Artikel

Laris Manis, Ini Dia 7 Cara Jualan Online Untuk Pemula!

2022-08-18 00:00:00 700
Laris Manis, Ini Dia 7 Cara Jualan Online Untuk Pemula!

Jualan online boleh dikatakan gampang-gampang susah. Sebab, biarpun terlihatnya mudah untuk dimulai, nyatanya ada beragam faktor yang perlu dipertimbangkan agar bisnis yang ada dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing di luaran sana.

Maka dari itu, penting untuk kita ketahui cara jualan online yang efektif. Khususnya jika Anda pemula atau baru pertama kali ingin berkecimpung dalam bisnis ini.

Nah, kira-kira cara jualan online apa saja yang harus kita pertimbangkan? Mari kita kupas selengkapnya di artikel berikut ini.

 

7 Cara Jualan Online

Berikut ini 7 cara jualan online untuk pemula yang bisa Anda terapkan.

1. Tentukan Nama Brand dan Produk yang Akan Dijual

Jualan online bisa dimulai dari mana saja. Tidak ada batasan produk selama produk tersebut tidak melanggar aturan ataupun membahayakan keselamatan.

Walaupun begitu, ada baiknya Anda fokus pada satu kategori produk. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membangun citra brand dan memperoleh keuntungan lebih cepat.

Pilihlah produk yang banyak diminati dan menjadi kebutuhan primer orang banyak. Misalnya makanan atau keperluan rumah tangga. Hindari menjual produk yang hanya trending sesaat.

Untuk pemilihan nama brand, Anda bisa memilih nama sederhana yang mudah untuk diingat. Anda juga bisa menyematkan deskripsi produk yang menarik menggunakan copywriting atau kalimat promosi yang persuasif.

Antara lain menggunakan bahasa dan tone yang natural, ceritakan juga bagaimana produk Anda dapat membantu dan menjadi solusi permasalahan pelanggan.

2. Tentukan Unique Selling Point

Cara jualan online yang kedua yaitu unique selling point. Unique selling point adalah ciri khas yang terpadat pada produk Anda. Unique selling point atau USP ini sengaja dibuat agar produk yang dijual lebih menarik dari kompetitor.

Lain halnya dengan kelebihan produk, pada unique selling point biasanya hal yang ditonjolkan hanya satu dan hal inilah yang jadi pembeda antara bisnis Anda dengan orang lain.

Dari adanya USP ini, nantinya Anda akan mampu menyasar target konsumen lebih spesifik sehingga mudah untuk memasarkan produk.

Untuk memahami apa itu USP, mari kita lihat contoh unique selling point berikut ini.

  • Starbucks: Berbagai pilihan minuman kopi kualitas premium

  • Domino‚Äôs Pizza: Pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit

  • FedEx: Jaminan Paket Sampai Dalam Semalam

  • IKEA: membuat hidup sehari-hari lebih baik

Cara Menentukan Unique Selling Point

Dilansir dari Glints.com, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan unique selling point.

1.Tempatkan Diri Pada Posisi Pelanggan

2. Cari Tahu Motivasi Konsumen Untuk Membeli

3. Buat Perbandingan dengan Produk Kompetitor

Membandingkan produk pesaing yang ada di lapangan. Dengan membandingkan kita bisa tahu apa yang jadi kelebihan maupun kekurangan produk kita.

3. Menerapkan Strategi Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi marketing yang berfokus pada produksi dan publikasi konten. Konten yang dibuat bukan sekedar konten biasa, akan tetapi konten yang dapat menarik perhatian banyak orang dan menjadi pelanggan Anda. Singkatnya, konten ini relevan dengan target pasar.

Sebagai contoh Anda membuat konten yang memuat informasi mengenai produk dan dikaitkan dengan permasalahan yang ada di masyarakat. Pendeknya, konten ini memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang terjadi. Orang-orang yang melihat ini tentu akan merasa sangat terbantu dan mulai tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Adanya content marketing ini sangat baik untuk keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka waktu yang lama. Terlebih jika Anda mampu membangun interaksi dan kedekatan dengan audiens.

Cara Jualan Online

Image Source: Freepik/tirachardz

4. Berjualan di Eccomerce/Marketplace

Cara jualan online yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab, masyarakat di zaman sekarang cenderung lebih memilih berbelanja di marketplace karena sederet kemudahan yang ditawarkan. Mulai dari pilihan yang beragam, harga yang lebih murah, dan gratis ongkir atau pengiriman.

Tips berjualan di Ecommerce/Marketplace

1. Jual dengan harga yang bersaing

Tidak dapat dipungkiri jumlah pedagang di eccomerce sangatlah banyak. Untuk setiap kategorinya Anda bisa menemukan belasan bahkan puluhan penjual yang menawarkan barang serupa.

Oleh karenanya, penting untuk Anda mengatur strategi yang tepat agar produk Anda menjadi pilihan banyak orang. Salah satu caranya yaitu menurunkan harga produk sedikit lebih murah. Seperti Rp500 - Rp1000 dari harga yang ditawarkan kompetitor.

2. Memilih distributor terpercaya dengan harga yang bersaing

Seperti halnya membuka lapak jualan di ruko atau emperan, berjualan secara online di marketplace dikenakan biaya aplikasi atau website yang disebut dengan biaya admin. Biaya admin dipotong dari setiap produk yang berhasil dijual.

Agar keuntungan yang Anda dapatkan tidak banyak terpotong karena biaya admin, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih distributor produk yang lebih murah dan terpercaya.

3. Sematkan video, foto, dan testimoni dari pelanggan

Bukan hanya deskripsi produk saja yang perlu dipoles dengan baik, tampilan gambar yang tertera di masing-masing produk juga haruslah sama bagusnya. Jadi, pastikan Anda menyematkan gambar dengan kualitas baik dan jelas. Sematkan juga review baik dari para pembeli agar siapa saja yang melihat semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

4. Service yang bagus

Service atau pelayanan yang bagus adalah salah satu poin yang cukup krusial. Sebab, servis yang ramah dan packing produk yang rapih menjadi faktor pendukung pelanggan merasa puas dengan produk yang dibeli.

5. Ikut berpartisipasi dalam campaign bulanan

Masing-masing marketplace memiliki campaign atau perayaan tertentu untuk menarik lebih banyak konsumen. Adanya momentum ini bisa Anda manfaatkan untuk meraih banyak cuan dan pelanggan baru.

Misalnya, membuat promo diskon, flashsale di tanggal cantik seperti 11.11 atau event tanggal gajian di tanggal 25 setiap bulannya.

6. Menerapkan Strategi Marketing Word of Mouth

Promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth masih menjadi andalan strategi marketing hingga sekarang. Hal ini dikarenakan kita cenderung percaya untuk membeli produk yang disarankan oleh orang terdekat atau public figure yang kita sukai. Jika Ada memiliki budget lebih, Anda bisa mencoba Endorse untuk menerapkan strategi ini.

 

Baca Juga: Apa Itu Endorse: Strategi Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

 

6. Aktif Berjualan di Media Sosial

Maraknya penggunaan sosial media sebagai salah satu bagian dari gaya hidup banyak orang bisa kita manfaatkan untuk mencari peluang rezeki. Salah satu caranya yaitu dengan memasarkan produk Anda beserta link pembelian produk dari marketplace.

Jangan lupa untuk membangun komunikasi yang baik antara akun jualan Anda dengan audiens. Semakin erat jalinan komunikasi yang ada, semakin besar kemungkinan produk yang Anda tawarkan cepat laku terjual.

Adapun daftar sosial media yang bisa Anda pilih untuk menjual produk antara lain sebagai berikut.

Daftar Sosial Media dengan Pengguna Terbanyak 2022:

1. Tiktok

2. Instagram

3. TikTok

4. Facebook

7. Manfaatkan Fitur Ads di Sosial Media

Masih berkaitan dengan yang sebelumnya, beriklan di sosmed membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan penjualan produk Anda. Pasalnya, iklan yang terpasang pada sosial media dapat disesuaikan sesuai kebutuhan serta target yang ingin dicapai. Misalnya Google Ads, Facebook Ads, dan sebagainya.

Iklan yang Anda pasang nantinya akan ditampilkan sesuai dengan segmentasi pasar serta opsi targeting audince yang lebih advanced. Contohnya interest targetting, connection/behaviour targeting, custom targeting, lookalike targeting.

Ide Jualan Online Terlaris di Tahun 2022 

1. Gadget

Indonesia adalah salah satu pasar gadget terbesar. Setiap tahunnya selalu ada produk gadget terbaru dan laris manis terjual di pasaran. Jika Anda termasuk orang yang cukup up to date dengan perkembangan gadget terkini, Anda bisa memilih kategori ini sebagai ide jualan online Anda.

2. Makanan

Makanan adalah salah satu kebutuhan primer setiap manusia. Tidak heran jika kategori yang satu ini menjadi salah satu ide jualan terlaris di tahun 2022. 

3. Produk Kecantikan

Trend kencantikan belakangan ini sedang naik daun di Indonesia. Beragam produk kecantikan mulai dari kosmetik hingga perawatan wajah dan tubuh hampir setiap bulannya mengeluarkan produk terbaru. Banyak orang berbondong-bondong membelinya demi menunjang penampilan yang lebih baik.

4. Pakaian

Industri fashion merupakan salah satu industri dengan pergerakan yang cepat. Setiap bulannya selalu ada model pakaian baru yang keluar. Banyaknya peminat terhadap pakaian bisa Anda pilih sebagai ide bisnis yang layak untuk dicoba. Apalagi jika Anda termasuk ke dalam orang dengan selera berpakaian yang bagus.

5. Eletronik

Barang-barang eletronik rasanya tidak pernah absen dalam daftar produk terlaris setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya jaman, semakin canggih juga teknologi yang ada dengan harga yang tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan versi terdahulu. Barang-barang ini juga semakin mudah dibeli berkat adanya marketplace.

6. Produk Herbal

Kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat menjadikan banyak orang mencari alternatif pengobatan yang lebih alami, yaitu dengan mengkonsumsi produk herbal. Adanya kesadaran ini tentunya menaikan jumlah permintaan produk herbal di luaran sana.

Alternatif Modal Usaha

Tertarik untuk berjualan online namun terhalang oleh modal? Tenang, Anda masih tetap bisa mewujudkan impian tersebut dengan pinjaman dana cepat di BFI Finance!

Klik tautan di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Tidak hanya itu, Anda juga masih berkesempatan mendapat keuntungan lainnya dengan promo #PastiMerdeka dimana debitur berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 77 Juta Rupiah! Informasi selengkapnya dapat Anda klik di tautan berikut ini ya!

Sobat BFI, demikian pembahasan mengenai cara jualan online. Semoga bisa Anda terapkan dengan mudah dan meraih banyak keuntungan. Salam bisnis!


#SelaluAdaJalan bersama BFI Finance

Sumber: