Bisnis

23 Ide Usaha Jasa Paling Menguntungkan Tahun 2023

Admin BFI
10 July 2023
50629
23 Ide Usaha Jasa Paling Menguntungkan Tahun 2023

Usaha jasa adalah salah satu jenis usaha yang bisa Anda pilih, terlebih jika Anda memiliki keterampilan khusus di bidang tertentu. Di jaman yang serba modern dengan dukungan teknologi seperti sekarang, usaha ini bisa menjadi lahan basah yang menjanjikan buat Anda.

Di artikel kali ini Tim BFI Finance akan membahas apa itu usaha jasa dan bidang apa saja yang bisa Anda coba untuk dijadikan penghasilan tambahan maupun penghasilan utama.

 

1. Pengertian Usaha Jasa

Usaha jasa adalah salah satu jenis bisnis yang menawarkan layanan, keterampilan, tenaga, atau ilmu tertentu kepada pelanggan. Secara teknis, usaha ini tidak menghasilkan produk berwujud, namun nilai yang didapat bisa dirasakan oleh para pelanggan. Misalnya jasa reparasi laptop, jasa penerjemah, jasa foto pernikahan, dan lain-lain.

Usaha jenis ini memiliki beberapa kelebihan, seperti modal yang relatif kecil, tidak memerlukan tempat khusus, dan tidak membutuhkan stok dan distribusi. Selain itu, usaha jenis ini berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan tentunya dapat membantu perputaran roda perekonomian suatu wilayah.

2. 23 Jenis Usaha Jasa Paling Menguntungkan Tahun 2023!

Ini dia daftar jenis usaha di bidang jasa yang bisa Anda coba sebagai sumber penghasilan tambahan.

2.1. Jasa Titip (Jastip)

Bagi Anda yang gemar berbelanja, jenis usaha jasa yang satu ini akan sangat mengasyikan untuk dicoba. Pasalnya, lewat jastip Anda bisa tetap berbelanja tanpa perlu khawatir dompet kering.

Beberapa ide usaha jasa titip yang bisa Anda coba diantaranya yaitu:

  • Jastip Produk Kosmetik

  • Jastip Oleh-Oleh Khas Daerah / Kota Tertentu

  • Jastip Makanan

  • Jastip Mainan Anak

  • Jastip Gadget

 

Baca Juga: Apa Itu Jastip? Apakah Bisa Dijadikan Penghasilan Tambahan?

 

2.2. Drop Shipper

Mirip dengan sistem jastip, bedanya pada dropshipper Anda berperan sebagai pembeli sekaligus penjual. Cara kerjanya yaitu Anda membeli suatu barang sesuai dengan pesanan pelanggan lalu dikirimkan ke alamat pembeli.

Untuk jenis usaha jasa yang ini Anda membutuhkan supplier terpercaya dengan harga produk yang cukup miring, sehingga bukan hanya memuaskan pelanggan, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari setiap transaksi yang ada.

Dengan modal laptop atau smartphone dan koneksi internet, Anda dapat memasarkan produk melalui platform online seperti Instagram, Facebook, atau marketplace.

2.3. Content Writer

Jika Anda menyukai menulis, ide usaha berikut ini mungkin cocok bagi Anda. Menjadi content writer merupakan keahlian yang ramai dibutuhkan saat ini.

Hasil tulisan content writer dibutuhkan sebagai penyumbang traffic dalam sebuah website. Traffic tersebut diharapkan dapat meningkatkan brand awareness suatu perusahaan dan menjadi leads atau prospek customer di kemudian hari.

Saat ini juga banyak perusahaan yang menawarkan jasa freelance content writer. Peluang bisnis ini tentunya dapat menjadi penghasilan tambahan Anda ya, Sobat BFI.

2.4. Konsultan Digital Marketing

Digital marketing merupakan metode pemasaran yang sedang naik daun saat ini. Jika beberapa tahun yang lalu, Anda menggunakan booth atau menyebarkan pamflet dalam memasarkan produk, saat ini Anda dapat mengurangi aktivitas pemasaran tersebut melalui digital marketing. 

Dengan digital marketing, Anda dapat memasarkan produk Anda secara daring dan tidak terbatas oleh jarak. Aktivitas promosi melalui digital marketing dapat dilakukan dengan cara menggunakan iklan berbayar pada Facebook dan Google. Anda diharuskan memiliki budget tertentu setiap harinya agar iklan Anda dapat berjalan melalui platform tersebut.

Ya, ide usaha jasa yang satu ini memerlukan keahlian khusus mengenai bagaimana cara mengoperasikan iklan berbayar Facebook dan Google. Jika Anda belum memiliki keahlian tersebut, Anda dapat berinvestasi dengan mengikuti pembelajaran online yang khusus mempelajari materi tersebut. Setelah Anda menguasai keahliannya, baru Anda dapat menjadi konsultan digital marketing secara profesional. Selamat mencoba!

2.5. Jasa Social Media Management

Seiring berjalannya waktu, media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, memiliki fitur-fitur dan konten baru yang menghibur dan bermanfaat. Hal tersebut memikat para pengguna media sosial untuk menggunakannya sebagai sarana hiburan atau belajar.

Melihat kesempatan tersebut, tentunya media sosial juga merupakan aset yang penting yang harus dimiliki oleh suatu brand. Dengan begitu, dibutuhkan orang yang pandai dalam mengelola media sosial secara profesional.

Menjadi penyedia jasa social media management dapat menjadi ide usaha jasa yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Jika Anda merasa memiliki kreativitas yang tinggi dan selalu update terhadap perkembangan informasi terbaru, menjalankan jasa social media management tentunya menjadi pilihan yang tepat.



Baca Juga: Cara Jualan di TikTok Shop: 6 Langkah Mudah Untuk Pemula!

 

2.6. Jasa Laundry

Usaha jasa laundry adalah bisnis yang selalu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gaya hidup yang sibuk, banyak orang mencari jasa laundry yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Dengan membuka usaha laundry di lokasi yang strategis seperti daerah perkantoran dan daerah mahasiswa, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lumayan bahkan berpotensi untuk dijadikan pemasukan tetap.

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Laundry dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta

 

2.7. Jasa Pet Shop

Usaha petshop kini semakin populer dan banyak dilirik oleh para pebisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha petshop namun kebingungan untuk memulainya dari mana serta mengurus manajemen yang ada, Anda bisa bergabung ke usaha franchise petshop.

Dengan bergabung ke dalam franchise memungkinkan Anda untuk memenuhi usaha Anda berjalan dengan lancar, mulai dari menjual makanan hewan, peralatan, mainan, dan layanan grooming. 

 

Baca Juga: Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

 

2.8. Usaha Ekspedisi

Seiring berkembangnya zaman serta pergeseran pola konsumsi dari konvensional ke arah digital, banyak orang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Hal ini tidak hanya memberikan peluang besar bagi para pebisnis untuk melebarkan bisnisnya, namun juga pihak jasa pengiriman yang diuntungkan dari situasi ini.

Dengan adanya peningkatan kebutuhan pengiriman barang dan paket, Anda dapat memanfaatkan permintaan yang tinggi ini untuk menghasilkan pendapatan stabil dengan memulai usaha ekspedisi

Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah terpercaya dan mampu memberikan dukungan dalam menjalankan operasi harian. Anda bisa membandingkan ekspedisi satu dengan yang lainnya sebelum mantap memilih satu franchise jasa ekspedisi.

 

Baca Juga: Prospek Usaha Ekspedisi dan Tips Memulainya Bagi Pemula

 

2.9. Jasa Konsultan SEO

Selain menjadi konsultan digital marketing, menjadi konsultan SEO atau Search Engine Optimization dapat menjadi ide usaha jasa selanjutnya. SEO merupakan teknik yang dibutuhkan agar suatu brand dapat muncul di halaman utama mesin pencarian seperti Google, secara organik.

Jika Anda belum mengetahui teknik SEO yang benar, saat ini banyak terdapat platform yang mengajarkan teknik SEO dari nol. Atau Anda dapat belajar melalui platform Youtube secara gratis. Semakin sering muncul brand yang Anda dimiliki di mesin pencarian seperti Google, maka akan memperbesar kemungkinan brand Anda semakin dikenal banyak orang. Sepertinya menarik ya menjadi Konsultan SEO?

2.10. Jasa MUA (Makeup Artist)

Peluang bisnis yang satu ini punya pertumbuhan yang cukup bagus. Pasalnya, penampilan selalu menjadi sorotan dalam berbagai acara penting. Banyak orang yang ingin terlihat cantik dan menarik, sehingga mereka membutuhkan jasa MUA untuk membantu mereka merias wajah dan mengaplikasikan make up.

Dengan memulai bisnis ini, Anda bisa meraup banyak keuntungan. Terutama jika Anda memiliki keterampilan yang baik dan reputasi yang sama baiknya di kalangan pelanggan.

2.11. Translator (Penerjemah)

Usaha Jasa

Image Source: Pexels/Shvets Production

Punya kemampuan berbahasa asing yang baik? Menjadi seorang translator atau penerjemah adalah salah satu peluang usaha jasa yang pas untuk Anda!

Banyak perusahaan atau individu membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen, konten website, atau bahkan percakapan dalam video konferensi. Dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda dapat menawarkan jasa penerjemah secara online melalui platform freelancer atau membangun jaringan klien sendiri.

2.12. Personal Shopper

Suka berbelanja dan punya selera yang bagus untuk mix and match? Jangan ragu untuk memulai usaha sebagai personal shopper!

Pekerjaan yang satu ini cukup bergengsi karena sangat dibutuhkan oleh orang-orang terkenal untuk membantu mereka dalam memilih barang belanjaan yang sesuai. Selain bertemu dengan orang terkenal, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi toko-toko bergengsi yang menjual barang branded.

 

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Online Untuk Pemula Paling Menguntungkan Tahun 2023!

 

2.13. Guru Privat Online

Usaha jasa paling menguntungkan selanjutnya yaitu dengan mengajar online melalui platform tertentu. Saat ini jarak bukanlah penghalang untuk belajar. Dengan memanfaatkan platform online, Anda dapat belajar dari orang yang lebih berpengalaman yang memiliki jarak ratusan kilometer dari rumah Anda.

Jika Anda menguasai Bahasa Inggris secara aktif misalnya, Anda dapat mengubah peluang tersebut dengan menjadi pengajar Bahasa inggris di platform Italki atau duolingo. Selain menambah penghasilan, menjadi pengajar online tentunya akan menambah pertemanan lintas daerah. Seru ya!

2.14. Jasa Membuat Hampers

Hampers adalah salah satu barang yang banyak diminati masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan adanya hampers kita bisa mengirim hadiah ke mana saja tanpa perlu repot-repot datang ke toko dan membungkusnya.

Ragam ide usaha hampers yang bisa Anda coba:

1. Hampers untuk hadiah wisuda

2. Hampers untuk hadiah ulang tahun

3. Hampers untuk hadiah pernikahan

Untuk isinya, Anda bisa memvariasikan beragam barang-barang unik dan menarik. Baik itu makanan maupun barang-barang. Tergantung dari harga yang Anda patok atau permintaan dari pelanggan (by request).

 

Baca Juga: Peluang Usaha Hampers Lebaran Unik dan Menarik

 

2.15. Jasa Pembuatan Website

Usaha jasa yang satu ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki keahlian coding atau bahasa pemrograman. Saat ini, website merupakan aset penting yang dimiliki bagi pemilik bisnis baik digital maupun non-digital. Karena website merupakan “rumah” bagi brand tersebut untuk dapat dikenal bagi banyak orang melalui media daring.

Melihat kesempatan tersebut, menjalankan jasa pembuatan website tentunya dapat menjadi peluang bisnis digital yang menjanjikan. Jasa pembuatan per satu website dapat dikenai biaya mulai dari Rp 1.000.000 lho. Besar kecilnya biaya tergantung tingkat kesulitan dan kebutuhan website tersebut.

2.16. Jasa Pembuat Konten

Senang berkreasi dengan konten digital? Pertimbangkan untuk menjadikan hobi tersebut sebagai salah satu peluang bisnis paling menjanjikan di tahun 2023!

Pasalnya, media sosial di masa kini sangat booming dan menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Ada begitu banyak brand, UMKM, influencer, dan lain sebagainya yang membutuhkan jasa pembuat konten untuk melancarkan bisnis dan berbagai tujuan mereka.

Anda bisa menawarkan jasa yang Anda miliki di berbagai platform freelancer ternama atau dengan memanfaatkan networking yang Anda miliki.

2.17. Jasa Event Organizer

Membangun usaha jasa di bidang event organizer dapat menjadi pilihan alternatif berikutnya yang dapat Anda jalankan bersama keluarga. Bisnis Event Organizer adalah jenis bisnis yang membutuhkan banyak orang untuk mengeksekusi acara yang dihandle-nya.

Anda dapat memanfaatkan anggota keluarga untuk membantu pada jalannya operasional bisnis event organizer ini. Contohnya, orang yang bertanggung jawab mencari partner, koordinator lapangan, keuangan, pelayanan, dan lainnya.

 

Baca Juga: Simak Tips Bisnis Sukses Dalam Menjalankan Usaha Keluarga

 

2.18. Jasa Design Graphic

Usaha jasa yang menguntungkan berikutnya yaitu dengan menjalankan usaha desain grafis. Bagi Anda yang memiliki keahlian desain grafis, Anda dapat menjajal untuk membuka jasa tersebut.

Dengan keahlian desain grafis yang Anda miliki, Anda dapat membuat jasa pembuatan logo bisnis, poster, banner, dan lain-lain. Dunia bisnis yang selalu berkembang, selalu membuka peluang secara positif untuk jasa desain grafis ini. Jika Anda belum memiliki keahlian tersebut, tidak ada salahnya untuk memulai belajar dari sekarang!

2.19. Barbershop

Bagi kebanyakan orang, penampilan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Maka dari itu, membuka usaha barbershop bisa mendatangkan cuan yang sangat lumayan! Terlebih, jika Anda memiliki keahlian mencukur rambut dan sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan. Tentunya modal yang digunakan untuk membuka usaha ini akan lebih murah.

 

Baca Juga: Analisa Keuntungan Usaha Barbershop dan Tips Jitu Memulai Usahanya

 

2.20. Rental Mobil

Usaha rental mobil bisa menjadi peluang usaha jasa di bidang transportasi dengan keuntungan yang melimpah! Pasalnya, mobil mampu menjangkau tempat yang jauh, mengangkut lebih banyak orang, menghindari teriknya matahari dan udara panas.

Dengan kata lain, usaha ini termasuk dengan usaha yang tidak akan pernah sepi peminatnya, terutama di hari-hari besar saat banyak orang memilih untuk mudik atau bepergian bersama keluarga.

 

Baca Juga: Usaha Rental Mobil: Tips Memulai Sampai Dengan Estimasi Keuntungan

 

2.21. Bisnis Fotocopy

Usaha fotocopy termasuk jenis usaha yang tak lekang oleh zaman. Fotokopi dokumen maupun jasa print masih dibutuhkan bahkan di saat jaman digital seperti sekarang. Dalam sebulan setidaknya Anda bisa mendapatkan sekitar 3-4 juta keuntungan bersih dari usaha yang satu ini.

 

Baca Juga: Intip Peluang Usaha Fotocopy: Tips Memulai, Modal Usaha dan Keuntungan

 

2.22. Jasa Tour Wisata

Apakah Anda tinggal di daerah yang dekat dengan tempat wisata? Jika ya, usaha tour wisata bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan!

Persiapan Memulai Usaha Tour Wisata:

  • Buat Konsep Bisnis yang Jelas

  • Tentukan Destinasi Wisata yang Menarik

  • Siapkan Armada Transportasi

  • Cari Partner Bisnis yang Tepat

  • Buat Website dan Sosial Media Usaha Tour Wisata

2.23. Jasa Wedding Organizer

Bisnis wedding organizer punya prospek bisnis yang menggiurkan. Banyak orang yang ingin menikah cenderung memilih jasa wedding organizer karena tidak perlu repot-repot mengurus berbagai hal sendiri.

Selain menjadi wedding organizer, Anda juga berpotensi mendapatkan tambahan pemasukan dengan membuka usaha jasa yang masih berkaitan. Misalnya menyewakan perlengkapan pernikahan, menyediakan catering, atau menyediakan dekorasi pernikahan.

3. Tips Memulai Usaha Jasa Untuk Pemula

Untuk menjalankan usaha jasa dengan sukses, Anda perlu menyiapkan beberapa hal penting. Mulai dari memilih jenis usaha, memahami kebutuhan pasar, menyiapkan sejumlah modal untuk mendukung operasional usaha, sampai dengan memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan puas dan loyal.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha jasa untuk pertama kalinya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

3.1. Tentukan Jenis Usaha Sesuai dengan Minat, Bakat, dan Keahlian

Pilihlah usaha jasa yang sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian Anda. Jangan memilih jenis usaha yang tidak Anda mengerti maupun tidak suka. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi kualitas pelayanan dan kepuasan Anda dalam menjalankan usaha.

3.2. Lakukan riset pasar dan kompetitor

Sebelum memulai usaha, Anda perlu mengetahui siapa target pasar dan kompetitor Anda. Carilah informasi tentang kebutuhan, preferensi, dan perilaku calon pelanggan Anda. Pelajari juga kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran dan diferensiasi usaha Anda.

3.3. Buat Rencana Bisnis yang Jelas

Rencana bisnis adalah dokumen yang berisi tujuan, visi, misi, sasaran, strategi, anggaran, dan evaluasi usaha Anda. Rencana bisnis akan membantu Anda menjalankan usaha jasa dengan terarah dan terukur. Rencana bisnis juga akan membantu Anda mendapatkan dukungan dari pihak lain, seperti investor atau mitra kerja.

3.4. Siapkan Modal yang Cukup

Meskipun usaha jasa tidak membutuhkan modal yang besar, Anda tetap perlu menyiapkan modal yang cukup untuk memulai dan mengembangkan usaha Anda. Modal bisa berasal dari tabungan pribadi, pinjaman keluarga atau teman, pinjaman bank, atau pinjaman tanpa jaminan dari lembaga keuangan lainnya.

Salah satu sumber modal yang bisa Anda gunakan untuk memulai usaha jasa adalah pinjaman tanpa jaminan dari BFI Finance. Pinjaman tanpa jaminan adalah pinjaman yang tidak memerlukan agunan atau jaminan sebagai syarat pengajuan.

3.5. Promosikan Usaha Anda Secara Online dan Offline

Untuk menarik pelanggan, Anda perlu mempromosikan usaha jasa Anda secara online dan offline. Secara online, Anda bisa menggunakan website, blog, media sosial, email marketing, atau iklan online. Secara offline, Anda bisa menggunakan brosur, spanduk, kartu nama, atau iklan cetak.

Untuk tips lainnya mengenai cara memulai bisnis secara online bisa Anda peroleh melalui artikel kami yang berjudul Cara Memulai Bisnis Online Terbaik dalam 7 Langkah!

Sobat BFI, demikian bahasan artikel kali ini mengenai usaha jasa. Harapannya, semoga artikel ini bisa menjadi sumber inspirasi yang mendorong Anda untuk berwirausaha dan mengembangkan keahlian yang ada.

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis