Bisnis

Usaha Ikan Hias: Dari Jenis Ikan Sampai Dengan Tips Memulai Usaha

Admin BFI
26 October 2022
11155
Usaha Ikan Hias: Dari Jenis Ikan Sampai Dengan Tips Memulai Usaha

Usaha ikan hias adalah salah satu jenis usaha yang mampu bertahan bahkan saat kondisi sedang pandemi. Usaha yang satu ini bisa dengan mudah Anda mulai dengan modal minim. 

Tidak hanya itu, bagi Anda memiliki hobi memelihara ikan hias, usaha ini bisa jadi aktivitas seru untuk dilakukan. Pasalnya, Anda akan menekuni hobi sekaligus berbisnis. Seru sekali bukan?

Nah, kira-kira apa saja yang Perlu Anda ketahui sebelum terjun ke usaha ini? Artikel berikut akan membantu Anda menjawab semua pertanyaan terkait usaha ikan hias. Simak baik-baik, ya!

 

1. Peluang Usaha Ikan Hias

Usaha ikan hias menjadi peluang usaha yang tidak ada matinya. Dari tahun ke tahun akan selalu ada tren terbaru dengan pangsa pasar yang luas.

Berikut ini beberapa alasan kuat mengapa usaha ikan hias sangat berpeluang menghasilkan banyak keuntungan jika Anda mencobanya!

1. Biaya Perawatan Ikan Hias Cenderung Murah

2. Tidak Membutuhkan Banyak Ruang

3. Bisa Dilakukan di Rumah

4. Bisa Dimulai Dengan Modal Minim

5. Jangkauan Pemasaran Luas, Bisa Dijual di Marketplace

6. Menjalankan Hobi Sekaligus Berbisnis

7. Ikut Berkontribusi dalam Melestarikan Jenis Ikan Tertentu

2. Jenis-Jenis Ikan Hias yang Paling Banyak Dicari

Ada beragam jenis ikan hias yang bisa Anda pilih untuk usaha ikan hias. Beberapa ikan hias populer yang saat ini banyak dicari diantaranya sebagai berikut.

2.1. Ikan Koi

Jenis ikan hias pertama yang paling banyak dipelihara yaitu ikan koi. Ikan ini memiliki warna yang khas dengan corak warna cantik seperti merah, putih, hitam, kuning. 

Bentuknya yang unik dengan gradasi warna yang khas membuat ikan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Usaha ikan hias koi

Ikan Hias Koi. Image Source: Unsplash/Lucas Hoang

2.2. Ikan Cupang

Salah satu jenis ikan yang sempat booming di masa pandemi. Ikan cupang memiliki ukuran tubuh yang mungil dengan corak warna yang cantik. Tidak hanya mudah ditemukan di toko-toko ikan hias, ikan cupang juga cenderung lebih mudah untuk dipelihara.

Adapun beberapa jenis ikan cupang yang laku keras di pasaran antara lain:

  • Cupang Halfmoon

  • Belgi Bangkok

  • Cupang Emas

  • Cupang VeilTail

  • Cupang Halfmoon

  • Cupang Paradise

  • Cupang Slayer

  • Cupang Dumbo

  • Cupang Serit

  • Cupang Sarawak

Ikan Hias Cupang

Ikan Hias Cupang. Image Source: Unsplash/Blend Hell

 

Baca Juga: Budidaya Ikan Cupang : Dari Kegemaran Jadi Penghasilan Tambahan

 

2.3. Ikan Mas Koki

Seperti halnya ikan koi, ikan mas koki juga sudah sejak lama menjadi komoditi usaha ikan hias yang paling banyak digandrungi.

Namun, meskipun ikan ini nampak cantik dan menggemaskan, ikan satu butuh perawatan yang eksklusif. Sebab, ikan koi kurang bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya dan membutuhkan lebih banyak oksigen untuk bertahan hidup.

Usaha ikan hias emas

Ikan Hias Goldfish. Image Source: Unsplash/Kabita Darlami

2.4. Ikan Louhan

Jenis ikan yang satu ini cukup mudah dikenali hanya dengan melihatnya sekilas. Ikan louhan memiliki jenong pada bagian kepalanya dan sangat agresif terhadap ikan lain. Jadi, untuk memelihara ikan ini tidak bisa disatukan dengan ikan lainnya, terutama ikan kecil.

Ikan ini punya nilai jual yang cukup fantastis, tergantung dari seberapa besar ukuran jenong serta keunikan corak yang dimiliki.

Ikan Hias Louhan

Ikan Hias Louhan. Image Source: Freepik

2.5. Ikan Gupi

Ikan Gupi terkenal akan siripnya yang memukau. Di samping itu, perawatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan kolam ukuran berukuran kecil tanpa oksigen.

Beberapa jenis ikan gupi yang populer antara lain ikan gupi dragon, cobra, dan gupi koi.

Usaha ikan hias gupi

Ikan Hias Gupi. Image Source: Unsplash/Gary Ellis

2.6. Ikan ClownFish (Ikan Badut)

Pernah menonton film Finding Nemo? Tokoh ikan dalam film tersebut adalah ikan clown fish. Memiliki corak warna unik yang terdiri dari oren, hitam, dan putih, ikan yang habitat aslinya di laut ini ternyata dapat dengan mudah dipelihara di air tawar.

Anda hanya perlu menyediakan akuarium biasa dan memasukkan terumbu karang agar ikan ini merasa lebih nyaman dan seperti berada di habitat aslinya.

Ikan Hias Clownfish

Ikan Hias Clownfish. Image Source: Unsplash/David Clode

2.7. Ikan Arwana

Ikan arwana, salah satu jenis ikan hiasa dengan nilai jual yang tinggi. Ikan ini punya banyak nama seperti ikan naga, kayangan, payung.

Memiliki ciri khas bentuk tubuhnya yang panjang dengan sisik yang mengkilap, beberapa jenis ikan arwana yang populer di pasaran yaitu:

  • Ikan Arwana Silver

  • Ikan Arwana Golden Red

  • Ikan Arwana Super Red

Usaha ikan hias arwana

Ikan Hias Arwana. Image Source: Unsplash/Riza Gabriela

2.8. Ikan Discus

Nama ikan discus belakangan ini cukup populer karena bentuk dan warnanya yang unik. Menjadikan ikan ini banyak diincar untuk dijadikan ikan hias di rumah.

Ikan ini termasuk dalam kategori ikan high class yang habitat aslinya dari sungai amazon di Brazil. Nilai jual ikan ini bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta. Sangat cocok untuk dibudidayakan bagi Anda yang ingin menggeluti usaha ikan hias.

Usaha ikan hias discus

Ikan Hias Discus. Image Source: Unsplash/Adam Rao

2.9. Ikan Manfish

Salah satu ikan yang umum yang ditemui di akuarium ikan hias. Ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan dapat disatukan dengan jenis ikan lainnya selama ikan tersebut bukan predator.

Ikan ini memiliki ciri khas sirip yang memanjang dan bentuk tubuhnya yang pipih. Selain itu, pilihan warna pada jenis ikan ini sangatlah beragam, menjadikan ikan ini banyak dipilih sebagai ikan hias untuk mempercantik akuarium.

Usaha ikan hias manfish

Ikan Hias Manfish. Image Source: Unsplash/Nuri Hasanah

 

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Ternak Lele : Dari Modal Usaha Hingga Panen Tiba

 

3. Keuntungan Memelihara Ikan Hias

Memelihara ikan hias dapat memberikan sederet keuntungan bagi para pemiliknya. Berikut ini beberapa keuntungan dari memelihara ikan hias dikutip dari store.sirclo.com yang perlu Anda ketahui:

Usaha Ikan Hias

Image Source: Pexels/MART PRODUCTION

3.1. Meredakan Stres

Menjaga kesehatan mental sangatlah penting agar kita terhindar dari stres, rasa cemas, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu produktivitas kita sehari-hari.

Nah, salah satu cara efektif untuk meredakan stres yang dapat dicoba yaitu dengan memelihara ikan hias. Sebab, warna-warni yang terdapat pada ikan hias mammpu membuat siapa saja yang melihatnya menjadi lebih rileks.

 

Baca Juga: Stoikisme: Aliran Filsafat yang Membuat Hidup Lebih Tenang dan Bijak

 

3.2. Meningkatkan Fokus

Tahukah Anda jika memandangi akuarium yang berisikan ikan hias mampu meningkatkan fokus yang kita miliki?

Hal ini bisa terjadi karena akuarium yang berisikan ikan hias membawa efek terapeutik bagi siapa saja yang memandangnya selama beberapa menit. Alhasil, konsentrasi yang sempat buyar bisa kembali fokus dan meningkatkan produktivitas yang ada.

Dari adanya manfaat ini, kehadiran usaha ikan hias tentunya akan sangat membantu mereka yang ingin mencari ketenangan dengan melakukan budidaya ikan hias.

3.3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Stres adalah salah satu pemicu seseorang sulit tidur. Hal ini dapat memicu menurunnya kualitas tidur yang menjadikan seseorang mudah letih, lemas, dan lesu saat bangun di pagi hari.

Tidak hanya itu, tidur yang kurang berkualitas juga mampu menurunkan kinerja otak di siang hari yang berimbas pada sulit fokus, gelisah, dan mudah marah.

Memelihara ikan hias dapat membantu kita mengurangi stres yang ada dan menstimulasi otak kita agar lebih tenang dan rileks. Ini akan membuat Anda terhindar dari insomnia dan tidur lebih nyenyak.

3.4. Menurunkan Tekanan Darah

Sebagaimana yang disebutkan oleh Public Library of Science, adanya akuarium ikan hias terutama di rumah, mampu mengurangi tekanan darah khususnya bagi para lansia.

3.5. Membuat Pasien Lebih Rileks

Terakhir, keberadaan ikan hias juga mampu membuat pasien lebih rileks dan hanya membutuhkan sedikit obat penghilang rasa sakit.

Seperti yang disebutkan oleh American Journal of Clinical Hypnosis, akuarium yang diletakan di ruang tunggu dokter dapat membantu para pasien lebih rileks dan meringankan rasa sakit yang tengah mereka rasakan.

4. Tips Memulai Usaha Ikan Hias Bagi Pemula

Siapa saja bisa memulai usaha ikan hias. Nah, supaya usaha yang Anda tekuni dapat berjalan dengan baik, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

4.1. Menentukan Target Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin memulai usaha ikan hias yaitu dengan menentukan target pasar.

Sebab, target pasar yang Anda pilih bisa mempermudah Anda dalam menentukan jenis ikan yang hendak dijual, menentukan harga jual, sampa dengan strategi promosi.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

 

4.2. Pilih Bisnis Model yang Sesuai

Ada banyak cara berjualan yang bisa Anda lakukan sesuai dengan fleksibilitas waktu dan kondisi. Antara lain yaitu berjualan secara offline baik itu di rumah atau di ruko, berjualan secara online, menjadi reseller atau dropshipper, sampai dengan jastip ikan hias.

Pilihlah cara berjualan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Pasalnya, cara yang Anda pilih nantinya akan berpengaruh cukup besar dengan besaran modal yang diperlukan sampai dengan strategi penjualan.

4.3. Bekali Diri dengan Pengetahuan Seputar Ikan Hias

Memulai usaha ikan hias bukan hanya perihal modal dan tekad yang kuat. Membuka usaha haruslah diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni. Jadi, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup terkait ikan hias sebelum betul-betul memulainya.

Misalnya, jenis-jenis ikan hias, cara merawat ikan, sampai dengan cara melakukan budidaya ikan, dan pengemasan ikan yang baik supaya ikan tidak mudah mati atau kehabisan oksigen saat dalam perjalanan.

4.4. Tentukan Jenis Ikan Hias yang Akan Dijual

Sudah menentukan target pasar dan model bisnis yang akan dijalani? Selanjutnya tentukan jenis ikan hias apa yang akan Anda jual.

Pilihlah jenis ikan hias yang sedang ramai dicari dan mudah dijual kembali dengan harga yang bersaing. Untuk mendapatkan jenis ikan yang Anda inginkan, Anda bisa langsung datang ke distributor ikan hias terpercaya.

 

Baca Juga: Budidaya Ikan Nila: Tips Usaha dan Estimasi Keuntungannya

 

4.5. Sediakan Peralatan yang Dibutuhkan

Pastikan Anda juga menyiapkan peralatan yang dibutuhkan mulai dari akuarium, aerator, pakan atau pelet ikan, jaring, tanaman air, dan lain sebagainya.

Sesuaikan perlengkapan yang ada sesuai dengan jenis ikan yang Anda pilih. Sebab, tidak semua jenis ikan bisa hidup berdampingan dalam satu akuarium yang sama.

4.6. Jual Produk Lainnya yang Berkaitan dengan Akuarium

Selain menjual berbagai jenis ikan, Anda juga bisa berjualan produk lainnya yang masih berkaitan dengan usaha ikan hias milik Anda.

Misalnya, Anda menjual peralatan untuk budidaya ikan, tanaman air, pakan ikan, sampai dengan alat pancing.

4.7. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media kini menjadi bagian dari keseharian kita. Banyak orang setiap harinya meluangkan waktu untuk membuka sosial media dengan tujuan yang berbeda-beda.

Nah, dengan adanya sosial media ini Anda bisa mencari peluang untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan usaha ikan hias milik Anda. Sebagai contoh Anda ikut bergabung di komunitas pecinta ikan hias.

Nantinya, Anda bisa ikut berpartisipasi untuk saling bertukar informasi terkait ikan hias sekaligus menawarkan produk milik Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang ada di sosial media pilihan Anda. Ini akan sangat memudahkan Anda untuk menarget pelanggan sesuai dengan target pasar. 

4.8. Berjualan Ikan Hias Secara Online

Marketplace adalah tempat yang cocok untuk mengenalkan usaha ikan hias milik Anda. Bukan hanya jangkauannya yang luas, namun marketplace juga bisa membuat usaha Anda semakin dikenal dan menerima banyak orderan ikan hias.

Sebelum memulai berjualan secara online, pastikan Anda paham betul cara mengemas ikan hias tanpa kehabisan oksigen selama diperjalanan. Terlebih jika ikan tersebut akan dikirimkan ke luar kota.

5. Cara Mendapatkan Modal Usaha Ikan Hias

Tertarik untuk memulai usaha ikan hias? BFI Finance siap sedia membantu Anda! Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan memilih pinjaman jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah.

Informasi selengkapnya terkait pinjaman bisa Anda peroleh melalui tautan berikut ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman di BFI Finance. Wujudkan impianmu sekarang!

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis