Artikel

Syarat Gadai BPKB Motor dan Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan

2022-09-28 00:00:00 1104
Syarat Gadai BPKB Motor dan Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan

Mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Motor adalah cara yang cukup umum dilakukan untuk mendapatkan dana cepat dalam waktu singkat. 

Terutama jika Anda mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Motor ke perusahaan pembiayaan. Sebab, bunganya rendah dan prosesnya memakan waktu yang lebih singkat dibandingkan lembaga keuangan lainnya. 

Bahkan, beberapa perusahaan pembiayaan menyediakan layanan pengajuan pinjaman secara online. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengajukan pinjaman. 

Nah, agar dana pinjaman yang Anda peroleh bisa lebih maksimal dan dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin, mari kita simak syarat gadai BPKB Motor dan hal penting lainnya yang perlu Anda tahu di artikel yang satu ini. 

 

Syarat Gadai BPKB Motor

Umumnya, setiap perusahaan pembiayaan memiliki syarat gadai BPKB motor yang tidak jauh berbeda. Adapun dokumen yang dijadikan syarat antara lain yaitu:

1. Dokumen Jaminan (BPKB Kendaraan, SHM/SHGB, IMB, AJB, PBB Terakhir)

2. KTP Pemohon

3. Kartu Keluarga (KK)

4. Akta Nikah/Cerai/Kematian/Perjanjian Pranikah

5. Nomor Pokok Wajib Pajak/Surat Keterangan Pemberitahuan Pajak

6. Histori Transaksi Rekening 3 Bulan Terakhir

7. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan

Di samping itu, usia motor juga menjadi salah satu syarat lainnya. Umumnya usia motor yang dapat digadaikan maksimal berusia 10 tahun, tidak dalam sengketa, pajak motor masih berlaku, serta dalam kondisi bagus.

Syarat lainnya yaitu usia peminjam yang biasanya minimal 25 tahun dan memiliki penghasilan tetap dan dikategorikan mampu mengasur cicilan yang ada. Kredibilitas usaha juga biasanya akan dinilai oleh pemberi pinjaman melalui track record pemilik usaha.

Tips Mengajukan Pinjaman Jaminan BPKB Motor Cepat Diproses

Dalam mengajukan pinjaman pastinya ada syarat gadai BPKB motor dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon debitur. Supaya pengajuan pinjaman Anda cepat diproses, lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Cek Motor Anda

Tips yang pertama terkait syarat gadai BPKB Motor cepat diproses yaitu mengecek kondisi kendaraan Anda. Pastikan jika motor yang Anda gadaikan memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perusahaan pembiayaan pilihan Anda.

Beberapa hal penting yang harus Anda pahami terkait motor yan hendak digadaikan yakni merk, tipe, tahun pembuatan, dan jenis motor. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan nominal pinjaman dana yang kira-kira akan Anda dapatkan. 

Hal-hal tersebut penting untuk diperhitungkan karena akan berpengaruh pada jumlah pinjaman yang bis Anda dapatkan. Selain itu, perusahaan pembiayaan juga menetapkan kriteria mengenai jenis dan tahun motor yang bisa dijaminkan. Umumnya, motor yang bisa dijaminkan harus berusia maksimal 10 tahun dan dalam kondisi prima. 

2. Tentukan Jumlah Pinjaman

Selanjutnya, tentukan jumlah pinjaman jaminan BPKB motor yang akan Anda ajukan. Anda bisa melakukan simulasi kredit agar dapat memilih produk pinjaman yang tepat. Hal ini juga dapat membantu Anda melakukan perencanaan keuangan jangka panjang. Ajukanlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan ajukan lebih dari kemampuan Anda sehingga tidak beresiko kredit macet

3. Siapkan Dokumen Pendukung

Setelah menentukan nominal pinjaman, siapkan juga dokumen atau syarat gadai BPKB Motor yang dibutuhkan agar proses pengajuan pinjaman Anda bisa berjalan dengan lancar. Umumnya, dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • KTP Peminjam

  • Kartu Keluarga

  • Akta nikah/cerai/kematian/perjanjian pranikah

  • Nomor pokok wajib pajak (NPWP) atau surat pemberitahuan pajak

  • Rekening 3 bulan terakhir

  • Slip gaji karyawan atau surat keterangan penghasilan

  • Dokumen jaminan (BPKB Kendaraan atas nama sendiri atau pasangan, SHM/SHGB, IMB, AJB, PBB terakhir)

Sebagi informasi tambahan, pastikan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan pembiayaan pilihan Anda. Jangan sampai gegabah ataupun terlena untuk menggadaikan BPKB Motor Anda ke perusahaan ilegal seperti pinjol.

