Gaya Hidup

5 Tempat Wisata di Surabaya Paling Hits Tahun 2023

Admin BFI
28 March 2023
5646
5 Tempat Wisata di Surabaya Paling Hits Tahun 2023

Punya rencana untuk pergi liburan atau staycation ke Surabaya? Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata di Surabaya yang satu ini, ya!

Apa saja tempat menarik yang wajib untuk Anda kunjungi? Cek selengkapnya di sini.

 

1. 5 Tempat Wisata di Surabaya

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, berikut ini 5 kategori tempat wisata di Surabaya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

1.1. Wisata Alam

Tempat wisata pertama yang layak untuk Anda kunjungi terutama bagi para pecinta alam tentu saja wisata alam.

  • Taman Flora Bratang Surabaya

Wisata alam yang pertama adalah taman flora bratang Surabaya yang terletak di Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng. 5 kilometer dari Stasiun Gubeng.

Taman kota atau techno park yang satu ini menyediakan pemandangan yang cukup indah dan sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Di taman ini Anda dapat melihat berbagai flora sambil bersantai menikmati semilir angin.

Beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini antara lain akses WiFi gratis, mushola, balai pertunjukan, perpustakaan, taman membaca, kamar mandi, serta beberapa koleksi fauna.

Kabar baiknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias GRATIS. Pastikan untuk mematuhi peraturan yang ada, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak duduk di tepi kolam.

  • Taman Bungkul

Masih dengan bahasan terkait taman, taman bungkul bisa menjadi pilihan alternatif berikutnya yang patut Anda kunjungi.

Berlokasi di Jl. Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, taman bungkul merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang dapat diakses secara gratis oleh warga sekitar maupun wisatawan lokal dan mancanegara.

Taman ini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang aktivitas di taman menjadi lebih seru, seperti amphitheater, fasilitas olahraga, area bermain anak, WiFi gratis, sampai dengan BMX dan skate track.

Selain gratis, taman yang diberi nama dari salah satu tokoh islam berpengaruh di Surabaya ini dibuka 24 jam, sehingga Anda bisa mengunjunginya kapanpun.

  • Pantai Kenjeran

Destinasi wisata alam berikutnya adalah pantai kenjeran yang berlokasi di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya. Selain bisa menikmati pemandangan pantai dan melihat langsung aktivitas nelayan tradisional, Anda juga dapat mencicipi nikmatnya olahan hasil laut segar yang terletak di Sentra Ikan Bulak.

Jika Anda tertarik untuk membawa oleh-oleh, Anda bisa membeli aneka olahan hasil laut seperti kerupuk teripang yang digoreng garing seperti kerupuk rambak.

  • Wisata Perahu Kalimas

Wisata alam berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah wisata perahu kalimas. Sesuai dengan namanya, di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan Kota Surabaya di sore atau malam hari dari perahu yang dihiasi lampu warna-warni.

Berlokasi di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, terdapat 2 rute perahu yang bisa Anda pilih. Pertama yakni rute Taman Prestasi–Museum Pendidikan. Kedua, rute Monumen Kapal Selam–SIOLA.

Wisata perahu kalimas dapat Anda nikmati mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

1.2. Wisata Sejarah dan Budaya

Tempat wisata di Surabaya berikutnya yang bisa Anda pilih yaitu wisata sejarah dan budaya. Ada beberapa destinasi yang bisa Anda pilih, diantaranya sebagai berikut.

Tempat Wisata di Surabaya

Image Source: liputan6.com

  • Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan ikon Kota Surabaya yang sengaja dibangun untuk memperingati peristiwa 10 November 1945. Terletak di area Taman Kebon Rojo, seberang Kantor Gubernur Jawa Timur, selain melihat tugu pahlawan Anda juga bisa mengunjungi Museum 10 November yang menyimpan berbagai koleksi ikonik, seperti transkrip suara Bung Tomo, lukisan Hotel Yamato, dan lain sebagainya.

  • Jembatan Merah

Tempat bersejarah lainnya yang ada di Surabaya adalah jembatan merah. Jembatan ini menjadi saksi bisu tewasnya Brigadir Jenderal A.W.S Mallaby yang tertembak saat baku hantu antara pasukan sekutu dengan masyarakat Surabaya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat berkunjung ke bangunan tua yang terletak di sekitaran jembatan, seperti Taman Sejarah, Klenteng Hong Tiek Hian, Museum House of Sampoerna, Pasar Pabean, Gedung Internatio, Gedung Cerutu, dan lain sebagainya. 

  • Museum Surabaya (Gedung Siola)

Museum Surabaya merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang erat kaitannya dengan sejarah Surabaya pada masa kolonial. Terletak di Jalan Tunjungan, museum yang satu ini dikenal juga sebagai Gedung Siola yang telah lama dibangun sejak 1877.

Sejarah mencatat, dulunya gedung tersebut White Laidlaw yang dibangung oleh Robert Laidlaw, salah satu pemilik ritel terbesar pada masanya. Di masa penjajahan, gedung ini pernah dijadikan sebagai tempat pertahanan para pahlawan Indonesia ketika melawan tentara sekutu.

Kini, bangunan tersebut resmi menjadi Museum Surabaya dimana Anda dapat melihat perjalanan Kota Surabaya dengan lebih dekat. Anda juga dapat menikmati berbagai bangunan tua lainnya yang berdiri di sekitaran museum ini.

  • Jalan Gula dan Jalan Karet

Hobi jalan kaki dan mengunjungi spot foto bernuansa vintage? Jangan lupa untuk mampir ke Jalan Gula dan Jalan Karet!

Di sini Anda akan melihat berbagai bangunan tua yang sudah ada sejak jaman Belanda dan umumnya tidak berpenghuni atau dibiarkan begitu saja.

1.3. Wisata Kuliner

Sudah puas mengunjungi wisata alam dan sejarah? Inilah saat yang tepat untuk mencoba wisata kuliner di Surabaya!

Ada begitu banyak makanan khas Surabaya yang bisa Anda coba. Berikut ini beberapa tempat wisata di Surabaya yang menyajikan kuliner enak khas Surabaya.

  • Lontong Balap Pak Gendut

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Pahlawan tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu makanan khas yang wajib Anda cicipi adalah Lontong Balap Pak Gendut!

Lontong balap merupakan makanan berat yang terdiri dari lontong, tahu, lentho, tauge, bawang goreng, kemudian disiram dengan kuah petis udang. Rasanya gurih dan lezat!

Lontong Balap Pak Gendut bisa Anda kunjungi di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 11, Pacar Keling, Tambaksari. Warung makan ini buka mulai dari 09.00-21.00 WIB. 

  • Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Selain lontong balap, Surabaya juga punya makanan khas lainnya bernama sate klopo!

Sate yang satu ini cara penyajiannya cukup unik. Daging ayam atau sapi yang sudah ditusuk  berikutnya dibaluri dengan kelapa parut yang sudah dimarinasi dengan bumbu lainnya.

Selain daging ayam atau sapi, sate klopo memiliki varian lainnya seperti otot, sumsum, dan usus. Untuk menikmati hidangan yang satu ini Anda dapat pergi ke Jalan Walikota Mustajab, No 36, Surabaya.

  • Rujak Cingur Genteng Durasim

Sudah ada sejak tahun 1943, Rujak Cingur Genteng Durasim menyajikan dua jenis rujak cingur yang lazim beredar di Surabaya seperti rujak cingur sayur dan buah.

Disajikan dengan sambal petis dan kacang, rujak cingur memiliki citarasa pedas dan gurih. Tak ayal, tempat ini kerap kali dijadikan sebagai tempat wisata di Surabaya yang wajib untuk Anda kunjungi.

Untuk dapat menikmati seporsi rujak cingur legendaris ini, Anda dapat datang langsung ke Jalan Genteng Durasim No. 29, Genteng. Buka mulai pukul 10.30-18.30 WIB.

  • Sego Sambel Mak Yeye

Sego sambel atau nasi sambal adalah kuliner khas Surabaya berikutnya yang cukup populer dimana-mana. Salah satu sego sambel yang paling terkenal di Surabaya adalah Sego Sambel Mak Yeye.

Warung makan yang sudah ada sejak 1982 ini menyajikan menu penyetan dengan berbagai pilihan lauk, mulai dari tempe, tahu, telur, ayam, hingga ikan-ikanan.

Sego Sambel Mak Yeye buka mulai dari pukul 21.00 WIB sampai habis. Harga per porsinya mulai dari Rp 15.000. Anda bisa mendapatkan sego sambel dengan datang langsung ke lokasi penjual yang terletak di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, No. 10, Jagir Wonokromo, Surabaya.
 

Baca Juga: 14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Nikmat Tenan!

 

1.4. Wisata Belanja

Pergi melancong ke suatu kota kurang afdol rasanya kalau belum pergi mengunjungi tempat wisata belanja, khususnya jika Anda berencana membeli oleh-oleh untuk kerabat ataupun orang tersayang.

Nah, beberapa tempat wisata di Surabaya berikut ini bisa Anda kunjungi untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Kota Surabaya!

  • Pasar Atom / Pasar Atum

Berwisata ke Surabaya kurang lengkap tanpa berkunjung ke Pasar Atom atau Pasar Atum. Pasar Atom adalah sebuah pusat perbelanjaan di Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 1972. Terletak di Jl. Bunguran No. 45, di pasar ini Anda bisa menemukan berbagai fashion untuk pria maupun wanita. Anda juga dapat menemukan berbagai kuliner dan jajanan khas Kota Surabaya. Menarik, ya?

  • Tunjungan Plaza

Tempat wisata di Surabaya berikutnya adalah Tunjungan Plaza. Pusat perbelanjaan yang satu ini menawarkan banyak pilihan barang untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat refreshing bersama keluarga karena di dalamnya terdapat berbagai sarana hiburan seperti bioskop, arena bermain anak, dan lain sebagainya.

  • Pakuwon Mall

Pakuwon Mall adalah salah satu mall terbesar di Indonesia dimana di dalamnya terdapat berbagai peritel mancanegara. Tak ayal jika Anda berkunjung ke sini Anda bisa menemukan berbagai brand ternama dan produk lainnya yang dapat menunjang kebutuhan Anda.

  • Pasar Turi Baru

Pasar Turi adalah salah satu pasar legendaris di Surabaya yang menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari peralatan rumah tangga, perlengkapan souvenir, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya.

1.5. Tempat Hiburan

Tempat wisata di Surabaya yang perlu Anda kunjungi berikutnya adalah tempat wisata! Bagi Anda yang pergi ke tempat rekreasi bersama keluarga atau orang tersayang, beberapa rekomendasi tempat berikut ini dapat Anda coba!

  • Atlantis Land

Selain dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya juga dikenal karena cuacanya yang panas. Oleh karenanya mengunjungi taman wisata air dapat menjadi pilihan alternatif untuk menyegarkan Anda.

Tidak hanya kolam renang, Atlantis Land menawarkan banyak atraksi dan wahana lainnya yang sanggup menghibur Anda.

  • Surabaya Zoo / Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang menjadi destinasi berikutnya yang selalu ramai dikunjungi orang-orang. Surabaya Zoo merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dengan koleksi satwanya yang sangat beragam.

Berkunjung ke tempat yang satu ini tentunya bisa menjadi salah satu momen tak terlupakan buat Anda, terutama jika Anda sudah memiliki buah hati.

  • Kampung Arab

Tertarik untuk mencoba wisata religi? Pertimbangkan untuk berkunjung ke Kampung Arab yang berlokasi di Jl. Ampel Kejeron I No. 4 Kec. Semampir, Surabaya.

Di kampung ini Anda dapat mengenal budaya Arab secara dekat dan membeli berbagai souvenir untuk dijadiakn oleh-oleh. Misalnya wewangian, camilan, pakaian, dan lain-lain.

  • Food Junction Grand Pakuwon

Tertarik untuk mencoba berbagai kuliner yang ada di Surabaya? Jangan lupa untuk datang ke Food Junction Grand Pakuwon!

Di sini Anda bisa menemukan berbagai makanan dari yang tradisional sampai dengan mancanegara. Selain luas, tempat ini juga didesain modern agar para pengunjung tetap merasa nyaman saat menghabiskan waktu bersama keluarga di sini.

Sobat BFI, itulah informasi terkait tempat wisata di Surabaya yang wajib untuk Anda kunjungi. Rencanakan liburan Anda dengan aman dan tenang lewat pembiayaan dengan jaminan di BFI Finance!

Prosesnya mudah dan cepat, dapatkan pencairan hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup