Gaya Hidup

Menghilangkan Stres dengan Gerakan Yoga: Kunci untuk Kesejahteraan Mental

Admin BFI
20 September 2023
1383
Menghilangkan Stres dengan Gerakan Yoga: Kunci untuk Kesejahteraan Mental

Olahraga yoga telah kembali ke sorotan sejak pandemi COVID-19. Banyak yang awalnya mencoba yoga sebagai cara untuk mengisi waktu mereka selama periode isolasi di rumah. Namun, yang menarik adalah, setelah pandemi dinyatakan berakhir, tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan, tetapi malah menjadi gaya hidup yang melekat pada banyak masyarakat.

 

Sebenarnya, yoga telah ada selama berabad-abad dan telah menjadi bagian integral dari berbagai budaya di seluruh dunia. Praktik yoga, dengan penggabungan gerakan tubuh yang penuh kesadaran, teknik pernapasan yang dalam, dan meditasi yang menenangkan, telah dikenal memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental sejak zaman dahulu.

 

1.Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Pikiran

1.1 Membantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Yoga merupakan metode yang efektif untuk mengatasi kesulitan tidur. Dengan melibatkan serangkaian latihan relaksasi dan meditasi, yoga memiliki potensi besar untuk meredakan pikiran yang mungkin terlalu aktif dan mengurangi ketegangan tubuh yang dapat mengganggu proses tidur. Gerakan-gerakan yoga secara perlahan dapat menciptakan kondisi yang ideal untuk tidur yang mendalam, memungkinkan tubuh untuk sepenuhnya pulih dan memberikan rasa segar serta energi yang revitalisasi ketika Anda bangun keesokan paginya.

 

Selama latihan pernapasan dalam dan teknik meditasi dalam yoga, Anda dapat merasakan peningkatan perasaan ketenangan dan kemampuan untuk meredakan pikiran yang terus berputar sebelum tidur. Ini memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk masuk ke dalam kondisi yang lebih damai dan rileks, yang secara signifikan meningkatkan kualitas tidur Anda. Dengan demikian, yoga tidak hanya membantu Anda tertidur dengan lebih mudah tetapi juga meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Dengan tidur yang lebih nyaman, Anda akan merasa lebih segar dan siap menghadapi tugas-tugas sehari-hari dengan energi yang lebih baik.

 

Baca Juga: Catat! Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Buka Coffee Shop Tahun Ini

 

1.2 Mengurangi Gelisah dan Stres

Manfaat meditasi dan pernapasan dalam yoga tidak hanya terbatas pada kesehatan mental, namun memiliki dampak positif pada kesehatan fisik. Penurunan tingkat stres dapat mengurangi risiko penyakit jantung, karena stres yang kronis dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, sistem kekebalan tubuh Anda juga mendapat manfaat dari penurunan stres, karena tekanan yang berlebihan dapat melemahkan kemampuan sistem kekebalan untuk melawan infeksi.

Dengan demikian, meditasi dan latihan pernapasan dalam yoga memberikan manfaat yang mendalam bagi pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Praktik ini tidak hanya memungkinkan kita untuk meredakan stres dan kecemasan, tetapi juga mendukung kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh Anda. Dalam dunia yang penuh tekanan ini, menjadikan meditasi dan pernapasan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda dapat membantu kita mencapai keseimbangan dan kesejahteraan.

 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengelola Stres di Lingkungan Kerja

 

1.3 Meningkatkan Massa Otot

Gerakan yoga juga mencakup berbagai gerakan yang memanfaatkan massa tubuh Anda sendiri. Hal ini berperan dalam mengembangkan massa otot, terutama di bagian tubuh yang mungkin tidak terlatih secara optimal melalui metode latihan biasa. Dengan peningkatan massa otot ini, postur tubuh Anda dapat diperbaiki, dan risiko mengalami masalah pada tulang belakang dapat berkurang.

 

Ketika Anda menjalani latihan yoga, Anda terlibat dalam serangkaian gerakan yang menggunakan berat badan Anda sebagai bentuk resistansi. Ini membantu Anda mengembangkan massa otot, terutama di bagian tubuh yang mungkin kurang terlatih melalui jenis latihan tradisional. Dengan meningkatnya massa otot ini, Anda dapat mengamati perubahan dalam postur tubuh kita, dan dampak buruk pada tulang belakang dapat diminimalkan.

 

1.4 Lebih Mengenal Batas-Batas Tubuh

Dalam melakukan gerak fisik yoga, Anda akan lebih mendalami pemahaman tentang tubuh Anda. Ini mencakup kemampuan merasakan berbagai ketegangan yang ada dalam tubuh, juga mengenali dengan lebih baik batasan-batasan fisik Anda. Kesadaran yang Anda kembangkan terhadap tubuh ini bukan hanya membantu mengurangi potensi risiko cedera saat melakukan gerakan-gerakan dalam yoga, tetapi juga meningkatkan hubungan yang lebih dalam antara Anda dan tubuh Anda.

 

Melalui latihan yoga, Anda akan dilatih untuk memperdalam pemahaman mengenai tubuh Anda secara menyeluruh. Ini mencakup kemampuan untuk merasakan berbagai sensasi dan ketegangan yang mungkin muncul dalam tubuh Anda serta mengenali dengan lebih baik batasan-batasan fisik yang dimiliki. Kesadaran yang semakin tajam terhadap tubuh ini tidak hanya membantu mengurangi risiko cedera saat melakukan gerakan yoga, tetapi juga meningkatkan hubungan yang lebih intim antara Anda dan tubuh Anda.

 

1.5 Peningkatan Keseimbangan

Banyak gerakan dalam praktik yoga melibatkan pemeliharaan keseimbangan tubuh dalam berbagai posisi yang beragam. Melalui latihan yang konsisten, kemampuan keseimbangan dan koordinasi dapat ditingkatkan secara bertahap. Kemampuan keseimbangan yang lebih baik memiliki peran penting dalam mengurangi risiko jatuh, terutama pada populasi lanjut usia, dan juga dapat memberikan manfaat tambahan dalam berbagai kegiatan olahraga yang melibatkan koordinasi dan stabilitas tubuh. Dengan kata lain, yoga membantu memperkuat kemampuan tubuh untuk tetap stabil dan seimbang dalam berbagai situasi.

 

Baca Juga: Kunci Sukses Bangun Rumah Tangga, Siapa Atur Keuangan?

 

2. Gerakan Yoga yang Bantu Tenangkan Pikiran

2.1 Shavasana

Gerakan ini biasanya dilakukan sebagai bagian akhir dari sesi yoga. Shavasana menitikberatkan pada menciptakan keadaan total relaksasi dengan memberikan perasaan kenyamanan pada tubuh. Melalui kondisi istirahat ini, sistem saraf dapat tenang dan pernafasan semakin lambat. Gerakan ini juga membantu dalam menurunkan tekanan darah.

 

Cara melaksanakan pose ini adalah dengan berbaring telentang di atas matras. Kemudian, letakkan tangan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Pastikan ada jarak yang cukup antara kedua kaki Anda dan biarkan ujung kaki mengarah keluar. Tangan dapat diletakkan tidak terlalu dekat dengan tubuh, dan kemudian rilekskan. Setelah itu, tutup mata Anda, fokus pada pernapasan yang dalam, dan pertahankan pose ini selama 4 hingga 5 menit.

 

2.2 Balasana

Posisi balasana sangat efektif untuk merenggangkan daerah punggung bagian bawah, menciptakan rasa santai pada tulang belakang, menenangkan pikiran, dan mengurangi tingkat stres.

 

Untuk melakukan pose ini, mulailah dengan berada dalam posisi merangkak. Selanjutnya, hembuskan nafas secara perlahan sambil mendorong tubuh Anda ke arah belakang. Pastikan tangan Anda tetap dalam posisi semula, sejajar dengan tubuh Anda dan mengarah ke depan, sementara kepala menghadap ke bawah. Biarkan pantat Anda mengendur dan jatuhkan di atas tumit Anda, kemudian rilekslah sepenuhnya.

 

2.3 Bridge Pose

Bridge pose sendiri membantu menguatkan otot-otot punggung bawah, termasuk otot punggung, otot gluteus, dan otot hamstring. Pose ini juga membantu merilekskan tubuh dan pikiran, mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Dalam  melakukan bridge pose, Anda berbaring dalam posisi telentang dan tekuk lutut Anda sehingga sejajar dengan lebar pinggul. Pastikan kedua tangan berada di samping tubuh Anda dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan bersentuhan dengan matras.

 

Kemudian, tarik nafas dalam-dalam dan angkat pinggul Anda ke atas, menggunakan bahu, lengan, dan telapak kaki sebagai dukungan. Upayakan untuk mengangkat pinggul sejauh yang Anda nyaman dan rasakan relaksasi pada bagian tengah tubuh.Pertahankan pose ini selama durasi 4 hingga 6 kali pernapasan. Setelah itu, perlahan turunkan pinggul Anda sambil mengeluarkan napas secara perlahan.

 

2.4 Uttanasana

Gerakan uttanasana, adalah pose yoga yang bermanfaat untuk meredakan ketegangan yang mungkin ada pada otot paha, pinggul, dan hamstring Anda. Selain manfaat fisiknya, pose ini juga memiliki dampak positif dalam mengatasi stres, kelelahan, serta gejala depresi ringan.

 

Untuk mempraktikkan gerakan ini, mulailah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki selebar pinggul. Selanjutnya, hembuskan nafas perlahan dan secara perlahan tekuk tubuh ke depan dari pinggang. Letakkan telapak tangan Anda pada tulang kering atau matras di bawah Anda untuk mendukung postur Anda.

 

Pertahankan pose ini selama 5 hingga 6 kali pernapasan, sambil merasakan perpanjangan leher dan punggung Anda. Setelah itu, lepaskan pose dengan perlahan, dan sejalan dengan itu, tarik napas dalam-dalam saat Anda kembali ke posisi berdiri. Dalam gerakan ini, fokus pada pernapasan dan kesadaran tubuh akan membantu Anda mencapai manfaat maksimal dari uttanasana.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup