Informasi Umum

8 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tepat

Admin BFI
18 June 2024
488
8 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tepat

Mempersiapkan dana pendidikan anak adalah salah satu tanggung jawab penting bagi orang tua. Biaya pendidikan yang terus meningkat membuat persiapan ini tidak bisa diabaikan. Ditambah dengan biaya pendidik yang cenderung mengalami peningkatan setiap tahun, terutama untuk sekolah yang dinilai elit dan berkualitas. Inilah yang membuat mempersiapkan dana pendidikan anak harus dilakukan sesegera mungkin.

 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak? Bagaimana cara mempersiapkan dana pendidikan anak? Yuk, persiapkan tabungan pendidikan anak dan ketahui cara mempersiapkan dana pendidikan untuk anak Anda dengan tepat.

 

 

1. Kapan Anda Harus Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak?

Jawabannya sederhana: sedini mungkin. Semakin awal Anda memulai, semakin baik persiapan Anda untuk menghadapi biaya pendidikan di masa depan. Persiapan dini memberi Anda lebih banyak waktu untuk mengumpulkan dana dan memaksimalkan potensi pertumbuhan investasi Anda. Anda dapat memulai dari sejak anak Anda lahir atau saat memasuki usia 6 bulan. Dengan begitu, Anda akan mengurangi tekanan finansial di masa depan dan memungkinkan Anda untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak Anda.

 

2. Mengapa Anda Harus Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sedini Mungkin?

2.1 Biaya Pendidikan Terus Meningkat

Salah satu alasan utama mengapa Anda harus mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin adalah karena biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya. Inflasi pendidikan bisa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi umum. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, biaya yang harus Anda keluarkan di masa depan bisa sangat memberatkan. Dengan memulai lebih awal, Anda bisa mengantisipasi kenaikan biaya tersebut dan menyesuaikan tabungan atau investasi Anda sesuai kebutuhan.

 

2.2 Lebih Memiliki Banyak Pilihan Instrumen Investasi

Memulai persiapan dana pendidikan sedini mungkin juga memberi Anda lebih banyak pilihan instrumen investasi. Anda bisa memilih instrumen dengan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi, meskipun memiliki risiko yang lebih besar, karena Anda memiliki waktu yang lebih panjang untuk mengatasi fluktuasi pasar. Instrumen seperti saham, reksa dana saham, atau investasi jangka panjang lainnya bisa memberikan hasil yang lebih baik jika diberikan cukup waktu untuk berkembang.

 

2.3 Dapat Mengurangi Stres Keuangan

Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, Anda dapat mengurangi stres keuangan di masa depan. Ketika Anda memiliki dana yang cukup untuk pendidikan anak, Anda tidak perlu khawatir tentang mencari pinjaman atau mengorbankan kebutuhan lain untuk membayar biaya sekolah. Ini memberikan ketenangan pikiran dan memungkinkan Anda fokus pada hal-hal lain yang juga penting dalam kehidupan.

 

3. 8 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

cara mempersiapkan dana pendidikan anak

Image Source: Freepik

3.1 Libatkan Anak dalam Proses Perencanaan

Cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang pertama adalah dengan melibatkan anak. Melibatkan anak dalam proses perencanaan pendidikan dapat memberikan mereka gambaran tentang pentingnya pendidikan dan pengelolaan keuangan. Diskusikan sekolah atau universitas yang mereka inginkan dan alasan di balik pilihan tersebut. Ini bukan hanya membuat mereka merasa dihargai, tetapi juga memberi mereka pemahaman tentang tanggung jawab dan perencanaan jangka panjang. Ini akan membuat anak Anda belajar bertanggung jawab sekaligus memberikan pilihan kepada anak.

 

3.2 Kumpulkan Informasi Tentang Sekolah yang Dituju

Cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang berikutnya adalah dengan mengumpulkan informasi tentang sekolah atau universitas yang dituju. Cari tahu tentang biaya pendaftaran, biaya tahunan, biaya buku, dan biaya tambahan lainnya. Informasi ini akan membantu Anda membuat perencanaan anggaran yang lebih akurat dan realistis.

 

3.3 Hitung Biaya Pendidikan dan Rencana Anggaran Sesuai Inflasi

Setelah mengetahui biaya pendidikan saat ini, cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang selanjutnya adalah dengan menghitung perkiraan biaya di masa depan dengan inflasi. Misalnya, jika inflasi pendidikan adalah 10% per tahun, biaya yang saat ini Rp 50 juta bisa meningkat menjadi Rp 129 juta dalam 10 tahun. Hitunglah bersama pasangan Anda dan estimasikan agar Anda mengetahui berapa perkiraan dana yang harus ditabung.

 

3.4 Menabung Sesegera Mungkin

Salah satu cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menabung. Mulailah menabung segera setelah anak lahir atau bahkan sebelumnya jika memungkinkan. Buatlah rekening tabungan khusus untuk dana pendidikan dan sisihkan sebagian dari pendapatan bulanan Anda secara konsisten.

 

Baca juga: 12 Cara Menabung dengan Cepat dan Tepat, Dijamin Kaya!

3.5 Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Selain menabung, memilih instrumen investasi yang tepat adalah cara mempersiapkan dana pendidikan anak dengan maksimal. Beberapa pilihan investasi yang bisa dipertimbangkan antara lain:

  1. Deposito: Aman dan memberikan bunga tetap, cocok untuk dana darurat pendidikan.
  2. Reksa Dana: Tersedia dalam berbagai jenis (pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham) dengan potensi imbal hasil yang berbeda.
  3. Asuransi Pendidikan Anak: Asuransi jiwa untuk memberikan proteksi sekaligus perencanaan dana pendidikan.
  4. Saham: Potensi imbal hasil tinggi namun dengan risiko yang lebih besar, cocok untuk jangka panjang.

 

3.6 Konsultasi dengan Perencana Keuangan

Cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang selanjutnya adalah dengan berkonsultasi kepada ahli, yaitu perencana keuangan. Konsultasi dengan perencana keuangan dapat membantu Anda merancang strategi yang tepat untuk mencapai tujuan dana pendidikan anak. Mereka bisa memberikan saran tentang instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan membantu memantau perkembangan rencana keuangan Anda.

 

3.7 Evaluasi Perencanaan Anda

Cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang selanjutnya adalah dengan melakukan evaluasi. Rencana keuangan harus dievaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa Anda masih berada di jalur yang benar. Tinjau kembali tabungan dan investasi Anda setidaknya setahun sekali, dan lakukan penyesuaian jika diperlukan. Perubahan kondisi ekonomi, inflasi, dan kebutuhan pendidikan anak bisa mempengaruhi rencana awal Anda.

 

3.8 Alternatif Pembiayaan Dana Pendidikan

Selain menabung dan berinvestasi, ada beberapa alternatif pembiayaan dana pendidikan yang bisa dipertimbangkan, seperti beasiswa, pinjaman pendidikan, atau program bantuan keuangan dari pemerintah atau lembaga swasta. Pastikan untuk selalu mencari dan memanfaatkan peluang ini untuk meringankan beban biaya pendidikan.

 

Sobat BFI, demikianlah yang perlu Anda ketahui tentang cara mempersiapkan dana pendidikan anak. Mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin adalah langkah bijak yang bisa memberikan banyak manfaat. Dengan perencanaan yang matang dan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan tanpa membebani keuangan keluarga.

 

Walau begitu, terkadang Anda ingin pendidikan terbaik untuk anak Anda dan membutuhkan dana tambahan. Pasalnya, pendidikan terbaik seringkali membutuhkan dana lebih. Inilah yang membuat BFI Finance menjadi solusi dari permasalahan Anda.

 

Anda dapat melakukan pembiayaan dengan cara menjaminkan BPKB Mobil, BPKB Motor, dan sertifikat rumah atau ruko untuk tambahan dana pendidikan anak Anda. Dengan bunga yang kompetitif dan tenor yang panjang, Anda dapat mencairkan dana hingga 80% dari nilai kendaraan Anda! Yuk, ajukan pembiayaan melalui BFI Finance dan berikan pendidikan terbaik untuk anak Anda. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum