Bisnis

Mudah dan Efektif, Begini Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

Admin BFI
10 February 2023
8588
Mudah dan Efektif, Begini Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

Memiliki penghasilan tambahan kini lebih mudah dengan cara jualan di Shopee. Ecommerce raksasa yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat berkat penawarannya yang menarik dan kerap kali mengundang artis mancanegara sebagai salah satu teknik marketingnya.

Sebagai penjual tentunya kita ingin produk yang ditawarkan dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan profit bulanan. Oleh karenanya, berbagai strategi dan tips penting untuk dicoba agar Anda semakin dekat dengan tujuan utama.

Lalu, cara jualan di Shopee seperti apa yang perlu kita pahami? Mari kita kupas selengkapnya melalui bahasan di artikel berikut ini. Simak baik-baik ya, Sobat BFI!

 

1. Mengapa Harus Berjualan di Shopee?

Siapa yang tidak mengenal Shopee? Shopee adalah platform jual beli online masa kini yang banyak menawarkan promo menarik setiap bulannya. Mulai dari Flash Sale, Gratis Ongkir, sampai dengan promo bombastis lainnya yang kerap kali mewarnai tanggal cantik di tiap bulannya. Misalnya promo payday (hari gajian) setiap tanggal 25 dan promo tanggal cantik yang ada pada tanggal kembar seperti 10.10, 12.12, dan sejenisnya.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari cara jualan di Shopee antara lain meliputi:

1.1. Hanya Bermodalkan HP / Smartphone

Berjualan di shopee bisa dengan mudah Anda lakukan hanya bermodalkan smartphone atau HP. Selain lebih praktis dan mudah, hal ini juga memungkinkan biaya operasional menjadi lebih murah. Cara ini sangat cocok untuk dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa dan ibu rumah tangga. Wah, asyik sekali ya?

1.2. Memiliki Target Konsumen yang Luas

Shopee sebagai salah satu marketplace raksasa memiliki konsumen yang lebih beragam dan berkembang sangat pesat, sehingga akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan pelanggan. Kemajuan teknologi membuat transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan mampu menjangkau berbagai daerah di seluruh Indonesia.

1.3. Tidak Perlu Modal Besar

Berjualan di Shopee tidak melulu harus menggelontorkan banyak uang untuk modal usaha. Anda bisa memulainya dengan modal berapapun. Misalnya dengan cara menjadi seorang dropshipper atau reseller. Jika produk yang Anda tawarkan termasuk dalam kategori produk populer dan banyak dicari, tentunya keuntungan yang bisa diraup akan lebih banyak ketimbang dengan merintis usaha dari awal.

Dengan memilih sistem reseller, Anda tidak perlu memusingkan proses produksi. Tugas Anda hanya perlu menyetok barang dan memasarkan produk tersebut kepada konsumen. Harga yang diperoleh dari produsen pun relatif miring sehingga sangat mungkin untuk Anda mendapatkan keuntungan. Yang terpenting, pastikan Anda membuat kesepakatan bersama agen atau supplier untuk menentukan besaran komisi dan harga jual produk.

Ingin memulai usaha namun terhalang oleh modal? Anda bisa memilih untuk menjadi dropshipper! Opsi yang satu ini banyak dipilih karena Anda tidak perlu menyetok barang ataupun mengirimnya, tugas Anda hanya sebagai perantara pihak ketiga dari agen atau supplier.

 

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisa Dilakukan Pemula!

 

1.4. Sudah Terintegrasi dengan Jasa Pengiriman Paket / Ekspedisi

Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting dari adanya Shopee yakni sistem yang sudah terintegrasi dengan berbagai usaha ekspedisi di Indonesia. Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi terdekat dari lokasi Anda.

Selain itu, jasa ekspedisi yang ada umumnya menawarkan antar jemput paket. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke kantor ekspedisi, terlebih jika paket yang hendak dikirim cukup banyak.

Dan yang terpenting, Shopee juga memiliki program gratis ongkir dengan belanja minimal Rp 30.000. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna Shopee.

 

Baca Juga: Prospek Usaha Ekspedisi dan Tips Memulainya Bagi Pemula

 

1.5. Waktu Berjualan yang Fleksibel

Anda bisa berjualan kapanpun dan dimanapun sesuka hati Anda. Tidak ada aturan ataupun perjanjian untuk berjualan setiap hari. Jam berjualan bisa dengan mudah Anda sesuaikan. Dengan begitu Anda bisa tetap melakukan aktivitas lainnya sambil berjualan.

 

Baca Juga: Untung Berlipat, Ini Dia Cara Mendapatkan Passive Income dari Rumah

 

1.6. Menawarkan Banyak Promo

Ada begitu banyak promo yang hadir di marketplace berwarna oranye ini. Tak ayal, banyak orang tertarik untuk berbelanja di sini. Khususnya di hari-hari tertentu dimana terdapat promo spesial seperti promo flash sale, promo tanggal gajian, promo awal bulan, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: Raup Banyak Keuntungan, Ini 10 Cara Jualan di Facebook Paling Ampuh!

 

2. Cara Jualan di Shopee dengan Mudah dan Efektif

Setelah Anda mengetahui apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh Shopee, berikutnya mari kita kupas tuntas cara jualan di Shopee. Cara ini sangat cocok untuk dilakukan oleh siapa saja, khususnya bagi pemula yang baru ingin terjun menjadi seorang seller.

2.1. Daftar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat berjualan di Shopee yakni dengan cara menyiapkan akun Shopee Anda. Dikutip langsung melalui situs resmi Shopee, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pendaftaran akun. Berikut langkah-langkahnya.

2.1.1 Cara Daftar Shopee Melalui Aplikasi

1. Unduh aplikasi Shopee melalui Google Play Store atau App Store

2. Pilih ‘Daftar

3. Masukan nomor HP atau email aktif

4. Klik ‘Lanjut

5. Lakukan verifikasi

6. Masukan kode OTP

7. Atur password akun Shopee Anda

8. Akun shopee berhasil dibuat

2.1.2 Cara Daftar Shopee Melalui Situs Shopee

1. Kunjungi situs Shopee di https://shopee.co.id/ menggunakan komputer/laptop

2. Kemudian pilih ‘Mulai Jual

3. Lakukan pendaftaran dengan mengisi nomor HP pada kolom ‘Daftar

4. Lakukan verifikasi

5. Masukan kode OTP

6. Atur password kemudian klik ‘Daftar

7. Kemudian pilih ‘Ke Seller Centre’ untuk mulai berjualan

2.3. Membuka Toko

Setelah selesai mendaftarkan akun berjualan di Shopee, sekarang saatnya membuka toko Anda. Anda bisa menyesuaikan beberapa settingan untuk mengatur tampilan toko Anda, mulai dari foto profil, nama akun, deskripsi atau informasi singkat mengenai toko, dan lain sebagainya.

2.4. Unggah Produk Jualan

Jika sudah mengatur tampilan toko, kini Anda dapat mengunggah produk yang hendak dijual. Pastikan Anda mengunggah dengan baik. Salah satu contohnya yakni dengan menyisipkan foto produk yang proper, deskripsi produk, ukuran atau variasi, sampai dengan video atau pun testimoni jika ada. Ingat, tampilan visual menjadi elemen utama untuk menarik minat pelanggan selain harga yang miring.

Tips Mengunggah Produk Jualan:

  • Pilih kata kunci yang sesuai

Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Susun nama produk dengan format sebagai berikut ini: merk/nama toko – nama produk – detail produk (ukuran, warna, dan lainnya).

  • Gunakan foto produk yang asli

Pastikan foto maupun video yang Anda gunakan adalah gambar milik Anda sendiri. Pasalnya, orang-orang akan cenderung memilih produk yang sama persis dengan barang aslinya.

  • Isi deskripsi produk dengan lengkap

Pastikan informasi produk yang ada ditulis sedetail mungkin. Mulai dari penjelasan singkat terkait produk, pilihan variasi, cara penggunaan (jika ada), sampai dengan informasi pengiriman, dan lain sebagainya.

  • Upayakan untuk mengikuti kampanye atau event yang diadakan oleh Shopee untuk membantu menaikan penjualan Anda dan memperluas jangkauan toko Anda untuk dikenal lebih banyak orang.

2.5. Promosi Produk

Langkah terakhir dari cara jualan di Shopee yakni dengan melakukan promosi produk. Promosi dapat dilakukan dengan mencoba berbagai strategi marketing. Misalnya dengan memberikan potongan harga (discount), cashback, promo beli 2 gratis 1, dan strategi lainnya yang dapat Anda lakukan di luar platform Shopee. 

 

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Pinjaman Cepat Cair untuk Kegiatan Promosi Usaha

 

3. Tips Jualan di Shopee Agar Cepat Laris

Marketplace adalah salah satu tempat yang paling efektif untuk berjualan secara online. Meskipun begitu, ada baiknya jika Anda mengikuti tips yang diberikan oleh pihak Shopee untuk mendongkrak penjualan yang lebih maksimal. Simak selengkapnya di bawah ini.

cara jualan di shopee

Image Source: freepik/tirachardz

3.1. Berikan Informasi Produk Seakurat dan Sedetail Mungkin

Cara jualan di Shopee yang tidak boleh Anda kesampingkan adalah memberikan informasi produk seakurat dan sedetail mungkin. Hal ini akan membantu konsumen untuk mengenal produk Anda lebih baik lagi.

3.2. Berikan Harga yang Kompetitif

Sebelum memasukan produk, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu terkait harga pasaran suatu produk yang dijual. Selain untuk menyesuaikan dengan persepsi pembeli, Anda juga bisa bersaing dengan kompetitor. Konsumen umumnya akan memilih produk yang lebih murah, bahkan jika harga yang ditawarkan berbeda Rp 500 - Rp 1.000.

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk : Alasan dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

 

3.3. Perbanyak Variasi Produk

Semakin banyak variasi produk yang Anda tawarkan, maka akan semakin besar juga kesempatan Anda untuk mendapatkan pembeli.

Anda tidak perlu khawatir akan kewalahan dalam mengunggah produk pada etalase. Sebab, mengunggah produk di Shopee bisa dilakukan secara masal.

3.4. Gunakan Fitur Naikkan Produk

Fitur yang satu ini sangat membantu para penjual untuk meningkatkan visibilitas produk mereka. Alhasil, audiens bisa dengan mudah menemukan produk sesuai dengan keyword yang mereka cari. Fitur naikkan produk bisa Anda gunakan setiap 4 jam sekali dengan maksimal 5 produk yang dinaikkan.

3.5. Buat Voucher Toko

Selain tampilan visual atau foto produk yang bagus, Anda juga bisa menarik minat beli konsumen dengan memberikan voucher toko yang bisa Anda buat pada fitur ‘Voucher Toko Saya’ di Seller Centre bagian Promosi Saya.

3.6. Bagikan Melalui Media Sosial

Anda bisa melakukan promosi di luar dari aplikasi Shopee. Caranya yakni dengan rajin melakukan promosi di sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter atau melalui messaging apps seperti WhatsApp, Line, Telegram, dan lain-lain.

Makin sering Anda melakukannya, makin besar orang-orang akan mengenal produk Anda, sehingga penjualan yang ada dapat meningkat secara signifikan.

 

Baca Juga: Pentingnya Strategi Social Media Marketing dalam Bisnis

 

3.7. Gunakan Fitur Gratis Ongkir

Shopee menyediakan fitur gratis ongkir untuk belanja minimum Rp 30.000 atau pada saat harbolnas. Agar fitur ini dapat aktif pada toko Anda, pastikan Anda mendaftarkan program gratis ongkir dengan cara berikut ini.

Cara Daftar Program Gratis Ongkir

  • Buka aplikasi atau situs resmi Shopee

  • Masuk ke halaman ‘Gratis Ongkir

  • Isi form pendaftaran gratis ongkir

  • Pengajuan program gratis ongkir akan diproses selama 2 hari sejak dokumen diterima secara lengkap (weekend dan hari libur nasional tidak dihitung)

  • Pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi jika program gratis ongkir telah berhasil diterima

3.8. Ikuti Program Flash Sale

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Shopee rutin mengadakan event yang mampu menguntungkan kedua belah pihak, baik itu konsumen maupun penjual (seller). Sebagai seller, penjualan dan visibilitas toko Anda akan ikut naik bilamana Anda turut andil dalam event yang diadakan Shopee. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan event yang ada, ya!

Sobat BFI, itulah ulasan terkait cara jualan di Shopee. Meskipun Anda bisa dengan mudah menjual produk apa saja selama tidak melanggaran aturan yang ada, namun tidak ada salahnya jika Anda menyusun strategi penjualan sebaik mungkin agar keuntungan yang diterima bisa lebih maksimal.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis