Informasi Umum

Anak Kos? Simak Tips Atur Pengeluaran Biar Gak Bengkak

Admin BFI
13 October 2023
1956
Anak Kos? Simak Tips Atur Pengeluaran Biar Gak Bengkak

Memasuki dunia kuliah atau kerja, banyak orang yang harus meninggalkan rumah dan tinggal di kosan. Entah karena jarak yang jauh atau alasan-alasan lain, pengalaman tinggal di kosan tentu menjadi pengalaman yang tiada duanya. Menjadi anak kos berarti harus tinggal sendiri. Anda diharuskan untuk bertahan hidup tanpa orang lain. Untuk itu, penting untuk anak kost terampil dalam mengatur keuangan. Ini sederet tips mengatur pengeluaran anak kost.

 

1. Tips Atur Pengeluaran Anak Kost

1.1 Bayar Tagihan Tepat Waktu

Terdapat biaya-biaya yang wajib Anda bayarkan tiap bulan. Seperti biaya sewa, listri, internet, dan biaya-biaya lain. Pastikan untuk membayar tagihan yang wajib Anda bayarkan tepat waktu. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari denda atau masalah yang lebih besar.

 

1.2 Hindari Nongkrong

Saat Anda ngekos, tentu Anda tergoda untuk nongkrong bersama teman-teman Anda yang juga ngekos. Dengan begitu, kalian dapat menemani satu sama lain. Walau mengasyikkan, namun terlalu sering menongkrong dapat menambah beban keuangan yang dirasa tidak diperlukan. Walaupun bersosialisasi menjadi hal yang dibutuhkan, namun batasi diri agar tidak banyak pengeluaran tidak terduga untuk menongkrong.

 

1.3 Nabung Awal Bulan

Sisihkan uang Anda di awal bulan untuk ditabung. Menabung akan membantu Anda saat ada situasi mendadak. Menabung juga akan meringankan beban kehidupan Anda di masa depan kelak.

 

Baca Juga: 12 Cara Menabung dengan Cepat dan Tepat, Dijamin Kaya!

 

1.4 Pemilihan Tempat Belanja

Selain memiliki peralatan makan dan minum yang cukup, penting juga untuk pintar dalam memilih tempat belanja. Cari toko-toko atau pasar yang menawarkan harga yang terjangkau dan diskon-diskon. Cobalah juga untuk membeli barang-barang dalam jumlah besar jika memungkinkan, karena ini dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Selain itu, jangan ragu untuk membandingkan harga antara beberapa tempat sebelum memutuskan untuk membeli.

 

1.5 Makan Hemat di Rumah

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang ketika Anda tinggal sendiri di kosan adalah dengan memasak makanan sendiri. Makan di luar atau memesan makanan siap saji bisa menjadi biaya yang cukup besar jika dilakukan terlalu sering. Cobalah untuk belajar memasak beberapa hidangan sederhana sehingga Anda dapat memasak makanan sendiri dan menghemat uang.

 

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Bulanan, Bikin Akhir Bulan Bahagia

 

1.6 Perencanaan Menu

Selain memasak sendiri, perencanaan menu juga dapat membantu Anda mengatur pengeluaran makanan dengan lebih efisien. Buatlah daftar belanjaan dan menu mingguan sehingga Anda tahu persis apa yang perlu Anda beli dan masak. Dengan perencanaan menu, Anda dapat menghindari pembelian impulsif dan memastikan bahwa Anda hanya membeli bahan makanan yang benar-benar Anda butuhkan.

 

1.7 Hemat Energi dan Air

Selain pengeluaran makanan, pengeluaran lain yang perlu Anda perhatikan adalah tagihan listrik dan air. Hematlah energi dengan mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan dan matikan lampu ketika Anda meninggalkan ruangan. Selain itu, perhatikan penggunaan air. Tutup keran saat tidak digunakan, dan pastikan tidak ada kebocoran yang dapat menyebabkan pemborosan air.

 

1.8 Bawa Peralatan dari Rumah

Tentunya terdapat beberapa peralatan yang diperlukan di kos. Adapun peralatan-peralatan yang Anda perlukan dapat Anda bawa dari rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli peralatan tersebut.

 

2. Barang Wajib Anak Kost

2.1 Rice Cooker

Dalam kehidupan anak kos, memiliki rice cooker adalah hal yang sangat membantu dalam memasak nasi dengan cara yang praktis dan konsisten. Sebaiknya pilih rice cooker berukuran mini agar penggunaan listriknya tidak terlalu besar, dan Anda dapat memasak sejumlah nasi sesuai kebutuhan.

 

2.2 Setrika

Agar pakaian Anda selalu terlihat rapi dan menarik, penggunaan setrika menjadi suatu keperluan yang penting dalam rutinitas perawatan pakaian bagi anak kost.

 

2.3 Terminal Listrik

Penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki terminal listrik yang cukup untuk mengisi daya perangkat elektronik Anda dan juga lampu darurat untuk menghadapi kemungkinan pemadaman listrik yang tidak terduga.

 

2.4 Hanger

Penggunaan hanger adalah kebutuhan pokok bagi anak kost untuk menggantung pakaian dan menjaganya tetap dalam keadaan rapi dan teratur.

 

Baca Juga: Simak Efek yang Terjadi Jika Terapkan Positive Thinking dalam Hidup

 

2.5 Perlengkapan Mandi

Kebutuhan anak kost perlengkapan mandi, termasuk handuk, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, sisir, dan peralatan mandi lainnya. Jaga kebersihan dan kebugaran dengan perlengkapan mandi yang lengkap.

 

2.6 Peralatan Makan Minum

Dalam hidup sehari-hari, makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok. Namun, saat Anda tinggal sendiri di kosan, Anda perlu memastikan Anda memiliki peralatan makan dan minum yang cukup agar Anda dapat memasak dan makan dengan nyaman tanpa perlu makan di luar terlalu sering. Berikut adalah beberapa peralatan makan dan minum yang sebaiknya dimiliki oleh anak kost:

  1. Piring dan Gelas

Pastikan Anda memiliki setidaknya beberapa piring dan gelas. Ini penting untuk makan sehari-hari Anda. Anda tidak perlu memiliki piring mewah, piring dan gelas sederhana akan cukup.

  1. Sendok, Garpu, dan Pisau

Anda juga perlu memiliki sendok, garpu, dan pisau untuk makan dengan nyaman. Anda dapat membeli set peralatan makan yang terdiri dari sendok, garpu, dan pisau di toko peralatan dapur.

  1. Panci dan Wajan

Untuk memasak makanan, Anda memerlukan panci dan wajan. Pastikan Anda memiliki setidaknya satu panci dan satu wajan yang cukup besar untuk memasak makanan Anda.

  1. Alat Masak Dasar

Selain panci dan wajan, Anda juga memerlukan alat masak dasar seperti spatula, sendok sayur, dan sendok besi. Alat-alat ini akan memudahkan Anda dalam memasak berbagai jenis makanan.

  1. Ketel Listrik atau Teko

Jika Anda menyukai minuman panas seperti teh atau kopi, memiliki ketel listrik atau teko akan sangat berguna. Anda dapat dengan mudah mendidihkan air untuk minuman Anda tanpa perlu menggunakan kompor.

  1. Wadah Penyimpanan Makanan

Penting juga untuk memiliki wadah penyimpanan makanan seperti tupperware atau toples. Ini akan membantu Anda menyimpan sisa makanan dengan baik dan mencegahnya menjadi basi.

  1. Microwave

Meskipun tidak wajib, memiliki microwave dapat memudahkan Anda dalam menghangatkan makanan atau memasak makanan instan dengan cepat.

  1. Cangkir dan Sendok Teh/Kopi

Jika Anda minum teh atau kopi, memiliki cangkir dan sendok teh/kopi akan berguna. Anda juga dapat memiliki sedotan jika Anda suka minum dengan sedotan.

  1. Pembuka Kaleng dan Botol

Pembuka kaleng dan botol adalah alat yang berguna jika Anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang dikemas dalam kaleng atau botol.

  1. Gelas Pengukur

Gelas pengukur akan berguna jika Anda sering memasak dan memerlukan ukuran yang tepat untuk bahan-bahan masakan.

  1. Saringan

Jika Anda suka memasak pasta atau sayuran yang perlu disaring, memiliki saringan akan sangat berguna.

  1. Alat Pembersih

Terakhir, jangan lupa memiliki alat pembersih seperti spons, sikat cuci, deterjen, dan lap untuk menjaga kebersihan peralatan makan dan minum Anda.

 

Selain itu, penting untuk terus mengevaluasi dan merevisi anggaran Anda. Periksa pengeluaran Anda secara berkala dan lihat di mana Anda dapat melakukan penyesuaian. Mungkin ada beberapa pengeluaran yang dapat dikurangi atau dihilangkan. Dengan terus memantau dan memperbarui anggaran Anda, Anda dapat tetap mengendalikan keuangan Anda dengan baik.

 

Dalam mengatur pengeluaran sebagai anak kos, kesadaran dan disiplin dalam mengelola uang sangat penting. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menjalani gaya hidup yang hemat, Anda dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan memastikan bahwa uang Anda digunakan dengan bijak. Jadi, nikmatilah pengalaman menjadi anak kos dengan bijak dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan Anda.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum