Bisnis

Tips Usaha Sampingan Untuk Gaji Pas-Pasan

Admin BFI
3 August 2021
3386
Tips Usaha Sampingan Untuk Gaji Pas-Pasan

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat terkadang sulit diimbangi dengan pemasukan. Terutama jika pendapatan yang didapatkan masih pas-pasan, sehingga sulit untuk menabung atau bahkan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berikut ide tips usaha sampingan bagi Anda yang ingin memiliki pendapatan tambahan. 

Ditambah lagi dengan keadaan sekarang, Anda tidak dapat hanya mengandalkan pendapatan bulanan dari kantor atau pekerjaan utama Anda. Sehingga, ada baiknya Anda mulai mencari sumber pendapatan tambahan. Atau, usaha sampingan diluar pekerjaan utama Anda. Namun, tentunya pekerjaan sampingan yang Anda pilih bisa dijalankan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. 

Selain bisa mendapatkan pendapatan tambahan, usaha sampingan juga berguna untuk berjaga-jaga apabila Anda kehilangan pekerjaan utama Anda. 

 

Baca juga: 23 Ide Bisnis Kreatif Wajib Untuk Dicoba Tahun 2023!

 

Berikut ini ide tips usaha sampingan yang cocok bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan.

 

tips usaha sukses

1. Jasa Sesuai Keahlian

Apabila Anda memiliki keahlian seperti fotografi, menjahit, bahasa asing, menggambar, menulis, hingga memasak. Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan keuntungan tambahan. Cobalah untuk menawarkan keahlian yang Anda miliki mulai dari orang-orang terdekat, seperti kerabat atau  teman-teman terdekat.

Jika sudah mahir, Anda bisa mulai menawarkan jasa Anda secara online melalui situs-situs freelance maupun situs Anda sendiri. Misalnya jika Anda suka menulis, Anda bisa membuat artikel melalui blog pribadi yang bisa mengundang banyak pembaca. Nantinya, jika sudah ramai, Anda bisa memonetisasi blog Anda melalui orang-orang yang memasang iklan pada situs Anda. 

2. Broker Properti

Opsi usaha sampingan kedua yang bisa Anda coba jalani adalah broker properti. Anda bisa bergabung dengan agen properti dan membantu memasarkan berbagai jenis properti seperti rumah, apartemen dan tanah. Nantinya, Anda akan mendapatkan keuntungan dari sistem komisi apabila Anda berhasil menjual properti yang Anda pasarkan. 

Tentunya, semakin mahal nilai propertinya, komisi yang Anda dapatkan semakin besar. bahkan bisa melebihi gaji bulanan Anda.

3. Online Shop

Opsi usaha sampingan lainnya untuk Anda adalah online shop. Sekarang ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan cukup dengan memasarkan produk Anda lewat marketplace online atau social media. Selain bisa mendapatkan banyak keuntungan, usaha ini cukup fleksibel dan bisa dijalankan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. 

 

Baca juga: Makin Cuan, Ini Usaha Online Shop Terlaris Tahun 2023!

 

Itulah beberapa opsi tips usaha sampingan yang cocok bagi Anda dengan gaji pas-pasan. Namun, tentunya diperlukan sejumlah modal untuk menjalankan beberapa jenis usaha sampingan. 

Anda bisa mengajukan pinjaman di BFI Finance untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial Anda, termasuk untuk kebutuhan usaha. Apabila Anda menjalankan usaha secara online, 

Anda bisa mengajukan produk pinjaman BFI SELFI, yaitu produk pinjaman modal usaha untuk usaha kecil dan menengah yang melakukan penjualannya secara online. 

Ajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dan proses cepat dengan pokok pinjaman hingga 25 Juta khusus untuk wilayah Jabodetabek. 

Tunggu apalagi? Yuk ciptakan peluang usaha baru dengan BFI Finance!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis