Artikel

Tips Mudik Lebaran Aman Saat Pandemi dan Syarat Mudik Terbaru 2022

2022-04-29 00:00:00 601
Tips Mudik Lebaran Aman Saat Pandemi dan Syarat Mudik Terbaru 2022

Di momen lebaran 2022 ini, Pemerintah Indonesia akhirnya mengizinkan masyarakatnya untuk melakukan mudik ke kampung halaman. Namun, dengan catatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan persyaratan lainnya. Kebijakan tersebut dilakukan setelah dua tahun pemerintah melarang masyarakatnya untuk mudik lebaran. Tentunya, hal ini menjadi obat rindu bagi banyak perantau setelah sekian lamanya tidak merasakan momen spesial yang hanya diadakan satu tahun sekali ini. Lalu apa saja persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemudik kali ini? Dan tips apa sajakah yang perlu diperhatikan saat menjalani mudik lebaran 2022 agar perjalanan terasa aman dan nyaman? Tim BFI Finance menyajikannya khusus untuk Anda.

 

Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman ala BFI Finance

1. Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Tips mudik lebaran pertama dan tentunya menjadi prioritas utama adalah dengan melengkapi syarat vaksinasi Covid-19. Anda disarankan sudah mendapatkan vaksinasi booster atau vaksin ke-3 dari pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menciptakan herd-community di Indonesia. Jika Anda sudah melengkapi vaksin booster, maka Anda tidak perlu lagi untuk melakukan test antigen atau RT-PCR sebelum keberangkatan. Lain halnya, jika vaksinasi Anda belum lengkap, diwajibkan untuk melakukan test antigen dan/atau PCR beberapa hari sebelum keberangkatan. Persyaratan lengkapnya dijelaskan pada bagian bawah artikel ini.

2. Pastikan Rumah Sudah Dalam Kondisi Aman dan Terkunci

Tips mudik lebaran yang kedua yaitu dengan memastikan rumah yang Anda tinggal dalam kondisi aman. Rumah Anda akan tidak ditempati dalam waktu yang cukup lama, mungkin dapat 1 minggu lamanya. Sehingga, pastikan segala aspek keamanan sudah terpenuhi. Seperti, matikan arus listrik yang tidak diperlukan, cabut selang gas LPG pada kompor, dan pintu seluruhnya dalam keadaan terkunci. Selain itu, Anda dapat memasang dan memantau kondisi rumah melalui cctv yang ditempatkan pada ruangan tertentu.

3. Informasikan Kepada Tetangga atau Kerabat

Jika kondisi rumah sudah aman, Anda dapat menginformasikan jika Anda melakukan mudik lebaran kepada tetangga atau kerabat dekat Anda. Hal ini bertujuan agar kerabat atau tetangga Anda dapat menginformasikan segala kondisi tidak terduga yang dapat muncul selama rumah Anda ditinggal.

4. Jaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Menjaga stamina untuk tetap sehat adalah hal mutlak yang harus dipersiapkan saat melakukan mudik lebaran. Melakukan perjalanan mudik membutuhkan waktu yang tidak sedikit terlebih jika Anda menggunakan jalur darat. Ribuan pemudik menggunakan berbagai moda transportasi sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas yang tidak seperti biasanya. Maka dari itu, diperlukan stamina yang kuat bagi Anda yang mengemudi atau hanya sebagai penumpang. Minumlah vitamin yang diperlukan dan istirahatlah yang cukup beberapa hari sebelum keberangkatan.

5. Pilih Moda Transportasi Terbaik

Ada beberapa pilihan moda transportasi yang dapat Anda gunakan untuk mudik lebaran. Anda dapat memilih untuk menggunakan jalur darat, laut, atau udara sesuai dengan tujuan dan kebutuahan mudik. Jika Anda memiliki tujuan mudik yang jauh, disarankan untuk menggunakan pesawat agar lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Untuk menghindari kelonjakan tiket, Anda dapat memesannya jauh hari sebelum keberangkatan. Jika tujuan mudik Anda memungkinkan untuk dilalui menggunakan moda transportasi darat, Anda dapat memilih menggunakan kereta api, bus, atau mobil pribadi. Jika Anda memilih untuk menggunakan kereta api tentunya juga akan lebih efisien karena tidak perlu merasakan macet di jalanan. Namun, Anda harus berlomba memesan tiket jauh hari agar tiket berada di tangan Anda. Sementara itu, mudik lebaran menggunakan mobil pribadi tidak ada salahnya untuk Anda coba. Bagi sebagian orang, mudik menggunakan kendaraan pribadi terasa lebih menyenangkan walaupun harus rela merasakan macet hingga berjam-jam dijalanan. Karena, momen lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi banyak orang dan hanya dirasakan satu tahun sekali.

6. Cek Seluruh Kondisi Kendaraan

Jika Anda menggunakan mobil pribadi untuk mudik lebaran, wajib untuk mengecek kesiapan kendaraan Anda untuk berpergian jauh. Cek kondisi mobil mulai dari aki, rem, oli, dan mesin. Jika perlu, Anda dapat melakukan servis mobil 1 bulan sebelum mudik tiba. Hal ini berguna agar mudik lebaran Anda aman dan nyaman.

7. Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

Tips ini juga tidak kalah penting dilakukan terlebih karena pandemi masih berlangsung. Anda diwajibkan untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Gunakan masker saat berada didalam dan luar ruangan. Bawa tissue basah dan handsanitizer kemanapun Anda berpergian. Cuci tangan secara rutin sebelum Anda memasuki tempat tertentu dan setelah bertemu dengan beberapa orang. Yang terakhir, tetap jaga jarak dan hindari kerumunan.

8.  Bawa Barang Secukupnya

Bawa barang keperluan mudik secukupnya, tidak berlebihan. Jangan memaksakan untuk membawa barang diluar batas kapasitas kendaraan pribadi Anda. Selain memakan tempat yang banyak, hal tersebut membahayakan Anda dan kendaraan disekitar Anda. Jika Anda menggunakan moda transportasi umum, membawa barang mudik lebaran secukupnya juga akan menimbulkan kenyamanan tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan juga pemudik lainnya.

9. Bawa Bekal Cukup Selama Perjalanan

Pemudik akan menghabiskan waktunya berjam-jam di jalanan. Untuk mengantisipasi dari kelelahan dan kebosanan, ada baiknya untuk mempersipakan bekal yang cukup selama perjalanan mudik. Anda dapat membuat bekal yang dibuat dari rumah atau membeli makanan ringan di kios makanan dan minuman terdekat. Pastikan juga untuk menyiapkan air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

10. Bawa Perlengkapan Kesehatan

Selain membawa bekal yang cukup, yang tidak kalah penting yaitu membawa perlengkapan kesehatan yang Anda perlukan. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K untuk pertolongan pertama Anda jika terjadi hal yang mengganggu kesehatan Anda.

11. Kuasai dan Cek Rute Perjalanan

Tips mudik lebaran yang satu ini diperuntukkan untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Kuasai dan cek berkala terkait rute yang akan dilalui Anda. Jalanan akan dipastikan mengalami kemacetan yang luar biasa. Mencari jalanan alternatif dapat Anda coba untuk menghindari kemacetan tersebut. Selain itu, pahami tempat istirahat atau rest area untuk tempat beristirahat Anda sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Perhatikan juga dimana letak SPBU terdekat, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya.

12. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Selama melakukan perjalanan mudik lebaran, patuhilah rambu lalu lintas dimanapun berada, baik dijalanan yang ramai maupun sepi. Gunakan selalu sabuk pengaman, nyalakan lampu sein saat berbelok, dan berhenti ketika lampu lalu lintas berada di posisi merah adalah beberapa contoh penerapan budaya lalu lintas yang wajib dilakukan. Dengan mematuhi rambu lalu lintas, Anda tidak hanya peduli terhadap diri Anda sendiri, namun peduli terhadap keselamatan orang lain.

13. Istirahatlah  Jika Lelah

Jangan paksakan untuk melanjutkan mengemudi jika Anda merasa kelelahan. Istirahatlah di rest area terdekat atau ditempat yang tidak terlalu ramai oleh lalu lalang kendaraan. Tidak memaksakan untuk mengemudi jika kelelahan dan mengantuk akan menghindarkan Anda dari risiko kecelakaan.

14. Berkendara dengan Baik

Tips mudik lebaran yang terakhir adalah berkendaralah dengan baik dan tidak ugal-ugalan. Padatnya kendaraan di jalan membuat risiko kecelakaan bertambah. Sehingga, selalu patuhi rambu lalu lintas, istirahatlah jika merasa kelelahan dan mengantuk, serta saling menghargai antar pengemudi. Selalu ingat, keluarga Anda selalu menunggu kehadiran Anda di rumah terkhusus dalam momen lebaran ini.

 

Seperti itulah, keempatbelas tips mudik lebaran yang perlu Anda perhatikan. Semoga mudik lebaran ini berkesan ya Sobat BFI dan selalu utamakan keselamatan dalam perjalanan. Selanjutnya, Anda juga perlu memerhatikan syarat mudik lebaran terbaru yang disarankan oleh pemerintah. Berikut adalah selengkapnya.

Tips mudik lebaran 2022

Tips Mudik Lebaran 2022. Source: Unsplash/Shivam Garg

Syarat Mudik Lebaran Terbaru 2022

Berdasarkan pada peraturan yang dikeluarkan pemerintah melalui Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022, berikut adalah peraturan mudik lebaran yang perlu Anda ketahui:

  • Pelaku perjalanan dalam negeri yang telah memenuhi vaksinasi booster atau vaksin dosis ke-3 tidak memerlukan syarat hasil test negatif RT-PCR dan rapid test antigen.
  • Pelaku perjalanan dalam negeri yang telah menerima vaksinasi dosis ke-2, wajib menunjukkan syarat hasil negatif rapid test antigen dalam kurun waktu 1x24 jam, atau hasil negatif dari tes RT-PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum perjalanan.
  • Sementara, pelaku perjalanan dalam negeri yang telah menerima vaksinasi dosis ke-1, wajib menunjukkan hasil test negatif dari RT-PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Jika pelaku perjalanan dalam negeri memiliki kondisi kesehatan tertentu yang membuatnya tidak bisa menerima vaksin, maka wajib menunjukkan hasil test negatif RT-PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan dan melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan jika pihak bersangkutan tidak bisa menerima vaksinasi Covid 19.
  • Anak-anak yang berusia kurang dari enam tahun, dikecualikan dalam aturan vaksinasi tersebut dan tidak wajib melampirkan hasil negatif dari rapid test antigen maupun RT-PCR.
  • Menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, hingga dagu.
  • Ganti masker setiap 4 jam sekali dan buang ke tempat sampah setelah selesai digunakan.
  • Selalu cuci tangan dengan air mengalir yang terjaga kebersihannya secara berkala atau menggunakan hand-sanitizer, terutama setelah bersentuhan dengan orang lain atau benda di tempat umum.
  • Hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang sekitar minimal 1,5 meter.
  • Tidak boleh berbicara satu atau dua arah sepanjang perjalanan mudik jika menggunakan transportasi umum.

 

Selamat melakukan mudik lebaran 2022!

 

Sumber: