Pinjaman

Apa Itu Student Loan? Simak Manfaat dan Keberadaannya di Indonesia

Admin BFI
4 March 2024
1956
Apa Itu Student Loan? Simak Manfaat dan Keberadaannya di Indonesia

Student Loan telah menjadi sorotan utama dalam upaya mendukung mahasiswa dalam mewujudkan impian pendidikan mereka. Di Indonesia sendiri, konsep student loan saat ini masih terus dikaji pengimplementasiannya. Apa itu student loan sebenarnya? Simak tuntas konsep student loan, manfaatnya, dan bagaimana keberadaannya mencuri perhatian di Indonesia.

 

1. Apa Itu Student Loan?

1.1 Pinjaman Uang dari Bank ke Mahasiswa

Student Loan adalah sistem pinjaman pendidikan yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan dana untuk pendidikan mereka. Dalam konteks ini, terdapat dua jenis sistem pinjaman pendidikan, yaitu pinjaman hipotek dan pinjaman dengan basis pendapatan.

1.2 Pinjaman Hipotek

Tipe pertama adalah pinjaman hipotek. Pinjaman hipotek merupakan pinjaman yang memiliki jangka waktu pembayaran yang telah ditentukan. Pinjaman ini seringkali mengakibatkan tanggungan pembayaran yang signifikan, terutama bagi individu dengan pendapatan rendah, dan membawa risiko gagal bayar. Model pinjaman ini umum digunakan di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Filipina, dan Thailand.

1.3 Pinjaman Berbasis Pendapatan

Sementara itu, tipe kedua merupakan metode pinjaman berdasarkan pendapatan. Dalam hal ini, peminjam memiliki kemampuan untuk melunasi pinjaman setelah pendapatan mereka mencapai tingkat tertentu. Pada tipe ini, durasi pembayaran tidak ditetapkan pada awalnya, sehingga, risiko gagal bayar dapat sedikit dimitigasi. Model semacam ini umumnya diterapkan di beberapa negara, termasuk Australia, Swedia, Inggris, dan Jerman.

 

2. Sejarah atau Awal Mula Student Loan

Sejarah student loan memiliki akar yang panjang dan bermula pada abad pertengahan, membawa kita melalui perkembangan penting dalam sistem pendidikan tinggi.

2.1 Berawal dari University of Bologna, Italia

Konsep pinjaman pelajar pertama kali muncul di University of Bologna, Italia, sebuah institusi yang diakui sebagai yang tertua di dunia. Pada masa itu, skema pinjaman ini menjadi fondasi bagi sistem pinjaman pelajar yang kemudian diadopsi oleh universitas terkenal lainnya di Eropa, termasuk University of Paris, Oxford University, dan Cambridge University.

2.2 Resmi Tercatat Tahun 1240

Pada tahun 1240, Uskup Lincoln, Robert Grosseteste di Oxford University, menciptakan skema pinjaman pelajar yang secara resmi tercatat dalam sejarah sebagai St. Frideswide's Chest (Peti St. Frideswide). Langkah ini memberikan dasar formal dalam pengembangan pinjaman pelajar.

2.3 Negara Pertama Adakan Student Loan

Pada abad ke-20, penerapan skema pinjaman pelajar secara nasional dimulai. Kolombia mencatat sejarah sebagai negara pertama yang memberlakukan skema pinjaman pelajar nasional pada tahun 1951. Inisiatif ini menjadi titik awal pengakuan pentingnya pendidikan tinggi dan dukungan finansial yang diberikan kepada mahasiswa.

Australia juga memiliki peran signifikan dalam sejarah student loan. Pada tahun 1989, negara ini memperkenalkan kembali konsep pinjaman pelajar sebagai langkah untuk mendukung perluasan perguruan tinggi. Sebelumnya, pada tahun 1974, Australia telah menghapuskan skema pinjaman pelajar, tetapi melihat perlunya memperluas akses pendidikan tinggi, mereka kembali menerapkannya.

Dengan begitu, sejarah student loan mencerminkan evolusi sistem pendidikan tinggi dan peran krusial negara-negara tertentu dalam menyediakan dukungan finansial bagi mahasiswa. Mulai dari University of Bologna pada abad pertengahan hingga langkah-langkah progresif di Kolombia dan Australia pada abad ke-20, skema pinjaman pelajar terus berkembang untuk menjawab tuntutan pendidikan yang semakin kompleks.

 

3. Student Loan di Indonesia

Student loan adalah

3.1 Menjadi Perhatian Presiden Joko Widodo

Meskipun student loan belum secara resmi ada di Indonesia, pada tahun 2018, Presiden Joko Widodo mendorong perbankan untuk mengembangkan student loan di Indonesia, mirip dengan yang ada di Amerika Serikat. Beliau menyoroti perbedaan antara kredit pendidikan di AS yang mencapai US$1,3 triliun dengan kredit konsumtif hanya sebesar US$800 miliar.

3.2 Sedang Dilakukan Kajian Mendalam

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang melakukan kajian mendalam terkait penerapan student loan. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyatakan bahwa mereka perlu mempertimbangkan keterjangkauan pinjaman agar tidak memberatkan mahasiswa dan mencegah potensi masalah yang muncul di negara lain.

Menurut studi yang dilakukan SMERU Institue, konsep student loan sangat mungkin untuk diterapkan di Indonesia. Konsep student loan dengan pinjaman hipotek yang diaplikasikan di Amerika Serikat, tidak cocok untuk aplikasikan di Indonesia. Indonesia lebih cocok untuk menerapkan student loan dengan konsep pinjaman berbasis pendapatan, yang telah diaplikasikan di Inggris.

Selain itu, SMERU Insititute menambahkan, konsep student loan di Indonesia dapat berjalan lancar jika mengusung konsep pinjaman tanpa bunga yang disalurkan melalui dana abadi LPDP. Skema tersebut lebih memiliki risiko gagal bayar yang rendah dibandingkan dengan skema pinjaman online.

 

4. Manfaat Student Loan

4.1 Merubah Image Perguruan Tinggi

Sejatinya, yang dimaksud Student Loan sendiri adalah peminjaman dana untuk mahasiswa yang dianggap membutuhkan bantuan. Hal ini tentu saja membantu merubah citra perguruan tinggi, membuatnya lebih terbuka dan dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat. Dengan adanya student loan, pendidikan juga dapat dianggap sebagai sesuatu yang dapat diraih oleh siapa saja.

4.2 Meningkatkan Angka Pelajar

Pada hakekatnya, cara kerja Student Loan membantu pelajar untuk mendapatkan dana pendidikan mereka. Dengan adanya fasilitas pinjaman pendidikan, angka partisipasi pelajar dapat meningkat karena ketersediaan dana tidak lagi menjadi hambatan utama.

4.3 Perbaikan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Dengan banyaknya mahasiswa baru yang berpotensi dapat memanfaatkan pendidikan dengan baik, akan adanya peningkatan kualitas dari pendidikan sendiri. Adanya benih-benih baru akan membuat mereka lebih memahami pembelajaran, sehingga dapat mengimplementasikan di kehidupan nyata. Sehingga kedepannya, diharapkan terdapat pengembangan kurikulum dan peningkatan pengetahuan.

 

Dengan demikian, pengenalan student loan di Indonesia tidak hanya memberikan akses lebih besar ke pendidikan tinggi, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Meskipun masih dalam tahap kajian, langkah ini merupakan potensi inovatif yang dapat membawa dampak positif bagi masa depan pendidikan di Indonesia.

 

Semoga artikel ini dapat memberi gambaran yang jelas mengenai konsep student loan. Untuk saat ini, BFI Finance sebagai lembaga pinjaman multiguna di Indonesia tidak menyediakan fasilitas student loan. Adapun BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, sertifikat rumah/ruko secara konvensional dan syariah untuk berbagai keperluan produktif dan konsumtif seperti pengembangan bisnis, renovasi rumah, investasi, dana pendidikan anak, dll.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Pinjaman