Artikel

Kenali Apa Itu Mobil LCGC, Mobil Ekonomis dan Berkualitas

2022-11-08 00:00:00 1297
Kenali Apa Itu Mobil LCGC, Mobil Ekonomis dan Berkualitas

Ada banyak mobil yang gandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat mengapa mobil yang ada di pasaran sangat beragam.

Salah satu di antaranya yaitu mobil LCGC. Bagi Sobat BFI pecinta dunia otomotif, mungkin sudah tidak asing dengan jenis mobil ini.

Namun, bagi Anda yang masih merasa awam dan sedang mencari mobil yang tepat, artikel kali ini akan sangat membantu Anda dalam memilih mobil idaman. Apa itu mobil LCGC? mari kita kupas selengkapnya di ulasan berikut ini.

 

Definisi Mobil LCGC

Kata LCGC merupakan kepanjangan dari Low Cost Green Car. Maksudnya adalah, mobil jenis ini mengusung tema mobil murah yang ramah lingkungan. Ini juga menjadi faktor pendukung mengapa mobil LCGC ramai diminati masyarakat kita.

Sebab, mobil dengan harga ekonomis ini mampu menjangkau berbagai lapisan. Salah satunya yaitu bagi masyarakat menengah ke bawah yang ingin memiliki kendaraan pribadi.

Lalu, apa perbedaannya mobil LCGC dengan mobil biasa?

Setidaknya ada 4 perbedaan yang paling mencolok antara mobil LCGC dengan mobil lainnya.

Pertama, mobil jenis ini memiliki desain simple dan minimalis dengan bodi yang lebih ramping. Kedua, sesuai dengan ketetapan pemerintah, mobil ini memiliki mesin dengan kapasitas rendah yang membuatnya ramah lingkungan.

Ketiga, mobil ini diperuntukan untuk kalangan menengah ke bawah yang menjadikannya harga pasaran mobil ini dapat dijangkau mulai dari Rp100 juta-an. Ke-empat, fitur mobil ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan mobil biasa atau konvensional pada umumnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya terkait ketetapan pemerintah terhadap mobil LCGC, khususnya oleh Kementerian Perindustrian. Berikut ini spesifikasi mobil yang masuk dalam kriteria mobil ini.

  • Mesin mobil berkapasitas 980-1200 cc

  • Untuk mobil dengan bahan bakar bensin, bensin yang digunakan harus berjenis RON 92 (Research Octane Number)

  • Konsumsi BBM berada di 20 km/liter untuk mesin dengan bahan bakar bensin

  • Mobil dengan mesin diesel memiliki kapasitas mesin maksimal 1500 cc dan konsumsi BBM sekitar 20 km/liter

  • Untuk mobil dengan bahan bakar diesel, bensin yang digunakan harus berjenis CN 51

  • Memiliki radius belok di angka maksimal 4.6 meter

  • Terdapat penambahan merek dan logo khas Indonesia

  • Harga yang dipasarkan tidak lebih dari Rp95 juta dengan catatan boleh dilakukan penyesuaian harga sebesar 15% untuk tipe otomatis, 10% untuk keamanan, dan harga yang ada bisa disesuaikan dengan inflasi yang ada saat ini

 

Baca Juga: Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia

 

Kelebihan Mobil LCGC

Selain harganya yang dibanderol terjangkau dengan konsep ramah lingkungan, mobil LCGC juga memiliki beberapa kelebihan lainnya.

Apa saja kelebihan yang dimiliki mobil jenis ini?

1. Bahan Bakar yang Irit

Kelebihan pertama yang dimiliki mobil jenis ini yaitu bahan bakar mobil yang irit. Hal ini tidak hanya membawa efek positif terhadap lingkungan, tapi juga membawa efek positif yang sama terhadap para pemiliknya. Pengeluaran pun jadi lebih terkontrol dan tetap nyaman berkendara.

Sebagaimana yang dikutip dari qoala.app, mobil LCGC paling irit mampu menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk jarak tempuh setidaknya 20KM. Hal ini bisa dibilang terobosan yang sangat baik jika dibandingkan dengan mobil konvensional lainnya yang membutuhkan bahan bakar lebih banyak dengan jarak tempuh yang sama.

2. Awet

Mobil LCGC termasuk mobil yang awet. Durabilitas yang ada pada mobil ini teruji dengan baik. Jadi, meskipun mobil ini murah namun kualitasnya tidak bisa diremehkan.

Sebagai contoh mobil jenis yang termurah yakni Toyota Agya. Mobil tersebut ditenagai dengan mesin 1200 cc dengan 4 silinder segaris, Dual VVT-I dan 16 katup, DOHC. Sangat mendukung untuk kenyamanan saat Anda berkendara.

3. Cocok Untuk Pengemudi Pemula

Lantaran harganya yang terjangkau, yakni dibanderol mulai dari Rp100 juta-an, mobil LCGC sangat cocok digunakan pengemudi pemula.

Anda bisa memilih transmisi sesuai dengan keinginan Anda. Baik itu manual maupun otomatis.

4. Bodi Mobil Lebih Compact

Memiliki mobil dengan bodi compact membawa keuntungan tersendiri. Terlebih, jika Anda lebih sering mengemudi di wilayah yang padat dan akrab dengan kemacetan.

Anda bisa meminimalisir munculnya baret pada mobil (tag link) dan mampu bergerak lebih gesit.

 

Baca Juga: Patut Berbangga! Yuk, Kenali Lebih Dalam Jenis Mobil Listrik Buatan Indonesia Ini!

 

Kelemahan Mobil LCGC

Meskipun mobil ini sangat compact dan punya sederet keuntungan. Namun, ternyata ada juga lho kelemahan dari mobil ini.

Apa saja kelemahan mobil LCGC?

1. Power Mobil Berkapasitas Kecil

Mobil LCGC umumnya ditenagai dengan mesin 1000 cc atau 1200 cc. Kapasitas mesin tersebut terbilang kecil jika kita bandingkan dengan mobil konvensional jenis lain. Hal ini tentunya berimbas pada power mobil yang dihasilkan relatif sedikit.

2. Kurang Cocok Digunakan Dalam Kecepatan Tinggi

Dikarenakan kapasitas mesin yang kecil, power yang dihasilkan pun akan sama kecilnya. Hal ini membuat mobil ini kurang cocok bilamana digunakan dalam kecepatan tinggi. Apabila dipaksa, mobil akan mudah oleng yang mengakibatkan kestabilan saat mengemudi menjadi taruhannya.

Meskipun begitu, saat ini sudah mulai banyak mobil LCGC yang konon dirancang lebih stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi.

3. Fitur Mobil yang Minim

Harga yang murah dengan klaim yang menjanjikan tidak serta merta membuat mobil compact yang satu ini lengkap akan fitur penunjang.

Sebab, mobil jenis ini pada umumnya tidak dilengkapi dengan fitur airbag dan rem ABS.

 

Baca Juga: Biaya Mutasi Mobil di Tahun 2022 dan Cara Mudah Mengurusnya

 

Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik Untuk Anda

Tertarik untuk membeli mobil LCGC?

Rekomendasi mobil LCGC tahun 2022 berikut ini bisa jadi pilihan Anda!

Mobil LCGC

Image Source: Carmudi

1. Daihatsu Ayla

Mobil Daihatsu sudah sejak lama dikenal sebagai mobil yang merakyat. Sebab, harga jual mobil ini relatif murah dengan kenyamanan mobil yang baik.

Selain harganya yang terjangkau, mobil ini juga disebut-sebut sebagai mobil LCGC paling irit di kelasnya.

1 liter bahan bakar untuk Daihatsu Ayla mampu menempuh jarak 14-15 KM untuk berkendara di dalam kota. Sedangkan untuk jalan tol, mobil ini bisa menempuh sampai dengan 20 KM.

Mobil ini tersedia dalam 2 transmisi yakni otomatis dan manual. Dibanderol mulai dari harga Rp 103 juta untuk tipe mobil termurah dan Rp 161 juta untuk mobil Daihatsu Ayla termahal dengan tipe Daihatsu New Ayla 1.2 R Deluxe AT.

2. Toyota Agya

Berikutnya yaitu Toyota Agya. Mobil LCGC yang satu ini banyak dipilih oleh kaum muda mudi lantaran bodinya yang keren cenderung sporty, serta mudah untuk dimanuver.

Toyota Agya didukung dengan mesin berkapasitas 1200 cc dan bahan bikin irit yang mampu menempuh jarak 15 KM/liter untuk perjalanan di dalam kota dan 20 KM/liter untuk jalan tol.

Jika Anda tertarik untuk membeli mobil ini, Anda dapat menyiapkan budget mulai dari Rp 144 juta untuk Toyota Agya termurah sampai dengan Rp 170 juta untuk harga termahal dengan tipe Toyota Agya 1.2 G A/T TRD.

3. Honda Brio Satya

Bicara soal bahan bakar yang irit, mobil LCGC jenis Honda Brio Satya patut diacungi jempol.

Pasalnya, mobil ini dapat melaju 16.6km/liter untuk perjalanan di dalam kota dan 22.6 km/liter untuk jalan tol. Cukup fantastis bukan?

Selain dikenal sebagai mobil LCGC terlaris, mobil ini juga disebut sebagai city car terbaik di kelasnya.

Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki interior dan eksterior yang terkesan mewah. Dan dilengkapi dengan fitur mobil mulai dari dual front SRS airbag, rem ABS+EBD.

Ditenagai dengan mesin berteknologi i-VTEC 1.2 L, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal di 110 Nm pada 4.800 rpm.

Tak heran jika mobil ini dinobatkan sebagai mobil LCGC terbaik.

Bicara soal harga, mobil ini dijual mulai dari Rp 151 juta sampai dengan Rp 175 juta dengan tipe Honda Brio E CVT.

 

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Online, Tidak Perlu Datang Ke Samsat!

 

4. Nissan Datsun Go Panca

Mobil LCGC terkenal karena harganya yang murah serta irit bahan bakar.

Salah satu merek mobil yang menjadi pionir mobil murah di Indonesia adalah Datsun Go.

Datsun merupakan merek dagang yang dimiliki Nissan. Fakta ini membuat mobil tersebut memiliki teknologi mesin yang serupa dengan mobil Nissan.

Tak ayal, jika mobil ini dapat melaju hingga 20 km/liter. Cukup irit untuk menunjang produktivitas Anda sehari-hari.

Di sisi lain, harga mobil ini juga dipasarkan mulai dari Rp100 juta sampai dengan Rp 104 juta saja. Sangat terjangkau bagi Anda yang mendambakan mobil irit, bagus dengan harga yang relatif murah.

5. New Daihatsu Sigra

Mobil LCGC yang satu ini memiliki desain yang sama dengan Calya. Hal ini cukup masuk akal mengingat keduanya berasal dari perusahaan yang sama.

Daihatsu Sigra menawarkan banyak keuntungan. Mulai dari pilihan mobil yang bervariasi sampai dengan fitur keamanan mumpuni. Seperti sensor parkir, Dual SRS Airbag, serta Side Impact Beam.

Mobil Daihatsu Sigra dibanderol mulai dari Rp120 juta untuk harga terendah sampai dengan Rp163 juta untuk harga termahal dengan tipe Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX.

Demikian informasi seputar mobil LCGC. Dapatkan pinjaman dana cepat dengan jaminan BPKB Mobil hanya di BFI Finance.

Wujudkan impian Anda bersama BFI Finance! Beragam kebutuhan mulai dari modal usaha, biaya pendidikan, sampai dengan gaya hidup, semua bisa kami bantu.

Informasi lebih lanjut bisa Anda klik melalui tautan berikut.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

Cari informasi menarik lainnya seputar mobil, bisnis, gaya hidup, dan masih banyak lagi? Kunjungi BFI Blog. Artikel terbaru setiap Senin-Jumat.

 

#SelaluAdaJalan Bersama BFI Finance

Sumber: