Bisnis

13 Ide Bisnis Makanan Sehat Kekinian yang Menjanjikan

Admin BFI
25 April 2024
2510
13 Ide Bisnis Makanan Sehat Kekinian yang Menjanjikan

Dewasa ini, masyarakat sudah mulai melek dengan makanan dan gaya hidup yang sehat. Terutama dengan adanya pandemi COVID-19, membuat masyarakat lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

 

Hal ini membuat bisnis makanan sehat menjadi peluang yang menjanjikan. Tidak hanya menyajikan makanan yang lezat, namun juga menyehatkan. Potensi bisnis makanan sehat masih sangat besar karena pemain bisnis di sektor ini masih belum terlalu banyak. Berbeda halnya dengan makanan cepat saji ataupun restoran.

 

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis makanan sehat, simak beberapa ide bisnis berikut ini yang dapat Anda coba!

 

 

1. Mengapa Bisnis Makanan Sehat Menjanjikan?

Sebelum mengetahui ide-ide bisnis makanan sehat, penting untuk memahami mengapa bisnis ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan:

 

1.1 Kesadaran Konsumsi Makanan Sehat Semakin Tinggi

Kesadaran akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat semakin meningkat di kalangan masyarakat modern. Informasi mengenai manfaat pola makan yang seimbang dan berbagai penyakit yang dapat dicegah melalui konsumsi makanan bergizi dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat. Hal ini dapat membuat permintaan akan makanan sehat, organik, dan alami semakin meningkat.

 

1.2 Investasi Kesehatan

Masyarakat saat ini cenderung lebih memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan pribadi. Mereka siap berinvestasi dalam gaya hidup yang sehat, termasuk konsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Bisnis makanan sehat dapat menjadi salah satu sarana mempertahankan tren ini dengan menyediakan pilihan makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang nyata. Ini tentunya menjadi keuntungan usaha makanan sehat dan menjanjikan.

 

Baca Juga: 16 Ide Jajanan Kekinian Untuk Jualan, Tertarik Untuk Mencoba?

 

2. 13 Ide Bisnis Makanan Sehat

Pada dasarnya, bisnis makanan sehat bisa Anda terapkan dimanapun. Anda dapat berbisnis makanan sehat untuk dijual di sekolah, di kantor, atau di tempat-tempat lain. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis makanan sehat, berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda pertimbangkan:

 

2.1 Jus dan Smoothie Sehat

Ide bisnis makanan sehat yang pertama dan digemari adalah jus dan smoothie sehat. Usaha jus buah dan smoothie sehat menawarkan berbagai kombinasi buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi. Anda dapat mengkreasikan resep yang unik dan menyediakan opsi jus dan smoothie yang sesuai dengan berbagai selera dan kebutuhan diet pelanggan.

 

Selain itu, ide bisnis jus buah dan smoothie sehat juga termasuk kedalam bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Siapapun dan kapanpun masih banyak orang yang membutuhkan asupan jus buah dan smoothie yang bergizi ini.

 

2.2 Salad Buah

Ide bisnis makanan sehat yang selanjutnya adalah salad buah. Salad buah menyediakan pilihan makanan ringan dan menyegarkan yang cocok untuk dinikmati di berbagai kesempatan. Anda dapat menawarkan variasi salad buah yang berbeda dengan menggunakan buah-buahan segar dan bahan tambahan yang sehat.

 

Berbagai pilihan buah dapat dikombinasikan menjadi salad buah yang lezat dan bergizi. Seperti campuran buah jeruk, apel, semangka, anggur, dicampur dengan olahan yogurt dan susu yang menjadikan salad buah semakin lezat untuk dinikmati.

 

2.3 Salad Sayur

Selain salad buah, salad sayur juga merupakan pilihan makanan sehat yang populer dan menjadi ide bisnis makanan sehat yang baik. Anda bisa menawarkan berbagai macam salad sayur, seperti Caesar Salad, Olivier Salad, Greek Salad, dan banyak lagi, sesuai dengan selera pelanggan. Anda juga bisa menambahkan campuran daging ayam atau berbagai jenis kacang-kacangan yang menjadikan cita rasa salad sayur semakin berwarna.

 

2.4 Katering Sehat

Bisnis makanan sehat selanjutnya yang dapat Anda coba adalah katering sehat. Adapun katering sehat menawarkan meal preparation untuk kesehatan dan menurunkan berat badan dapat membantu pelanggan yang sibuk tetap menjaga pola makan yang sehat. Anda dapat menyediakan paket makanan siap saji yang seimbang nutrisinya dan mudah disiapkan.

 

Bisnis katering sehat menawarkan kemudahan bagi para pelaku diet dalam mengonsumsi makanan bergizi dan rendah kalori. Biasanya setiap menu pada katering sehat berisikan informasi kalori dan gizi yang ada dalam makanan tersebut. Sehingga, konsumen dapat memilih dan mempertimbangkan asupan kalori yang dibutuhkannya.

 

2.5 Jamu

Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti rempah-rempah dan herbal. Anda dapat mengembangkan bisnis jamu dengan menyediakan berbagai macam jamu tradisional yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Dengan begitu, bisnis ini dapat dikategorikan sebagai bisnis makanan sehat.

 

2.6 Kombucha

Ide bisnis makanan sehat yang selanjutnya adalah kombucha. Kombucha adalah minuman fermentasi yang berasal dari teh yang dihasilkan oleh bakteri dan ragi. Bisnis kombucha menawarkan minuman yang kaya akan probiotik dan memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

 

2.7 Makanan Vegetarian

Dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang beralih menjadi vegetarian, bisnis makanan sehat berbasis vegetarian menjadi semakin menjanjikan. Anda dapat menyediakan berbagai pilihan makanan vegetarian yang lezat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat memadukan beberapa sayur-sayuran agar rasanya lebih lezat namun tetap bergizi.  Dengan begitu, bisnis Anda akan dianggap sebagai bisnis makanan sehat kreatif.

 

2.8 Makanan Organik

Bisnis makanan sehat berbasis organik dapat menawarkan berbagai produk makanan yang diproduksi secara organik dan ramah lingkungan. Pasalnya, produk makanan sehat yang organik seperti telur organik, daging organik, dan lain-lain dianggap lebih sehat dan bebas dari bahan kimia sintetis.

 

2.9 Makanan Protein Tinggi

Untuk konsumen yang aktif di dunia fitness, makanan tinggi protein sangat digemari dan dicari. Pasalnya, makanan dengan protein tinggi dapat membantu mempertahankan antioksidan tubuh dan menambah massa otot. Anda dapat menawarkan berbagai pilihan makanan tinggi protein seperti whey smoothie, jus putih telur, ayam rebus, tempe, dan lainnya.

 

2.10 Yogurt dan Olahan Susu

Yogurt dan olahan susu lainnya seperti kefir, susu kedelai, susu almond, dan susu sapi rendah lemak juga merupakan pilihan bisnis makanan sehat yang populer. Anda bisa menyediakan berbagai varian yogurt dan olahan susu untuk memenuhi selera pelanggan. Produk olahan susu dan yogurt ini kaya dengan nutrisi vitamin D, kalsium, dan kalium yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh.

 

2.11 Es Krim Buah

Es krim buah adalah bisnis makanan sehat sehat tentunya digemari oleh semua kalangan. Anda dapat menyediakan berbagai varian es krim buah yang dibuat dari buah-buahan segar dan bahan-bahan alami lainnya. Anda dapat memadukan buah dengan susu dan coklat sehingga orang-orang tidak hanya menganggap es krim buah sehat, namun memiliki rasa yang unik.

 

2.12 Whole Grain

bisnis makanan sehat

Image Source: Freepik

Whole grain atau biji-bijian utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan nutrisi. Anda bisa menawarkan berbagai produk whole grain seperti sereal, biji gandum, dan biji-bijian lainnya dalam kemasan yang praktis dan mudah disajikan. Anda juga dapat menjadikan whole grain sebagai topping es krim atau yoghurt. Ini menjadi bisnis makanan sehat yang kreatif.

 

2.13 Beras Rendah Kalori

Beras rendah kalori seperti shirataki dan konyaku semakin populer sebagai alternatif sehat bagi nasi biasa. Bisnis makanan sehat ini dapat menawarkan berbagai produk beras rendah kalori yang cocok untuk pelanggan yang sedang menjalani program diet rendah kalori. Beras rendah kalori ini juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi dalam menu makanan yang Anda jual. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan nasi dan tentunya jauh lebih rendah kalori dan menyehatkan.

 

Sobat BFI, dengan mempertimbangkan ide-ide bisnis makanan sehat di atas, Anda dapat memilih konsep yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda untuk memulai bisnis yang menjanjikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis makanan sehat ini.

 

BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, dan sertifikat rumah atau ruko untuk keperluan Anda. Ajukan pembiayaan di BFI Finance, dengan proses yang cepat dan mudah.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis