Gaya Hidup

Gaji UMR? Simak Tips Berikut Supaya Tetap Bisa Menabung!

Admin BFI
21 September 2023
3355
Gaji UMR? Simak Tips Berikut Supaya Tetap Bisa Menabung!

Mengatur keuangan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh semua orang, terutama ketika memiliki banyak kebutuhan dan keterbatasan dalam pendapatan. Kadang-kadang, seseorang mungkin merasa sulit untuk mengatur keuangan mereka, terutama jika gaji yang diterima adalah Upah Minimum Regional (UMR).

 

Namun, jangan khawatir! Meskipun gaji UMR mungkin terbatas, dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda masih bisa mengelola keuangan Anda dengan bijak, menabung, dan mencapai tujuan keuangan Anda.

 

 

1. Tips Mengelola Gaji UMR

1.1 Membuat Anggaran yang Realistis

Mulailah dengan mencatat semua sumber pendapatan Anda, seperti gaji utama, bonus jika ada, atau pendapatan tambahan dari pekerjaan sampingan. Selanjutnya, identifikasi pengeluaran rutin Anda seperti sewa atau cicilan rumah, tagihan listrik, makanan, transportasi, dan asuransi. Selain itu, jangan lupakan pos-pos pengeluaran yang terkadang terlupakan seperti rekreasi, hiburan, atau dana darurat.

 

Setelah Anda memiliki gambaran tentang pendapatan dan pengeluaran Anda, Anda dapat membuat anggaran yang realistis. Prioritaskan pengeluaran yang sangat penting, seperti tagihan dan makanan, kemudian alokasikan sisa uang untuk pos-pos yang kurang penting. Ingatlah bahwa anggaran yang realistis tidak harus mengharuskan Anda untuk mengorbankan semua keinginan Anda, tetapi membantu Anda membuat pilihan bijak tentang di mana uang Anda sebaiknya digunakan.

 

1.2 Jangan Punya Hutang Lebih dari 25% Gaji

Mengelola gaji UMR dengan bijak juga mencakup kebijaksanaan dalam mengelola hutang. Salah satu aturan utama yang penting adalah tidak memiliki hutang yang melebihi 25% dari pendapatan bulanan Anda. Mengapa 25%? Ini adalah angka yang sering digunakan sebagai panduan karena menghindari beban hutang yang berlebihan dan memungkinkan Anda untuk mengelola pengeluaran dengan lebih nyaman.

 

Jika Anda memiliki pinjaman yang lebih besar dari 25% dari gaji UMR Anda, ini dapat mengakibatkan tekanan finansial yang signifikan. Pembayaran hutang yang tinggi dapat memakan sebagian besar pendapatan Anda, meninggalkan sedikit ruang untuk biaya hidup sehari-hari, tabungan, atau investasi masa depan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari pertimbangan hutang yang berlebihan.

 

Akan tetapi, jika Anda sudah memiliki hutang yang melebihi 25% dari pendapatan bulanan Anda, maka prioritaskan untuk membayar hutang tersebut secepat mungkin. Buat rencana pembayaran hutang yang efisien dan disiplin dalam melaksanakannya. Ini akan membantu Anda mengurangi beban hutang dan mengembalikan keseimbangan keuangan Anda.

 

Baca juga: Tips Usaha Sampingan Untuk Gaji Pas-Pasan

1.3 Sisihkan Minimal 10% Gaji untuk Menabung

Salah satu langkah yang sangat penting dalam mengelola gaji UMR dengan bijak adalah menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk menabung. Sebaiknya Anda memprioritaskan menabung sebelum mengalokasikan uang untuk pengeluaran lainnya. Idealnya, Anda seharusnya mencoba untuk menyisihkan minimal 10% dari gaji UMR Anda setiap bulan untuk menabung.

 

Penting untuk menganggap menabung sebagai pengeluaran yang tidak dapat dihindari dan harus disisihkan setelah gajian, sama seperti pembayaran tagihan atau kebutuhan dasar lainnya. Anda dapat mengatur otomatis transfer ke rekening tabungan atau investasi Anda setiap kali gaji masuk. Dengan konsisten menyisihkan minimal 10% dari gaji UMR Anda untuk menabung, Anda akan membangun kebiasaan yang berharga dalam pengelolaan keuangan Anda dan mencapai stabilitas keuangan jangka panjang.

 

1.4 Evaluasi Anggaran

Mengelola gaji UMR dengan bijak juga memerlukan evaluasi berkala terhadap anggaran keuangan Anda. Tidak cukup hanya membuat anggaran, tetapi Anda juga harus memantau dan mengevaluasi bagaimana uang Anda benar-benar digunakan setiap bulan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Anda tetap berada dalam jalur yang benar menuju tujuan keuangan Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Tepat

 

Evaluasi anggaran juga menjadi kesempatan untuk mengidentifikasi perubahan keuangan yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan kenaikan gaji, biaya tak terduga, atau perubahan dalam prioritas keuangan Anda. Dengan merencanakan dan menyesuaikan anggaran Anda secara berkala, Anda dapat menghadapi perubahan ini dengan lebih baik.

 

Terakhir, evaluasi anggaran membantu Anda tetap fokus pada tujuan keuangan Anda. Anda dapat memantau kemajuan Anda, melihat apakah Anda mendekati pencapaian tujuan tersebut, dan membuat perubahan jika diperlukan. Ini membantu Anda untuk tetap termotivasi dan terorganisir dalam pengelolaan gaji UMR Anda.

 

2. Budget yang Dapat Dipotong

2.1 Subscriptions Nonton Online

Dalam era digital yang terus berkembang, salah satu aspek yang semakin mendominasi adalah berlangganan layanan streaming nonton online. Dari Netflix hingga Disney+ hingga Amazon Prime, pilihan hiburan online semakin beragam. Walaupun ini adalah bentuk hiburan yang sangat mengasyikkan, seringkali kita tidak menyadari seberapa besar pengeluaran bulanan yang digunakan untuk berlangganan layanan ini.

 

Namun, ada cara cerdas untuk mengelola pengeluaran ini tanpa mengorbankan hiburan yang Anda nikmati. Salah satu solusi adalah dengan mempertimbangkan untuk berbagi akun dengan teman atau keluarga. Banyak platform streaming menyediakan opsi berbagi yang legal dan memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan satu akun. Dengan berbagi biaya berlangganan dengan orang lain, Anda dapat memotong biaya bulanan hiburan Anda dengan signifikan.

 

2.2 Biaya Entertainment

Biaya hiburan atau entertainment adalah salah satu aspek dalam anggaran yang dapat dengan mudah melebar dan menjadi sumber pengeluaran yang signifikan. Ini mencakup pergi ke bioskop, makan di restoran mewah, berbelanja berlebihan, dan berbagai aktivitas hiburan lainnya. Sementara hiburan ini adalah bagian penting dari kehidupan Anda, penting juga untuk menjaga agar pengeluaran di bidang ini tetap terkendali.

 

Baca Juga: Mengenal Frugal Living, Konsep Hidup Hemat yang Bikin Cepat Kaya

 

Salah satu pendekatan yang dapat membantu Anda mengelola biaya hiburan adalah dengan mencari alternatif yang lebih ekonomis. Sebagai contoh, alihkan kegiatan nonton film ke rumah dengan mengundang teman-teman untuk menonton film bersama. Ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga menciptakan pengalaman sosial yang menyenangkan. Anda juga dapat memasak bersama di rumah sebagai alternatif makan di restoran mahal, atau mencari acara hiburan gratis atau terjangkau yang diselenggarakan di komunitas lokal Anda.

 

2.3 Paket Internet

Internet telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang Anda membayar lebih dari yang sebenarnya Anda butuhkan. Ketika Anda membeli paket internet, penting untuk memeriksa kembali kecepatan dan fitur yang Anda bayar dan pastikan bahwa Anda benar-benar memanfaatkannya sepenuhnya.

 

Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda dapat beralih ke paket internet yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan kualitas layanan. Selain itu, pastikan untuk mencari diskon atau promosi yang mungkin ditawarkan oleh penyedia layanan Anda. Dengan memeriksa dan menyesuaikan paket internet Anda, Anda dapat menghemat uang tanpa mengurangi akses internet yang Anda butuhkan.

 

2.4 Gym

Berlangganan ke gym sering kali menjadi pengeluaran bulanan yang cukup besar. Namun, pertanyaannya adalah seberapa sering Anda benar-benar menggunakan fasilitas gym tersebut? Jika Anda hanya mengunjungi gym sesekali atau telah menemukan alternatif lain untuk berolahraga seperti berlari di taman atau melakukan latihan di rumah, maka berlangganan gym mungkin tidak lagi menjadi keputusan yang bijak secara finansial.

 

Baca Juga: Menghilangkan Stres dengan Gerakan Yoga: Kunci untuk Kesejahteraan Mental

 

Pertimbangkan untuk menghentikan langganan gym dan mencari solusi lain yang lebih terjangkau atau sesuai dengan gaya hidup Anda. Ada banyak program olahraga komunitas atau kelas olahraga yang bisa menjadi alternatif yang baik dan hemat biaya. Dengan demikian, Anda dapat terus menjaga kesehatan fisik Anda tanpa harus membayar biaya langganan yang tinggi setiap bulan.

 

Sebagai kesimpulan, Sobat BFI perlu memiliki komitmen yang kuat untuk mengelola pengeluaran dengan bijak agar sesuai dengan rencana keuangan Anda. Dengan disiplin dan kesadaran dalam mengatur anggaran, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menabung dan membangun stabilitas keuangan jangka panjang.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup