Gaya Hidup

Mengenal Istilah-Istilah Kopi yang Mungkin Masih Asing

Admin BFI
16 October 2023
2711
Mengenal Istilah-Istilah Kopi yang Mungkin Masih Asing

Kopi merupakan minuman yang tak hanya menjadi penambah semangat di pagi hari, tetapi juga telah menjadi salah satu gaya hidup. Ditambah dengan budaya kopi semakin berkembang pesat, terutama di kalangan para pecinta kopi. Saat Anda menginjakkan kaki ke kedai kopi atau melihat menu kopi di restoran, seringkali Anda dihadapkan pada berbagai istilah yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal beberapa istilah kopi yang mungkin belum begitu familiar, serta menjelaskan perbedaan antara jenis-jenis kopi yang sering Anda jumpai.

 

Baca Juga: Ini Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Beli Laptop Baru

 

1. Istilah Kopi yang Masih Asing

1.1 Acidity

Ketika mendengar kata "asam," Anda mungkin tidak akan langsung mengaitkannya dengan kopi. Namun, dalam dunia kopi, acidity adalah istilah yang merujuk pada tingkat keasaman dalam biji kopi. Keasaman ini memberikan rasa segar dan hidup pada kopi. Ini bukanlah asam seperti dalam buah jeruk, tetapi lebih kepada karakteristik seperti rasa buah-buahan, bunga, atau kemerahan yang dapat terasa dalam secangkir kopi. Kadar acidity yang tinggi seringkali dihubungkan dengan kopi dari daerah tertentu, seperti Ethiopia, yang terkenal dengan profil rasa yang asam.

 

1.2 Cupping

Cupping adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses penilaian dan pengujian kopi. Ini adalah suatu metode yang digunakan oleh para profesional kopi untuk mengidentifikasi kualitas, rasa, dan aroma kopi. Proses cupping melibatkan penilaian visual, penilaian aroma, serta penilaian rasa kopi. Para penilai akan mencicipi kopi dengan metode tertentu, seringkali mengisap kopi dengan cepat dan menyebarkannya ke seluruh lidah untuk mengevaluasi rasa yang berbeda-beda.

 

1.3 Manual Brew

Manual brew adalah istilah yang merujuk pada proses pembuatan kopi dengan tangan, biasanya tanpa bantuan mesin espresso. Metode manual brew ini mencakup French press, pour-over, AeroPress, dan lain sebagainya. Keistimewaan manual brew adalah Anda memiliki kendali penuh atas proses pembuatan kopi, mulai dari suhu air, kecepatan aliran, hingga waktu kontak antara air dan kopi. Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan secangkir kopi dengan karakteristik yang sesuai dengan preferensi Anda.

 

1.4 Full Wash

Full wash adalah istilah yang umumnya digunakan dalam konteks pengolahan biji kopi. Metode ini melibatkan pemisahan kulit buah (pulpa) dari biji kopi setelah proses pengeringan. Biji kopi yang telah dipisahkan dari pulpa akan mengalami fermentasi basah untuk menghilangkan sisa lendir yang menempel pada biji. Hasilnya adalah biji kopi yang bersih, bebas lendir, dan siap untuk dipanggang. Proses full wash sering menghasilkan kopi dengan tingkat keasaman yang tinggi dan citarasa yang bersih.

 

1.5 Single Origin

Single origin adalah istilah yang menunjukkan bahwa biji kopi berasal dari satu daerah atau negara tertentu. Kontras dengan campuran kopi (blend) yang terdiri dari biji dari berbagai daerah, single origin memungkinkan para pecinta kopi untuk mengeksplorasi karakteristik rasa kopi dari suatu daerah tertentu. Misalnya, kopi single origin Ethiopia akan memiliki karakteristik berbeda dengan kopi single origin Colombia. Para penikmat kopi seringkali mencari kopi single origin untuk mengeksplorasi berbagai rasa dan aroma yang unik dari setiap daerah.

 

Baca Juga: Manfaatkan Pinjaman Modal Usaha Kopi Kekinian (Terbaru)

 

2. Jenis-Jenis Kopi dan Bedanya

Selain istilah-istilah di atas, Anda juga sering mendengar tentang berbagai jenis kopi yang berbeda. Apa sebenarnya perbedaan antara Espresso, Cappuccino, Latte, dan Mochaccino?

 

2.1 Espresso

Espresso adalah dasar dari hampir semua minuman kopi. Ini adalah minuman kopi yang sangat kuat yang dihasilkan dengan mengekstraksi air panas melalui biji kopi yang dihaluskan dengan tekanan tinggi. Espresso biasanya disajikan dalam cangkir kecil dan memiliki rasa yang intens. Ini adalah fondasi bagi minuman kopi seperti Cappuccino, Latte, dan Mochaccino.

 

2.2 Cappuccino

Cappucino adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso, susu panas, dan busa susu. Rasio antara espresso, susu panas, dan busa susu adalah kunci dari sebuah Cappuccino yang sempurna. Cappuccino memiliki rasa yang kaya dan biasanya disajikan dalam cangkir kecil atau gelas.

 

2.3 Latte

Latte adalah minuman kopi yang terdiri dari espresso dan susu panas. Perbedaan utama antara Latte dan Cappuccino adalah bahwa Latte memiliki lebih banyak susu daripada busa susu. Ini membuatnya memiliki rasa kopi yang lebih ringan dan lebih banyak kremositas dari susu.

 

2.4 Mochaccino

Mochaccino adalah varian kopi yang lebih manis, yang terbuat dari campuran espresso, susu panas, cokelat, dan biasanya ditutupi dengan whipped cream. Ini adalah minuman yang cocok untuk pecinta kopi yang juga menyukai rasa coklat dalam kopi mereka.

 

3. Jenis Kopi di Indonesia

Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, dengan beragam jenis kopi yang dikenal di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa jenis kopi unggulan dari Indonesia:

 

3.1 Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah salah satu kopi paling terkenal dan unik di Indonesia. Kopi ini dikenal karena proses pengolahannya yang unik. Buah kopi yang telah dimakan oleh hewan Luwak, kemudian difermentasi di dalam perut hewan tersebut, dan biji kopi yang telah terfermentasi ini kemudian dikeluarkan dalam kotoran Luwak. Biji kopi yang sudah diambil dari kotoran Luwak kemudian dicuci, dipanggang, dan digiling menjadi bubuk kopi. Proses fermentasi dalam perut Luwak diklaim memberikan rasa yang unik pada kopi ini, dengan sentuhan karamel dan kurangnya asam yang tajam. Meskipun kopi Luwak terkenal, produksinya terbatas dan harganya cukup mahal.

 

3.2 Kopi Gayo

Kopi Gayo berasal dari daerah Gayo, Aceh, Sumatera Utara. Kopi Gayo dikenal memiliki cita rasa yang khas, dengan karakteristik rasa herbal, cokelat, dan sedikit rasa manis. Kopi Gayo biasanya disajikan dengan medium roast untuk mengungkapkan rasa alaminya yang unik. Kualitasnya yang tinggi membuat Kopi Gayo mendapat pengakuan internasional dan menjadi salah satu kopi terbaik dari Indonesia.

 

3.3 Kopi Flores

Kopi Flores ditanam di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi ini memiliki karakteristik rasa yang berbeda-beda tergantung pada wilayahnya. Kopi Flores seringkali memiliki rasa manis dan buah-buahan dengan asam yang seimbang. Beberapa varietas kopi Flores juga memiliki sentuhan rempah-rempah yang menyenangkan. Kopi Flores terkenal dengan kualitasnya yang konsisten dan menjadi pilihan favorit di kalangan penikmat kopi.

 

3.4 Kopi Java

Kopi Java adalah salah satu kopi paling historis di Indonesia. Sejarahnya bermula dari masa penjajahan Belanda di Jawa, Indonesia. Kopi ini memiliki rasa yang ringan hingga sedang dengan asam yang lembut. Biasanya, Kopi Java disajikan dengan medium roast untuk mengungkapkan profil rasa yang klasik. Meskipun namanya terkait dengan pulau Jawa, kopi ini juga ditanam di berbagai daerah di Indonesia.

 

3.5 Kopi Toraja

Kopi Toraja berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi ini memiliki rasa yang beragam tergantung pada wilayah dan metode pengolahan. Namun, secara umum, Kopi Toraja cenderung memiliki rasa yang kaya dengan asam yang lembut, serta sentuhan rempah-rempah dan cokelat. Kopi Toraja juga dikenal dengan aroma yang kuat dan menjadi favorit di kalangan pecinta kopi.

 

Baca Juga: Anak Kos? Simak Tips Atur Pengeluaran Biar Gak Bengkak

 

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat lebih menikmati dan menghargai keanekaragaman rasa dan aroma yang ditawarkan oleh dunia kopi. Jadi, pada kunjungan berikutnya ke kedai kopi, jangan ragu untuk mencoba sesuatu yang baru dan menjelajahi berbagai istilah kopi yang mungkin masih asing bagi Anda.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup