Bisnis

Kumpulan Ide Usaha Kecil-Kecilan yang Bisa Dijalankan di Mana Saja

Admin BFI
22 February 2023
30823
Kumpulan Ide Usaha Kecil-Kecilan yang Bisa Dijalankan di Mana Saja

Memiliki modal usaha yang terbatas tidak lantas menutup pintu kesempatan Anda untuk membuka usaha dan meraup keuntungan. Banyak usaha kecil-kecilan yang bisa Anda pilih sebagai tambahan penghasilan.

Di samping itu, usaha ini juga memiliki sederet keuntungan yang bisa Anda rasakan secara langsung. Sebagai contoh fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja, modal yang digunakan cenderung minim, serta lokasi usaha yang bisa berjalan di mana saja tanpa terkecuali di rumah.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki usaha sendiri dengan modal yang terbatas, berbagai ide usaha kecil-kecilan di artikel berikut bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Yuk, kita simak dengan seksama!

 

1. Usaha Kecil Kecilan yang Cocok Dilakukan di Rumah

Memiliki usaha yang fleksibel dan memungkinkan untuk dilakukan di mana saja adalah impian bagi setiap orang, khususnya bagi para pelajar dan ibu rumah tangga.

Berikut ini beberapa ide usaha kecil-kecilan yang cocok untuk Anda lakukan di rumah dengan modal yang tidak besar namun berpotensi untung maksimal.

1.1. Usaha Catering Rumahan

Saat mendengar ‘usaha catering’ umumnya orang akan membayangkan usaha makanan dengan box makanan yang sangat banyak dan menggunung. Membayangkannya saja mungkin sudah membuat Anda terbayang besaran modal yang dibutuhkan cukup besar.

Nyatanya, memulai usaha yang satu ini bisa dimulai dengan modal berapapun, lho! Enaknya lagi, usaha ini bisa Anda jalankan di rumah sendiri dengan peralatan dan bahan yang mudah untuk dicari.

Jika Anda ragu usaha ini tidak berjalan dengan baik, Anda bisa memulainya dengan membuka sistem pre-order agar besaran modal yang Anda butuhkan bisa dianggarkan sesuai dengan jumlah pesanan yang ada. Makanan yang Anda buat pun tidak akan ada yang terbuang.

 

Baca Juga: Butuh Modal Usaha Catering? Pinjam Online Saja!

 

1.2. Usaha Laundry Kiloan

Ide usaha kecil-kecilan berikutnya yaitu usaha laundry kiloan. Usaha ini sangat cocok untuk dicoba khususnya jika Anda kebetulan tinggal di lokasi yang strategis seperti daerah kosan mahasiswa atau pekerja.

Usaha ini juga memungkinkan Anda untuk mengantongi lebih banyak keuntungan jika dibarengi dengan membuka usaha laundry sepatu dan helm.

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Laundry dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta

 

1.3. Usaha Souvenir/Hampers

Souvenir atau hampers adalah salah satu komoditi yang banyak diminati oleh masyarakat. Dengan adanya hampers, kita tidak perlu bersusah payah untuk membungkus hadiah se-ciamik mungkin.

Adapun beberapa ide hampers/souvenir yang bisa Anda jual sebagai berikut ini.

  • Hampers untuk hadiah wisuda

  • Hampers untuk hadiah ulang tahun

  • Hampers untuk kado pernikahan

Untuk isiannya sendiri Anda dapat memadukannya dengan ide dan kreativitas yang Anda miliki. Anda juga bisa menyesuaikan isi yang ada sesuai dengan keinginan pelanggan (by request).

 

Baca Juga: Peluang Usaha Hampers Lebaran Unik dan Menarik 

 

1.4. Dropshipper/Reseller

Mau dapat penghasilan tambahan dengan modal seadanya bahkan tanpa modal sama sekali? Pertimbangkan untuk menjadi dropshipper atau reseller.

Cara kerja dropshipper yaitu Anda diharuskan untuk membeli suatu barang sesuai dengan pesanan lalu dikirimkan ke alamat pembeli. Keuntungan yang ada diperoleh dari setiap transaksi yang selesai.

Berbeda dengan dropshipper, reseller berperan sebagai penyalur sekaligus penyetok dari supplier. Reseller diwajibkan untuk membeli sejumlah barang dari supplier lalu menyalurkannya kepada pelanggan. Dengan kata lain Anda perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk modal usaha awal.

 

Baca Juga: 7 Tips Menjadi Reseller Pemula Yang Wajib Diketahui

 

1.5. Bisnis Kue kering

Memasuki bulan ramadhan, banyak peluang usaha di bidang kuliner atau F&B yang bisa Anda coba. Salah satunya yakni bisnis kue kering. Bisnis ini dapat Anda jalankan di rumah dan dijual secara online.

Tidak hanya itu saja, bisnis ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti varian kue kering yang beragam, rentan waktu kadaluarsa yang lama, dan seringkali dijadikan sebagai hampers untuk momen tertentu.

 

Baca Juga: Tips Bisnis Kue Kering dan Estimasi Keuntungannya

 

2. Usaha Kecil Kecilan yang Cocok Dilakukan di Desa

Tinggal di desa tidak lantas membuat Anda terbatas dalam berinovasi dan menghasilkan pundi-pundi rezeki. Ada banyak usaha kecil-kecilan di desa yang bisa Anda coba! 

2.1. Usaha Ternak Bebek

Membuka usaha di desa sangat identik dengan usaha peternakan. Usaha ternak bebek menjadi salah satu usaha yang masih tetap eksis sampai sekarang karena memiliki peminat yang cukup banyak.

Untuk memulai usaha ini Anda bisa memilih antara ternak bebek petelur atau bebek pedaging, yang manapun pilihan Anda, keduanya sama-sama menguntungkan!

 

Baca Juga: Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur dan Pedaging, Untungnya Jutaan!

 

2.2. Usaha Ayam Petelur

Ayam dan telur adalah dua hal yang paling banyak diminati masyarakat. Bukan hanya karena harganya yang relatif terjangkau, keduanya sama-sama kaya akan vitamin dan mineral.

Oleh karena itu, bisnis ayam petelur bisa jadi peluang usaha di desa yang menjanjikan untuk Anda coba! Ditambah lagi suasana pedesaan yang cenderung asri dan tidak terlalu bising menjadikan ayam-ayam yang ada lebih terbebas dari stress.

Anda bisa menjual hasil panen telur yang ada ke warung-warung terdekat atau bermitra dengan toko besar maupun rumah makan.

 

Baca Juga: Ide Bisnis Ayam Petelur: Tips Sukses, Estimasi Modal Serta Keuntungan

 

2.3. Usaha Ternak Sapi

Usaha kecil-kecilan di desa berikutnya, khususnya di bidang peternakan adalah usaha ternak sapi. Sapi adalah hewan ternak yang bisa diambil banyak manfaatnya. Mulai dari daging, susu, tulang, sampai dengan kulit sapi yang bisa dimanfaatkan untuk olahan makanan maupun kerajinan.

Permintaan sapi juga cenderung melonjak berkali-kali lipat pada saat perayaan besar seperti bulan suci ramadhan, hari raya idul fitri, dan hari raya idul adha.

 

Baca Juga: Peluang Menjanjikan Usaha Peternakan, Untung Maksimal!

 

2.4. Usaha Fotocopy

Salah satu usaha kecil-kecilan yang memiliki prospek bagus adalah usaha fotocopy. Meskipun segala sesuatunya sudah banyak beralih ke digital, namun usaha yang satu ini senantiasa dibutuhkan. Terlebih jika Anda turut menyediakan fasilitas penunjang lainnya seperti komputer, cetak foto, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: Intip Peluang Usaha Fotocopy: Tips Memulai, Modal Usaha dan Keuntungan

 

2.5. Usaha Konter Pulsa dan Token Listrik

Konter pulsa dan token listrik bisa menjadi pilihan usaha kecil-kecilan di desa yang tidak boleh Anda kesampingkan. Pasalnya pulsa dan token listrik menjadi komoditi yang banyak dicari hingga saat ini, terlebih penggunaan smartphone yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita sehari-hari menjadikan kuota, pulsa, dan produk elektronik lainnya laku keras di pasaran.

 

Baca Juga: Tips Sukses Usaha Konter Pulsa dan Cara Mudah Mendapatkan Modalnya!

 

2.6. Usaha Cuci Motor Sederhana

Pengguna kendaraan bermotor roda dua di Indonesia cukup banyak dari tahun ke tahun. Kenaikan yang signifikan ini membawa keuntungan tersendiri, khususnya jika Anda tertarik untuk membuka usaha cuci motor sederhana dengan modal tidak lebih dari 5 juta.

 

Baca juga: 7 Tips Memulai Usaha Cuci Motor Beserta Rincian Modal Usahanya

 

3. Usaha Kecil-Kecilan yang Cocok Dijual di Pasar

Selain memulai usaha di rumah, Anda juga bisa memulai usaha di pasar atau lokasi yang ramai lainnya. Kira-kira usaha kecil-kecilan apa saja yang dapat Anda pilih? Berikut ini beberapa ide yang dapat Anda coba.

usaha kecil-kecilan

Image Source: freepik.com/@freepik

3.1. Usaha Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan pasar tradisional merupakan jenis makanan yang sudah lama ada di Indonesia. Kudapan yang satu ini memiliki segmen pasar yang luas. Mulai dari individu, bisnis, sampai dengan kelompok untuk acara tertentu.

Dari berbagai kalangan dengan rentan usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa maupun lansia, semua bisa menikmati ragam variasi jajanan pasar. Apalagi harganya yang terjangkau, membuat makanan yang satu ini rasanya tidak pernah hilang dari pasaran.

Peluang bisnisnya pun sangat menjanjikan. Jajanan pasar tradisional kerap dijadikan sajian atau suguhan wajib untuk berbagai acara. Contohnya yaitu meeting, arisan, kajian, seminar, dan masih banyak lagi. Hal ini semakin menekankan sebuah fakta bahwa kebutuhan akan jajanan pasar tidak bisa diremehkan.

 

Baca Juga: 8 Tips Sukses Memulai Usaha Jajanan Pasar Tradisional. Pasti Untung!

 

3.2. Usaha Jus Buah

Usaha jus buah dapat dimulai dengan modal berapapun dengan peralatan dan bahan yang mudah didapat. Minuman ini juga sangat praktis dan menyehatkan, membuatnya mudah laku terjual dan diminati banyak orang. Pertimbangkan untuk memilih ide usaha ini jika Anda ingin menjual sesuatu yang sehat dan menyegarkan.

 

Baca Juga: Usaha Jus Buah: Dari Tips Usaha Sampai Dengan Omzet Bulanan

 

3.3. Usaha Jajanan Kekinian

Menjual jajanan kekinian bisa menjadi ide usaha kecil-kecilan yang dapat Anda coba untuk berjualan di pasar. Ada banyak jajanan kekinian yang banyak dicari oleh orang-orang, khususnya muda-mudi.

Ide Usaha Jajanan Kekinian yang Bisa Anda Coba:

 

Baca Juga: 16 Ide Jajanan Kekinian Untuk Jualan, Tertarik Untuk Mencoba?

 

3.4. Usaha Warung Sembako

Warung sembako atau toko kelontong termasuk ke dalam usaha kecil-kecilan yang cocok dijual di pasar. Pasalnya, barang yang dijual merupakan barang-barang yang digunakan sehari-hari. Misalnya sembako, gas, air galon, dan sejenisnya.

Dengan memilih lokasi yang strategis, ragam pilihan produk, serta harga yang bersaing, besar kemungkinan usaha yang Anda jalankan akan berhasil dan sukses besar. 

 

Baca Juga: Ini Dia! Tips Sukses Buka Warung Sembako Modal 5 Juta

 

3.5. Usaha Frozen Food

Frozen food atau makanan beku belakangan ini menjadi primadona bagi banyak orang. Selain harganya yang terjangkau, makanan ini cenderung awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama dan pilihan menunya cukup beragam. Tak ayal, banyak anak-anak sampai orang dewasa yang gemar mengkonsumsinya.

 

Baca Juga: Berapa sih, Modal Usaha Frozen Food di Era New Normal?

 

3.6. Usaha Jual Sayuran

Modal minim bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membuka usaha dengan omzet yang lumayan. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan modal yang ada untuk usaha jual sayuran.

Pastikan Anda memilih supplier yang menjual barang berkualitas tinggi dan bisa Anda jual kembali dengan harga yang bersaing. Setelah itu, tawarkan barang yang Anda miliki baik secara konvensional maupun menjualnya secara online.

 

Baca Juga: Tips Bisnis Online; Jualan Sayur Online Saat Pandemi

 

4. Tips Lancar Berbisnis dengan Modal Kecil

Siapa yang tidak ingin usahanya berjalan dengan baik dan sukses besar? Sebagai pemilik usaha, tentunya kita berharap yang terbaik atas apa yang sudah diupayakan. Nah, untuk mewujudkan impian ini, tentunya dibutuhkan sederet tips dan strategi agar hasil akhir yang Anda terima dapat berbuah manis. Berikut ini tips lancar usaha kecil-kecilan dengan modal kecil Ala BFI Finance.

4.1. Tentukan Ide Bisnis

Tips pertama yang perlu Anda lakukan agar usaha kecil-kecilan dapat berjalan dengan lancar yakni dengan menentukan ide bisnis yang akan Anda pilih. Pilihlah ide bisnis yang tidak hanya sesuai dengan visi dan misi yang akan diraih, namun juga selaras dengan kebutuhan pasar dan permintaan konsumen. Jangan sampai ide yang Anda pilih sepi peminat.

4.2. Mulai di Waktu yang Tepat

Memulai sebuah usaha memang bisa dilakukan kapan saja. Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Sebagai contoh usaha kue kering. Usaha yang satu ini mampu mendatangkan omzet penjualan berkali-kali lipat menjelang lebaran atau hari besar lainnya. Pastikan Anda selalu up to date dengan kondisi dan berita terkini.

4.3. Analisa Kompetitor

Tips berikutnya yaitu melakukan analisa kompetitor. Analisa ini sangat penting untuk dijalankan agar Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor. Nantinya hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk memperkaya produk yang Anda jual.

Jika Anda ingin menggunakan analisa kompetitor yang lebih advance, Anda dapat menggunakan metode 5-Porter Analysis, yaitu analisa kompetitor yang mencakup:

  • Threats of New Entrants (Ancaman dari Pendatang Baru)

  • Bargaining Power of Supplier (Penawaran dari Supplier)

  • Bargaining Power of Buyers/Customers (Penawaran dari Customer)

  • Threats of Substitute Products (Ancaman dari Produk Pengganti)

  • Competitive Rivalry within the Industry (Persaingan Antar Satu Perusahaan dengan Perusahaan Lainnya)

4.4. Buat Strategi Usaha yang Tepat

Strategi usaha harus Anda buat sedemikian rupa agar usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan berlangsung lama. Salah satu diantaranya yakni mempertimbangkan strategi pemasaran produk, strategi pengelolaan usaha, dan pembukuan.

4.5. Manfaatkan Teknologi yang Ada Untuk Meningkatkan Efektivitas Pekerjaan Anda

Kemajuan teknologi dari masa ke masa sudah sangat berjasa dalam meningkatkan efektivitas berbagai pekerjaan. Anda bisa turut memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang operasional usaha Anda.

4.6. Siapkan Modal Usaha

Yang terakhir, persiapkan modal yang cukup untuk menjalankan usaha kecil-kecilan Anda. Perhitungankan kebutuhan penting dalam mendukung kegiatan usaha Anda. Modal usaha yang cukup dibutuhkan untuk berbagai kegiatan usaha, seperti kegiatan promosi, operasional, dan lain sebagainya.

Jika modal usaha yang Anda miliki belum cukup, Anda bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah di BFI Finance. Dapatkan pinjaman hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap.

Informasi selanjutnya dapat Anda lihat di tautan berikut ini.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis