Artikel

Simak Tips Bisnis Sukses Dalam Menjalankan Usaha Keluarga

2022-09-09 00:00:00 622
Simak Tips Bisnis Sukses Dalam Menjalankan Usaha Keluarga

Bagi Anda yang terjun ke dunia wirausaha, ada sejumlah pilihan berbisnis yang akan Anda hadapi. Salah satunya adalah pilihan untuk meneruskan bisnis keluarga. Bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut? Apakah ada tips bisnis sukses menjalankan usaha keluarga yang telah berlangsung lama?

Meneruskan usaha keluarga memang bukanlah hal yang mudah. Terutama jika bisnis tersebut berskala besar. Namun, jangan sampai keraguan Anda membuat Anda enggan atau mundur meneruskan bisnis tersebut. Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut, dengan persiapan yang matang. 

Ada berbagai keuntungan yang Anda dapatkan apabila Anda berhasil menjalankan bisnis keluarga yang telah berlangsung dalam waktu lama. Anda bisa memperkuat ikatan keluarga Anda dengan bekerja sama, kerja keras, dan implementasi nilai-nilai positif lainnya. Anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Serta, keuntungan yang Anda dapatkan bisa berguna bagi generasi-generasi selanjutnya. Selain menguntungkan diri sendiri, Anda juga bisa menguntungkan orang lain. 

Nah, sebelum Anda meneruskan bisnis keluarga, simak sejumlah tips bisnis sukses dalam menjalankan usaha keluarga berikut ini!

 

Mengapa Usaha Keluarga Menjanjikan?

1. Jam Kerja Fleksibel

Usaha keluarga umumnya memiliki jam kerja yang fleksibel, namun tetap disiplin. Jam kerja fleksibel disini maksudnya adalah pemilik usaha bebas untuk memantau kinerja karyawan dan operasional bisnisnya di jam berapa saja. Hal ini dapat terjadi karena mungkin pemilik bisnis memiliki jadwal yang padat, sehingga baru sempat memantau di jam kerja tertentu saja.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Tujuan dari berbisnis salah satunya untuk mendapatkan keuntungan. Dengan menjalani usaha keluarga, harapannya kesejahteraan antar anggota keluarga akan semakin merata dan meningkat. Jika terdapat salah satu anggota keluarga yang belum bekerja misalnya, Ia dapat ditugaskan untuk mengelola usaha keluarga tersebut. Jika semakin tahun, usaha keluarga yang dikelolanya semakin berkembang, maka akan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang merata.

3. Menumbuhkan Nilai-nilai Kekeluargaan

Keuntungan lainnya jika Anda menjalankan usaha keluarga adalah akan semakin menumbuhkan nilai-nilai kekeluargaan seperti tanggung jawab, kepercayaan, sikap saling menghargai satu sama lain, kerja keras, kedisiplinan, dan lain-lain. Anda akan semakin belajar memahami sifat dan memperkuat bonding antar anggota keluarga.

4. Mempersiapkan Kekayaan Generasi Berikutnya

Dengan membangun usaha keluarga, Anda juga mempersiapkan kekayaan untuk generasi Anda selanjutnya. Anda akan memberikan peninggalan ilmu, aset, untuk anak dan cucu Anda. Agar aset Anda semakin berkembang, Anda juga dapat berinvestasi menggunakan penghasilan yang didapatkan dari usaha keluarga.

 

Tips Agar Usaha Keluarga Dapat Berkembang

Menjalankan usaha keluarga memiliki tantangan dan keuntungan tersendiri dibandingkan dengan menjalankan usaha dengan teman atau kerabat. Berikut adalah tips agar usaha keluarga yang Anda jalankan dapat berkembang dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

1. Kenali dan Peduli dengan Bisnis Tersebut

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali dan mempelajari situasi bisnis keluarga Anda. Pelajari detail operasionalnya, peraturan dan SOP perusahaannya, staff dan karyawan di setiap bidang, dan lain sebagainya. Pelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan sisi internal perusahaan. Dengan mempelajari dan mulai peduli dengan bisnis tersebut, maka bisnis tersebut bisa berkembang lebih maksimal. Anda dapat mengenal bisnis tersebut lebih dalam, dan mempelajari kekurangan yang harus diperbaiki. 

2. Pelajari Sistem Keuangannya 

Hal selanjutnya yang harus Anda pelajari juga adalah kondisi dan sistem keuangan perusahaan tersebut. Sebagai penerus bisnis, pastikan Anda terjun dan terlibat langsung dalam menjalankan bisnis tersebut. Kenali tata cara pengelolaannya, arus kas, profit, hutang, dan lain sebagainya. 

Dengan memperbaiki dan mengelola sistem keuangan perusahaan tersebut, Anda bisa menentukan langkah dan strategi bisnis yang harus diambil. Dengan sistem keuangan yang jelas, barulah bisnis bisa berkembang lebih maksimal. 

3. Koordinasikan Visi Misi yang Jelas

Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan dan meneruskan visi misi yang jelas. Pastikan Anda memiliki visi dan target yang jelas, serta fokus dalam usaha pencapaian tersebut. Anda juga harus mengkoordinasi divisi atau staff yang ada. Pelajari kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing karyawan. Dengan demikian, Anda bisa bekerja sama untuk menentukan solusi dan perbaikan yang dibutuhkan. 

4. Bedakan Kepentingan Bisnis dan Keluarga

Tips selanjutnya dalam menjalankan usaha keluarga adalah dengan memisahkan kepentingan pribadi atau keluarga dengan kepentingan bisnis. Anda perlu berhati-hati dan bersikap profesional ketika sedang menjalankan bisnis. Mencampuri urusan bisnis dengan kepentingan pribadi atau keluarga dapat berefek negatif terhadap keberlangsungan usaha keluarga Anda. Jika terdapat masalah, komunikasikanlah antar kedua belah pihak dengan kepala dingin.

5. Melakukan Evaluasi

Yang tak kalah penting, lakukanlah evaluasi secara berkala, misalnya sebulan sekali. Anda bisa melakukan evaluasi pada sistem manajerial, SOP, dan lain sebagainya. Anda bisa meminta bantuan kepada konsultan dan auditor perusahaan untuk melakukan proses evaluasi perusahaan. Teruslah belajar agar Anda bisa meneruskan dan mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih sukses. 

 

Tips usaha keluarga

Tips Menjalankan Usaha Keluarga. Image Source: Unsplash/Dylan Gillis

Jenis Bisnis yang Bisa Dijalankan Bersama Keluarga

Ada beberapa jenis bisnis yang cocok untuk dijadikan usaha keluarga, diantaranya adalah:

1. Bisnis Kuliner

Contoh usaha keluarga yang bisa diterapkan adalah bisnis kuliner. Anda dapat memulai bisnis kuliner dengan cara membuka warung makan, usaha café, kios makanan kaki lima, ataupun berjualan secara online. Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang memiliki banyak peminat dan selalu berkembang. Selain itu, jenis usaha ini juga dapat dilakukan dirumah, sehingga usaha kuliner sangat cocok untuk dijadikan alternatif sebagai usaha keluarga.

Anda dapat membagi tugas dengan keluarga untuk masing-masing tanggung jawab seperti siapa yang bertugas memasak, mengemas makanan, pencatatan keuangan, dan bagian pelayanan.

2. Hasil Kebun

Ide usaha keluarga lainnya adalah dengan berbisnis hasil kebun. Jika Anda memiliki lahan untuk ditanami berbagai sayuran, buah-buahan, atau bahkan tanaman hias, Anda dapat memanfaatkannya sebagai lahan bisnis. Bisnis hasil kebun ini dapat ditangani oleh sedikit orang, dan cocok untuk dikelola bersama keluarga.

Jenis bisnis berkebun juga banyak disukai bagi kalangan orang tua. Mereka menganggap jenis bisnis ini menyenangkan karena dapat menjadi pengisi di waktu luang.

Jika digeluti dengan serius, keuntungan bisnis berkebun ini pun tidak kalah dengan jenis usaha populer lainnya.

3. Usaha Fashion

Sama seperti usaha kuliner, jenis usaha fashion adalah jenis usaha yang selalu berkembang. Dan hal tersebut dapat menjadi potensi sebagai usaha yang dijalankan bersama keluarga. Tren yang terjadi pada dunia fashion dapat diikuti oleh masing-masing generasi keluarga.

Ada banyak jenis usaha fashion yang dapat Anda geluti seperti membuka toko baju dengan brand sendiri atau menjadi reseller, menjadi fashion designer, bahkan menjalankan usaha konveksi.

4. Event Organizer

Membangun usaha event organizer juga dapat menjadi alternatif usaha yang dijalankan bersama keluarga. Bisnis Event Organizer adalah jenis bisnis yang membutuhkan banyak orang untuk mengeksekusi acara yang dihandle-nya. Anda dapat memanfaatkan anggota keluarga untuk membantu pada jalannya operasional bisnis event organizer ini. Contohnya, orang yang bertanggung jawab mencari partner, koordinator lapangan, keuangan, pelayanan, dan lainnya.

5. Usaha Sektor Pariwisata

Jenis usaha terakhir yang cocok untuk diaplikasikan bersama keluarga adalah usaha di sektor pariwisata. Usaha tersebut dapat berupa usaha rental kendaraan, oleh-oleh tradisional, tempat penginapan, tour guide, toko souvenir, dan lain-lain. Jenis usaha ini akan lebih memiliki banyak peminat pada kota-kota wisata seperti Bali, Yogyakarta, Jakarta, dan lainnya.

 

Nah, itulah pemahaman mengenai bagiamana menjalankan usaha keluarga dengan baik dan benar. Dengan kerja keras dan langkah yang tepat, menjalankan usaha keluarga bukanlah hal yang mustahil. Jika Anda membutuhkan modal usaha tambahan untuk usaha keluarga Anda, Anda dapat mengajukan pinjaman melalui BFI Finance dengan jaminan BPKB Kendaraan dan Sertifikat Rumah. Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Semoga tips bisnis kali ini bisa bermanfaat bagi Anda, ya. 

#SelaluAdaJalan Bersama BFI Finance.

 

Sumber: