Informasi Umum

Rekening Koran Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Admin BFI
1 February 2023
121211
Rekening Koran Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Kata rekening koran adalah kata yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Kata ini merujuk pada sebuah istilah perbankan yang memiliki arti laporan transaksi pada suatu rekening dalam kurun waktu tertentu.

Rekening koran banyak dijadikan sebagai salah satu persyaratan administrasi untuk berbagai hal. Misalnya untuk peminjaman modal usaha, kredit mobil, pengajuan pembuatan VISA, dan masih banyak lagi.

Lantaran fungsinya yang cukup krusial, laporan koran perlu Anda pahami agar memudahkan Anda untuk mengurusnya di kemudian hari.

Sobat BFI, yuk kita pahami istilah yang satu ini. Simak baik-baik artikel berikut ini, ya!

 

Apa Itu Rekening Koran?

Rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh yang menampilkan transaksi keuangan pada suatu rekening dalam periode tertentu. Dengan adanya rekening koran, nasabah atau pemilik rekening dapat memantau seluruh transaksi yang ada pada rekening mereka setiap saat serta memastikan jika setiap transaksi yang dilakukan sudah tercatat dengan benar.

Rekening koran berlaku untuk jenis rekening individu maupun rekening badan usaha. Dokumen ini umumnya dicetak oleh pihak bank dalam periode tertentu seperti tiga atau enam bulan. Untuk memperolehnya pun terbilang mudah. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi bank terdekat atau mengunduh rekening koran secara online di website bank ataupun mobile banking.

6 Bagian Penting Pada Rekening Koran

Setidaknya ada 6 bagian penting yang ada pada rekening koran. Keenam bagian rekening koran adalah informasi bank, informasi terkait perusahaan atau pemilik akun, tanggal periode, ringkasan akun, serta ringkasan transaksi. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

1. Informasi Bank

Pada bagian informasi bank, sejumlah informasi yang dimuat berupa nama bank, alamat, dan nomor telepon CS (customer service). Informasi ini sengaja ditampilkan untuk memudahkan penyesuaian laporan keuangan (rekonsiliasi) jika didapati kesalahan transaksi ataupun salah cetak.

2. Informasi Terkait Perusahaan atau Bisnis

Seperti halnya informasi Bank, bagi Anda yang memiliki rekening bisnis atau perusahaan, pada bagian rekening koran akan Anda dapati sejumlah informasi yang mencantumkan keterangan mengenai bisnis Anda. Seperti nama bisnis, nama pemilik bisnis, alamat, dan nomor telepon.

3. Informasi Akun/Pemilik Rekening

Pada bagian ini informasi yang ditampilkan berupa informasi dasar seperti nama pemilik rekening dan nomor rekening.

4. Tanggal Periode (Sesuai dengan Periode yang Dipilih)

Tanggal periode adalah tanggal yang tercantum pada setiap periode penerbitan rekening koran yang ada. Misalnya Anda mencetak rekening koran di bulan Januari, maka periode yang ditampilkan selama satu bulan terakhir adalah bulan Desember.

5. Ringkasan Akun

Ringkasan akun berisikan informasi mengenai saldo dari awal sampai akhir periode, total deposito, total penarikan.

6. Ringkasan Transaksi

Terakhir yaitu ringkasan transaksi. Bagian ini menampilkan daftar transaksi yang terjadi selama satu periode sesuai dengan periode yang telah Anda tentukan dan ditentukan secara kronologis (berurutan). Setiap transaksi yang ada disusun berdasarkan tanggal, deskripsi, jumlah nominal, serta saldo setelah transaksi.

6 Fungsi Rekening Koran

Selain mampu menampilkan segala transaksi yang ada pada rentan waktu tertentu, rekening koran juga memiliki fungsi krusial lainnya yang sebaiknya Anda ketahui. Apa saja fungsi tersebut?

1. Menampilkan Segala Bentuk Transaksi yang Ada

Fungsi paling umum dari adanya rekening koran adalah sebagai bukti transaksi pada periode tertentu. Rekening koran akan menampilkan seluruh transaksi yang terjadi pada rentan waktu yang Anda pilih.

Banyak orang dengan sengaja atau secara rutin mencetak rekening koran untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan seperti penyalahgunaan rekening dan sebagainya. Sebab, jika hal tersebut terjadi, pihak nasabah atau pemilik rekening bisa melaporkannya secara langsung kepada pihak bank untuk kemudian diproses lebih lanjut.

2. Sebagai Bukti Hukum

Zaman sudah semakin modern dan serba canggih. Tidak sedikit pihak yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mencari celah untuk melakukan tindak kejahatan. Misalnya melalui pemalsuan bukti transfer atau berpura-pura tidak menerima uang yang telah dikirim.

Dengan adanya rekening koran, Anda bisa sedikit lebih lega karena memiliki bukti sah dari setiap transaksi keuangan yang terjadi. Dokumen ini juga dapat dijadikan salah satu barang bukti yang memungkinkan untuk diproses secara hukum.

3. Sebagai Persyaratan Mengajukan Pinjaman

Mayoritas lembaga keuangan non bank atau bank menjadikan rekening koran sebagai salah satu syarat wajib dalam mengajukan pinjaman. Misalnya jenis pinjaman dengan jaminan BPKB Kendaraan atau sertifikat rumah, KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), KTA (Kredit Tanpa Agunan), KBB (Kredit Kendaraan Bermotor), dan jenis kredit multiguna lainnya.

Aturan ini dengan sengaja ditetapkan untuk memastikan jika finansial calon debitur termasuk dalam kategori sehat dan memiliki kemampuan dalam melunasi cicilan yang ada.

Di samping itu, rekening koran juga dapat dijadikan sebagai bukti jika calon debitur yang bersangkutan memang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Hal ini dapat terlihat secara jelas melalui arus masuk yang mengatasnamakan perusahaan.

Banyak lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan yang bergerak di sektor permodalan lebih menyukai peminjam yang bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan karena memiliki pemasukan yang stabil sehingga berpeluang melunasi cicilan tepat waktu dan menghindari kemungkinan gagal bayar.

 

Baca Juga: Syarat Gadai BPKB Motor dan Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan

 

4. Persyaratan Pengajuan VISA

Saat Anda hendak membuat VISA, rekening koran menjadi salah satu persyaratan yang perlu Anda lampirkan. Pasalnya, rekening koran yang ada dapat membuktikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk menjamin kondisi finansial Anda selama berada di negara tujuan. 

5. Ikut Lelang

Tertarik mengikuti lelang? Jangan lupa untuk melampirkan rekening koran, ya! Dokumen ini dijadikan salah satu persyaratan ikut lelang untuk membuktikan jumlah saldo yang ada pada rekening Anda mencukupi.

6. Audit Keuangan Perusahaan

Kehadiran rekening koran sangatlah penting dalam operasional suatu bisnis, khususnya untuk mencocokan transaksi keuangan yang ada. Bilamana terjadi kesalahan pencatatan, Anda bisa mengajukan rekonsiliasi kepada pihak bank.

Perbedaan Rekening Koran dengan Mutasi Rekening Tabungan

Banyak orang yang sering menganggap jika rekening koran dan rekening tabungan adalah dua hal yang sama. Padahal, keduanya cukup berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan yang ada pada keduanya.

1. Informasi yang Disajikan

Informasi yang terdapat pada rekening koran adalah informasi yang lebih terperinci dengan jangka waktu yang relatif panjang. Sedangkan mutasi rekening umumnya hanya menampilkan transaksi dalam kurun waktu 7 sampai 14 hari ke belakang.

2. Kemudahan dalam Mengaksesnya

Rekening koran bisa Anda dapatkan dengan cara mengajukannya secara langsung ke pihak bank maupun website resmi. Sedangkan mutasi rekening bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui ATM, Mobile Banking, maupun website dan prosesnya pun lebih singkat dan mudah.

3. Biaya yang Dikenakan

Untuk mendapatkan rekening koran ada sejumlah biaya administrasi yang perlu Anda bayarkan ke pihak bank. Sedangkan untuk mutasi rekening bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias GRATIS.

 

Baca Juga: Syarat Gadai BPKB Motor dan Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan

 

Syarat Mendapatkan Rekening Koran

Rekening koran adalah dokumen yang tidak bisa Anda dapatkan secara sembarangan. Ada sejumlah persyaratan yang perlu yang Anda lengkapi terlebih dahulu. Berikut ini persyaratan lengkapnya.

1. Buku Tabungan Asli

2. e-KTP atau Kartu Pengenal Lainnya Seperti NPWP, KK, atau pun SIM

3. Kartu Debit

4. Biaya Cetak Rekening Koran

Melansir dari berbagai sumber, biaya cetak rekening koran ditentukan dari bank tujuan Anda.

  • Bank BCA: Rp 2.500/Lembar.

  • Bank BRI: Rp 25.000/Lembar dengan Periode yang Ditampilkan Mencapai 12 Bulan.

  • Bank BNI: Rp 2.500 - Rp 3.000 Per Lembar.

  • Bank Mandiri: Rp 2.500/Lembar Untuk Transaksi 3 Bulan Terakhir dan Rp 5.000/Lembar Untuk Transaksi 6 Bulan Terakhir.

  • Bank Permata: Rp 10.000/Lembar.

  • Bank Syariah Indonesia: Rp 3.500/Lembar.

Cara Mendapatkan Rekening Koran Via Customer Service

Rekening Koran Adalah

Image Source: Pexels/RODNAE Production

Cetak rekening koran dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan berkunjung langsung ke bank dan yang kedua melalui internet banking. Adapun cara mendapatkan rekening koran melalui bank sebagai berikut.

1. Kunjungi kantor cabang bank terdekat

2. Sampaikan maksud dan tujuan Anda ke petugas atau satpam

3. Ambil nomor antrian

4. Tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil oleh bagian Customer Service

5. Bagian CS akan meminta persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyebutkan periode rekening koran yang Anda butuhkan

6. Tunggu sebentar sampai rekening koran tercetak

7. Lakukan pembayaran sesuai dengan tarif yang telah ditentukan

Cara Mendapatkan Rekening Koran Via Internet Banking

Berikut ini cara mendapatkan rekening koran melalui internet banking berdasarkan bank yang Anda pilih.

1. Cara Cetak Rekening Koran di Bank BCA

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan rekening koran Bank BCA secara online. Pertama yaitu melalui klikBCA dan yang kedua melalui myBCA. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pengecekannya.

Cek Rekening Koran di klikBCA

  • Lakukan login di website resmi Bank BCA

  • Masukan user dan password Anda

  • Pilih menu ‘e-statement’ pada dashboard

  • Lalu klik ‘Rekening Kamu’

  • Tentukan periode transaksi yang Anda inginkan

  • Setelah itu klik ‘Download’

  • Rekening koran akan otomatis terdownload dalam format PDF

Cek Rekening Koran di myBCA

  • Buka aplikasi myBCA Anda

  • Lakukan login dengan cara memasukan user dan BCA ID dan password Anda

  • Pilih rekening BCA yang ingin Anda lakukan pengecekan

  • Selanjutnya masuk ke menu ‘e-statement’

  • Pilih periode rekening koran yang Anda inginkan

  • Klik ‘Tampilkan’

  • Klik ‘Download’ lalu pilih Drive untuk menampilkan file PDF

  • Selanjutnya rekening koran akan ditampilkan pada Drive Anda

  • Klik titik tiga pada bagian pojok file lalu pilih ‘Download’ atau ‘Unduh’ untuk menyimpan file PDF pada perangkat Anda

2. Cara Cetak Rekening Koran di Bank BRI

  • Kunjungi situs https://ib.bri.co.id/ib-bri/

  • Masukan user ID, password, dan kode validasi yang ada pada laman web

  • Klik ‘Masuk’

  • Pilih ‘Rekening’

  • Lalu pilih ‘Mutasi Rekening’

  • Pilih jenis rekening

  • Tentukan periode transaksi yang ingin Anda unduh

  • Rekening koran akan ditampilkan pada layar Anda

  • Unduh file dan simpan pada perangkat Anda

3. Cara Cetak Rekening Koran di Bank BNI

  • Kunjungi situs resmi Bank BNI di https://ibank.bni.co.id/

  • Masukan user ID, password, dan kode verifikasi

  • Klik login

  • Kemudian pilih ‘Mutasi Rekening’

  • Tentukan periode rekening koran yang ingin Anda cetak

  • Rekening koran akan ditampilkan pada layar Anda

  • Klik gambar print lalu simpan file pada perangkat Anda

4. Cara Cetak Rekening Koran di Bank Mandiri

  • Kunjungi laman resmi Bank Mandiri di https://ibank.bankmandiri.co.id/retail3/

  • Masukan user ID dan password

  • Klik ‘Masuk’

  • Pilih menu ‘Informasi Rekening’

  • Pilih ‘Rekening Mandiri Online’

  • Selanjutnya klik ‘Mutasi Rekening’

  • Tentukan periode rekening koran yang ingin ditampilkan

  • Rekening koran yang Anda minta akan ditampilkan pada layar Anda

  • Kemudian klik tombol unduh untuk menyimpan rekening koran pada perangkat Anda

Sobat BFI, itulah tadi pembahasan terkait rekening koran. Bilamana Anda berencana untuk mencetaknya secara mandiri, pastikan Anda mengikuti langkah yang ada dengan benar dan selalu waspadai tindakan mencurigakan dari pihak manapun yang mengatasnamakan bank.

Butuh pinjaman dana cepat untuk penuhi berbagai kebutuhan Anda? Ajukan pembiayaan di BFI Finance!

Kami hadir menawarkan solusi serta kemudahan untuk berbagai masalah keuangan. Antara lain modal usaha, biaya pendidikan anak, sampai dengan gaya hidup.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Kategori : Informasi Umum