Gaya Hidup

Bingung Cara Menghadapi Masalah Keuangan? Begini Solusinya!

Admin BFI
29 August 2022
14366
Bingung Cara Menghadapi Masalah Keuangan? Begini Solusinya!

Masalah keuangan dapat menimpa siapa saja. Tatkala masalah ini hadir, ada kalanya kita merasa kebingungan untuk menghadapinya. Meskipun begitu, perlu kita ingat jika setiap masalah yang ada sudah sepaket dengan solusinya.

Nah, jika Anda sedang berada di posisi ini, cara berikut dapat menjadi jalan keluar untuk masalah keuangan Anda. Bagaimana caranya? Mari kita simak uraian di bawah ini!

 

Masalah Keuangan yang Paling Sering Terjadi

1. Tidak Memiliki Dana Darurat

Masalah keuangan yang pertama yaitu tidak adanya dana darurat. Dana darurat adalah salah satu dana yang sangat krusial bagi setiap orang. Pasalnya, dengan adanya darurat ini kita akan lebih siap menghadapi pelbagai masalah yang bisa menimpa di kemudian hari.

Solusi: Siapkan Dana Darurat Sedini Mungkin

Jika Anda mengalami masalah ini, solusi yang dapat Anda lakukan yaitu mulai menabung untuk dana darurat. Idealnya, dana darurat yang kita miliki berjumlah 3X lipat dari kebutuhan kita selama 1 bulan.

2. Sulit Menahan Godaan, Cenderung Impulsif dan Konsumtif

Sulitnya menahan ego dan ketidaksadaran akan sifat impulsif menjadi salah satu masalah keuangan berikutnya yang paling sering terjadi pada banyak orang.

Hal ini dikarenakan adanya kesulitan dalam membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Alhasil, saat kita melihat sesuatu yang menarik dan lapar mata, kita cenderung mengeluarkan sejumlah uang dan boros.

Tak ayal, sebagian orang ada yang harus terperangkap dalam pinjaman online atau rentenir dan mengakibatkan mereka sering dikejar-kejar debt collector.

Solusi: Kurangi Gaya Hidup Boros

Jika Anda mengalami masalah keuangan ini, hal yang bisa Anda lakukan yaitu mengontrol diri sendiri untuk bisa membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan hanya keinginan semata. Hindari pula membeli sesuatu dengan cara kredit. 

Untuk menanggulangi sifat konsumtif cukuplah mudah. Pertama, siapkan sederet list apa saja yang Anda butuhkan selama sebulan. Buat rincian dananya dan alokasikan dana yang ada ke dalam beberapa post agar semua yang Anda butuhkan sudah ditakar sedemikian rupa.

Saat pertama kali menerapkan cara ini, tentunya Anda akan merasa sulit menahan berbagai godaan seperti diskon, best deal, dan semacamnya. Akan tetapi, jika Anda memiliki tekad yang kuat dan keinginan yang besar untuk merubah gaya hidup boros, lambat laun hal ini akan menjadi bagian dari kebiasaan Anda. Utamakan selalu untuk menabung.

 

Baca Juga: Rumus Mengatur Gaji 4-3-2-1 Untuk Siklus Keuangan Yang Lebih Sehat

 

3. Sulit Membeli Rumah

Harga rumah kian melambung tinggi dari tahun ke tahun. Banyak orang dengan penghasilan yang cukup dan memiliki pekerjaan tetap ikut merasakan kesulitan untuk membeli rumah.

Solusi: Ajukan KPR dengan uang muka atau DP sebesar 15-30% dari total harga rumah

Untuk mengatasi masalah keuangan yang satu ini, Anda bisa menyiapkan sejumlah dana untuk melakukan DP rumah sebesar 15-30% dari harga rumah yang Anda pilih.

4. Kesulitan Membiayai Pendidikan Anak

Mengalami kendala atau kesulitan membiayai pendidikan Anak menjadi masalah keuangan yang banyak dialami oleh para orangtua.

Pasalnya, biaya pendidikan anak setiap tahunnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Belum lagi, kebutuhan akan pendidikan tidak hanya biaya sekolah tapi juga ada hal lainnya yang harus dipersiapkan demi menunjang kebutuhan Anak serta mempersiapkan masa depan yang cerah.

Solusi: Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Demi tercapainya goal utama Anda terkait pendidikan anak, Anda bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Beberapa cara yang bisa Anda coba antara lain sebagai berikut.

1. Membuat Perencanaan Jenjang Pendidikan Anak

2. Mencari Informasi Sekolah yang Hendak Dipilih

3. Memperhitungkan Dana Pendidikan Anak

4. Merencanakan Tabungan Dana Pendidikan Anak

5. Menjadi Nasabah Asuransi Pendidikan

6. Melakukan Investasi

7. Evaluasi Keuangan

8. Aktif di Media Sosial Untuk Mencari Informasi Mengenai Biaya dan Tips Mengatur Keuangan Untuk Dana Pendidikan Anak

Informasi lengkapnya bisa Anda baca di tautan berikut.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Tepat

 

Strategi Mengatasi Masalah Keuangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap orang bisa saja mengalami masalah keuangan. Untuk meminimalisir hal yang tidak diharapkan terjadi dan mengganggu arus kas bulanan Anda, strategi berikut ini bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Masalah Keuangan

Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Cari Tahu Sumber Masalahnya

Untuk bisa mengatasi masalah keuangan secara tepat, Anda harus menganalisa terlebih dahulu akar masalah yang ada dengan cara mengingat kembali transaksi pengeluaran dan mencatat apa saja tanggungan keuangan yang ada.

Coba ingat-ingat kembali kapan kiranya Anda merasa pengeluaran yang ada cukup menggaggu Anda. Apakah ada kebutuhan mendesak, terjadi penurunan pemasukan, atau lainnya.

Dengan Anda mencari tahu sumber masalahnya, Anda bisa terhindar dari gali lubang tutup lubang di mana Anda terus menerus meminjam demi bisa mencukupi kebutuhan bulanan dan menutup utang sebelumnya yang belum sempat terbayarkan atau gagal bayar.

Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Dengan melakukan cara yang satu ini Anda bisa tahu pemasukan pasti dan pengeluaran yang ada. Ini juga penting untuk mengerem pengeluaran yang tidak perlu di bulan berikutnya. Dengan kata lain, adanya catatan ini bisa jadi bahan evaluasi untuk mencapai kondisi finansial yang aman. 

Mencari Tambahan Penghasilan

Jika Anda merasa pendapatan utama belum juga cukup untuk menutupi segala kebutuhan Anda setiap bulannya, Anda bisa mulai mencari tambahan penghasilan.

Dalam hal ini yang bisa Anda lakukan antara lain membuka jasa freelance, mencari kerjaan sampingan atau side hustle di luar jam kerja ataupun membuka usaha.

Di sisi lain, adanya pekerjaan sampingan ini bisa menambah uang tabungan Anda dan memperluas koneksi.

 

Baca Juga: Wajib Coba, Ini dia 10 Ide Usaha Online Modal Kecil Untung Berlipat!

 

Menjual atau Menggadaikan Aset

Kita tentunya tidak ingin aset yang sudah lama dikumpulkan dijual begitu saja. Meskipun demikian, jika keadaanya sangat mendesak, Anda bisa menjual atau menggadaikannya sebagai alternatif memperoleh dana cepat. Misalnya menggadaikan kendaraan Anda ke perusahaan pembiayaan.

Adapun jenis barang-barang yang dapat digadaikan antara lain seperti di bawah ini.

1. BPKB Motor atau Mobil

2. Sertifikat Tanah atau Rumah

3. Emas

4. Barang-Barang Elektronik

Menagih Piutang

Coba Anda ingat-ingat lagi apakah pernah ada seseorang atau kerabat terdekat yang meminjam uang Anda? Jika ya, inilah saat yang tepat untuk meminta kembali uang tersebut.

Untuk mempermudah agar piutang tersebut dapat segera dilunasi, Anda bisa menceritakan secara gamblang mengenai masalah keuangan yang tengah Anda hadapi. Jangan pernah merasa sungkan atau tidak enak untuk menagih apa yang menjadi hak Anda.

Jangan Lupa Untuk Menabung dan Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat dan tabungan sangat berpengaruh terhadap kestabilan keuangan. Sebab, kehadiran keduanya bisa menyelamatkan arus kas yang ada tanpa mengganggu post keuangan yang lain. Anda juga tidak akan ketar-ketir mencari pinjaman jika tiba-tiba mengalami insiden tertentu yang membutuhkan banyak biaya.

Keuntungan dari adanya dana darurat yaitu bisa mengcover biaya yang diperlukan jika Anda tiba-tiba terjatuh sakit, kecelakaan, atau terkena PHK. Sehingga Anda tidak perlu memutar otak untuk mencari cara memperoleh pinjaman.

Di samping menabung, Anda juga bisa mempelajari terkait investasi dan instrumennya yang sekiranya bisa menguntungkan Anda dengan tingkat resiko rendah. Jangan lupa untuk tidak FOMO saat Anda berencana untuk melakukan investasi.

Membuat Perencanaan Keuangan

Membuat perencanaan keuangan sangatlah penting dan bermanfaat untuk Anda di kemudian hari. Hal ini akan menjauhkan Anda dari kemungkinan buruk misalnya bokek di tanggal muda, terlilit hutang. Anda juga akan lebih cepat meraih goal yang diharapkan seperti membeli suatu barang atau merdeka finansial yang Anda impikan.

Solusi Masalah Keuangan Anda

Butuh pinjaman dana cepat untuk berbagai macam kebutuhan? Ajukan pinjaman di BFI Finance!

BFI Finance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BFI Finance menawarkan berbagai keuntungan untuk produk yang ditawarkan. Informasi lebih lanjut terkait pinjaman dan penawaran lainnya bisa diakses melalui link di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Sobat BFI, demikian informasi mengenai Bingung Cara Menghadapi Masalah Keuangan? Begini Solusinya! Harapannya, semoga artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian untuk lebih siap menghadapi masalah keuangan yang ada.

Pastikan untuk selalu membuat perencanaan keungan yang matang dan tekan gaya hidup sederhana agar bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak diharapkan.


Temukan artikel menarik dan bermanfaat lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Kategori : Gaya Hidup