji dan Umroh tiba. Tidak sedikit juga yang memanfaatkan momen tersebut dengan menjadi supplier kurma di Indonesia. Jika Sobat BFI sedang merencanakan untuk mendapatkan modal menjadi supplier kurma dalam jumlah besar, atau memenuhi kebutuhan finansial untuk tambahan modal usaha misalnya, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance, ya sobat! BFI Finance melayani pengajuan pinjaman untuk keperluan modal usaha, investasi, maupun konsumtif dengan jaminan BPKB Mobil, Motor, maupun Sertifikat Rumah. Segera ajukan pembiayaan Anda melalui cabang BFI Finance terdekat atau dengan mengakses form dibawah ini.

 

Klik untuk Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Klik untuk Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Klik untuk Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda.

 

Sumber: