Artikel

Staycation : Pengertian, Rekomendasi Tempat, dan Solusi Dana Liburan

2022-05-18 00:00:00 1485
Staycation : Pengertian, Rekomendasi Tempat, dan Solusi Dana Liburan

Sobat BFI! Siapa yang pernah mendengar istilah “staycation”? Belakangan ini, istilah staycation menjadi topik perbincangan yang sering dilontarkan oleh remaja dan dewasa muda. Jadi, sebenarnya apakah itu staycation? Simak informasi lebih lanjut di artikel berikut.  

 

Pengertian Staycation 

Konsepnya, staycation adalah liburan yang tidak memerlukan tiket pesawat, paspor, atau visa. Sesuai dengan namanya, staycation dibagi menjadi dua suku kata yaitu stay yang berarti berdiam di suatu tempat dan cation yang merupakan potongan kata dari vacation yang berarti liburan. Jadi, staycation adalah berlibur di suatu tempat yang berdekatan dengan rumah atau tempat tinggal untuk menikmati lingkungan di sekitar penginapan atau berkunjung ke tempat wisata terdekat. Pada beberapa orang, staycation menjadi sarana untuk menghilangkan penat dan mencari suasana baru. 

Asal-usul Staycation

Istilah ini pertama kali muncul pada masa krisis keuangan di Amerika Serikat pada tahun 2007-2010. Di saat masa sulit tersebut, biaya transportasi dan akomodasi tentu menjadi pertimbangan utama ketika para warga ingin berpergian jauh. Hal tersebut membuat para orang di masa krisis tersebut memilih untuk tinggal di rumah dan melakukan kegiatan yang dapat menyenangkan di tengah waktu libur seperti bersepeda, membaca buku, dan mengelilingi beberapa kota. 

Walaupun sedikit bergeser dari asal-usulnya, staycation menjadi salah satu istilah yang sangat tren dan cocok dipakai bagi para individu yang ingin berlibur namun tidak memerlukan biaya tiket bepergian, melainkan berdiam di suatu lokasi atau hotel dan menikmati fasilitas yang diberikan.

Waktu Terbaik Staycation 

Staycation - Waktu Terbaik Staycation

Sebenarnya, waktu terbaik staycation sendiri tergantung dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Ada beberapa waktu terbaik untuk staycation seperti berikut ini. 

  1. Weekday
    Waktu ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati fasilitas atau pemandangan di sekitar penginapan dan tidak menginginkan keramaian. Saat weekday, liburan akan lebih aman dan jauh dari keramaian jika dibandingkan dengan hari libur atau akhir pekan mengingat banyak keluarga yang menghabiskan waktu akhir pekan dengan staycation bersama keluarga untuk menikmati fasilitas hotel atau villa. Jika Anda seorang karyawan dan bekerja dari rumah, waktu weekday juga menjadi pilihan tepat untuk staycation sembari Work From Home. 

  2. Saat tidak ada kegiatan 
    Berikutnya adalah saat tidak adalah kegiatan. Jika Anda benar-benar ingin menikmati fasilitas atau pemandangan di sekitar lokasi penginapan tanpa ada gangguan pekerjaan dan hal lainnya, maka Anda bisa melakukan staycation saat tidak ada kegiatan.

  3. Ketika butuh refreshing 
    Yang terakhir adalah melakukan staycation saat kondisi pikiran sedang penat dan membutuhkan hiburan atau refreshing. 

Rekomendasi Staycation di Jakarta 

Jika Anda bertempat tinggal di area jakarta, 10 hotel ini cocok untuk Anda yang ingin staycation dengan harga yang bisa disesuaikan budget. 

Raffles Jakarta

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Raffles.com

Jika Anda memiliki budget yang berlebih, Anda dapat menginap di Rafless Hotel Jakarta. Kamar di hotel ini juga sangat luas dan mewah. Ada berbagai fasilitas yang bisa digunakan seperti kolam renang, taman, kids club, gym, dan mall yaitu Lotte Shopping Avenue. Anda juga bisa menikmati pemandangan gedung tinggi dan city night jika bermalam di hotel mewah ini. 

Swissotel PIK 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Swissotel.com

Rekomendasi hotel selanjutnya adalah Swissotel PIK dengan interior mewah dan elegan. Terdapat fasilitas berupa sauna dan jasa massage yang bisa Anda dinikmati jika mau mengeluarkan biaya tambahan. Hotel ini merupakan hotel bintang 5 yang dijamin bisa membuat pikiran dan raga lebih rileks. 

Holiday Inn & Suites Jakarta 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Agoda

Hotel Holiday Inn merupakan hotel menengah dan cukup terjangkau yang bisa jadi pilihan untuk Anda yang menginginkan staycation. Hotel ini berada di Wahid Hasyim dan Gajah Mada Jakarta. Untuk hotel yang berada di Gajah Mada, Anda bisa mengunjungi 2 tempat makan yaitu Duta Cafe dan Duta Bakery untuk memanjakan perut Anda. Sedangkan, untuk Hotel yang berada di Wahid Hasyim, Anda dapat berkeliling kota Jakarta khususnya Bundaran HI, Mal Grand Indonesia, hingga Monas. 

Ibis Style Jakarta 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Booking.com

Rekomendasi tempat staycation selanjutnya adalah Ibis Style Jakarta. Hotel ini memiliki konsep yang minimalis dengan interior modern dalam kamar. Anda bisa merasakan sensasi berkunjung ke Candyland karena furnitur dan interior desain yang penuh warna. Cocok untuk Anda yang ingin mengambil foto Instagramable. 

La Boheme 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Tripadvisor

Hotel di Jakarta yang bisa dijadikan tempat staycation berikutnya adalah La Boheme. Hotel ini berkonsep minimalis dengan tema eco-living. Beberapa interior pada kamar hotel diberikan tanaman hias seperti kaktus dan perabotan yang terbuat dari kayu. Selain kamar hotel, pada lantai atas, Anda bisa memesan beberapa makanan ketika lapar dengan pemandangan gedung tinggi yang indah. 

Rumanami 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Phinemo.com

Hotel rumanami menjadi hotel instagramable yang bisa jadi pilihan untuk staycation di wilayah Jakarta. Hotel ini memiliki bentuk bangunan yang didominasi oleh batu bata dengan interior berbahan kayu. Perpaduan desain bangunan dan interior yang cantik inilah membuat sebagian orang memilih staycation di hotel yang berada di Kemang ini. 

Mercure Hotel Ancol

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Agoda.com

Jika berniat staycation bersama keluarga terutama membawa buah hati, Hotel Mercure Ancol bisa menjadi solusi karena lokasinya yang dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Dufan, Allianz Ecopark, dan Seaworld. Dijamin penat pergi, anak pun happy. 

Fave Hotel Kemang 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Tribun

Jika Anda memiliki budget yang tidak begitu banyak, Fave Hotel Kemang bisa menjadi pilihan hotel untuk staycation. Selain tidak perlu merogoh biaya yang besar, hotel ini memiliki fasilitas standar hotel yang baik, lho! 

Little Amaroossa Residence 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Agoda.com

Hotel yang berada di Jakarta Selatan ini merupakan hotel bintang 3 yang tidak boleh terlewatkan. Ada dua tipe kamar berupa suite dan superior yang bisa Anda pilih untuk staycation. Fasilitas yang ditawarkan juga standar dengan hotel berbintang dimana tersedia TV kabel, mesin pembuat kopi, brankas, dan lain sebagainya. 

Artotel Jakarta 

Staycation - Rekomendasi Tempat Staycation di Jakarta

Sumber Gambar : Venuerific.com

Jika ingin berlibur sekaligus menjajaki kuliner, pilihan hotel ini bisa jadi pilihan. Hotel tersebut adalah Hotel Artotel dengan konsep yang unik dan instagramable serta tersedianya kafe dan bar pada bagian rooftop. 

Manfaat Staycation 

Walau hanya berdiam di suatu tempat saja, adapun manfaat staycation seperti di bawah ini. 

Menghemat Budget 

Jika melihat asal-usulnya, staycation memang bertujuan untuk menghemat dana liburan dengan melakukan kegiatan hanya dari rumah. Namun, jika Anda berniat melakukan staycation di villa atau hotel terdekat, secara tidak langsung Anda juga sudah menghemat budget transportasi seperti tiket dan bensin. Jika memilih untuk memakai kendaraan pribadi, jumlah biaya yang dikelaurkan untuk ongkos tidak akan sebesar jika berlibur ke luar kota. 

Memiliki Waktu yang Lebih Banyak 

Manfaat staycation yang selanjutnya adalah memiliki waktu yang lebih banyak dibandingkan pergi ke luar kota. Asumsinya, jika Anda pergi ke luar kota, Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh sehingga kurang efisien secara waktu. Sedangkan, pada saat staycation Anda tetap bisa merasakan suasana liburan dengan melihat pemandangan dan menikmati fasilitas hotel dengan jarak tempuh yang singkat. 

Efisien Barang

Jika berlibur ke luar kota atau ke luar negeri mengharuskan Anda membawa barang bawaan yang cukup banyak, staycation tidak mengharuskan Anda melakukan hal tersebut. Cukup bawa pakaian dan keperluan yang sekiranya dibutuhkan, Anda bisa merasakan liburan tanpa perlu membawa banyak barang. 

Tidak Ada Drama Perjalanan 

Selanjutnya adalah mengurangi drama perjalanan. Seperti diketahui, tidak semua orang mampu untuk berpergian jauh. Saat ingin berlibur ke luar kota atau negeri, ada beberapa drama seperti pesawat delay, tertinggal, tersesat, mabuk perjalanan dan lain sebagainya. Dikarenakan staycation hanya menempuh jarak yang tidak begitu jauh, maka akan mengurangi drama seperti yang telah disebutkan. 

Tidak Perlu Rencana Liburan

Selain biaya, hal penting yang harus diperhatikan saat berlibur adalah rencana liburan. Membuat rencana liburan juga tidak mudah dan membutuhkan beberapa pertimbangan agar liburan menjadi berkualitas namun tidak membuang banyak biaya. Dengan staycation, Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat rencana liburan apalagi jika tujuan staycation hanya berdiam diri di hotel dan menikmati fasilitas yang ada. 

Me-refresh Pikiran 

Manfaat lain dari staycation adalah dapat merefresh pikiran. Staycation dapat membuka pikiran akan hal baru, pikiran yang positif, dan sejenak melupakan rutinitas yang membuat pikiran menjadi penat. 

Mengenal Lebih Kota Tempat Tinggal

Dari definisinya, staycation bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari hanya berdiam di penginapan dan menikmati fasilitas di dalamnya atau melakukan aktivitas seperti berkeliling di sekitaran tempat menginap. Tentunya, Anda juga dapat mengenal lebih kota tempat tinggal saat sedang staycation terutama jika melakukannya di sekitaran tempat tinggal. 

Manfaat Kesehatan Staycation 

Selain manfaat di atas, adapun manfaat staycation bagi kesehatan seperti manajemen stres yang baik. Ketika tubuh dalam kondisi stres, hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh akan meningkat. Ketika hormon ini meningkat, maka tubuh akan rentan mengalami gangguan kesehatan seperti sulit tidur, tekanan darah tinggi, kadar gula darah yang meningkat dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, staycation menjadi salah satu cara individu untuk menjaga keseimbangan hormon kortisol yang berdampak bagi kesehatannya. 

Manfaat Staycation Bagi Perkembangan Anak 

Staycation juga baik untuk perkembangan anak karena dapat mempererat hubungan keluarga, meningkatkan kepekaan sosial, kepercayaan diri, dan membuat anak mampu beradaptasi. Untuk mendukung hal tersebut, baiknya saat melakukan staycation, anak diajarkan melakukan kegiatan seperti camping, aktivitas bermain air, dan lain sebagainya. 

Dana Staycation 

Itulah informasi staycation yang lebih dalam ala BFI Finance. Jika Anda berniat menenangkan pikiran dan menghilangkan penat, Anda bisa mencoba rekomendasi hotel untuk staycation di atas. Untuk masalah biaya, serahkan saja ke BFI Finance. Anda bisa berlibur dengan dana pinjaman jaminan BPKB motor Anda hanya 10 menit! Prosesnya mudah, cepat, dan terpercaya! 

 

Untuk pengajuan pinjaman, klik link berikut ini. 

Sumber: