Informasi Umum

8 Cara Menabung di Rumah dengan Mudah dan Efektif

Admin BFI
16 February 2023
10401
8 Cara Menabung di Rumah dengan Mudah dan Efektif

Cara menabung di rumah adalah awal yang baik untuk membangun kebiasaan menabung dan mengelola keuangan. Dengan menabung secara rutin dan disiplin, Anda akan selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan finansial Anda.

Meskipun tampaknya terlihat mudah dan sederhana, nyatanya masih banyak orang yang masih kesulitan untuk menabung. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, misalnya kondisi ekonomi sampai dengan cara menabung yang kurang tepat.

Nah, bagi Anda yang ingin mulai menabung secara rutin dan mengawalinya dengan cara menabung di rumah, artikel yang satu ini akan mengajak Anda mengenal 8 cara menabung yang efektif dan bisa dengan mudah Anda praktekan. Yuk, simak selengkapnya di sini! 

 

1. Manfaat Menabung

Menabung tidak harus dengan nominal besar, asalkan Anda melakukannya secara rutin, berapapun itu besarannya, pasti akan menjadi banyak di kemudian hari. Adapun sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menabung secara rutin sebagai berikut.

1.1. Sebagai Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang perlu dipersiapkan untuk keadaan darurat. Dengan adanya dana ini Anda tidak akan khawatir jika sewaktu-waktu kondisi mendesak menimpa Anda. Misalnya terkena imbas PHK, jatuh sakit secara mendadak, terjadi krisis perekonomian, dan lain sebagainya.

Besaran dana darurat yang sebaiknya Anda miliki sebesar 3 - 6 kali pengeluaran bulanan Anda. Dana tersebut bisa berubah menjadi lebih besar saat Anda memiliki keluarga ataupun anak.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mempersiapkan Dananya

 

1.2. Untuk Mencapai Financial Freedom

Siapa yang tidak ingin bebas finansial? Hal ini tentunya menjadi impian bagi setiap orang dimana mereka tak lagi dipusingkan dengan pemasukan maupun pengeluaran. Salah satu kunci keberhasilan financial freedom adalah dengan cara menabung di rumah. Dari kebiasaan kecil ini, Anda akan belajar mengelola keuangan secara bertahap dan mampu menuntun Anda untuk mengelola keuangan lebih baik lagi.

1.3. Memiliki Cashflow Keuangan yang Sehat

Besarnya biaya hidup dari tahun ke tahun, tentu menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Dengan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, Anda bisa lebih selektif dalam mengatur skala prioritas dan menghindari gaya hidup hedonisme.

1.4. Hari Tua yang Terjamin

Meskipun terkesan sederhana dan sepele, dengan menabung secara rutin Anda bisa mengumpulkan banyak uang yang cukup untuk dijadikan tabungan di hari tua. Sebagai contoh Anda menabung di rumah dalam rentan waktu satu tahun. Saat uang yang ada sudah terkumpul sesuai dengan waktu yang ditentukan, Anda bisa menaruhnya di instrumen lain yang lebih aman.

2. 8 Cara Menabung di Rumah

Cara menabung di rumah sangatlah beragam. Cara ini dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda ataupun dimulai dengan cara yang dirasa paling sesuai.

cara menabung di rumah

Image Source: bangunstockproductions

2.1. Buat Skala Prioritas

Cara menabung di rumah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat skala prioritas. Apa itu skala prioritas dan mengapa hal ini penting untuk dipertimbangkan?

Skala prioritas adalah sebuah pedoman untuk menentukan tingkat kebutuhan yang kita miliki. Dengan membuat skala ini, Anda akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan utama, bijak dalam mengelola keuangan, menghindari gaya hidup boros atau hedonisme, dan yang terpenting bisa terus termotivasi untuk menabung karena memiliki tujuan menabung yang jelas.

Tips membuat skala prioritas:

1. Seimbangkan pengeluaran dengan pendapatan Anda

2. Manfaatkan diskon atau promosi yang ada saat berbelanja

3. Utamakan bayar kebutuhan rutin setelah gajian

2.2. Sisihkan Bukan Sisakan

Pernahkah Anda berandai-andai untuk bisa menabung lebih banyak saat menyisakan sebagian pendapatan bulanan, namun justru kecolongan atau uang yang ada berakhir habis tak tersisa? Jika iya, mulai sekarang ubahlah mindset menabung Anda dengan rutin menyisihkan sebagian dari pendapatan yang ada setiap bulannya.

Misalnya, tanggal gajian Anda ada di tanggal 25 setiap bulannya. Agar Anda bisa menabung secara rutin, Anda bisa langsung menyisihkan sebagian uang yang ada untuk tabungan. Dengan begini, di akhir bulan tidak akan ada lagi drama kehabisan uang atau menyesal karena tidak sempat menabung.

2.3. Kumpulkan Uang Receh

Cara menabung di rumah berikutnya adalah mengumpulkan uang receh. Uang receh atau uang koin kerap kali dianggap sebelah mata karena nilainya yang relatif murah. Padahal, jika Anda mengumpulkannya secara terus-menerus, uang tersebut akan terkumpul banyak dan bernilai besar. Seperti halnya kata pepatah yang berbunyi ‘sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit’.

Kumpulkan uang receh yang ada di sebuah wadah yang sulit untuk dibuka. Dengan begini, Anda tidak akan tergoda untuk mengambilnya.

Nantinya, saat uang yang terkumpul sudah banyak, Anda dapat menukarkannya ke Bank Indonesia atau menaruhnya ke rekening tabungan Anda. Jika pergi ke bank cukup memakan waktu, Anda juga bisa menukarkannya ke toko terdekat seperti Alfamart, Indomaret, dan sejenisnya.

2.4. Trik Menabung 20 Ribu

Pernah mendengar salah satu trik cara menabung yang unik? Trik menabung 20 ribu patut Anda coba!

Cara ini terbilang unik dan efektif karena jika dilakukan secara konsisten Anda akan berhasil mengumpulkan uang yang cukup banyak. Untuk melakukannya Anda hanya perlu menyimpan lembar 20 ribuan yang Anda temukan setiap harinya. Saat sudah terkumpul cukup banyak, segera alihkan ke aset lain yang lebih stabil

 

Baca Juga: Mengenal Kakeibo, Seni Menabung Ala Orang Jepang

 

2.5. Pertimbangkan Menabung Emas

Selain menabung secara konvensional seperti menaruh uang dalam celengan, Anda juga bisa menabung dengan cara lainnya seperti menabung emas batangan.

Emas batangan memiliki nilai aset yang stabil, setiap tahunnya harga emas naik mengikuti inflasi yang berlaku. Kenaikan yang ada pun tidak bersifat fluktuatif (naik turun) seperti saham atau obligasi. Dengan begitu, emas bisa melindungi nilai uang yang Anda miliki, menjaga dari inflasi.

Keuntungan lainnya, emas bisa Anda jadikan sebagai dana darurat karena kemudahannya untuk dicairkan jika dibandingkan dengan aset lain seperti tanah atau properti. Meskipun begitu, pastikan Anda memilih emas batangan yang sudah terverifikasi oleh lembaga pemerintah untuk menghindari penipuan.

2.6. Menabung di Celengan

Menabung di celengan barangkali menjadi cara menabung pertama yang kita tahu sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Cara ini ternyata masih sangat efektif untuk dilakukan sampai saat ini.

Bukan cuma anak-anak, cara menabung di rumah yang satu ini sangat cocok untuk semua usia. Yang terpenting, pilihlah celengan yang sulit untuk dibuka agar dan yang ada tetap terjaga.

2.7. Prioritaskan Perbaikan Barang yang Rusak dibandingkan Membeli Baru

Jika barang yang Anda gunakan mengalami kerusakan, jangan buru-buru panik dan menggantinya dengan yang baru. Lihat masa usianya, apakah masih layak atau tidak. Jika masih layak, sebaiknya diservis saja ketimbang beli baru. Hal ini bisa menekan biaya pengeluaran yang membengkak.

2.8. Konsisten dalam Menabung

Cara menabung di rumah yang terakhir adalah dengan melakukannya secara konsisten. Tanpa menerapkan hal ini, semua cara di atas tentu akan dirasa percuma. Sebab, progress yang ada akan berjalan sangat lambat dan akan lebih lama untuk Anda mencapai tujuan utama.

Sobat BFI, itulah 8 cara menabung di rumah yang bisa Anda terapkan. Yuk, mari biasakan menabung sedini mungkin. Berapapun usia Anda saat ini, tidak ada kata terlambat untuk menabung dan membangun kebiasaan baru yang baik. Dengan menabung, sebagian permasalahan finansial bisa teratasi dengan baik. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Butuh dana tambahan untuk wujudkan impian Anda? Ajukan pembiayaan di BFI Finance! Prosesnya cepat dan mudah, dapatkan pencairan dana hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum