Informasi Umum

14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Nikmat Tenan!

Admin BFI
20 March 2023
45479
14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Nikmat Tenan!

Berencana untuk pergi ke Surabaya? Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Surabaya, ya!

Surabaya adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini dinobatkan sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya memiliki banyak keunikan dan keistimewaan yang menjadikannya magnet bagi turis lokal maupun mancanegara.

Salah satu daya tarik dari kota ini ialah makanan khas Surabaya. Dengan mencoba berbagai makanan di kota ini, Anda akan merasakan keanekaragaman kuliner Indonesia yang mengesankan dan tak terlupakan.

Beberapa makanan khas Surabaya yang terkenal diantaranya yaitu rujak cingur, rawon, sate klopo, lontong balap, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Kota Surabaya dalam waktu dekat maupun ingin mengenal makanan khas kota tersebut, artikel yang satu ini akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai makanan khas Kota Surabaya. Simak baik-baik, ya!

 

1. 14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!

Setiap daerah memiliki citarasa makanan yang khas dan unik, begitupun juga dengan makanan khas Surabaya. Nah, kira-kira makanan apa saja ya yang sebaiknya tidak boleh kita lewatkan? Intip ulasan lengkapnya di uraian berikut.

makanan khas surabaya

Image Source: Freepik/@freepik

1. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya yang pertama dan wajib untuk Anda coba adalah rujak cingur! Makanan tradisional yang satu ini terbuat dari cingur atau moncong sapi yang diolah dengan cara direbus lalu dihidangkan dengan campuran lainnya seperti sayuran atau buah-buahan.

Punya citarasa yang unik dan lezat, rujak cingur punya dua versi berbeda yang sama nikmatnya. Versi pertama adalah rujak cingur matengan yang terbuat dari campuran cingur dan beragam jenis sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, yang kemudian ditambah dengan tahu, tempe, lontong, lalu diguyur dengan bumbu petis yang dibuat dari petis udang, cabe, kacang tanah goreng, dan gula merah sebagai penambah kenikmatan rasa.

Versi rujak cingur yang kedua yakni rujak cingur mentahan. Jika rujak cingur yang sebelumnya terdiri dari cingur sapi dan sayuran rebus, versi yang kedua justru menggunakan buah sebagai penggantinya. Beberapa jenis buah yang umumnya dipakai antara lain yaitu nanas, bengkuang, mangga muda, timun, kedondong, tidak lupa tambahan sambal petis.

Yang manapun pilihannya, keduanya sama-sama enak untuk disantap dan mudah untuk ditemui di berbagai penjuru Kota Surabaya. Jadi, pastikan Anda mencoba makanan yang satu ini ya!

2. Sate Klopo

Kuliner berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sate klopo! Berasal dari bahasa Jawa, klopo memiliki arti kelapa yang berarti sate kelapa. Namun, bukan berarti kelapa di sini dijadikan sebagai bahan utama sate pengganti daging, ya! Akan tetapi, kelapa dijadikan salah satu bumbu pelengkap sebelum sate dibakar dan disajikan selagi hangat.

Dari segi tampilan dan bahan utama, sate klopo tidak berbeda jauh dengan sate pada umumnya yang dibuat dari daging ayam, daging sapi, ataupun jeroan. Sate klopo disajikan dengan sambal kacang dan asinan pada bagian pinggirnya. Rasanya gurih dan nikmat, sangat cocok untuk dipadukan dengan nasi hangat dan disantap bersama keluarga.

3. Sate Karak

Tidak hanya sate klopo, sate khas Surabaya berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sate karak. Sate yang satu ini merupakan makanan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1960-an.

Sate karak terbuat dari jeroan sapi seperti usus yang dimarinasi dengan bumbu spesial. Sate karak termasuk ke dalam makanan yang unik karena cara penyajiannya menggunakan ketan hitam dan kelapa parut goreng sebagai pendamping sate. Sate karak punya citarasa yang cenderung gurih dan manis.

4. Rawon Surabaya

Rawon adalah salah satu makanan populer yang bisa Anda jumpai hampir di seluruh kota di Indonesia. Meskipun makanan khas Surabaya yang satu ini mudah ditemui, Anda tetap tidak boleh melewatkan nikmatnya rawon surabaya!

Rawon surabaya punya ciri khas yang membedakannya dengan rawon jenis lainnya. Rawon Surabaya terkenal akan kuahnya yang berwarna hitam pekat dengan irisan daging yang empuk.

Warna hitam yang ada pada rawon berasal dari bumbu atau rempah yang digunakan, seperti  biji keluak, jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, dan cabai.

 

Baca Juga: 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia, Ada Kota Apa Saja?

 

5. Soto Gubeng / Soto Madura

Masih membahas makanan berkuah dengan citarasa yang menggoyang lidah, makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu soto gubeng atau yang juga dikenal sebagai soto madura.

Soto gubeng merupakan salah satu makanan legendaris yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Nama ‘Soto Gubeng’ sendiri diambil dari nama salah satu stasiun kereta api terbesar di Surabaya.

Soto gubeng terbuat dari daging ayam, sapi, ataupun jeroan yang dilengkapi dengan campuran daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, sambal, dan kuah kaldu yang nikmat. Rasa kuahnya yang nikmat, hangat, dan gurih membuat penggemar soto gubeng cukuplah banyak.

6. Bubur Madura

Tertarik untuk mencoba salah satu dessert khas surabaya? Bubur madura bisa jadi pilihannya! Bubur madura merupakan makanan tradisional yang terdiri dari campuran bubur sumsum, mutiara, cenil, dan ketan hitam yang disajikan dengan daun pisang.

Makanan yang sangat populer di Jawa Timur ini punya citarasa manis dan lembut. Sangat cocok untuk disantap kapanpun Anda ingin mencobanya.

7. Tahu Tek (Tahu Telur)

Tahu tek atau tahu telor adalah santapan lezat berikutnya dari Jawa Timur, salah satunya di Surabaya. Tahu tek terbuat dari campuran tahu goreng yang dipotong asal menggunakan gunting, telur, lontong, kentang, dan tauge yang kemudian disiram dengan sambal kacang petis.

Nama tek sendiri diambil dari bunyi yang keluar dari gunting yang digunakan saat memotong tahu secara asal. Sedangkan nama tahu telor diambil dari tahu yang dicelupkan ke dalam telur dadar sebelum digoreng.

Bagi Anda pecinta makanan pedas, Anda bisa menambahkan sambal agar rasanya semakin lezat dan nikmat. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk untuk menambah kenikmatan rasa saat menyantapnya. Tahu tek sangat cocok disantap di pagi hari ditemani dengan segelas teh hangat.

8. Sego Sambel

Berkunjung ke Kota Surabaya rasanya kurang afdol jika belum mencoba makanan khas Surabaya bernama sego sambal. Sesuai dengan namanya yakni sego sambel yang memiliki arti nasi sambal adalah makanan bercitarasa pedas yang terdiri dari nasi hangat, tempe dan tahu goreng, ayam goreng suwir, ikan-ikanan, telur dadar, dan disiram dengan sambal pedas.

Secara tampilan, makanan yang satu ini serupa dengan nasi campur. Sego sambel bisa dengan mudah Anda temui di pedagang kaki lima maupun restoran.

9. Lontong Balap

Lontong balap adalah salah satu makanan tradisional khas Surabaya yang sudah ada sejak 1956. Disebut dengan lontong balap karena pada awal kemunculannya para pedagang berlari dengan cepat untuk berebut pelanggan layaknya sedang balapan.

Resep lontong balapan masih sama seperti pertama kali kemunculannya, yakni terdiri dari lontong sebagai bahan utamanya, tauge, tahu, lentho atau perkedel singkong tolo yang dihaluskan, bawang goreng, kecap, dan juga sambal. Semua bahan yang ada kemudian disiram dengan kuah panas bercitarasa pedas gurih dari sambal petis.

Lontong balap bisa Anda temui di berbagai penjuru Surabaya dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 15.000.

10. Almond Crispy

Selain makanan berat dan dessert, Surabaya juga punya kue khas yang kerap kali dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi turis lokal maupun mancanegara. Kue tersebut bernama almond crispy!

Kue yang satu ini dicetak berukuran bulat tipis dengan taburan almond di bagian tengahnya. Almond crispy punya citarasa manis dan gurih. Kebanyakan almond crispy yang dijajakan saat ini memiliki varian coklat, keju, dan green tea atau teh hijau.

Almond crispy bisa Anda temukan dengan mudah di toko oleh-oleh yang tersebar di Surabaya.

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

11. Tahu Campur

Tahu menjadi salah satu makanan yang banyak dipilih di Surabaya. Salah satu kudapan nikmat berikutnya yang menggunakan bahan dasar tahu adalah tahu campur.

Berbeda dengan olahan tahu lainnya yang umumnya disiram dengan bumbu kacang, makanan yang satu ini disiram dengan kuah soto yang dicampur dengan bumbu petis. Rasanya gurih, pedas, dan sangat menggugah selera.

Campuran yang ada pada tahu campur terdiri dari sop daging, perkedel, tahu sebagai bahan utama, mie kuning, tauge, selada air, dan krupuk udang.

12. Pecel Semanggi

Sesuai dengan namanya, pecel semanggi adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari bahan utama semanggi. Disajikan di daun pisang berbentuk segitiga, satu porsi pecel semanggi terdiri dari semanggi, tauge, daun ketela, dan bumbu kacang.

Bumbu kacang yang disiram ke atas pecel terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti kacang tanah, ubi jalar, cabai, terasi, dan gula merah. Sebagai pelengkap, pecel semanggi biasanya dinikmati dengan kerupuk uli.

13. Sirup Mangrove

Surabaya punya sirup khas yang unik dan cukup jarang ditemui di wilayah lain. Sirup tersebut adalah sirup mangrove!

Sirup mangrove terbuat dari beberapa jenis buah mangrove yang dipercaya berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Rasanya yang manis dan segar membuat sirup yang satu ini sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh dan diminum saat cuaca tengah terik.

Sirup mangrove bisa Anda temui di pusat oleh-oleh Surabaya dan umumnya dibanderol mulai dari Rp 50.00 untuk ukuran 600 ml.

 

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Indonesia yang Populer dan Mendunia

 

14. Es Krim Zangrandi

Siang hari merupakan waktu yang pas untuk pergi ke toko es krim dan mencicipi es krim legendaris yang ada di Surabaya.

Sebut saja namanya es krim zangrandi. Es krim yang satu ini terkenal karena sejarahnya yang panjang serta rasanya yang enak.

Dibuat menggunakan bahan berkualitas, es krim zangrandi sudah ada sejak tahun 1933. Selain rasanya, toko es krim yang satu ini memiliki nuansa klasik yang membuat para pengunjung seakan diajak untuk bernostalgia ke masa lalu.

 

Baca Juga: 4 Cara Menyiapkan Dana Liburan dengan Aman dan Nyaman

 

Sobat BFI, itulah informasi seputar makanan khas Surabaya yang wajib untuk Anda coba. Mencoba makanan khas suatu daerah merupakan salah satu pengalaman yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi, makanan mana yang sangat ingin Anda coba?

Butuh pinjaman dana cepat untuk berbagai keperluan seperti modal usaha, biaya pendidikan anak, dan lain sebagainya? Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman di BFI Finance!

Solusi mudah untuk berbagai urusan finansial Anda. Klik tautan berikut untuk informasi selengkapnya!

Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di BFI Blog!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum