Artikel

12 Cara Menabung dengan Cepat dan Tepat, Dijamin Kaya!

2022-02-10 23:00:00 8919
12 Cara Menabung dengan Cepat dan Tepat, Dijamin Kaya!

Menabung merupakan hal yang sangat dianjurkan jika kita ingin cepat dalam menambah asset yang diinginkan. Namun, dalam prosesnya terkadang kita sering menemui godaan yang membuat periode dan nominal menabung kita meleset dari target, atau bahkan terbengkalai. Agar Sobat BFI lebih konsisten dalam menabung, tim BFI Finance akan memberikan 12 cara menabung dengan cepat dan benar nih! Yuk, kita praktikkan bersama-sama ya!

 

12 Cara Menabung dengan Cepat dan Tepat

1. Tetapkan Tujuan Menabung yang Jelas

Langkah pertama cara menabung dengan cepat adalah dengan menentukan tujuan menabung yang jelas. Misalnya apakah Anda menabung untuk keperluan dana pendidikan, dana darurat, atau membeli barang yang belum dapat dibeli pada saat itu. Dengan membuat tujuan yang jelas, maka akan membuat kita lebih fokus dalam usaha mencapainya.

2. Tetapkan Batas Waktu dan Jumlah Dana Tabungan

Selanjutnya, setelah Anda menetapkan tujuan untuk apa menabung, Anda dapat menentukan jumlah dana tabungan yang ingin dicapai dan waktu yang diperlukan. Semisal, Anda ingin menabung untuk biaya pendidikan S2 sebesar Rp 40.000.000. Dengan penghasilan Anda per bulan sebesar Rp 7.000.000 dan setiap bulan mengalokasikan 20%nya untuk ditabung, maka Anda perlu menabung selama kurang lebih 2,5 tahun.

3. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Untuk memudahkan Anda dalam mengatur pos pengeluaran setiap bulannya, Anda dapat memanfaatkan penggunaan aplikasi pengatur keuangan gratis yang tersedia di berbagai platform. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat mengontrol untuk apa saja pengeluaran per bulan, termasuk untuk menabung.

Anda juga dapat menggunakan metode konvensional dengan mencatat pengeluaran dan alokasi dana tabungan dengan catatan tulisan sederhana.

4. Buat Rekening Tabungan Terpisah!

Bedakan rekening untuk pengeluaran harian dengan tabungan! Hal ini sangat berdampak pada kelancaran usaha menabung Anda. Dengan membuat rekening tabungan tersendiri, Anda akan lebih fokus dan konsisten dalam menabung. Anda dapat mengatur kapan Anda memindahkan rekening untuk keperluan masing-masing, misalnya setiap awal bulan atau saat menerima payroll setiap bulannya.

5. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Anda harus membatasi kebiasaan konsumtif yang dapat membuat pos pengeluaran setiap bulan Anda berada diluar batas. Batasi pengeluaran untuk keperluan entertainment misalnya 5% dari penghasilan Anda. Bergaya hidup sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan, akan membuat Anda terhindar dari kebiasan boros dan mempercepat pundi-pundi tabungan Anda.

6. Lunasi Hutang Terlebih Dahulu

Jika Anda memiliki hutang, prioritaskan untuk melunasinya terlebih dahulu sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Jika membayar melebihi batas waktu yang ditentukan, tentunya akan menimbulkan masalah baru seperti munculnya denda dan memperburuk skor kredit Anda. Membayar hutang dengan tepat waktu akan mengurangi kewajiban per bulan Anda. Dengan itu, Anda akan mulai fokus untuk menabung kembali.

Cara Menabung dengan Cepat

Image Source: Unsplash

7. Manfaatkan Promo Diskon atau Cashback

Manfaatkan promo diskon atau cashback dalam membeli barang atau jasa. Contohnya, untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, Anda sesekali dapat membeli makanan melalui platform online yang menawarkan promo diskon atau cashback. Atau jika Anda ingin membeli baju, biasanya retailer akan memberikan diskon besar-besaran setiap akhir tahun dan perayaan hari besar. Hal tersebut cukup efektif dalam menambah dan mempercepat dana tabungan Anda terkumpul.

8. Bawa Uang Tunai Sesuai dengan Kebutuhan

Upayakan untuk membawa uang tunai sesuai dengan kebutuhan saja. Hal tersebut untuk menghindari godaan dalam membelanjakan lebih uang tunai tersebut. Contoh, secara konsisten Anda mengalokasikan penggunaan uang tunai per minggu sebesar Rp 700.000 untuk keperluan makan sehari-hari dan biaya tidak terduga.

9. Alihkan Menjadi Asset Baru

Jika tabungan Anda sudah banyak, Anda dapat mengalihkan dana tabungan Anda dengan membeli asset lancar seperti tanah, emas, atau barang lain yang memiliki kenaikan nilai jual setiap tahunnya. Seperti contohnya, harga tanah akan naik setiap tahunnya berkali-kali lipat dari harga beli awal. Nominal tersebut mungkin juga akan lebih besar dibandingkan dengan Anda menyimpan dana tabungan di Lembaga Keuangan saja.

10. Pertimbangkan Gunakan Tabungan Berjangka

Cara menabung dengan cepat berikut ini cukup tergolong ampuh untuk menahan segala jenis pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Pertimbangkan untuk menggunakan layanan tabungan berjangka yang ditawarkan Bank. Setiap bulan, rekening Anda akan di auto debet ke rekening tabungan berjangka tersebut. Jika Anda menggunakan rekening tabungan berjangka ini sebelum periode jatuh tempo, makan Anda akan dikenakan denda sesuai dengan kebijakan masing-masing layanan Bank.

11. Bawa Bekal Makanan Sendiri

Tips yang satu ini juga terbukti efektif untuk dapat menyisihkan uang Anda untuk ditabung. Dengan mempersiapkan sendiri makanan siang ke kantor atau sekolah, Akan mengurangi biaya makan diluar Anda setiap bulannya. Membeli sayuran dan bahan baku makanan lainnya dari pasar umumnya lebih murah dibandingkan dengan Anda membeli makanan jadi di warung makan.

12. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Cara menabung dengan cepat yang terakhir adalah dengan mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan freelancing atau dengan melakukan usaha sampingan. Selain medapatkan penghasilan dari pekerjaan tetap Anda, Anda dapat mengambil pekerjaan freelance yang tidak bertentangan dengan Peraturan Perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai usaha sampingan seperti berjualan makanan, berbisnis pakaian, atau menjadi dropshipper. Gunakan penghasilan dari pekerjaan tambahan tersebut sebagai dana tambahan untuk menabung.

 

Seperti itulah cara menabung dengan cepat ala BFI Finance. Adakah dari keduabelas cara tersebut yang sudah Sobat BFI praktikkan? Jika belum, mulailah segera ya! Ingat, kuncinya adalah fokus dan konsisten. Semoga di tahun 2022 ini, Sobat BFI dapat mencapai goals yang telah direncanakan ya. Jika Sobat BFI  membutuhkan dana pinjaman untuk keperluan modal usaha, investasi, atau konsumtif, Anda selalu dapat mengajukannya melalui BFI Finance. Cukup dengan menjaminkan BPKB Mobil, Motor, atau Sertifikat Rumah, Anda berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah mulai dari 0,95% flat per bulan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pinjaman tenor panjang dalam pengajuan pinjaman Anda. Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

#SelaluAdaJalan Bersama BFI Finance.

Sumber: