Artikel

21 Ide Usaha Modal 1 Juta, Menarik dan Menguntungkan!

2022-02-24 00:00:00 13665
21 Ide Usaha Modal 1 Juta, Menarik dan Menguntungkan!

Siapa yang setuju, membuka usaha tidak perlu membutuhkan modal yang besar? Yap, bahkan dengan modal 1 juta bahkan dibawahnya, suatu bisnis pun tetap akan berjalan. Berikut tim BFI Finance rangkum, ide usaha modal 1 juta yang dapat Anda jalankan. Dengan usaha yang konsisten dan mental yang kuat, bukan tidak mungkin usaha modal 1 juta ini dapat menghasilkan omset hingga puluhan juta setiap bulannya. Apa saja? Yuk kita simak bersama!

 

21 Ide Menarik Usaha Modal 1 Juta

1. Dropshipper

Usaha modal 1 juta yang pertama yaitu dengan memulai bisnis dropship. Anda dapat menjadi dropshipper untuk produk pakaian, sepatu, makanan, dan lain-lain. Menjadi dropshipper bahkan dapat tidak dikenai modal sama sekali. Melalui sistem dropship, Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan serta pembayaran dari customer ke penjual. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya modal bahan baku. Meski begitu, jangan dianggap remeh juga ya. Pengetahuan tentang produk yang dijual dan bagiamana cara merespon customer adalah cara agar bisnis dropshipper dapat berjalan sukses.

2. Usaha Makanan untuk Sarapan

Memulai bisnis yang satu ini juga dapat menjadi ide usaha modal 1 juta yang berbeda. Dengan menjual makanan untuk sarapan bagi para pekerja kantoran atau anak sekolah yang tidak sempat mempersiapkan sarapannya sendiri. Jika rumah Anda terletak di pinggir jalan raya atau di gang yang cukup strategis, Anda dapat meletakkan dagangan Anda di depan rumah. Untuk jam buka operasionalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk buka hingga setengah hari. Anda dapat menjual aneka makanan sarapan seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, lontong sayur, dan lain-lain.

3. Usaha Makanan Ringan

Membuka bisnis camilan atau makanan ringan adalah ide bisnis yang tepat dan dapat Anda coba sebagai bisnis sampingan. Cobalah untuk menjual makanan ringan seperti mie lidi, makaroni goreng/basah, aneka keripik, dan lain-lain. Anda dapat mencobanya melalui sistem pre-order, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal awal yang banyak diawal. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan gerobak atau meja sebagai sarana tempat jual, pilihlah gerobak atau meja sederhana dengan harga dibawah Rp 500.000. Sisa modalnya dapat Anda gunakan untuk membeli bahan baku makanan ringan tersebut.

4. Aneka Kue Kering

Bisnis kue kering juga menjadi pilihan usaha modal 1 juta yang tepat, terutama jika mendekati perayaan hari-hari besar seperti lebaran, natal, dan tahun baru. Jika Anda memiliki hobi membuat kue kering, ide bisnis ini dapat Anda coba dan mungkin menjadi salah satu prospek bisnis yang paling menguntungkan. Banyak sekali aneka kue kering yang dapat Anda kreasikan seperti kue nastar, kastengel, lidah kucing, dan kue puteri salju. Anda dapat menjualnya dengan sistem pre-order, sehingga kue kering hanya akan dibuat jika terdapat pesanan yang masuk. Anda dapat menawarkannya kepada rekan-rekan terdekat dengan Anda terlebih dahulu. Sehingga, produk jualan Anda dapat lebih mudah diterima. Selanjutnya, Anda dapat memikirkan untuk memperluas pasar Anda. Gunakanlah social media sebagai sarana promosi penjualannya.

Usaha Modal 1 Juta Kue Kering

Cookies. Source: unsplash

5. Usaha Masker

Dengan datangnya musim pandemi kali ini, memulai bisnis berjualan masker merupakan ide usaha modal 1 juta yang dapat Anda pilih. Anda dapat menjual tipe masker kain yang terbuat dari kain katun, sehingga modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi. Anda cukup membutuhkan kain meteran dan biaya konveksi untuk menyulap kain menjadi masker. Anda pun dapat menjalankan bisnis ini dari rumah dan kemudian menjualnya secara online melalui berbagai platform e-commerce maupun social media.

6. Thrift Shop

Nah, ini dia bisnis yang terbilang sedang naik daun. Bisnis thrift shop adalah bisnis jual beli pakaian dan aksesoris yang telah terpakai atau dengan kata lain jual beli barang second. Jadi, jika Anda memiliki pakaian yang Anda rasa sudah tidak ingin lagi memakainya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Pastikan pakaian ataupun aksesoris tersebut masih layak dipakai ya. Tentunya, Anda dapat menentukan harga jual dibawah harga beli awal produk Anda. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis thrift shop ini adalah kemasan atau packaging untuk mengemas produk agar terlihat lebih rapi. Anda dapat mengemasnya dengan box atau tas berbahan daur ulang. Diluar itu, biaya yang muncul seperti biaya pengiriman umumnya akan ditanggung oleh pembeli. Selain itu, para pegiat thrift shop banyak memasarkan produknya melalui Instagram maupun Facebook.

Usaha Modal 1 Juta Thrift Shop

Thrift Shop. Source: unsplash

7. Tas Rajut atau Crocket Bag

Usaha Modal 1 juta yang lainnya adalah dengan menjual crocket bag atau yang lebih dikenal dengan tas rajut. Bisnis ini dapat Anda jalankan jika Anda memiliki keterampilan khusus merajut ya. Belum banyak pemain usaha tas rajut ini jika dibandingkan dengan bisnis reseller tas pada umumnya. Tas rajut dapat menjadi keunikan tersendiri bagi yang menggunakannya terutama kaum perempuan. Selain terlihat memberikan kesan vintage, tas rajut ini juga memiliki harga yang terjangkau. Harga jual tas rajut ukuran sedang berkisar dari Rp 60.000 hingga Rp 300.000.

8. Usaha Jilbab

Usaha fashion lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan berbisnis jilbab. Berbisnis jilbab tergolong membutuhkan modal yang rendah. Dengan harga jual jilbab sederhana per piecesnya yang berkisar dari Rp 8.500 hingga Rp 20.000, Anda kiranya membutuhkan modal kurang lebih Rp 500.000. Anda juga dapat memilih model bisnis jilbab sebagai reseller maupun dengan memproduksi sendiri. Jika Anda memproduksi sendiri tentunya akan lebih bervariatif dari segi model dan dapat lebih menekan biaya.

9. Jasa Penulisan Artikel Lepas

Seiring berkembangnya dunia digital, kini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan pada artikel sebagai penyumbang traffic dalam websitenya. Jika Anda menyukai menulis dan memiliki pemahaman bagaimana menulis yang baik ditambah pengetahuan mengenai SEO, cobalah membuka jasa penulisan artikel lepas. Kini tersedia berbagai materi pembelajaran secara gratis mengenai bagaimana menulis yang baik seperti melalui Youtube. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk membuka jasa penulisan artikel. Umumnya, biaya jasa penulisan artikel berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per 100 kata. Nominalnya juga disesuaikan dengan tingkat kesulitan tulisan yang dibuatnya.

Usaha Modal 1 Juta Penulisan Artikel Lepas

Jasa Penulisan Artikel Lepas. Source: unsplash

10. Jasa Pembuatan Website

Selain menjadi penulis lepas, usaha modal 1 juta bahkan dibawahnya terkait dengan digitalisasi adalah dengan membuka jasa pembuatan website. Jika Anda paham dan ahli mengenai Bahasa pemrogaman dan memiliki waktu luang yang banyak, tidak ada salahnya membuka jasa pembuatan website ini. Modal yang dibutuhkan adalah tidak lain laptop atau komputer yang sehari-hari Anda gunakan dan biaya operasional internet per bulan. Estimasi pendapatan untuk sekali pembuatan website berkisar dari Rp 1.500.000, lho. Menguntungkan bukan?

11. Jasa Pembuatan Konten Sosial Media

Siapa yang saat ini tidak menggunakan social media seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter? Dapat dipastikan jumlah pengguna aktifnya melebihi pengguna tidak aktif. Ditambah lagi dengan penggunaan social media sebagai sarana promosi bisnis. Dengan kesempatan tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai penghasilan tambahan. Anda dapat melakukan jasa bisnis ini dirumah, tidak perlu menyewa tempat per bulannya. Lain halnya, jika jasa pembuatan konten ini sudah dalam skala besar dan memperkerjakan karyawan, menyewa tempat per bulan dapat untuk dipertimbangkan. Kebutuhan lain yang perlu dipenuhi adalah tools yang digunakan untuk mempercantik desain Anda seperti Canva maupun Photoshop. Jika Anda menggunakan kedua tools tersebut atau berbagai tools lainnya dalam versi premium dan asli, umumnya terdapat biaya langganan per bulannya yang tidak lebih dari Rp 200.000. Selain itu, kreativitaslah yang bermain!

12. Jasa Desain Grafis

Selain jasa penulisan lepas dan pembuatan website, bagi Anda yang memiliki keahlian desain grafis, tidak ada salahnya untuk mengembangkan usaha sendiri dalam bidang desain. Seperti membuat logo bisnis misalnya atau membuat pixel art poster sesuai dengan permintaan. Biasanya Anda membutuhkan tools berbayar dalam mendukung pembuatan seni desain grafis ini. Namun, umumnya tidak membutuhkan biaya lebih dari 1 juta. Dengan usaha yang konsisten, bukan tidak mungkin bisnis jasa desain grafis yang Anda geluti dapat menjadi penghasilan utama yang memiliki omset jutaan rupiah per bulannya.

13. Bisnis Tanaman Sukulen dan Kaktus

Sukulen adalah tanaman hias dengan ciri khasnya berukuran mungil yang belakangan ini sedang populer. Dengan bentuknya yang berbeda dan cenderung unik, membuat tanaman sukulen menjadi list favorit penghias sudut dan halaman rumah. Tanaman sukulen merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur dengan pangairan yang minim. Beberapa jenis tanaman sukulen ini antara lain kaktus, jade plant, burros tail, strings of hearts, dan lain-lain. Harga 1 tanaman sukulen berkisari mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 15.000 tanpa pot. Estimasi harga grosir pot per satuannya yaitu Rp 2.000. Sebagai pemercantik, Anda dapat menambahkan bebatuan kecil yang per karungnya dihargai mulai dari Rp 60.000. Harga jual tanaman sukulen lengkap dengan pot nya biasanya dipatok mulai dari harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Usaha Modal 1 Juta Tanaman Succulent

Tanaman Succulent. Source: unsplash

14. Jasa Menjahit

Usaha modal 1 juta berikutnya adalah dengan membuka jasa jahit. Modal yang dibutuhkan antara lain mesin jahit yang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 600.000. Selain itu, Anda membutuhkan berbagai perlengkapan dan peralatan seperti benang, jarum, penggaris kain, gunting kain yang dapat ditotal dengan harga Rp 300.000. Jika Anda belum mahir dalam keahilan menjahit, Anda dapat mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu atau belajar dengan kerabat Anda yang lebih ahli. Sebagai awalan, Anda juga bisa menerima orderan dari kerabat atau tetangga terdekat. 

15. Jasa Make Up Artist (MUA)

Selanjutnya, bagi kaum perempuan yang memiliki ketertarikan pada make up dan rias-merias, tidak ada salahnya untuk membuka jasa make up artist (MUA). Terdapat beberapa pilihan jenis make up seperti untuk kesempatan wisuda maupun pernikahan. Anda dapat memulai membuka jasa rias dengan menawarkannya kepada rekan-rekan terdekat dan gunakanlah produk rias yang sederhana. Jika sudah semakin berkembang dan jumlah klien semakin banyak, Anda dapat meng-upgrade produk make-up yang lebih bervariasi dan berkualitas.

16. Bisnis Aksesoris Handmade

Bisnis aksesoris handmade seperti gelang, kalung, cincin, dan anting dapat menjadi ide usaha modal 1 juta selanjutnya. Bahan dasar untuk membuat gelang dan kalung yang terbuat dari tali tidak membutuhkan modal yang besar. Per meter bahan tali gelang dijual dengan harga mulai dari Rp 750 saja. Untuk kalung, Anda dapat menambahkan aksesoris bandul agar tidak terlihat monoton. Dengan harga jual yang ada di pasaran, Anda berkesempatan mendapatkan pendapatan hingga 100% dari modal awal. Menarik bukan?

17. Katering Sehat Harian

Kini, gaya hidup sehat mulai ramai digaungkan kembali dengan hadirnya banyak komunitas yang menyajikan seruan dan ajakan untuk memulai gaya hidup sehat, mulai dari makanan dan rajin berolahrga. Kondisi tersebut melahirkan kesempatan bagi para pegiat usaha kuliner untuk menyajikan makanan sehat, salah satunya dengan pilihan menu katering sehat harian. Anda dapat membuat usaha katering sehat ini dengan sistem pre-order. Harga jual katering sehat ini bervariasi mulai dari Rp 50.000 per porsinya. Tertarik untuk mencobanya?

18. Jasa Setrika

Untuk membuka jasa setrika, ternyata tidak harus membuka usaha laundry secara penuh lho! Biasanya, jasa setrika ini banyak ditemui di area pemukiman warga. Target customernya adalah ibu rumah tangga  atau keluarga yang tidak mempunyai waktu lebih untuk menyetrika pakaian miliknya sendiri. Jasa setrika per kilo nya dapat dihargai mulai dari Rp 5.000 tergantung daerah yang ditempatinya. Modal yang dibutuhkan adalah parfum pelican pakaian yang dapat dibeli dengan harga Rp 6.000 per 300 ml dan listrik per bulannya yang besar nominalnya tergantung pemakaian.

19. Jasa Titip Produk (Jastip)

Usaha modal 1 juta yang lain yaitu dengan memulai jasa titip produk. Tren bisnis jasa titip produk di Indonesia mulai booming sekitar tahun 2017. Dan hingga kali ini, bisnis jasa titip produk masih diminati banyak orang. Bisnis jasa titip dapat dilakukan saat Anda berpergian ke suatu tempat dalam tujuan wisata maupun trip yang khusus diperuntukkan untuk memenuhi order customer jasa titip. Umumnya, biaya yang dikenakan per produk adalah Rp 15.000 – Rp 30.000. Banyak pegiat bisnis jasa titip ini yang meraup omset puluhan juta rupiah per bulannya, lho! 

20. Makrame

Pernahkah Anda mendengar kata Makrame? Yap, Makrame adalah hiasan dinding cantik yang terbuat dari simpulan benang ataupun rotan. Belakangan ini, hiasan makrame sedang naik daun di Indonesia, lho. Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat makrame sangat sederhana yaitu tali benang dan kayu. Namun, memang kreasi macrame ini memerlukan kreativitas dan keahlian merajut yang mumpuni. Tetapi, tidak ada salahnya untuk belajar dan mencobanya dari nol, bukan? Harga jual macrame berukuran sedang berkisar mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 300.000 tergantung tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Usaha Modal 1 Juta Makrame

Macrame. Source: unsplash

21. Bisnis Ikan Cupang

Nah, bisnis yang satu ini mungkin peminatnya didominasi oleh kaum pria ya. Bisnis ikan cupang memang tidak ada habisnya. Ikan mungil yang cantik ini memiliki daya tarik tersendiri untuk siapa saja yang memeliharanya. Ikan cupang juga memiliki pembagian kelas dari segi kualitasnya, mulai dari yang rendah hingga star-quality. Untuk membeli indukan dari kelas yang paling rendah dapat dikenakan harga mulai dari Rp 300.000. Anda juga memerlukan bak air untuk pembesaran ikan dengan harga kurang lebih Rp 100.000. Sementara, untuk membeli pakannya dapat dihargai mulai dari Rp 100.000. Jika ditotal, modal bisnis ikan cupang ini sebesar Rp 500.000 untuk kualitas yang paling rendah. Jika sudah memiliki banyak pembeli, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan bibit ikan cupang dengan kualitas yang lebih tinggi.

Usaha Modal 1 Juta Ikan Cupang

Ikan Cupang. Source: unsplash

 

Itulah keduapuluhsatu ide usaha modal 1 juta yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulainya. Pilihlah ide usaha yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Selain itu, bisnis yang sukses membutuhkan ketekunan, kegigihan dan jatuh bangun pada prosesnya. Maka dari itu, selalu belajar dan nikmati prosesnya ya! Jika Anda membutuhkan dana untuk keperluan modal usaha, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance! Anda berkesempatan mendapatkan plafond pinjaman mulai dari Rp 1 juta dengan menjaminkan BPKB Motor Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjaminkan BPKB Mobil maupun Sertifikat Rumah dengan minimum pencairan dana yang lebih besar. Jika persyaratan pengajuan Anda lengkap, bukan tidak mungkin pencairan dana hanya membutuhkan dua hari saja! Yuk, ajukan pembiayaan Anda segera bersama BFI Finance! Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda!

Sumber: