Pinjaman

Tips Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan Anak

Admin BFI
30 December 2022
2820
Tips Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan Anak

Pinjaman dana pendidikan adalah salah satu cara alternatif untuk mempersiapkan masa depan anak. Nah, bagi Anda yang berencana akan segera menikah ataupun sudah memiliki anak, tidak ada salahnya untuk merencanakan masa depan anak sedini mungkin.

Menurut Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), Andy Nugroho, idealnya dana pendidikan anak sudah harus dipersiapkan sejak anak lahir. Sejatinya, orang tua mulai mencicil dana yang diperlukan hingga tingkat pendidikan tertinggi. 

Dalam merencanakan dana pendidikan, salah satu faktor yang harus dipertimbangkan adalah inflasi, yang besarannya sekitar 10-20%. Dengan kata lain, perkiraan biaya pendidikan akan naik sekitar 10% hingga 20% setiap tahun. 

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak? Simak tipsnya di bawah ini!

 

1. Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Sebagai orangtua, tentunya kita selalu ingin yang terbaik untuk anak kita. Apapun itu akan dilakukan demi membahagiakan mereka, khususnya dalam ranah pendidikan dimana hal tersebut menjadi salah satu faktor kesuksesan mereka di masa depan.

Mewujudkan kesuksesan tidaklah mustahil. Namun, ada beberapa langkah yang harus diupayakan dan diiringi dengan tekad yang kuat serta semangat pantang menyerah. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

1.1. Estimasikan Target Pendidikan dan Kebutuhan Lainnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu besaran dana pendidikan yang dibutuhkan berdasarkan jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan kuliah (baik di dalam atau luar negeri) karena tentu saja setiap tingkatan sekolah memerlukan biaya yang berbeda. Selain itu, jurusan kuliah, serta jenis sekolah yang dituju (negeri atau swasta) turut memengaruhi besaran pinjaman dana pendidikan yang nantinya Anda butuhkan.

1.2. Tentukan Jenis Tabungan dan Investasi

Sebaiknya, pisahkan antara tabungan biaya pendidikan anak dengan tabungan pribadi Anda. Biasanya, jenis instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan biaya pendidikan adalah tabungan pendidikan atau deposito, karena benefit atau return yang didapatkan cukup besar. Pastikan juga Anda mempertimbangkan biaya administrasi, pengelolaan, dan lain-lain.

Selain mengandalkan tabungan, tentu saja instrumen investasi juga turut mempengaruhi jumlah biaya pendidikan yang dikumpulkan. Misalnya reksadana, emas, atau properti. Selain itu, bila dana yang ada dirasa belum memadai, Anda juga bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan.

1.3. Menyusun Tujuan dan Konsisten

Untuk mewujudkan masa depan anak yang cerah dan tertata, tentunya Anda harus mempersiapkan tujuan yang jelas agar Anda memiliki arah ke mana harus melangkah. Salah satu caranya yaitu dengan membuat target.

Dengan adanya target, Anda bisa menyusun skala prioritas mengenai apa yang harus dikerjakan dan diutamakan, serta mengabaikan hal-hal yang kurang penting dan tidak berkontribusi dalam perencanaan pendidikan anak. Setelah menyusun semuanya, Anda harus berkomitmen untuk selalu konsisten dalam menjalankan segala rencana yang telah dibuat. Pantang menyerah dan belajar dari kegagalan penting untuk mencapai tujuan akhir Anda. 

1.4. Menyisihkan Pendapatan

Terbiasa menabung dan merencanakan keuangan dengan baik merupakan salah satu rahasia mencapai tujuan dengan mudah. Disarankan agar Anda menyisihkan 25% dari pendapatan per tahun dan mengatur agar rasio utang Anda tidak melebihi 30% dari pendapatan. Hal ini agar cashflow keuangan Anda tidak berantakan, dan Anda memiliki cadangan dana yang bisa digunakan dalam keadaan darurat atau kebutuhan usaha. 

1.5. Pelajari Tentang Bantuan Pendidikan

Selain menyisihkan uang dan memperoleh pinjaman dana pendidikan, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mencari terkait bantuan pendidikan yang ada di daerah Anda. Bantuan pendidikan ini dapat berupa beasiswa, bantuan dana, atau program pembiayaan pendidikan lainnya.

1.6. Persiapkan Biaya Tak Terduga dan Lain-Lain

Selain kelima hal yang sudah disebutkan sebelumnya, ada baiknya Anda juga mempersiapkan biaya tak terduga dan biaya tambahan lainnya untuk pendidikan anak Anda. Misalnya biaya ekstrakurikuler, transportasi, asrama, dan lain-lain.

Terkadang, walaupun Anda telah menghitung estimasi biaya yang diperlukan, dana yang harus dikeluarkan untuk biaya tak terduga  bisa saja di luar perhitungan Anda. Persiapkan alternatif untuk mendapat tambahan dana. Misalnya, melalui pinjaman dana pendidikan dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah untuk memastikan target pendidikan dapat tercapai tanpa halangan.

2. Pinjaman Dana Pendidikan di BFI Finance

Mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu merupakan impian kebanyakan orang. Akan tetapi, faktor biaya yang tidak mencukupi kerap menghalangi seseorang dalam mengenyam pendidikan. Untungnya, sekarang ini ada banyak alternatif yang bisa ditempuh untuk melanjutkan pendidikan. Salah satunya adalah layanan pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk kebutuhan pendidikan anak Anda.

Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui pinjaman dana terpercaya? Simak infografik lengkapnya berikut ini!

pinjaman dana pendidikan

Image Source: BFI Finance Team

Nah, itulah berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui pinjaman dana pendidikan Anak. Wujudkan impian Anda bersama BFI Finance! 

Sobat BFI, itulah tadi sederet informasi penting mengenai pinjaman dana pendidikan anak. Meskipun mempersiapkan dana pendidikan bukan sesuatu yang mudah, namun dengan perencanaan yang matang, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. 

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Temukan artikel menarik lainnya di BFI Blog. Artikel terbaru setiap Senin - Jumat!

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Pinjaman