Artikel

Cara dan Syarat Gadai BPKB Mobil Terbaru, Mudah dan Aman!

2022-09-29 00:00:00 1462
Cara dan Syarat Gadai BPKB Mobil Terbaru, Mudah dan Aman!

Pinjaman BPKB mobil merupakan cara paling mudah dan umum untuk mendapatkan dana secepat mungkin, terutama untuk kebutuhan mendesak.

Selain mudah dan cepat, mobil memiliki nilai yang tinggi untuk dijadikan agunan pinjaman. Sehingga, nominal dana yang didapatkan pun cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial.

Poin plus lainnya, nasabah juga masih bisa menggunakan kendaraan yang dijaminkan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena, yang dijaminkan hanya BPKB mobilnya saja.

Layanan pinjaman jaminan dengan syarat gadai BPKB Mobil sekarang tersedia dimana-mana dan mudah ditemukan. Yang paling umum adalah mengajukan pinjaman jaminan dengan syarat gadai BPKB Mobil ke lembaga keuangan non-bank atau perusahaan pembiayaan.

Sebab, persyaratannya lebih praktis dibandingkan dengan bank. Proses pencairannya juga lebih singkat. Sehingga cocok bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana cepat dalam waktu singkat.

Lalu, apa saja syarat gadai BPKB Mobil dan hal lainnya yang harus Anda perhatikan? Simak selengkapnya di informasi berikut ini, ya!

 

Syarat Gadai BPKB Mobil

Dalam mengajukan pinjaman Anda perlu melengkapi persyaratan dan dokumen yang lengkap. Umumnya, persyaratan dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan syarat gadai BPKB Mobil adalah calon peminjam berusia minimal 21 tahun, memiliki pendapatan yang stabil, dan memiliki BPKB asli. Sedangkan untuk dokumen yang perlu Anda siapkan sebagai berikut.

1. KTP Peminjam

2. Kartu Keluarga

3. Akta Nikah / Cerai / Kematian / Perjanjian Pranikah

4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPW) / Surat Pemberitahuan Pajak

5. Histori Transaksi Rekening 3 Bulan Terakhir

6. Slip Gaji Karyawan / Surat Keterangan Penghasilan

7. Dokumen Jaminan (BPKB Kendaraan, SHM/SHGB, IMB, AJB, PBB Terakhir)

Tips Mengajukan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil 

Supaya pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil Anda bisa cepat diproses dengan pencairan dana yang maksimal, Anda bisa mengikuti tips bermanfaat yang satu ini.

1. Cek Mobil Anda

Pastikan bahwa keadaan fisik mobil Anda sudah sama dengan BPKB mobil yang akan dijaminkan. Anda harus memahami tipe mobil Anda dan mengecek apakah mobil Anda sudah sesuai kriteria untuk dijaminkan. Seperti merek, jenis, tipe, dan tahun pembuatannya.

Adapun detail lengkapnya sebagai berikut.

1. Usia dan Kondisi Mobil

Walaupun ada beberapa lembaga keuangan yang menerima mobil tua, namun tetap ada batas minimal untuk usia mobil. Umumnya, yang diterima adalah mobil dengan minimal keluaran tahun 1995.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil, pastikan bahwa usia kendaraan Anda telah memenuhi persyaratan untuk dijaminkan. 

Faktor lain yang harus diperhatikan dalam menjaminkan kendaraan Anda adalah kondisi fisik mobil. Pengajuan pinjaman Anda tentunya tidak akan disetujui apabila mobil Anda sudah rusak parah atau telah banyak dimodifikasi.

Jika kendaraan Anda tidak termasuk keluaran tahun baru tetapi memenuhi persyaratan usia minimal dan dalam kondisi prima, tentunya akan memperbesar peluang untuk pengajuan pinjaman Anda disetujui. Pastikan bahwa Anda mengecek kondisi fisik mobil Anda apakah masih layak untuk dijaminkan.

2. Merk Mobil

Merk mobil yang Anda putuskan untuk digadaikan juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan. Hal ini karena lembaga keuangan mempertimbangkan nilai jual dari kendaraan yang Anda gadaikan. 

Umumnya, lembaga keuangan cenderung menerima mobil dengan merk yang umum, banyak peminatnya, dan masih memiliki nilai jual tinggi. Contohnya merk mobil Jepang, Eropa, dan Amerika seperti Toyota, Honda, Daihatsu, BMW, dan sebagainya. Pastikan bahwa merk mobil yang Anda ingin jaminkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

 

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Online, Tidak Perlu Datang Ke Samsat!

 

2. Pilih Perusahaan Pembiayaan Terpercaya

Pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil kepada perusahaan pembiayaan yang terpercaya, serta telah terjamin keamanan dan reputasinya. Anda bisa memastikan apakah perusahaan pembiayaan yang Anda tuju terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta memberikan bunga rendah dan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda. 

3. Pilih Bunga yang Paling Kecil

Semua perusahaan pembiayaan sudah pasti akan membebankan biaya bunga yang harus Anda bayar ketika sudah melakukan pinjaman. Biasanya, besaran bunga yang dibebankan perusahaan satu dan lainnya itu berbeda-beda, tergantung jenis layanan yang Anda pilih.

Namun, jangan sampai Anda dibebankan bunga yang terlampau besar ketika mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil. Sebab, perusahaan pembiayaan yang legal memiliki batasan bunga untuk diberikan pada nasabahnya yang telah ditentukan oleh OJK.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan

Meskipun Anda butuh uang dalam waktu yang cepat, namun Anda tidak boleh gegabah dan menandatangani surat yang diberikan oleh perusahaan pinjaman tersebut. Lihat, amati, dan baca satu persatu syarat dan ketentuan yang ada pada form tersebut.

Jika tidak ada hal yang menurut Anda memberatkan Anda sebagai pinjaman, Anda bisa menandatangani dan melakukan pinjaman dengan perusahaan tersebut. Pelajari syarat dan ketentuan dengan seksama.

Umumnya, persyaratan yang berlaku menekankan jika calon peminjam harus berusia 21-60 tahun dengan penghasilan tetap. Bahkan, beberapa perusahaan pembiayaan menetapkan syarat profesi dan nominal gaji tertentu untuk mengajukan pinjaman.

Sedangkan umumnya dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil adalah:

  • KTP dan KK 

  • NPWP / Surat Pemberitahuan Pajak

  • Rekening 3 Bulan Terakhir

  • Slip Gaji Karyawan / Surat Keterangan Penghasilan

  • Dokumen Jaminan (STNK, Pajak, BPKB, Faktur)

  • Data Domisili ( ID PEL listrik / Rek listrik terakhir / PBB terakhir / SHM / AJB / PK)

Pastikan bahwa semua hal tersebut terpenuhi agar pengajuan pinjaman Anda bisa lebih mudah untuk disetujui.

5. Nominal Pinjaman

Besaran pinjaman atau nominal yang akan Anda ajukan sangat penting untuk dipikirkan dengan baik. Pasalnya, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kesanggupan Anda untuk mengangsur pinjaman nantinya, jangan mengajukan pinjaman lebih dari kemampuan Anda yang nantinya akan beresiko pada ditahannya kendaraan Anda karena tidak mampu membayar cicilan pinjaman.

Pihak kreditur juga akan menilai apakah kondisi Anda mampu melunasi pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil. Hal ini akan mempengaruhi apakah pengajuan pinjaman Anda akan disetujui atau tidak. 

6. Riwayat Kredit

Riwayat kredit juga turut mempengaruhi proses persetujuan pencairan pinjaman syarat gadai BPKB Mobil. Pastikan bahwa Anda telah melunasi hutang lain sebelum mengajukan pinjaman. Sehingga, Anda dinilai mampu untuk bertanggung jawab dengan kredit yang akan Anda ajukan. 

 

Baca Juga: Mudah dan Cepat! Cara Cek SLIK OJK Online dan Offline Terbaru

 

7. Pilih Perusahaan yang Legal

Apapun lembaga pembiayaan yang Anda pilih, hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah status izin perusahaan tersebut. Ini bisa menjadi cara aman untuk mengetahui seberapa kredibel perusahaan yang Anda tuju.

Perusahaan pembiayaan dengan syarat Gadai BPKB Mobil yang terpercaya sudah pasti memiliki izin terkait layanan yang dihadirkan dari OJK.

 

Baca Juga: Syarat Gadai BPKB Motor dan Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan

 

Prosedur Pinjaman Dengan Syarat Gadai BPKB Mobil

Pertama, Anda bisa mendatangi cabang perusahaan pembiayaan terpercaya terdekat. Anda juga bisa mengajukan secara online apabila tersedia layanan tersebut.

Setelahnya, Anda harus menyiapkan dokumen lengkap yang telah ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan. Seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, BPKB, dan STNK asli dari kendaraan.

Sebelum mengajukan pinjaman, perhatikan dengan lengkap apa saja yang harus dipersiapkan. Sehingga, pengajuan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil Anda bisa lebih mudah untuk disetujui. 

Tahap berikutnya, kendaraan yang akan Anda jaminkan juga akan dinilai apakah layak untuk dijaminkan. Umumnya, kendaraan yang layak dijadikan jaminan adalah mobil dengan usia maksimal 10 tahun dan dalam kondisi prima.

Selain itu, beberapa perusahaan pembiayaan juga hanya menerima merk kendaraan tertentu, misalnya buatan Jepang atau Italia. 

Setelah melihat kondisi mobil yang akan dijaminkan, petugas akan memberikan taksiran nilai yang bisa diberikan kepada peminjam. Nominalnya tentunya tergantung dengan kondisi kendaraan yang Anda jaminkan.

Umumnya, Anda bisa mendapatkan pencairan dana sekitar 60-80% dari nilai kendaraan yang Anda jaminkan. 

Tips Kelola Dana Pinjaman Dengan Bijak

Setelah mendapatkan dana pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil, pastikan Anda mengelola dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Simak tips berikut untuk mengetahui cara mengelola dana pinjaman jaminan BPKB dengan bijak, khususnya BPKB mobil. 

Syarat Gadai BPKB Mobil

Image Source: freepik/h9images

1. Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan

Umumnya, pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil dipilih karena jumlah dana yang didapatkan cukup besar, sesuai dengan nilai kendaraan yang dijaminkan. Gunakanlah dana yang didapat secara bijak untuk keperluan yang mendesak.

Jika ada sisa, jangan sampai Anda tergoda untuk menggunakan dana tersebut untuk keperluan yang bersifat konsumtif. Hal ini agar Anda bisa mengalokasikan dana yang Anda miliki secara efektif untuk hal yang benar-benar Anda perlukan.

Jangan sampai dana pinjaman yang seharusnya digunakan untuk keperluan produktif atau darurat, justru terbuang sia-sia. 

2. Memanfaatkan Dana Untuk Kebutuhan yang Produktif

Seperti poin sebelumnya, usahakan untuk memanfaatkan dana pinjaman dari syarat gadai BPKB Mobil untuk keperluan yang produktif atau bisa menghasilkan. Contohnya, sebagai modal usaha atau investasi.

Hal ini tentunya lebih bermanfaat ketimbang Anda menggunakannya untuk hal yang tidak perlu. Anda juga bisa mendapatkan pemasukan atau bunga dari hal tersebut yang bermanfaat untuk jangka panjang. 

Selain itu, jangan tergoda dengan dana pinjaman yang besar. Karena perlu diingat bahwa Anda tetap harus membayar cicilan, sehingga Anda harus bertanggung jawab dan menggunakan dana yang didapatkan dengan bijak dan efektif. 

3. Manfaatkan Untuk Membuka Usaha Baru

Anda juga bisa memanfaatkan hasil pinjaman dari syarat gadai BPKB Mobil untuk menambah penghasilan lewat membuka usaha baru. Memiliki usaha merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan yang keuntungannya bisa digunakan untuk mengembalikan pokok pinjaman yang ada. Jika usaha yang dikembangkan sudah besar, maka keuntungan juga akan bertambah lebih banyak. Beberapa ide usaha yang bisa Anda coba yaitu sebagai berikut.

Agen Travel

Apakah Anda hobi atau berpengalaman jalan-jalan? Manfaatkan kemampuan Anda untuk membuka jasa agen travel. Mengingat banyak masyarakat yang akan mengajak keluarganya berwisata, jasa agen travel pasti banyak dicari untuk melancarkan perjalanan. Terlebih jika Anda membuka usaha travel mobil.

Dalam bisnis ini, Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan travelling masyarakat seperti menjual tiket transportasi, booking hotel, keperluan konsumsi, atau tiket masuk wisata.

 

Baca Juga: Inspiratif! Begini Cara Memulai Usaha Travel Mobil Keuntungan Berlipat

 

Buka Lapak di Tempat Usaha

Berbisnis di tempat wisata merupakan peluang untuk meraih keuntungan ketika musim liburan, terlebih lagi jika Anda tinggal di daerah pusat destinasi turis. Biasanya, terdapat banyak pedagang yang menjual produk kuliner, fashion, dan sebagainya.

Anda bisa membuka lapak dan menawarkan oleh-oleh atau merchandise khas daerah untuk pengunjung. Atau, bisa juga menjadi fotografer dan menjual hasil foto Anda kepada turis sebagai kenang-kenangan. 

 

Baca Juga: Memulai Bisnis Baru? Begini Cara Mudah Membuat Surat Izin Tempat Usaha

 

Rental Mobil

Berbisnis di tempat wisata merupakan peluang untuk meraih keuntungan ketika musim liburan, terlebih lagi jika Anda tinggal di daerah pusat destinasi turis. Biasanya, terdapat banyak pedagang yang menjual produk kuliner, fashion, dan sebagainya.

Anda bisa membuka lapak dan menawarkan oleh-oleh atau merchandise khas daerah untuk pengunjung. Atau, bisa juga menjadi fotografer dan menjual hasil foto Anda kepada turis sebagai kenang-kenangan. 

4. Tutup Hutang Kartu Kredit

Apabila memiliki sisa dari dana pencairan pinjaman syarat gadai BPKB Mobil, Anda bisa menutup hutang lain yang dimiliki agar hutang yang berjalan tidak terlalu banyak. Dengan memiliki hutang yang berpusat pada satu lubang, keuangan akan lebih stabil sehingga mempengaruhi proses pembayaran cicilan pinjaman nantinya.

5. Jangan Dihamburkan 

Siapa yang tidak tergiur apabila mendapatkan uang dengan nominal yang besar? Nah, hal seperti ini perlu Anda hindari agar semua pencairan dana pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil bisa teralokasikan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila terdapat dana yang tersisa dan Anda tidak memiliki tuntutan hutang lainnya, sebaiknya lakukan investasi untuk menambah nilai uang yang dimiliki. 

 

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB dan Cara Mudah Membuatnya

 

Alasan Pinjaman Jaminan BPKB Ditolak

Berikut ini berbagai alasan mengapa pengajuan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil Anda ditolak.

1. Kriteria Kendaraan Tidak Sesuai Persyaratan

Umumnya, perusahaan pembiayaan menetapkan sejumlah persyaratan mengenai jenis, merek, tahun dan kondisi kendaraan yang bisa dijaminkan sebagai syarat gadai BPKB Mobil. Setiap lembaga keuangan menetapkan persyaratan yang berbeda-beda.

Namun, persyaratan yang umum adalah kondisi kendaraan yang seharusnya masih bagus baik bagian fisik maupun mesin, serta umurnya tidak lebih dari 10 hingga 15 tahun. 

Nah, apabila pengajuan Anda ditolak, bisa jadi kendaraan Anda tidak memenuhi salah satu atau bahkan keseluruhan syarat yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. Karena itu, pelajari kriteria yang diberlakukan dengan seksama. Lalu pastikan bahwa kendaraan Anda memenuhi kriteria tersebut. 

2. Nominal Pinjaman Di Atas Nilai Kendaraan Jaminan

Salah satu alasan mengapa kendaraan sering dijadikan jaminan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil adalah karena dana yang didapat berjumlah lumayan besar, karena aset jaminannya bernilai besar.

Namun, umumnya jumlah pencairan dana yang diterima dibawah nilai taksiran kendaraan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan. 

Apabila Anda mengajukan jumlah pinjaman diatas nilai jual kendaraan Anda, maka pinjaman Anda sudah pasti ditolak.

Ketika Anda hendak mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memahami persyaratan dan fitur yang Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda bisa mengestimasi biaya yang sekiranya bisa Anda dapatkan dan apakah biaya tersebut bisa memenuhi kebutuhan Anda. 

3. Identitas Tidak Jelas atau Palsu

Ketika Anda mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB Mobil, selain menyerahkan dokumen, Anda juga harus menyerahkan identitas diri seperti KTP, nomor telepon, dan lain sebagainya. 

Apabila identitas Anda tidak jelas atau menggunakan nama lain, pinjaman Anda sudah pasti ditolak. Hal ini karena ada proses konfirmasi yang dilakukan oleh pihak lembaga keuangan.

Pastikan bahwa Anda mengisi identitas Anda sejelas mungkin di formulir pendaftaran, dan menyerahkan dokumen identitas yang mendukung. 

Sobat BFI, itulah informasi mengenai Cara dan Syarat Gadai BPKB Mobil Terbaru, Mudah dan Aman! Dapatkan kemudahan mengajukan pinjaman jaminan BPKB mobil di BFI Finance dengan pencairan hingga 85% untuk mobil jenis penumpang dan 75% untuk jenis mobil bukan penumpang.

BFI Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terpercaya memiliki layanan pinjaman BPKB mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ajukan pinjaman dengan bunga ringan dan proses pencairan yang cepat. Pajak mati atau belum balik nama mobil bisa dibantu! Informasi selengkapnya dapat Anda temukan melalui tautan di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Dapatkan informasi bermanfaat lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya!

Sumber: