Artikel

Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia

2022-11-03 00:00:00 653
Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia

Bicara mengenai dunia otomotif, tentunya tidak terlepas dari bahasan seputar jenis jenis mobil. Terlebih, inovasi teknologi saat ini semakin bagus dan terdepan.

Membuat jenis mobil yang beredar semakin beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pemiliknya.

Nah, kira-kira ada jenis mobil apa saja yang beredar luas di pasaran Indonesia saat ini? Yuk, kita kenali satu persatu lewat informasi berikut ini supaya memudahkan Anda dalam memilih mobil impian.

 

Jenis Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna kendaraan bermotor terbanyak, salah satunya tentu saja mobil. Ada berapa jenis mobil di Indonesia? Mari kita simak jenis jenis mobil dan perbedaanya di ulasan berikut ini.

1. Mobil Sedan

Jenis Jenis Mobil

Diantara banyakanya jenis jenis mobil yang beredar, mari kita mulai membahasnya dari mobil sedan. Mobil ini sengaja dirancang untuk kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Sesuai dengan klaimnya tersebut, mobil jenis ini kurang cocok untuk berkendara di jalanan berlubang.

Lantaran tampilannya yang cenderung mewah dan berkelas, mobil ini lebih cocok untuk digunakan ke acara resmi atau formal karena mampu menunjukan sisi performance pemiliknya.

Bukan hanya itu saja, mobil ini juga umumnya digunakan sebagai mobil balap yang banyak mendapat modifikasi di beberapa bagian tertentu.

2. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Jenis Jenis Mobil

Mobil jenis ini belakangan banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini cukup jelas mengingat mobil SUV bisa digunakan di segala medan termasuk casual offroad, interior dan eksteriornya menawan, serta kapasitas tempat duduk yang cukup lega.

Jika dilihat dari eksteriornya, mobil ini bak perpaduan antara mobil sedan dengan mobil jeep. Dengan ciri khas yang paling menonjol dari mobil jenis ini yaitu bodi mobil yang besar dengan ground clearance tinggi yang membuatnya terlihat gagah.

Namun sayangnya, efisiensi bahan bakar pada mobil ini kurang baik dan harga per unitnya dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

 

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Online, Tidak Perlu Datang Ke Samsat!


 

3. Mobil MPV

Jenis Jenis Mobil

Jenis jenis mobil yang banyak digunakan selanjutnya yaitu mobil MPV. Mobil ini kerap kali dikenal dengan sebutan mobil keluarga karena mampu menampung cukup banyak penumpang, yakni mencapai 7 orang dalam satu mobil.

Selain itu, mobil ini juga cukup nyaman dikendarai di medan ekstrim seperti jalanan yang berlubang ataupun berliku. Kemampuan ini didukung berkat ground clearance yang cukup tinggi yaitu di atas 200 mm. 

Bukan cuma itu saja, mobil ini juga dinilai irit dari segi efisiensi bahan bakarnya. Jadi, bagi Anda yang mencari mobil dengan kenyamanan, keamanan, serta daya tampung yang banyak, mobil ini akan sangat cocok untuk menjadi pilihan Anda.

4. Mobil Sport

Jenis Jenis Mobil

Mobil sport adalah salah satu jenis mobil sedan yang cukup banyak digemari masyarakat. Sesuai dengan namanya juga, mobil ini disebut sebagai mobil sport karena tampilannya yang sporty. Tak heran, bilamana mobil jenis ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Selain dari harganya yang mahal, pengisian bahan bakar untuk mobil ini juga memakan biaya yang tidak sedikit. Jika mobil lain umumnya memerlukan Rp500 ribu sampai dengan Rp700 ribu untuk sekali pengisian, mobil ini bisa memakan biaya hampir Rp1 juta atau di atasnya.

Disamping kebutuhan bahan bakar yang membutuhkan biaya cukup banyak, perawatan berkala pada mobil ini juga terbilang cukup menguras kantong.

Kendati demikian, alasan tersebut tidak membuat mobil ini sepi peminat lantaran performa mesinnya yang buas. Membuat siapa saja bisa merasakan pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

 

Baca Juga: Biaya Servis Mobil Terbaru dan Tips Hemat Servis Mobil

 

5. Mobil Convertible

Jenis Jenis Mobil

Pernah melihat jenis jenis mobil yang atapnya bisa terbuka hanya dengan memencet salah satu tombol? Mobil tersebut merupakan jenis mobil convertible!

Mobil yang satu ini terlihat sangat stylish dan membuat pengendaranya nampak berkelas. Meskipun begitu, mobil ini kurang cocok digunakan di jalan raya apalagi jika suasana macet. Sebab, mobil ini memiliki jarak pandang yang sangat terbatas sehingga bisa mempengaruhi pengemudinya.

Di sisi lain, harga mobil dan sparepartnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Salah satu sumber mengatakan jika mobil ini paling murah dibanderol dengan harga 1,4 miliar.

6. Mobil Station Wagon

Jenis Jenis Mobil

Selain mobil sedan sport, jenis mobil sedan lainnya yang bisa Anda temui di Indonesia khususnya daerah perkotaan yaitu mobil station wagon.

Perbedaan yang paling mencolok antara mobil jenis ini dengan sedan biasa yaitu terletak pada bagasi mobil, dimana mobil jenis ini memiliki bagasi langsung atau tidak terpisah. Salah satu contoh jenis mobil yang satu ini yaitu Mini cooper.

7. Mobil Pick Up dan Mobil Double Cabin

Jenis Jenis Mobil

Mobil pick up sengaja dibuat untuk mempermudah urusan distribusi barang. Jenis jenis mobil ini paling sering digunakan oleh para pebisnis untuk membantu kelancaran bisnis mereka. Misalnya mengangkut produk jualan ataupun barang ke alamat konsumen maupun lokasi lainnya.

Nah, sebagaimana dengan mobil pick up, mobil double cabin juga memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, mobil double cabin dirancang memiliki 2 bagian terbuka pada bagian belakang mobil.

Kabin pertama untuk penumpang, sedangkan kabin lainnya diperuntukan untuk barang dan alat berat. Mobil jenis ini seringnya digunakan di daerah pertambangan.

8. Mobil Listrik atau Mobil Elektrik

Jenis Jenis Mobil

Sesuai dengan namanya, mobil ini bergerak dengan bantuan tenaga listrik, tidak menggunakan bahan bakar seperti bensin atau cairan penggerak lainnya.

Keberadaan mobil listrik disebut-sebut sebagai terobosan alternatif dalam menjaga lingkungan. Meskipun begitu, mobil jenis ini baru bisa digunakan di daerah perkotaan dengan ekosistem yang mendukung.

Misalnya untuk pengisian daya atau tenaga mobil yang memerlukan setidaknya 30 menit sampai dengan terisi penuh dan hanya bisa dilakukan di tempat khusus pengisian mobil listrik.

 

Baca Juga: Patut Berbangga! Yuk, Kenali Lebih Dalam Jenis Mobil Listrik Buatan Indonesia Ini!

 

9. Mobil Off Road

Jenis Jenis Mobil

Gemar menjelajah tempat baru dengan mobil adventure? Mobil off road bisa jadi pilihan yang tepat!

Mobil jenis ini memiliki sistem penggerak yang cukup tangguh yakni 4WD (mobil 4x4). Lantaran mesinnya yang kuat ini, jenis jenis mobil yang termasuk ke dalam mobil off road bisa digunakan di situasi dan kondisi yang menantang.

Selaras dengan kemampuannya yang menakjubkan, mobil ini memerlukan perawatan yang tinggi. Mulai dari rutin mengganti pelumas atau oli mobil, pengecekan mesin, sampai dengan bahan bakarnya yang cukup boros.

 

Baca Juga: Musim Hujan, Mobil Terendam Banjir? Ini yang Perlu Anda Lakukan!

 

10. Mobil Hybrid

Jenis Jenis Mobil

Banyak orang mengira jika mobil hybrid serupa dengan mobil listrik. Namun nyatanya, kedua mobil tersebut benar-benar berbeda.

Mobil hybrid adalah salah satu jenis jenis mobil unik yang ada di Indonesia. Sebab, mobil ini ditenagai dengan dua mesin penggerak dimana mobil ini bisa dioperasikan baik dengan bensin konvensional maupun motor listrik.

Motor listrik cenderung bekerja saat kecepatan mobil cenderung rendah. Sedangkan bensin konvensional berjalan saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, Anda bisa menghemat bahan bakar sekaligus membantu menjaga lingkungan.

Cukup ramah lingkungan, bukan?

11. Mobil LCGC

80%

Mobil LCGC atau yang kerap kali disebut dengan mobil kecil adalah mobil dengan harga jual per unitnya kurang dari 200 juta.

Mobil ini sangat pas untuk Anda yang menginginkan mobil irit, mampu menampung banyak penumpang, dan pastinya ramah lingkungan.

12. Mobil Hatchback

80%

Mobil hatchback adalah salah satu jenis jenis mobil yang banyak diminati muda-mudi khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Sebab, mobil ini memiliki tampilan yang simple dan aerodinamis yang memudahkan pengemudi untuk menggerakkannya.

Hal tersebut juga didukung dengan adanya sebuah fitur yang membuat mobil kecil ini melaju lebih stabil meskipun melaju di jalan berlubang. Fitur tersebut bernama VSC (Vehicle Stability Control).

Meskipun mobil ini cukup praktis dan ringan, sayangnya ground clearance yang terdapat pada mobil ini tidak begitu tinggi. 

 

Baca Juga: Biaya Mutasi Mobil di Tahun 2022 dan Cara Mudah Mengurusnya

 

13. Mobil Crossover

Jenis Jenis Mobil

Jenis mobil berikutnya yaitu mobil crossover. Mobil ini adalah gabungan antara SUV dan Hatchback. Setidaknya itulah yang banyak dikatakan oleh para pecinta dunia otomotif.

Mobil crossover memiliki tampilan yang mengedepankan aerodinamis dan umumnya didukung dengan mesin mobil AWD yang menjadikan mobil ini cukup nyaman melaju di area perkotaan.

14. Mobil Coupe

Jenis Jenis Mobil

Terakhir yaitu jenis mobil coupe. Mobil coupe memiliki bodi dengan ukuran kecil layaknya mobil sedan, namun kapasitas kursi yang ada pada mobil ini hanya mampu menampung 2 buah pintu serta jok penumpang.

 

Baca Juga: Cara dan Syarat Gadai BPKB Mobil Terbaru, Mudah dan Aman!

 

Merek Mobil Terlaris dari Jenis Mobil di Indonesia

Setelah Anda mengetahui jenis jenis mobil apa saja yang beredar di Indonesia, kurang afdol rasanya jika kita tidak mengetahui lebih lanjut terkait merk mobil yang laris manis di negeri ini.

Berikut ini daftar merk mobil terlaris yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Mobil Sedan

  • Mercedes Benz E Class

  • Mercedes Benz C Class

  • Toyota New Corolla Altis

  • Toyota Camry

  • Toyota Vios

  • Honda Civic

  • Honda All New City

  • Honda Accord

  • BMW 3 Series

  • BMW 5 Series

2. Mobil SUV

  • Toyota Fortuner

  • Toyota Rush

  • Hyundai Palisade

  • Honda CRV

  • Honda HRV

  • Suzuki XL7

  • Wuling Almaz

  • Mitsubishi New Pajero Sport

  • Kia Seltos

  • BMW X1

  • Suzuki Ignis

3. Mobil MPV

  • Toyota Calya

  • Daihatsu Sigra

  • Toyota Avanza

  • Toyota Kijang Innova

4. Mobil Hatchback

  • Nissan March

  • Daihatsu Sirion

  • Mazda 2

  • Toyota Yaris

  • Honda Jazz

  • Suzuki Baleno Hatchback

  • Toyota Agya

  • Daihatsu Sirion

  • Honda Civic Turbo Hatchback

5. Mobil Crossover

  • Honda H-RV

  • Honda CRV

  • Nissan X-Trail

  • Chevrolet Trax

  • Toyota Rush

  • Daihatsu Terios

  • Honda BRV

  • Mazda CX-3

  • Nissan Juke

  • Chevrolet Trax

  • Xpander Cross

Sobat BFI, itulah informasi mengenai Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia. Dapatkan kemudahan mengajukan pinjaman jaminan BPKB mobil di BFI Finance dengan pencairan hingga 85% untuk mobil jenis penumpang dan 75% untuk jenis mobil bukan penumpang.

BFI Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terpercaya memiliki layanan pinjaman BPKB mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ajukan pinjaman dengan bunga ringan dan proses pencairan yang cepat. Pajak mati atau belum balik nama mobil bisa dibantu! Informasi selengkapnya dapat Anda temukan melalui tautan di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Dapatkan informasi bermanfaat lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya!

Sumber: