Informasi Umum

Ini Dia 10 Persiapan Lebaran yang Bisa Anda Lakukan!

Admin BFI
4 April 2024
933
Ini Dia 10 Persiapan Lebaran yang Bisa Anda Lakukan!

Hari Raya Idulfitri atau Lebaran cenderung menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Momentum ini menjadi penting dan sakral bagi umat muslim di seluruh dunia. Terutama di Indonesia yang membuat momen hari kemenangan ini untuk berkumpul bersama keluarga.

Tentu saja diperlukan persiapan Lebaran agar momen ini menjadi hal yang tidak terlupakan. Berikut merupakan 10 persiapan Lebaran yang dapat Anda lakukan agar Lebaran Anda lebih bermakna dan indah.

 

 

1. 10 Persiapan Lebaran yang Bisa Anda Lakukan

1.1 Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah menjadi persiapan Lebaran yang sangat penting dalam persiapan menyambut Lebaran. Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim yang mampu, sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk membayar zakat fitrah adalah cara untuk membersihkan harta dari sifat-sifat negatif dan sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Anda dapat mengunjungi masjid terdekat untuk membayar zakat fitrah, di mana biasanya terdapat petugas khusus yang siap membantu proses pembayaran zakat. Selain itu, dengan perkembangan teknologi, kini juga banyak lembaga atau platform online yang menyediakan layanan pembayaran zakat fitrah secara mudah dan praktis, sehingga Anda dapat melakukan pembayaran zakat fitrah dengan cepat dan aman tanpa harus meninggalkan rumah.

1.2 Memasak Makanan Khas Lebaran

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam persiapan Lebaran adalah memasak makanan khas Lebaran. Makanan khas seperti opor, rendang, ketupat sayur, dan berbagai hidangan tradisional lainnya menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Lebaran. Dalam persiapan menyambut Lebaran, Anda dapat mempersiapkan dengan teliti berbagai macam hidangan khas tersebut untuk disajikan kepada tamu dan keluarga tercinta. Namun,mengingat permintaan akan bahan makanan biasanya meningkat menjelang Lebaran, penting bagi Anda untuk melakukan persiapan yang cukup jauh hari agar tidak kehabisan stok saat memasak. Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga saat memasak.

1.3 Menyiapkan Kue Lebaran

Hal selanjutnya yang menjadi prioritas dalam persiapan Lebaran adalah dengan menyiapkan kue-kue Lebaran. Sama seperti makanan besar, terdapat juga beberapa kue khas Lebaran. Seperti nastar, kastengel, putri salju, dan kue-kue lain. Anda dapat membelinya secara online. Selain itu, seringkali kerabat-kerabat Anda membuatnya kemudian menjualnya dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, jika ingin persiapan Lebaran Anda semakin murah, Anda dapat membuat kue Lebaran sendiri.

 

Baca Juga: 12 Ide Jualan Menjelang Lebaran yang Dapat Anda Coba

 

1.4 Membersihkan rumah

Persiapan Lebaran selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan rumah. Pasalnya, Lebaran menjadi momen bersilaturahmi kepada keluarga dan kerabat dekat. Agar suasana rumah lebih nyaman untuk para keluarga, Anda perlu membersihkan rumah dan sekitarnya. Dari mulai membersihkan debu, vacuum, mengecat ulang dinding, dan perbaikan-perbaikan lainnya yang dirasa dibutuhkan untuk membuat tempat tinggal Anda nyaman.

1.5 Menyiapkan Uang THR

Lebaran identik dengan tradisi bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya) kepada anak-anak dan orang tua. Dalam persiapan Lebaran, Anda juga siapkan uang receh dalam jumlah yang cukup untuk dibagikan kepada para tamu yang datang. Anda dapat memperkirakan jumlah THR yang akan dibagikan berdasarkan jumlah tamu yang biasanya datang dan budget yang Anda miliki.

Persiapan Lebaran 2024

Persiapan Lebaran 2024. Image Source: Freepik

1.6 Berziarah

Persiapan Lebaran yang sudah menjadi tradisi selanjutnya adalah berziarah. Anda dapat berziarah kepada sanak saudara yang sudah meninggal untuk mendoakan mereka. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengenang dan mendoakan orang-orang yang telah tiada. Berziarah juga dapat menjadi kesempatan untuk mempererat hubungan keluarga dan menjaga nilai-nilai kebersamaan.

1.7 Mengirim Hampers ke Orang Terdekat

Persiapan Lebaran yang selanjutnya adalah pengiriman hampers. Hampers Lebaran menjadi salah satu tradisi untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Anda dapat mengisi hampers lebaran dengan berbagai macam makanan, minuman, dan snack khas Lebaran. Hampers ini dapat menjadi tanda perhatian dan kasih sayang kepada keluarga, teman, dan kolega. Melalui pengiriman hampers, Anda juga dapat mempererat ikatan sosial dan memperlihatkan rasa hormat serta perhatian kepada orang-orang terdekat.

 

Baca Juga: 10 Ide Hampers Lebaran Menarik dan Tips Memilih Hampers yang Tepat

1.8 Bersiap Mudik/Silaturahmi

Bagi yang tinggal jauh dari kampung halaman, mudik menjadi tradisi yang dinanti-nanti. Persiapan Lebaran perjalanan mudik dengan memesan tiket transportasi dan akomodasi jauh-jauh hari. Pastikan Anda juga membawa barang-barang yang diperlukan selama perjalanan dan mudik. Selain itu, sebelum mudik, manfaatkan waktu untuk menjalin silaturahmi dengan tetangga, sahabat, dan kerabat yang tinggal di sekitar Anda. Silaturahmi merupakan bagian penting dalam tradisi Lebaran yang menguatkan ikatan sosial dan kebersamaan dalam masyarakat.

 

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Aman Saat Pandemi dan Syarat Mudik Terbaru

 

1.9 Membersihkan Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah, dan Al-Quran perlu dibersihkan agar lebih nyaman digunakan saat salat Idul Fitri. Anda dapat mencucinya sendiri atau membawanya ke laundry untuk persiapan Lebaran Anda.

1.10 Tetap Menjaga Kesehatan

Lebaran identik dengan berbagai macam makanan lezat yang tinggi kalori. Pastikan Anda tetap menjaga kesehatan dengan tidak makan berlebihan dan tetap berolahraga. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

Sobat BFI, berikut yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan Lebaran. Jika Anda membutuhkan kebutuhan persiapan Lebaran seperti untuk merenovasi rumah, mempersiapkan dana THR untuk keperluan usaha, dan kebutuhan lainnya, Anda dapat mengajukan pembiayaan multiguna dengan jaminan BPKB Kendaraan atau Sertifikat Rumah melalui BFI Finance. Dengan layanan pembiayaan yang cepat dan mudah dari BFI Finance, Anda dapat mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyambut Lebaran dengan lebih nyaman dan tenang.

Kategori : Informasi Umum