Beberapa langkah preventif yang bisa Anda terapkan agar tidak terperangkap dalam jeratan perusahaan ilegal:

1. Jangan langsung tergiur dengan iming-iming yang ada

2. Hindari tawaran pinjaman bebas bunga, bebas survey, dan semacamnya

3. Pastikan perusahaan pembiayaan tersebut sudha diawasi oleh lembaga berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar proses pinjaman terjamin dan data Anda terlindungi.

4. Jangan Mendaftar Lebih Dari Satu Pinjaman

Kesalahan yang umum dilakukan oleh masyarakat awam adalah mengajukan pinjaman lebih dari satu. Sebaiknya, hindari hal ini untuk menghindari jeratan hutang. Apalagi jika Anda mengajukan pinjaman lain untuk menutupi cicilan pinjaman sebelumnya. 

Hal ini sebaiknya dihindari, ya. Sebab, ini bisa membuat keadaan keuangan Anda memburuk karena hutang yang tidak sehat. Setiap pinjaman dengan syarat gadai BPKB motor memiliki aturan yang berbeda, mulai dari bunga, denda, hingga syarat aset yang dijaminkan. 

 

Baca Juga: Cara Agar Pinjaman Disetujui dengan Meningkatkan Skor Kredit

 

5. Cek Perusahaan Pembiayaan di OJK

Yang terakhir sebelum Anda mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB motor, pastikan bahwa perusahaan pembiayaan yang Anda tuju terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sebab, Anda akan mendapat perlindungan hukum apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam proses transaksi. 

Anda bisa mengecek status perusahaan pinjaman yang Anda tuju melalui situs resmi OJK. Selain itu, Anda juga bisa membantu melaporkan pinjaman ilegal melalui kontak OJK 157, WhatsApp 081157157157, atau email ke waspadainvestasi@ojk.go.id.

 

Baca Juga: Mudah dan Cepat! Cara Cek SLIK OJK Online dan Offline Terbaru

 

Keuntungan Gadai BPKB Motor

Menggadaikan kendaraan dengan syarat gadai BPKB motor memiliki sederet keuntungan. Keuntungan yang akan Anda dapatkan antara lain yaitu proses pengajuan yang cepat dan aman, kendaraan Anda masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena hanya BKPB kendaraan saja yang ditahan.

Kemudian, peminjam berkesempatan mendapatkan dana pinjaman hingga 70% dari nilai kendaraan selama motor yang ada dalam kondisi dan performa yang baik. Tenor atau masa jatuh tempo yang didapatkan pun relatif lama yaitu 11 sampai 24 bulan dan bisa disesuaikan dengan pilihan debitur atau peminjam.

Syarat Gadai BPKB Motor

Image Source: Pexels/Anastasia Shuraeva

Tips Kelola Dana Pinjaman BPKB Motor

Supaya dana pinjaman syarat gadai BPKB motor Anda tidak terbuang sia-sia, Anda bisa memanfaatkannya sebagai dana tambahan untuk mengelola usaha Anda.

Sebab, dengan keuntungan yang Anda dapatkan dari hasil usaha, Anda bisa membayar angsuran pinjaman tersebut. Sehingga, dana pinjaman tidak terbuang dengan sia-sia untuk kebutuhan yang konsumtif. 

Lalu, bagaimana cara tepat mengelola dana hasil pinjaman BPKB motor untuk usaha? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Periksa Kembali Rencana Bisnis

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah menerima dana pinjaman dari syarat gadai BPKB motor adalah memeriksa kembali rencana bisnis Anda.

Hal ini penting untuk dilakukan. Sebab, Anda bisa memanfaatkan dana pinjaman dengan lebih optimal ketika Anda berpatokan pada rencana usaha Anda. Anda punya rencana yang jelas kemana dana pinjaman akan dialokasikan dan apa kebutuhan bisnis yang mendesak untuk diselesaikan. 

2. Menambah Stok Barang

Ketika bisnis makin berkembang, permintaan pun semakin meningkat. Di saat inilah, Anda harus menambah stok barang yang akan dijual untuk memenuhi permintaan pembeli.

Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana untuk hal ini. Sebisa mungkin, alokasikan 50% dari dana pinjaman tersebut untuk kebutuhan stok barang. Dengan memenuhi permintaan konsumen yang meningkat, tentunya konsumen akan merasa puas dan kembali berbelanja di toko Anda. 

3. Menyisihkan Sebagian Dana Untuk Promosi Online

Promosi bisnis secara online adalah cara yang sekarang umum dan mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini juga membutuhkan sejumlah biaya.

Nah, Anda bisa mengalokasikan 30% dari dana pinjaman dengan syarat gadai BPKB motor tersebut untuk budget promosi secara online. Sehingga, Anda bisa menjangkau pembeli yang lebih luas.

Anda bisa promosi di platform e-commerce, google, serta berbagai platform media sosial seperti Instagram atau Facebook ads. Pelajari terlebih dahulu, teknik promosi, kecenderungan pembeli, hingga karakter setiap platform agar Anda tidak salah memilih platform untuk promosi. Dengan demikian, promosi yang Anda lakukan dapat lebih optimal.

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk : Alasan dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

 

Contoh Usaha yang Bisa Anda Pilih Untuk Memanfaatkan Pinjaman BPKB Motor

Salah satu ide usaha yang bisa Anda pilih dalam memanfaatkan pinjaman dari syarat gadai BPKB motor yaitu bisnis franchise.

Bisnis franchise atau dikenal juga dengan bisnis waralaba merupakan jenis bisnis yang menjamur di Indonesia. Bisnis ini memberikan banyak kemudahan dan bisa dilakukan bagi Anda yang berminat menjadikan usaha ini sebagai usaha utama atau sampingan.

Umumnya, perusahaan yang membuka franchise adalah perusahaan yang sudah terkenal dan terjamin kualitasnya. Cara kerja bisnis ini adalah mitra akan mendapatkan merek dagang, bahan baku, dan produk yang sama dari pemilik franchise dengan kontrak tertentu.

Nah, jika Anda tertarik untu memulai bisnis ini dari hasil syarat gadai BPKB motor, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Memiliki Ciri Khas yang Unik

Memiliki ciri khas atau unique selling point berarti memiliki konsep yang unik dan berbeda dari kompetitor. Hal ini penting untuk dilakukan demi menguasai pasar dan membuat bisnis Anda lebih dikenal oleh orang banyak.

2. Membuat Syarat Operasional dan Perjanjian Franchise yang Jelas

Standar Operasional Prosedur (SOP) memiliki peranan penting dalam mempertahankan standar kualitas dan pelayanan antara franchise satu dan yang lain. Selain itu, SOP yang harus dikembangkan pun juga harus praktis dan mudah untuk mendukung franchise semakin berkembang. 

Perjanjian franchise juga diperlukan agar ada kesepakatan dan tanggung jawab yang jelas antara pemilik franchise dan mitra. Contohnya, jumlah royalti, kegiatan dan lokasi usaha, dan sebagainya. 

3. Mendirikan Tim Dukungan Manajemen

Dalam mengembangkan bisnis franchise, dukungan manajemen kepada mitra juga dibutuhkan. Contohnya adalah memberikan pelatihan kepada mitra untuk mengembangkan franchisenya. Selain itu, dukungan dalam bidang produksi juga harus diberikan seperti supply bahan baku, pemasaran produk, peralatan dapur, dan sebagainya. 

Sobat BFI, itulah informasi mengenai Syarat Gadai BPKB Motor dan Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan. Jika Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman dana cepat, Anda bisa mengajukannya di BFI Finance. Prosesnya mudah, cepat, dan aman. Pinjaman dana yang Anda ajukan bisa langsung cair.

Mengajukan pinjaman jaminan BPKB Motor di BFI Finance memiliki sederet keuntungan di antaranya yaitu pencairan dana hingga 70% dari nilai kendaraan, pajak mati atau belum balik nama motor bisa dibantu, tenor panjang hingga 18 bulan.

Informasi selengkapnya dapat Anda temukan melalui tautan di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Dapatkan informasi bermanfaat lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya!

Sumber: