Artikel

Metode Konmari: Seni Beres-Beres Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

2022-07-15 00:00:00 921
Metode Konmari: Seni Beres-Beres Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

Rumah bersih dan rapih adalah dambaan setiap orang. Salah satu metode beres-beres yang kian populer yaitu metode konmari. Metode ini mengusung gaya hidup sederhana dan memaksimalkan barang di sekitar kita. Sehingga, ke depannya kita dapat lebih fokus pada apa yang harus diprioritaskan serta mampu menjaga kesehatan mental.

Meskipun terbilang mudah, tidak semua orang tahu cara yang tepat untuk membereskan rumah. Kerap kali kita melakukan kesalahan yang sama, menjadikannya kegiatan beres-beres tidak ada habisnya. Jika seperti itu, apa solusi tepat yang dapat dilakukan?

Mari kita simak uraian berikut ini mengenai metode konmari.

 

Apa Itu Metode Konmari?

Metode konmari adalah seni beres-beres atau merapikan rumah yang berasal dari Jepang. Metode ini pertama kali ditemukan oleh Marie Kondo, seoarang konsultan kebersihan yang terkenal akan ide revolusionernya serta penulis buku.

Bukunya mengenai metode konmari yang berjudul The Life Changing of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan diadaptasi oleh Netflix dengan judul Tidying Up with Marie Kondo..

Kata ‘konmari’ merupakan sebuah kombinasi yang diambil dari nama depan dan belakang Marie Kondo. Metode ini dinilai mampu membawa perubahan dalam kehidupan khususnya dalam kerapian serta keteraturan, memberikan efek positif dan menuntun kita pada gaya hidup sederhana (minimalisme).

Berbeda dengan metode beberes yang cenderung mengarahkan kita untuk membuang apa yang tidak perlu, pada metode ini kita justru disarankan untuk mendonasikan barang-barang tersebut.

Manfaat Metode Konmari

Metode konmari memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kehidupan kita.

1. Meningkatkan Fokus

Disorganisasi atau penempatan barang yang tidak sesuai (berantakan) cenderung berpengaruh terhadap hormon stress dan kecemasan sehingga kita sulit fokus terhadap apa yang perlu diprioritaskan. Dengan menerapkan metode konmari, ruangan yang bersih dan tertata rapih akan membuat kita lebih fokus.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Barang yang tidak tertata dan berantakan dapat mempengaruhi kualitas tidur kita, tidur menjadi tidak tenang akibat suasana yang tidak menyenangkan. Lewat metode konmari Anda akan lebih rileks dan tidur lebih pulas.

3. Mengurangi Stress

Beres-beres rumah terbukti dapat memberikan efek positif. Hal ini dikarenakan barang-barang yang berantakan berhasil dirapikan dengan metode konmari sehingga menimbulkan perasaan senang saat melihatnya. 

 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengelola Stres di Lingkungan Kerja

 

4. Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode konmari mampu meningkatkan daya fokus seseorang. Daya fokus ini nantinya akan membantu kita untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas hidup.

5. Meningkatkan Rasa Aman

Ketidakteraturan memiliki dampak negatif terhadap rasa aman yang kita miliki. Kita akan merasa was-was sewaktu-waktu dapat tertimpa atau tergelincir karena benda-benda yang berserakan atau tidak disusun sedemikian rupa. Dengan menjalankan metode konmari, Anda akan terhindar dari perasaan ini.

6. Hemat

Menitik beratkan pada fungsi benda, metode ini mencegah kita untuk berlaku konsumtif dalam membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Tentunya, hal ini sangat bagus untuk melatih kita berpikir berkali-kali sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu hanya karena perasaan senang sesaat (lapar mata).

Cara Menerapkan Metode Konmari

Ada beberapa cara atau aturan dasar yang dapat Anda lakukan agar metode konmari dapat berjalan dengan baik. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

Metode Konmari

Image Source: Pexels

1. Tentukan Tujuan Hidup yang Akan Dicapai

Cara pertama yang bisa Andaa lakukan untuk menerapkan metode konmari yaitu dengan menentukan keinginan apa yang hendak Anda capai dan berkomitmen lah pada diri sendiri untuk merapikan rumah. Melalui motivasi ini nantinya kita akan lebih mudah dan bersemangat untuk merapikan setiap ruangan yang ada.

2. Bayangkan Hidup Ideal yang Diharapkan

Tidak hanya menentukan motivasi atau tujuan, Anda juga perlu membayangkan hidup ideal seperti apa yang diharapkan, perasaan menyengkan apa yang Anda peroleh setelah berhasil melakukannya. Ini adalah cara kedua yang sama pentingnya saat menerapkan metode konmari.

3. Rapikan Rumah Berdasarkan Kategori Barang

Merapikan rumah bukan hanya asal rapih. Anda perlu merapikannya sesuai kategori barang dan bukan lokasi atau ruangan. Setidaknya ada 5 kategori barang yang dapat Anda rapihkan:

  • Pakaian

  • Buku

  • Dokumen

  • Komono atau barang-barang lainnya (misalnya kosmetik atau obat-obatan)

  • Dan barang-barang sentimental

Jika Anda mengalami kesulitan saat merapikannya, Anda juga dapat membaginya ke dalam sub kategori.

Mengapa kita perlu merapikan rumah sesuai dengan kategori? Marie Kondo menilai hal ini dapat mempermudah proses beres-beres karena kita akan terfokus pada barang yang masih memiliki fungsi. Lain halnya dengan merapikan barang sesuai dengan ruangan, hal ini hanya akan memperlama dan mempersulit kegiatan beres-beres yang Anda lakukan.

Selain merapikan sesuai kategori, tips lainnya yaitu:

  1. Merapikan Secara Vertikal

Menaruh barang secara vertikal terbukti dapat menghemat ruang dan memudahkannya untuk dicari. Anda dapat menggunakan kotak atau pembatas laci untuk memastikan semuanya memiliki tempat.

  1. Melakukan Decluttering Sendiri

Hindari perasaan bersalah dengan cara memilah barang yang sudah tidak digunakan seorang diri. Dengan begitu Anda tidak butuh terlalu lama untuk menimbang-nimbang barang mana yang harus disingkirkan atau duhantui perasaan bersalah. 

4. Fokus Pada Barang yang Ingin Disimpan

Artinya menyimpan barang yang dapat memicu kebahagiaan, itulah yang dikatakan oleh Marie Kondo terkait Spark Joy.

“Simpanlah barang yang memilikiikan hati dengan kita, dan singkirkan sisanya untuk memulai kehidupan baru.”

Untuk menentukan barang mana yang memicu kebahagiaan, Anda dapat menyentuh barang yang ada, merasakannya, dan tanya pada diri sendiri apakah barang tersebut menimbulkan kebahagiaan?

5. Lepaskan Barang-Barang yang Ingin Disingkirkan

Cara menerapkan metode konmari yang terakhir yaitu dengan melepaskan barang-barang yang ingin disingkirkan.

Usai merapikan atau memilah barang, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai. Jangan lupa saat melepaskannya Anda dapat mengucapkan terima kasih pada barang tersebut.

Alih-alih membuang, barang yang tidak lagi terpakai dapat Anda donasikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Dengan berdonasi, kita juga melakukan kebaikan karena menolong orang lain melalui cara berbagi.

Apa Langkah Selanjutnya?

Setelah hanya tersisa barang yang dibutuhkan, saatnya melakukan langkah terakhir yaitu ikki, istilah dalam bahasa Jepang yang artinya ‘sekali jalan’ atau menaruh semua barang yang sudah disortir saat itu juga. Marie Kondo percaya,  esensi dari kegiatan beres-beres adalah merapikan semuanya sekaligus dalam satu waktu, saat itu juga. Dan karenanya kita akan terhindar jauh dari pikiran menunda-nuda sebuah pekerjaan.

Alternatif Pinjaman Legal Mudah dan Aman

Butuh pinjaman dana mudah, aman, dan cepat untuk berbagai kebutuhan? BFI Finance siap membantu Anda! BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang sudah terverifikasi oleh OJK. Dengan mengajukan pinjaman di kami, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan. Diantaranya yaitu:

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Sobat BFI, demikian ulasan kami mengenai metode konmari. Semoga dapat membantu Anda dalam memiliki rumah yang rapih dan nyaman.

Ikuti terus artikel kami mengenai bisnis, gaya hidup, informasi umum, dan sebagainya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Sumber: