Bisnis

12 Ide Bisnis Online Untuk Pemula Paling Menguntungkan Tahun 2023!

Admin BFI
24 March 2023
76713
12 Ide Bisnis Online Untuk Pemula Paling Menguntungkan Tahun 2023!

Memiliki bisnis online adalah impian bagi kebanyakan orang, khususnya di jaman yang serba digital seperti sekarang ini. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu apa saja bisnis online untuk pemula yang berpeluang menghasilkan banyak keuntungan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis online namun belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya, 12 ide bisnis online berikut ini dapat Anda jadikan pilihannya!

 

1. 12 Ide Bisnis Online Untuk Pemula

Tertarik untuk memulai bisnis online? 12 ide bisnis online untuk pemula berikut ini bisa Anda jadikan pilihannya. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

1.1. Affiliate Marketing

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing belakangan ini cukup menjamur di mana-mana. Ternyata, selain menguntungkan bisnis yang satu ini juga memungkinkan untuk Anda jalankan dari mana saja meski tanpa modal sekalipun!

Cara kerjanya cukuplah mudah. Pertama-tama Anda harus mendaftar sebagai anggota afiliasi di salah satu website yang tengah membuka program ini. Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan produk pilihan kepada followers Anda di sosial media.

Pendapatan yang ada diperoleh dari komisi yang Anda terima dari setiap produk yang berhasil terjual. Menarik, bukan?

Beberapa Website yang Membuka Lowongan Affiliasi:

1. Tokopedia

Situs Web: https://affiliate.tokopedia.com/

2. Shopee

Situs Web: https://affiliate.shopee.co.id/

3. Lazada

Situs Web: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/

4. Tiktok

Situs Web: https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate

5. BliBli

Situs Web: https://www.blibli.com/pages/affiliate

1.2. Dropshipper

Selain bergabung ke dalam affiliate marketing, menjadi dropshipper adalah salah satu ide bisnis online untuk pemula berikutnya yang sangat memungkinkan Anda jalankan meski tanpa modal.

Cara kerjanya yaitu Anda berperan sebagai pihak ketiga yang melakukan pembelian atas permintaan pihak pertama atau pelanggan Anda. Jadi, Anda bertugas untuk membeli suatu barang sesuai dengan pesanan pelanggan dan mengirimkannya ke alamat yang telah diberikan. Nnatinya, keuntungan yang Anda terima didapat dari setiap transaksi yang berhasil Anda lakukan.

 

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisa Dilakukan Pemula!

 

1.3. Jastip (Jasa Titip)

Ide bisnis online untuk pemula berikutnya yang tidak kalah seru dan bisa Anda mulai meski tanpa modal sekalipun adalah jastip!

Jastip atau jasa titip adalah model bisnis dimana Anda sebagai eksekutor bertindak sebagai perantara untuk membeli produk dari penyedia barang kepada konsumen.

Jastip dinilai sangat menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan untung yang lumayan dari setiap transaksi pembelian yang terjadi.

Beberapa Bisnis Jastip yang Bisa Anda Jalankan:

  • Jastip Pakaian Import

  • Jastip Kosmetik

  • Jastip Makanan

  • Jastip Gadget

  • Jastip Souvenir

 

Baca Juga: Apa Itu Jastip? Apakah Bisa Dijadikan Penghasilan Tambahan?

 

1.4. Thrift Shop

Siapa yang tidak mengenal bisnis thrift shop? Bisnis yang dikhususkan menjual barang-barang second namun masih layak berikut ini masih menjadi primadona dan lahan basah untuk meraup keuntungan.

Beberapa Jenis Bisnis Thrift yang Bisa Anda Coba:

  • Thrift Shop Baju

  • Thrift Shop Sepatu

  • Thrift Shop Barang-Barang Antik / Vintage Stuffs

  • Thrift Shop Buku / Komik Import

1.5. Frozen Food

Makanan beku atau frozen food belakangan ini sangat banyak digemari masyarakat. Bukan hanya awet dan harganya yang ramah di kantong, makanan beku memiliki pilihan yang sangat beragam. Mulai dari jajanan siap goreng, daging, sampai dengan sayuran.

Untuk memulai usaha ini Anda bisa menempuh dua cara. Pertama, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller resmi. Jika Anda memilih untuk menjadi dropshipper, Anda tidak perlu menyediakan tempat untuk menaruh makanan beku, Anda cukup memproses pesanan yang ada dan mengirimkannya ke alamat pembeli.

Untuk cara yang kedua, Anda perlu menyiapkan sedikit modal untuk membeli kulkas sebagai wadah penyimpanan frozen food. Walaupun terkesannya cukup ribet, dengan cara yang kedua ini Anda juga bisa menjualnya secara offline untuk mereka yang tinggal di sekitar tempat tinggal Anda.

 

Baca Juga: Berapa sih, Modal Usaha Frozen Food di Era New Normal?

 

1.6. Hampers

Usaha hampers sangat menjanjikan jika Anda jual secara online. Pasalnya, bisnis online untuk pemula yang satu ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan, terlebih jika Anda menjualnya di momen tertentu, seperti bulan ramadhan, musim kelulusan, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Peluang Usaha Hampers Lebaran Unik dan Menarik 

 

1.7. Bisnis Merchandise

Bisnis merchandise adalah salah satu bisnis online dengan prospek yang sangat menjanjikan. Terlebih, jika merchandise Anda pasarkan erat kaitannya dengan public figure atau karakter tertentu yang sedang naik daun.

Jenis Merchandise yang Paling Banyak Dipilih:

  • Tote Bag

  • Gantungan Kunci

  • Kaos

  • Gelas Mug, Tumbler atau Botol Minum

  • Pensil atau Pulpen

  • Topi

 

Baca Juga: Prospek Bisnis Merchandise, Modal Sedikit Untung Melimpah!

 

1.8. KPOP Merchandise

Tidak berbeda jauh dengan bisnis merchandise pada umumnya, bisnis K-POP merchandise berfokus pada penjualan barang-barang yang berkaitan dengan idol kpop yang tengah booming saat ini.

Semakin populer seorang idol maupun group maka akan semakin banyak pulak penggemar yang ada. Bukan rahasia umum lagi jikalau fans K-POP juga rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi barang-barang yang berkaitan dengan idola nya!

Tentunya peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha. Salah satunya yaitu dengan cara menjual KPOP merchandise, seperti photocard, light stick dan berbagai jenis barang lainnya. Pastikan barang yang Anda jual adalah barang asli (original).

1.9. Korean Street Food

Selain frozen food, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual korean street food yang mana saat ini pilihannya sangat bervariatif dan bisa dijual dengan mudah secara online, sehingga memungkinkan Anda untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 15 Ide Usaha Korean Street Food Modal Kecil!

 

1.10. Berjualan Hijab dan Fashion Muslim

Trend fashion muslim seperti hijab dan sebagainya kian melejit dari tahun ke tahun. Hijab tidak hanya dijadikan sebagai salah satu kain untuk menutup aurat, namun juga dapat membuat penampilan kaum hawa terlihat lebih fashionable.

Anda bisa memulai bisnis online untuk pemula yang satu ini dimulai dari skala kecil, misalnya menjadi reseller salah satu brand hijab yang paling banyak dicari orang-orang.

1.11. Bisnis Skincare

Masih berhubungan dengan bisnis yang bisa Anda lakukan dimana saja dan dapat dijual secara online, bisnis skincare dapat menjadi opsi berikutnya yang layak untuk Anda pertimbangkan.

Pasalnya, kebutuhan akan perawatan kulit yang sehat, cerah, terawat, dan berseri bukan hanya dambaan bagi kaum hawa, namun juga kaum pria. Anda bisa berkecimpung di bisnis ini dengan memulainya dari skala kecil seperti menjadi reseller atau dropshipper. 

 

Baca Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Skincare Bagi Pemula dan Rekomendasi Produknya

 

1.12. Reseller Online Shop

Ide bisnis online untuk pemula yang terakhir yakni dengan menjadi reseller online shop. Ada begitu banyak jenis produk yang bisa Anda pilih untuk menjadi seorang reseller online shop. Dari mulai bisnis di bidang F&B, kecantikan, sampai dengan kesehatan.

Yang terpenting, pastikan supplier yang Anda pilih terpercaya, menjual harga grosir dengan kualitas barang yang cukup bersaing di pasaran. Dengan begitu, tidak hanya bisa memuaskan pelanggan, Anda juga mampu meraup keuntungan yang sepadan.

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

2. 4 Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah

Saat ini ada begitu banyak bisnis online yang sedang berjalan dengan beragam kategori dan target pasar yang berbeda-beda. Nah, agar bisnis online untuk pemula yang Anda pilih nantinya mampu bersaing dengan kompetitor, ikuti 7 cara memulai bisnis online berikut ini!

Bisnis Online Untuk Pemula

Image Source: Pexels/Ketut Subiyanto

2.1. Ketahui Kebutuhan Pasar Saat Ini

Tips sukses yang pertama adalah dengan mengetahui apa yang tengah dibutuhkan pasar saat ini. Pilihlah ide bisnis yang mampu menjadi solusi maupun jawaban atas permasalahan banyak orang.

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kebutuhan serta keinginan pasar adalah dengan mengikuti update terkini melalui sosial media.

 

Baca Juga: Apa Itu Analisis Peluang Usaha? Ini Tujuan dan Metode Analisisnya

 

2.2. Lakukan Analisa Kompetitor

Cara memulai bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah dengan melakukan analisa kompetitor. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kompetitor.

Hasil analisa yang ada dapat Anda gunakan untuk membuat produk Anda lebih menarik dan mampu membuat strategi promosi yang lebih efektif.

2.3. Persiapkan Segalanya dengan Matang

Setelah 2 cara sebelumnya sudah Anda lakukan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan segalanya dengan matang. Misalnya Anda berencana untuk memulai bisnis thrift shop, maka persiapan yang Anda butuhkan antara lain supplier terpercaya, akun media sosial, memahami cara berjualan di Shopee atau Tokopedia, serta memahami cara pengemasan barang yang baik dan menarik.

Apapun itu, selama hal tersebut masih berkaitan dengan bisnis Anda, pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan terencana agar Anda tidak kesulitan di kemudian hari.

2.4. Pastikan Modal Usaha Cukup

Terakhir, pastikan modal usaha yang Anda miliki cukup untuk mengcover segala keperluan usaha. Mulai dari biaya operasional sampai dengan keperluan promosi usaha.

Jangan takut mengajukan pinjaman untuk kebutuhan produktif seperti membangun usaha, ajukan pembiayaan dengan Jaminan BPKB Motor, Mobil, atau Sertifikat Rumah di BFI Finance. Proses mudah dan cepat, dapatkan pencairan dana hingga 85% dari aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap!

Sobat BFI, itulah 12 ide bisnis online untuk pemula yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk Anda yang baru pertama kali terjun ke bisnis online. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda dalam mewujudkan impian memiliki bisnis sendiri. Sampai ketemu lagi di artikel inspiratif berikutnya!

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis