Informasi Umum

Makin Rajin Nabung, Ini 10 Challenge Menabung yang Seru Untuk Dicoba!

Admin BFI
3 March 2023
11258
Makin Rajin Nabung, Ini 10 Challenge Menabung yang Seru Untuk Dicoba!

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai cara menabung di rumah dengan mudah dan efektif, di artikel kali ini kami akan membahas beberapa challenge menabung seru yang bisa Anda terapkan agar menabung secara konsisten tanpa merasa terbebani.

Nah, kira-kira ada challenge menabung apa saja ya? Yuk, kita bahas satu per satu di artikel yang satu ini. Simak baik-baik ya, Sobat BFI!

 

10 Challenge Menabung Seru yang Bisa Anda Coba

Banyak orang kerap kali merasa kesulitan atau justru merasa terbebani untuk menyisihkan sebagian uangnya demi menabung.

Padahal, menabung adalah salah satu aktivitas yang sudah sering diingatkan oleh orangtua, guru, maupun perencana keuangan.

Lalu, bagaimana sebaiknya kita menabung secara asyik dan seru? Anda bisa mencoba 10 challenge berikut ini!

1. 30 Days Saving Challenge

Challenge menabung yang pertama adalah menabung secara konsisten selama 30 hari atau yang lebih dikenal dengan 30 days saving challenge

Untuk mencoba challenge yang satu ini cukuplah mudah. Caranya yaitu Anda hanya perlu mengumpulkan uang setiap harinya sampai terhitung 30 hari. Nominal yang perlu dikumpulkan bergantung pada tujuan tabungan tersebut ingin digunakan.

Misalnya Anda ingin pergi menonton konser musisi favorit Anda dengan harga tiket Rp 1.200.000. Maka, uang yang sebaiknya Anda simpan setiap hari sebesar Rp 40.000.

Selain menonton konser, tantangan menabung yang satu ini sangat cocok untuk tujuan finansial jangka pendek lainnya seperti pergi berlibur, membeli barang impian, dan lain sebagainya.

2. Reversed 30 Days Saving Challenge

Jika sebelumnya kita membahas tantangan menabung selama 30 hari yang dimulai dari tanggal 1 atau umumnya saat awal bulan dengan nominal yang besar, tantangan yang satu ini menerapkan cara sebaliknya dimana Anda menabung dengan nominal besar di awal dan semakin dekat dengan akhir bulan maka nominal yang perlu ditabung akan semakin sedikit. Unik sekali ya? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

3. 30 Days Minimalism Challenge

Setiap kali mendengar kata minimalis, apa yang ada dalam benak Anda? Tentunya sesuatu yang sederhana dan simple bukan? Nah, tantangan menabung yang satu ini selain mampu mengajak Anda menerapkan habit menabung yang bagus, Anda juga akan belajar untuk hidup secara sederhana.

Caranya yaitu Anda ditantang untuk menjual barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan ataupun sudah jarang digunakan namun masih dalam kondisi layak. Uang yang nantinya Anda dapatkan tidak akan dibelanjakan akan tetapi dimasukan langsung ke tabungan. Wah, seru sekali ya bisa menerapkan metode konmari sekaligus menabung?

 

Baca Juga: Metode Konmari: Seni Beres-Beres Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

 

4. Menabung Mingguan

Merasa keberatan dengan tantangan menabung selama 30 hari? Bagaimana kalau mencoba tantangan menabung mingguan? Challenge menabung yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai latihan untuk menabung secara konsisten.

Caranya tidak jauh berbeda dengan tantangan menabung selama 30 hari. Pertama-tama Anda perlu menentukan tujuan menabungnya terlebih dahulu. Setelah itu tentukan besaran nominal yang akan Anda tabung secara konsisten selama seminggu.

Tidak harus dimulai dengan nominal yang besar, yang terpenting Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dengan tidak melewatkan satu hari pun.

5. Challenge Menabung 20rb

Tantangan menabung berikutnya yaitu challenge menabung 20rb. Aturannya cukup sederhana dan sangat mudah. Setiap kali Anda memiliki pecahan uang 10 ribu, Anda diharuskan untuk menyimpan uang tersebut.

Sebagai contoh saat Anda mengisi bensin Anda memperoleh kembalian 20 ribu. Uang selembaran ini langsung Anda simpan dan tidak boleh Anda gunakan. Agar tantangan ini bisa berjalan lebih mudah dan seru, Anda bisa menggunakan tabel berikut ini yang bsia disesuaikan dengan target tabungan.

challenge menabung

Tabel Challenge Menabung | Image Source: Aset BFI Finance Digital Team

6. Tantangan Tidak Makan di Luar Selama Sebulan

Meskipun terlihatnya sederhana dan bukan jadi persoalan yang besar, nyatanya makan di luar cukup memakan budget yang tidak sedikit dan menguras anggaran pendapatan yang Anda miliki.

Salah satu cara untuk melakukan penghematan yakni dengan melakukan tantangan untuk tidak makan di luar selama sebulan. Selain lebih hemat, Anda juga memiliki keuntungan lainnya seperti mengasah skill memasak, makan-makanan yang lebih sehat, serta manajemen waktu yang lebih baik.

7. Tantangan Potong 5% dari Gaji

Challenge menabung yang ketujuh adalah memotong 7% dari nominal gaji bulanan yang Anda terima. Ingat, konsep dalam menabung adalah menyisihkan bukan menyisakan.

Anda bisa mencoba challenge ini di awal bulan dan menaruhnya di rekening khusus tabungan. Dengan Anda melakukan tantangan ini, Anda akan tergerak untuk memangkas pengeluaran yang tidak perlu, sehingga uang yang Anda miliki bisa dimaksimalkan untuk menabung.

8. Menabung Sesuai Tanggal

Berkat adanya perkembangan teknologi yang semakin mumpuni, banyak lembaga keuangan yang sudah menerapkan teknologi canggih untuk mendukung sistem finansial yang mereka miliki. Salah satunya yakni sistem auto debet dimana Anda bisa secara langsung mentransfer sebagian uang yang Anda miliki ke rekening tabungan.

Caranya yakni dengan menetapkan tanggal yang paling sesuai dimana pada tanggal tersebut Anda diwajibkan untuk melakukan transfer ke rekening tabungan Anda. dengan begitu, Anda bisa menabung secara rutin setiap bulannya.

9. 52 Weeks Saving Challenge

Belum terbiasa menabung dan ingin meningkatkan kebiasaan menabung yang Anda miliki saat ini? 52 weeks saving challenge bisa jadi pilihan Anda berikutnya!

Aturannya cukuplah mudah dan tidak beda jauh dengan challenge menabung selama 30 hari, hanya saja Anda akan melakukannya selama satu tahun penuh! Wah, sangat menantang ya?

Untuk rutinitasnya sendiri akan dilakukan setiap minggunya agar kebiasaan menabung Anda semakin membaik. Misalnya di minggu pertama Anda menabung sebanyak Rp 50.000, lalu di minggu kedua Rp 30.000, nominal yang Anda pilih dapat dikombinasikan dengan kondisi finansial Anda saat ini.

Yang terpenting, tantangan ini konsisten Anda jalani selama 1 tahun penuh tanpa melewatkannya sedikit pun. Jika merasa kesulitan, Anda bisa membuat catatan kecil atau pengingat di ponsel Anda agar challenge ini tetap berjalan.

10. No Spending Challenge / Tantangan Tanpa Pengeluaran

Challenge menabung yang terakhir sekaligus menjadi tantangan yang cukup menantang buat Anda adalah no spending challenge.

Pada tantangan yang satu ini Anda berkomitmen untuk tidak mengeluarkan uang di luar kebutuhan primer. Aturan lainnya adalah Anda bisa memilih waktu yang tepat kapan saatnya akan memulai challenge ini. Misalnya pada saat hari tertentu seperti weekend. Yang terpenting, pastikan Anda melakukannya secara konsisten dari waktu ke waktu.

Sobat BFI, itulah 10 challenge menabung yang ala BFI Finance. Challenge mana yang ingin Anda coba?

Butuh pinjaman dana cepat dan aman? Ajukan sekarang di BFI Finance! Nikmati berbagai keuntungan yang ada mulai dari tenor panjang dan pencairan dana hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap!

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan sekarang hanya di BFI Finance!

Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Ikuti terus artikel kami mengenai bisnis, gaya hidup, informasi umum, dan sebagainya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum