Bisnis

23 Ide Bisnis Kreatif Wajib Untuk Dicoba Tahun 2023!

Admin BFI
26 June 2023
10845
23 Ide Bisnis Kreatif Wajib Untuk Dicoba Tahun 2023!

Memiliki bisnis pribadi merupakan dambaan bagi kebanyakan dari kita. Pasalnya, dengan memiliki bisnis sendiri, kita bisa lebih leluasa untuk memanagenya sesuai dengan waktu dan komitmen yang kita inginkan.

Namun, kadangkala kita merasa buntu ide atau kebingungan untuk memilih bisnis apa yang sekiranya cocok untuk dicoba. Nah, bagi Anda yang tengah mencari inspirasi terkait ide bisnis kreatif, daftar berikut ini patut untuk Anda simak sampai habis!

 

Daftar Ide Bisnis Kreatif Terupdate di Tahun 2023

Ada begitu banyak ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba di tahun 2023 ini. Berikut ini 23 ide bisnis terupdate yang bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba sesuai dengan passion dan minat Anda.

Yuk, kita cek ada apa saja!

1. Dropshipper

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah dropshipper. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan pekerjaan yang satu ini. Pasalnya, menjadi seorang dropshipper tidak membutuhkan banyak modal bahkan bisa dimulai tanpa modal sekalipun!

Anda tidak perlu stok barang, cukup bekerjasama dengan supplier atau produsen yang siap mengirimkan produk kepada pelanggan atas nama Anda.

Dengan modal laptop atau smartphone dan koneksi internet, Anda dapat memasarkan produk melalui platform online seperti Instagram, Facebook, atau marketplace.

 

Baca Juga: Cara Jualan di TikTok Shop: 6 Langkah Mudah Untuk Pemula!

 

2. Admin Sosial Media

Selanjutnya yakni menjadi admin sosial media. Pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang mahir dalam mengelola dan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Banyak bisnis yang membutuhkan bantuan dalam mengelola konten, menjalankan campaign, maupun berinteraksi dengan para pelanggan. Dengan modal gadget dan koneksi internet yang stabil, Anda dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan bekerja sebagai admin sosial media. Menarik ya?

 

Baca Juga: Raup Banyak Keuntungan, Ini 10 Cara Jualan di Facebook Paling Ampuh!

 

3. Desain Grafis

Ide bisnis kreatif yang ketiga yaitu dengan menjalankan usaha desain grafis. Bagi Anda yang memiliki keahlian desain grafis, Anda dapat menjajal untuk membuka jasa tersebut. Dengan keahlian desain grafis yang Anda miliki, Anda dapat membuat jasa pembuatan logo bisnis, poster, banner, dan lain-lain.

Dunia bisnis yang selalu berkembang, selalu membuka peluang secara positif untuk jasa desain grafis ini. Jika Anda belum memiliki keahlian tersebut, tidak ada salahnya untuk memulai belajar dari sekarang!

4. Event Organizer

Membangun usaha event organizer juga dapat menjadi pilihan alternatif berikutnya yang dapat Anda jalankan bersama keluarga. Bisnis Event Organizer adalah jenis bisnis yang membutuhkan banyak orang untuk mengeksekusi acara yang dihandle-nya.

Anda dapat memanfaatkan anggota keluarga untuk membantu pada jalannya operasional bisnis event organizer ini. Contohnya, orang yang bertanggung jawab mencari partner, koordinator lapangan, keuangan, pelayanan, dan lainnya.

 

Baca Juga: Simak Tips Bisnis Sukses Dalam Menjalankan Usaha Keluarga

 

5. Affiliasi

Jika Anda memiliki kemampuan memasarkan produk secara persuasif, affiliate marketing adalah ide bisnis kreatif tanpa modal yang bisa Anda jadikan pilihan yang tepat. Anda akan mempromosikan produk orang lain melalui tautan afiliasi yang dibuat khusus untuk Anda.

Ketika ada transaksi pembelian yang dilakukan melalui tautan tersebut, Anda akan mendapatkan komisi. Tanpa modal, Anda bisa mulai memasarkan produk dengan memanfaatkan blog, media sosial, atau email marketing.

Beberapa Situs yang Menawarkan Program Afiliasi

  • Tokopedia

Situs Web: https://affiliate.tokopedia.com/

  • Shopee

Situs Web: https://affiliate.shopee.co.id/

  • Lazada

Situs Web: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/

  • Tiktok

Situs Web: https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate

  • BliBli

Situs Web: https://www.blibli.com/pages/affiliate

 

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini

 

6. Jasa Membuat Hampers / Hadiah by Request

Hampers adalah salah satu barang yang banyak diminati masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan adanya hampers kita bisa mengirim hadiah ke mana saja tanpa perlu repot-repot datang ke toko dan membungkusnya.

Ragam ide usaha hampers yang bisa Anda coba:

1. Hampers untuk hadiah wisuda

2. Hampers untuk hadiah ulang tahun

3. Hampers untuk hadiah pernikahan

Untuk isinya, Anda bisa memvariasikan beragam barang-barang unik dan menarik. Baik itu makanan maupun barang-barang. Tergantung dari harga yang Anda patok atau permintaan dari pelanggan (by request).

7. Laundry Kiloan dan Laundry Sepatu

Ide bisnis kreatif yang ketujuh yaitu membuka usaha laundry kiloan dan laundry sepatu. Usaha laundry tersebut dapat dijalankan dirumah maupun lokasi yang berdekatan dengan rumah agar mudah dalam mengorganisirnya.

Modal utama yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini antara lain mesin cuci, detergen, parfum laundry, setrika, dan karyawan jika Anda membutuhkan bantuan. Jika usaha laundry Anda berlokasi di area padat penduduk, tentunya peluang usaha ini akan sangat menjanjikan.

Selain usaha laundry pakaian, usaha laundry sepatu juga banyak dilirik para pegiat usaha karena memiliki pangsa pasar yang cukup luas, terutama daerah perkotaan yang sibuk.

8. Les Privat Online

Ide bisnis kreatif selanjutnya yaitu dengan mengajar online melalui platform tertentu. Saat ini jarak bukanlah penghalang untuk belajar. Dengan memanfaatkan platform online, Anda dapat belajar dari orang yang lebih berpengalaman yang memiliki jarak ratusan kilometer dari rumah Anda.

Jika Anda menguasai Bahasa Inggris secara aktif misalnya, Anda dapat mengubah peluang tersebut dengan menjadi pengajar Bahasa inggris di platform Italki atau duolingo. Selain menambah penghasilan, menjadi pengajar online tentunya akan menambah pertemanan lintas daerah. Seru ya!

9. Streamer Game Online

Bermain game tidak hanya mengasyikkan untuk dilakukan tapi juga bisa menghasilkan uang yang lumayan. Salah satu caranya yaitu dengan menjadi streamer games!

Penghasilan yang Anda dapatkan nantinya diperoleh dari gift atau saweran para penonton. Anda bisa memilih game yang sedang booming untuk mendapatkan penonton lebih banyak dan berpeluang memperoleh penghasilan yang sama banyaknya.

 

Baca Juga: 23 Cara Menghasilkan Uang dari HP, Bisa Darimana Saja dan Fleksibel!

 

10. Fotografi dan Videografi

Ternyata dengan hobi fotografi maupun videografi dapat menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan, loh! Sebagai contoh dalam ranah fotografi Anda bisa menjual hasil jepretan Anda melalui berbagai platform jual beli foto berlisensi seperti Shutterstock dan IStock Photo.

Ide bisnis digital ini mengharuskan Anda untuk meng-upload hasil foto Anda sendiri melalui platform tersebut. Jika terdapat users yang mengunduh dan menggunakan foto Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan mulai dari Rp 14.000 setiap foto nya. Menarik ya?

11. Personal Shopper

Suka berbelanja dan punya selera yang bagus untuk mix and match? Jangan ragu untuk memulai ide bisnis kreatif sebagai personal shopper!

Pekerjaan yang satu ini cukup bergengsi karena sangat dibutuhkan oleh orang-orang terkenal untuk membantu mereka dalam memilih barang belanjaan yang sesuai. Selain bertemu dengan orang terkenal, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi toko-toko bergengsi yang menjual barang branded.

12. Katering Makanan Sehat

ide usaha kreatif

Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Memulai usaha katering rumahan dapat Anda coba karena memiliki keuntungan berupa modal relatif kecil dan keuntungan besar, bahan baku yang mudah ditemukan, bisa dilakukan dari rumah, dan alat yang dibutuhkan relatif murah dan sudah dimiliki.

Selain keuntungan tersebut, membuka katering rumahan khususnya katering makanan sehat dapat meningkatkan potensi mendapatkan keuntungan lebih besar di saat pandemi seperti sekarang ini, dimana orang berlomba untuk menjaga pola makan agar tetap sehat dan tidak mudah terserang virus.

 

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Non Kolesterol Dengan Modal Minim

 

13. Makeup Artist

Ide bisnis kreatif yang satu ini punya pertumbuhan yang cukup bagus. Pasalnya, penampilan selalu menjadi sorotan dalam berbagai acara penting. Banyak orang yang ingin terlihat cantik dan menarik, sehingga mereka membutuhkan jasa MUA untuk membantu mereka merias wajah dan mengaplikasikan make up.

Dengan memulai bisnis ini, Anda bisa meraup banyak keuntungan. Terutama jika Anda memiliki keterampilan yang baik dan reputasi yang sama baiknya di kalangan pelanggan.

14. Content Creator

Hobi edit video dan berani tampil di hadapan kamera? Pertimbangkan untuk mencoba ide bisnis yang satu ini sebagai content creator!

Menjadi content creator adalah salah satu peluang bisnis online yang kini sedang naik daun dan banyak digandrungi berbagai kalangan. Anda dapat membuat konten yang relevan dan menarik untuk mendapat banyak audiens. Melalui platform seperti YouTube, Spotify, TikTok, Instagram, ataupun blog pribadi, Anda dapat menghasilkan pendapatan lewat iklan, sponsor, atau donasi.

 

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dan Tips Menjadi Content Creator

 

15. Jasa Pembuatan Website

Bidang IT merupakan salah satu bidang yang bisa dikerjakan di mana saja hanya dengan bermodalkan komputer atau laptop dan koneksi internet yang stabil.

Jika Anda adalah seseorang yang pandai dan memiliki keahlian dalam HTML, CMS, dan bahasa pemrograman lainnya, Anda bisa membuka jasa pembuatan website secara mandiri maupun bersama dengan kerabat Anda.

Caranya cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Membuat website yang berisikan portofolio dan jasa yang Anda tawarkan

  • Promosikan usaha Anda di sosial media atau melalui komunitas

  • Menawarkan langsung ke perusahaan-perusahaan yang sekiranya membutuhkan

16. Jual Minuman Kekinian

Minuman kekinian banyak digandrungi oleh masyarakat luas, khususnya para remaja. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk meramaikan pasar dengan cara berjualan minuman kekinian seperti boba, cheese tea, dan sejenisnya.

Untuk memudahkan pembayaran pada bisnis yang Anda jalani, Anda dapat menerapkan sistem pembayaran cashless. Sehingga, semua transaksi yang ada bisa terpantau dan tercatat dengan rapi.

17. Sewa Kostum

Punya banyak koleksi fashion di rumah atau gemar membuat baju kostum sesuai karakter tertentu? Bisnis sewa kostum boleh jadi pilihan Anda!

Anda bisa bekerjasama dengan sekolah, lembaga, maupun komunitas yang membutuhkan kostum untuk acara tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan usaha ini secara online seperti melalui sosial media maupun menggunakan search engine marketing.

18. Clothing Line

Clothing line adalah salah satu ide bisnis kreatif paling menjanjikan di tahun 2023 ini. Banyak anak muda ingin tampil trendy dengan berbagai pilihan fashion yang menarik, mulai dari baju, topi, celana, dan aksesoris lainnya.

Tidak hanya mengikuti perkembangan jaman terkini, untuk mensukseskan bisnis ini Anda harus memiliki unique selling point tersendiri, sebagai contoh desain clothing line yang Anda miliki berbeda dengan yang lain dan punya keunikan tersendiri.

19. Translator

Punya kemampuan berbahasa asing yang baik? Menjadi seorang translator atau penerjemah adalah salah satu peluang yang pas untuk Anda!

Banyak perusahaan atau individu membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen, konten website, atau bahkan percakapan dalam video konferensi. Dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda dapat menawarkan jasa penerjemah secara online melalui platform freelancer atau membangun jaringan klien sendiri.

20. Jasa Pembuat Konten

Senang berkreasi dengan konten digital? Pertimbangkan untuk menjadikan hobi tersebut sebagai salah satu peluang bisnis paling menjanjikan di tahun 2023!

Pasalnya, media sosial di masa kini sangat booming dan menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Ada begitu banyak brand, UMKM, influencer, dan lain sebagainya yang membutuhkan jasa pembuat konten untuk melancarkan bisnis dan berbagai tujuan mereka.

Anda bisa menawarkan jasa yang Anda miliki di berbagai platform freelancer ternama atau dengan memanfaatkan networking yang Anda miliki.

21. Beauty Vlogger

Selain food blogger, bagi Anda yang suka dunia kecantikan mulai dari skincare sampai dengan make up, inilah saat yang tepat untuk mengambangkan minat dan hobi Anda dengan cara menjadi seorang beauty vlogger sebagai salah satu ide bisnis kreatif. Siapkan akun Youtube yang sudah termonetisasi ya!

22. Usaha Franchise

Ingin memiliki bisnis dengan penghasilan yang lumayan namun belum memiliki pengalaman sama sekali? Usaha franchise bisa Anda jadikan pilihan yang tepat!

Bisnis franchise atau dikenal juga dengan bisnis waralaba merupakan jenis bisnis yang menjamur di Indonesia. Umumnya, perusahaan yang membuka franchise adalah perusahaan yang sudah terkenal dan terjamin kualitasnya. 

Cara kerja bisnis ini adalah mitra akan mendapatkan merek dagang, bahan baku, dan produk yang sama dari pemilik franchise dengan kontrak tertentu.

Beberapa Jenis Usaha Franchise yang Bisa Anda Coba:

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Franchise FnB Mudah dan Menguntungkan

 

23. Frozen Food

Makanan beku atau frozen food belakangan ini sangat banyak digemari masyarakat. Bukan hanya awet dan harganya yang ramah di kantong, makanan beku memiliki pilihan yang sangat beragam. Mulai dari jajanan siap goreng, daging, sampai dengan sayuran.

Untuk memulai usaha ini Anda bisa menempuh dua cara. Pertama, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller resmi. Jika Anda memilih untuk menjadi dropshipper, Anda tidak perlu menyediakan tempat untuk menaruh makanan beku, Anda cukup memproses pesanan yang ada dan mengirimkannya ke alamat pembeli.

Untuk cara yang kedua, Anda perlu menyiapkan sedikit modal untuk membeli kulkas sebagai wadah penyimpanan frozen food. Walaupun terkesannya cukup ribet, dengan cara yang kedua ini Anda juga bisa menjualnya secara offline untuk mereka yang tinggal di sekitar tempat tinggal Anda.

Sobat BFI, itu dia 23 ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba sesuai dengan passion dan keinginan Anda.

Jika Anda sudah mantap memilih satu ide bisnis dan ingin menggeluti bidang tersebut supaya menjadi sumber penghasilan yang sustainable, maka Anda perlu memikirkan sumber modal untuk mewujudkan impian Anda.

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis