Gaya Hidup

Mengenal Frugal Living, Konsep Hidup Hemat yang Bikin Cepat Kaya

Admin BFI
22 October 2022
16649
Mengenal Frugal Living, Konsep Hidup Hemat yang Bikin Cepat Kaya

Menjadi kaya adalah mimpi sebagian besar orang di dunia ini. Walaupun uang bukan segalanya, membeli segalanya membutuhkan uang. Selain dengan bekerja keras dengan tekun, disiplin, dan membuka usaha, Anda bisa menjadi kaya dengan mengubah kebiasaan hidup, salah satunya dengan cara Frugal Living

Berbicara soal hemat, Anda perlu mengetahui pola hidup bernama Frugal Living. Frugal Living adalah gaya hidup yang banyak dipakai oleh orang kaya di berbagai negara. Frugal Living disebut sebagai cara hidup hemat next level. Yuk, simak cara berikut untuk memulainya.

 

Definisi Frugal Living

Frugal living adalah konsep gaya hidup yang mengedepankan minimalise. Seorang frugalis (orang yang menjalankan konsep frugal living) akan lebih mempertimbangkan manfaat barang atau jasa yang didapatkan atas biaya yang telah dikeluarkan. Tidak jarang seseorang frugalis kerap dipandang pelit. Padahal, konsep frugal living lebih daripada sekedar konotasi tersebut.

Perbedaan Frugal Living dengan Gaya Hidup Minimalis

Meskipun terdengar sama, ternyata konsep frugal living berbeda dengan gaya hidup minimalis. Frugal living adalah konsep yang lebih mengedepankan efisiensi dalam penggunaan biaya. Seorang frugalis akan penuh dengan pertimbangan dalam memutuskan manfaat yang didapatkan pada setiap biaya yang dikeluarkan. Bisa jadi, mereka akan lebih memilih barang dengan harga yang paling murah tetapi memberikan manfaat yang paling besar.

Berbeda dengan seorang frugalis, seorang yang memiliki prinsip minimalisme tidak mementingkan harga suatu barang. Mereka lebih mengedepankan kualitas dibandingkan dengan harga yang dimiliki pada suatu barang. Seseorang berprinsip minimalis lebih mementingkan kualitas barang dengan harga yang sedikit lebih mahal karena mereka beranggapan barang tersebut lebih tahan lama dan memiliki usia penggunaan yang lebih panjang.

Manfaat Frugal Living

Tentunya banyak manfaat yang didapat jika Anda menjalankan konsep frugal living ini, diantaranya:

1. Mempercepat Seseorang dalam Meraih Financial Freedom

Dengan bergaya hidup frugal living, maka akan mempercepat seseorang dalam mencapai konsep financial freedom. Financial freedom adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki ketergantungan kepada orang dan tidak perlu terlalu “bekerja keras” dalam memenuhi kebutuhan hidupnya termasuk kebutuhan finansial. Artinya seseorang yang sudah mencapai financial freedom, dapat dikatakan sudah memiliki aset yang lebih dari cukup.

Frugal living mengajarkan seseorang untuk dapat mempertimbangkan dengan cermat keputusan terkait finansial. Sehingga, seorang frugalis akan lebih banyak menyisihkan uangnya untuk ditabung atau diinvestasikan. Oleh sebab itu, konsep financial freedom akan semakin mudah tercapai.

2. Lebih Memiliki Kesempatan Banyak untuk Menabung

Seperti yang telah disebutkan diatas, seorang frugalis akan lebih memiliki banyak uang yang dapat dimanfaatkan untuk ditabung atau bahkan diinvestasikan. Dengan semakin banyak tabungan, maka kehidupan akan lebih tenang dan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan aset yang diinginkan lebih cepat.

3. Mengurangi Stress dan Tekanan Finansial

Dibandingkan dengan hidup untuk memenuhi gengsi, ada baiknya untuk memilih hidup sederhana dengan menerapkan konsep frugal living. Anda tidak perlu membeli pakaian mahal jika diakhir bulan Anda kebingunan untuk membayar kartu kredit. Jika Anda terus memaksakan bergaya hidup diluar kemampuan Anda, maka kedepannya hanya akan menghasilkan stress dan tekanan finansial.

Seorang frugalis akan lebih banyak menyisihkan uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Bebas dari hutang konsumtif, sehingga lebih cepat dalam mendapatkan aset yang diinginkan. Untuk itu, seorang frugalis tidak merasakan khawatir yang berlebihan terhadap kondisi yang tidak dapat terprediksi. Karena, umumnya mereka sudah memiliki dana darurat.

Mungkin akan terasa berat diawal, tetapi jika sudah dilakukan dalam jangka waktu yang lama, niscaya akan terbiasa.

4. Baik Untuk Lingkungan

Menjalankan gaya hidup frugal living akan membuat Anda memiliki lebih sedikit barang. Dengan menahan sifat impulsive yang merugikan, seorang frugalis akan mempertimbangkan beberapa kali untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Dengan sedikit barang yang dimilikinya, maka akan memperkecil kemungkingan barang tersebut berakhir di tempat pembuangan. Contohnya sederhanya adalah jika Anda tidak terlalu sering membeli makanan ringan atau makanan yang terbuat dari kaleng atau plastik, maka Anda akan berkontribusi secara nyata dalam pengurangan limbah plastik.

Cara menjalankan frugal living

Tips Menjalankan Gaya Hidup Frugal Living. Image Source: Freepik

Cara Menjalankan Gaya Hidup Frugal Living

Setelah Anda mengenal apa itu frugal living, mungkin Anda tertarik untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini dia beberapa contoh aktivitas frugal living yang dapat Anda lakukan.

1. Atur Pengeluaran 

Agar terhindar dari “lapar mata” sesaat atau membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, sebaiknya Anda melakukan budgeting atau penganggaran untuk rencana dan arus keuangan Anda. Penganggaran dapat dilakukan dengan mencatat pengeluaran dan pendapatan atau melalui aplikasi pencatatan agar lebih mudah. 

2. Membayar Hutang 

Berhutang bukan hal yang salah atau perlu dihindari. Walaupun berhutang, keuangan Anda masih dapat dikatakan stabil dan aman selama tidak melebihi 30% dari pendapatan yang didapat. Untuk Anda yang memiliki hutang, pastikan untuk membayarnya dengan tepat waktu. Hal ini bertujuan untuk menghindari denda dan catatan buruk kredit Anda.

3. Membatasi Hunian

Cara berikutnya adalah dengan membatasi hunian. Semakin luas rumah dan banyak barang yang dimiliki, tentu semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk perawatan dan biaya pemeliharaan. Jadi, sebaiknya batasi hunian beserta perabotan untuk menghemat biaya.

4. Berinvestasi 

Salah satu cara para miliarder memiliki uang yang banyak karena beberapa diantaranya melakukan investasi untuk mendapatkan uang lebih banyak di masa mendatang.

5. Fokus pada Keuangan Masa Depan 

Prinsip dari gaya hidup Frugal Living adalah Value for Money, dimana Anda harus menjalani hidup dengan biaya hidup yang minim. Sebagian orang yang menjalani gaya hidup ini, akan lebih memikirkan keuangan di masa depan seperti berasuransi dan deposito dibanding hidup hedon. 

6. Meal Preparation 

Membeli makan diluar terkadang merogoh biaya yang lebih banyak jika dibandingkan dengan menyiapkan makanan sendiri dari rumah. Asumsikan kita mengeluarkan Rp 50.000 untuk dua kali makan diluar. Padahal budget Rp 50.000 dapat digunakan sebagai budget menyiapkan masakan untuk diri sendiri selama 2 hari. Selain dapat menghemat biaya, menyiapkan masakan sendiri dari rumah dapat lebih terjamin kehigienisannya.

Meal preparation tidak hanya membawa bekal dari rumah saat pergi keluar rumah. Meal preparation juga bisa dilakukan dengan cara makan terlebih dahulu sebelum berbelanja atau bertemu dengan kerabat diluar rumah agar lebih hemat.

7. Memanfaatkan Promo

Seorang frugalis akan lebih memanfaatkan promo saat berbelanja bulanan, membeli makanan diluar jika tidak sempat memasak, atau membeli barang yang dibutuhkan lainnya. Biasanya para merchant akan memberikan promo pada hari-hari tertentu seperti payday, Hari Besar, dan lainnya.

8. Membandingkan Harga 

Cara menjalankan konsep frugal living yang terakhir adalah dengan membandingkan harga. Dengan memilih harga termurah, maka Anda sudah melakukan gaya hidup Value for Money. Tetapi pastikan bahwa barang dengan harga murah tersebut adalah barang diskon atau barang dengan kualitas yang baik agar lebih lama masa pemakaiannya. 

 

Nah, Itulah pemahaman mengenai ap aitu frugal living dan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan diri hemat. Dengan berhemat, bukan hanya jaminan kekayaan saja yang Anda dapatkan. Anda juga terlatih hidup menjadi lebih disiplin dan sederhana. Selamat mencoba ya, Sobat BFI!

 

Kategori : Gaya Hidup