Artikel

6 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dan Tips Menjadi Content Creator

2022-08-08 00:00:00 982
6 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dan Tips Menjadi Content Creator

Bicara soal cara mendapatkan uang dari YouTube. Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan platform berbasis video terbesar di dunia ini.

Tiap tahunnya YouTube mengalami kenaikan jumlah penonton yang signifikan. Jumlah kenaikan yang ada berbanding lurus dengan jumlah konten kreator yang berkecimpung di dalamnya. Para konten kreator ini hadir dengan suguhan konten menarik, mengedukasi, dan inspiratif!

Tak ayal, YouTube disebut-sebut dapat menggeser popularitas TV Nasional saking beragamnya acara dan tontonan yang sangat menghibur. Dan pastinya, hanya butuh modal kuota untuk mengaksesnya!

Banyaknya jumlah penonton YouTube yang ada bisa Anda jadikan alternatif memperoleh uang tambahan! Bagaimana caranya dan apasaja yang perlu dilakukan? Simak cara menghasilkan uang dari YouTube ala BFI Finance berikut ini.

 

Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Tidak sedikit orang yang beranggapan cara menghasilkan uang dari YouTube hanya perlu dilakukan cukup dengan mengupload video saja.

Padahal, ada beberapa ketentuan yang harus kita ikuti sebelum akhirnya bisa menghasilkan uang dari konten-konten yang diupload. Apa saja caranya? Simak poin-poin penting di bawah ini! 

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Image Source: Unsplash/Javier Miranda

Buat Akun Youtube Channel

Sebelum Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara membuat akun YouTube.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke situs asli YouTube, klik sign up dan ikuti semua instruksi yang diminta. Alternatif lainnya Anda bisa mendaftar dengan akun google milik Anda melalui tombol sign in.

Tentukan Niche Konten

Setelah berhasil mendaftar, langkah berikutnya adalah menentukan nama akun serta niche atau topik konten pada akun YouTube milik Anda.

Hal ini penting untuk dilakukan supaya akun Anda memiliki ciri khas dan penggemar tetap. Ini juga menjadi salah satu faktor yang bisa mengantarkan Anda pada popularitas.

Tips menentukan niche:

1. Pilih niche yang sesuai dengan minat Anda

2. Pilih niche yang sesuai dengan bakat serta kemampuan Anda

Misalnya, Anda tertarik dengan musik dan gitar nantinya Anda bisa membuat konten yang berkaitan dengan dua hal tersebut.

Monetisasi Akun Youtube Channel

Setelah dua langkah di atas selesai, cara menghasilkan uang dari YouTube berikutnya Anda perlu memonetisasi akun. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu masuk ke akun YouTube lalu pilih Account Information, masuk ke Creator Studio, klik bagian Channel, pilih Status and Feature, dan yang terakhir klik Enable Monetisastion dan setujui semua persayaratan dan kebijakan yang ada.

Syarat dan ketentuan mentisasi akun YouTube dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengakses laman web berikut.

Meskipun langkah ini terbilang susah-susah gampang, jika Anda berhasil melakukannya Anda sudah bisa dipastikan berada selangkah dari tujuan utama yaitu menghasilkan uang dari YouTube!

Memasang AdSense

Setelah melalui beberapa tahapan di atas, selanjutnya yaitu memasang AdSense! AdSense adalah sebuah fitur buatan google yang akan menyisipkan sebagian iklan di dalam video YouTube milik Anda. Dan dari sinilah sumber pendapatan utama Anda dari YouTube!

Untuk memasang AdSense, Anda harus melakukan pendaftaran sampai memperoleh Approved AdSense Account ke akun YouTube Anda. Bila mana sudah diapproved, Anda bisa melihat berapa banyak penghasilan yang Anda peroleh melalui AdSense di fitur Youtube Analytic.

Posting Konten

Supaya monetisasi akun yang ada berjalan dengan lancar, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting dalam memposting konten. Antara lain:

  • Konten video yang diupload harus original atau hasil karya sendiri

  • Tidak memplagiasi konten milik orang lain termasuk penggunaan musik yang memiliki hak cipta

  • Mengikuti Term of Service dan Community Guideline yang berlaku saat ini

  • Video diharuskan user-friendly 

YouTube Premium

YouTube Premium adalah salah satu fitur yang disediakan oleh YouTube untuk mmebuat konten Anda lebih eksklusif. Artinya, hanya mereka yang sudah mensubscribe fitur ini pada akun YouTube Anda yang bisa mengaksesnya.

Untuk mengaksesnya diperlukan sejumlah uang atau tarif sesuai dengan masing-masing content creator. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan penghasilan double dari YouTube. Menggiurkan bukan?

 

Baca Juga: Mau Dapat Uang Tambahan? Ini Dia 6 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok!

 

Tips Sukses Menjadi Content Creator Youtube

Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari YouTube melalui cara menghasilkan uang dari YouTube yang sudah dipaparkan sebelumnya, Anda juga bisa mengikuti langkah berikut ini agar akun Anda bisa berjalan sebagaimana mestinya dan meraup keuntungan yang banyak!

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Image Source: Unplash/NordWood Themes

Konsisten

Tahukah Anda jika jumlah viewers sangat mempengaruhi besaran bayaran yang kita terima dari YouTube? Maka dari itu, pastikan untuk mengatur jadwal dan konsisten mengupload konten Anda setiap minggunya.

Ide Konten yang Menarik

Sesuaikan ide konten yang ada dengan Niche yang Anda bangun. Misalnya amun YouTube Anda khusus membahas seputar kuliner. Maka konten yang Anda buat dapat berupa mukbang, rekomendasi jajanan murah, review makanan kekinian, makanan yang harus dicoba saat pergi berlibur ke suatu pulau dan yang lainnya.

Hindari membuat konten yang dekat dengan unsur SARA, kekerasan, ataupun konspirasi. Konten jenis ini cenderung sulit dimonetisasi. Alhasil, Anda akan kesulitan mendapatkan uang dari AdSense YouTube yang ada.

Memaksimalkan Tools yang Digunakan

Sebagai seorang konten kreator, pastinya Anda paham jika tools merupakan barang yang sangat penting dalam menunjang kualitas vidoe yang dibuat.

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan tools yang dimiliki secara tepat. Tools untuk menjadi konten kreator tidak harus terbaru dan tercanggih, cukup menggunakan tools yang ada sebaik mungkin dan eksplor lebih banyak teknik pengambilan gambar.

Aplikasi Editing

Selayaknya tools, aplikasi editing juga tidak kalah penting dalam proses pembuatan video yang bagus. Gunakan aplikasi editing yang sesuai dengan kebutuhan dan rajinlah mengeksplor beragam fitur agar video yang diupload nantinya semakin ciamik!

Memanfaatkan Sosial Media

Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan sosial media teramat penting di jaman sekarang. Adanya media sosial bisa memudahkan kita menyebarkan konten yang dibuat dan menarik lebih banyak orang untuk menonton.

Nah, manfaatkanlah kesempatan ini untuk menyebarluaskan konten YouTube Anda di kanal sosial media yang Anda miliki. Jangan takut dengan respon netizen yang mungkin akan sangat beragam!

Bekerjasama dengan Brand

Jika followers Anda sudah menyentuh ribuan bahkan mungkin ratusan ribu, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka kesempatan bekerjasama dengan brand ataupun toko tertentu.

Cara ini tidak hanya membantu Anda mendapatkan uang dari AdSense namun juga mendapat bayaran dari pihak terkait yakni brand  yang bekerjasama dengan Anda. Makin cuan, kan?

 

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini

 

Tergabung ke Dalam Afiliasi

Bisnis afiliasi belakangan ini sedang booming di mana-mana. Ada banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini. Anda bisa juga ikut tergabung ke dalam trend yang Anda dengan cara menjadi bagian dari afiliasi.

Caranya cukup mudah. Pertama, Anda perlu mendaftarkan diri beserta akun YouTube yang Anda gunakan. Jika sudah terkonfirmasi Anda bisa memulai memasarkan produk yang ada melalui video yang Anda buat. Nantinya uang komisi dari penjualan produk akan dicairkan ke rekening Anda sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Sobat BFI, itulah informasi mengenai 6 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dan Tips Menjadi Content Creator. Semoga bisa menginspirasi Anda, ya! Jika Anda membutuhkan pinjaman dana cepat cair, jangan ragu untuk memilih produk BFI Finance sebagai solusi keuangan Anda.

Nikmati beragam keuntungan dengan mengajukan pinjaman sesuai dengan pilihan Anda!

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Tidak hanya itu, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan di bulan Agustus 2022, BFI Finance memiliki promo #PastiMerdeka di mana debitur berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 77 Juta Rupiah! Ketentuan selengkapnya dapat diakses melalui tautan berikut ini, ya.

Dapatkan informasi menarik lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

 

Sumber: